Kegiatan Mengisi Waktu Luang Di Bulan Ramadan : Anak Vs Dewasa

kegiatan seru menunggu buka, asiknya berkegiatan menunggu adzan magrib

Kegiatan Mengisi Waktu Luang Di Bulan Ramadan : Anak Vs Dewasa

Detik-detik Ramadan akan berlalu, segala kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadan akan menjadi kerinduan yang tak bisa terulang dibulan-bulan lainnya.

Saya jadi flashback mengingat beberapa kegiatan yang selalu dilakukan saat masih kecil selama bulan Ramadan. Kenangan indah yang hingga kini masih selalu saya ingat.



Kegiatan Mengisi Waktu Luang Di Bulan Ramadan 


Selama bulan Ramadan meskipun perut kosong karena berpuasa yang bikin kadang malas, sayang banget jika bulan yang penuh keberkahan ini hanya diisi dengan bermalas-malasan.

Nah untuk itu ada beberapa nih kegiatan positif yang bisa temans lakukan selama bulan puasa ini. Dan ternyata ada perbedaan loh saat masih kecil dengan masa kini sebagai seorang ibu.

Apa sajakah itu?

Berikut adalah kegiatan mengisi waktu luang di bulan puasa yang pernah saya alami waktu kecil, diantaranya adalah :


❤ Kuliah Subuh


Waktu itu selepas sahur dan menunaikan solat subuh, biasanya saya mengisi waktu luang di Mesjid untuk mengikuti kuliah subuh.

Pagi-pagi sekali saya sudah nangkring di Mesjid bersama teman SD. Meskipun terkadang ceramah yang disampaikan tak disimak karena asyik ngobrol ngaler ngidul LOL.

❤ Pesantren Kilat

Adalah salah satu kegiatan positif yang saya alami dalam mengisi waktu luang di bulan Ramadan kala itu. Meskipun waktunya biasanya hanya sebentar tapi alhamdulilah selalu ada ilmu baru yang didapat dalam pesantren kilat.

❤ Main 

Fitrahnya anak-anak yah, bermain memang merupakan hal yang wajib dilakukan. Tak mengenal bulan puasa atau tidak tapi kebutuhan untuk main pasti ada saja.

Dari main monopoli hingga main masak-masakan demi mengisi waktu agar tak terasa dan harapannya bisa main hingga adzan magrib LOL.


Lain dulu lain sekarang, setelah menikah dan punya anak rasanya saya ya ga bisa sefokus seperti masa anak-anak. Dari ikutan kuliah subuh sampe tarawih di mesjid.

Sudah bisa solat saja syukurnya luar biasa karena Rayi kalau saya di rumah beneran nempel kayak perangko.

Jadi, untuk kegiatan positif yang saya lakukan untuk mengisi waktu luang di bulan ramadan ini setelah menjadi ibu, diantaranya adalah :

❤ Menemani Anak Bermain

Berhubung kiddos masih cimit-cimit maka butuh sekali pengawasan dari orang tua saat mereka bermain.

Nah selama bulan puasa ini, jika saya libur kerja maka saya harus siapkan badan dan mata untuk jeli mengawasi anak bermain.

Ampun banget mengusir waktu agar cepat berlalu, tahu-tahu udah sore aja. Ini merupakan kegiatan positif ala saya selain mengisi waktu luang di bulan ramadan juga meningkatkan bonding juga quality time bersama anak.

Temans juga begitukah?

❤ Beres-beres

Rasanya sebagai mamak-mamak tiada waktu yang dihabiskan buat beres-beres. Punya 2 anak yang masyaAlloh aktifnya bikin rumah berantakan segala dioprek membuat saya mau tak mau beres-beres selalu.

Jadi kegiatan mengisi waktu luang ya digunakan untuk beres-beres rumah :D


❤ Tidur

Terasa sekali capeknya sejak jadi ibu, harus masak sahur, beres-beres, nemanin anak main maka kegiatan berfaedah bagi saya mengisi waktu luang adalah TIDUR. 

Jujur saya rasakan waktu optimalkan untuk ibadah kurang tak seperti masa-masa sebelum menikah duh Gusti semoga Ramadan tahun selanjutnya insyaAlloh diperbaiki lagi.





***

Nah temans, demikian beberapa kegiatan yang saya lakukan di bulan Ramadan. Perbedaannya jauh sekali memang semoga kelak bisa memperbaiki kembali aamiin.

Temans gimana?apa saja nih kegiatan waktu luangnya selama Ramadan? Yuk sharing




Posting Komentar