Resep Sayur Lodeh Anti Ribet Ala Bumbu Racik Indofood

Resep Sayur Lodeh Anti Ribet Andalan Ibu Bekerja, resep sayur lodeh praktis tanpa ngulek, resep sayur lodeh ga pake belender, resep sayur lodeh buat pemula

Resep Sayur Lodeh Anti Ribet Ala Bumbu Racik Indofood

Temans, punya menu favorit apa kalau makan di rumah?nah kali ini aku mau share resep menu favorit di rumah yaitu "Sayur Lodeh".

Menu sayur lodeh ini selalu ada tiap minggunya karena merupakan favoritnya akang suami. Dibulan puasa ini, sayur lodeh pun tak lupa menjadi menu andalan saya untuk disajikan pada saat makan malam.

Resep sayur lodeh mungkin sudah banyak yang tahu bumbunya apa saja, dari yang pake santan dan ga pake santan. Pokoknya banyak variasinya.

Buat saya yang kemampuan masaknya masih level basic alias masak suka-suka hati maka resep sayur lodeh andalan saya itu yang memang tidak ribet, ga buat saya kudu kretekin jari jemari buat ngulek.

Well, daripada penasaran sama resep yang saya punya yuk cuss resep saya berikut ini.


Resep Sayur Lodeh Anti Ribet Andalan Ibu Bekerja, resep sayur lodeh praktis tanpa ngulek, resep sayur lodeh ga pake belender, resep sayur lodeh buat pemula



Resep Sayur Lodeh Anti Ribet Ala Bumbu Racik Indofood


Sebagai ibu yang bekerja dan waktunya cukup singkat kalau ga bisa bagi-bagi waktu, maka saya harus memikirkan cara aman untuk bisa membuat sayur lodeh ini dalam waktu singkat. 

Beruntungnya nih saya ketemu bumbu instan dari Indofood yakni Racik Lodeh yang mampu memudahkan saya untuk membuat sayur lodeh dalam waktu cepat.

Bahan-bahan yang diperlukan :



Resep Sayur Lodeh Anti Ribet Andalan Ibu Bekerja, resep sayur lodeh praktis tanpa ngulek, resep sayur lodeh ga pake belender, resep sayur lodeh buat pemula


  • Labu siam 2 potongan kecil
  • Daun melinjo seraup
  • Kacang panjang beberapa buah
  • Jagung manis
  • 1 bungkus Racik Lodeh Indofood
  • 2 buah cabe gendot / cabe hijau (optional sesuaikan dengan selera)
  • 1 buah daun salam
  • Lengkuas seruas digeprek
  • 2 siung bawang merah, diiris
  • 2 siung bawang putih, diiris
  • 1 sachet santan kara ukuran kecil
  • Pete (1/2 papan biasanya kalau saya ga lupa beli)
  • Gula (sesuaikan selera)
  • Garam (sesuaikan selera)
  • Air untuk merebus secukupnya


Resep Sayur Lodeh Anti Ribet Andalan Ibu Bekerja, resep sayur lodeh praktis tanpa ngulek, resep sayur lodeh ga pake belender, resep sayur lodeh buat pemula


Cara Membuat :

  1. Cuci bersih sayuran dan potong-potong sesuai selera
  2. Didihkan air dalam panci setelah mendidih masukkan jagung, labu siam, terong 
  3. Sementara itu bisa sambil menumis bawang merah, bawang putih, laos , cabe gendot dan daun salam
  4. Tumis bumbu iris sampai wangi lalu masukkan ke dalam campuran rebusan sayur
  5. Masukkan santan kara sedikit sambil diaduk-aduk perlahan agar tidak pecah
  6. Masukkan bumbu racik Indofood lodeh
  7. Masukkan kembali sisa santan dan aduk sambil tambahkan gula & garam
  8. Tes rasa (kalau saya masaknya setelah buka atau sebelum sahur jadi bisa tes rasa)
  9. Masak hingga matang
  10. Sajikan dalam mangkuk
Beres deh ga sampe 1 jam sudah tersedia menu sayur lodeh favorit keluarga saya. Mudah bukan?
Ga perlu pake ngulek bumbu halus, ga perlu repot belender. 

Oh ya biasanya juga dimasukkan potongan tempe, namun kami kurang suka jadi itu dihilangkan. Juga untuk santan, sebenarnya lebih enak santan dari kelapa langsung cuman karena saya seringnya belanja buat 1 minggu jadi kalau kelamaan asam (pernah alami sendiri).

Tadi malam saya berbuka dan sahur pake sayur lodeh sayangnya saya lupa foto pas udah jadi, fotonya cuman bahan-bahanya doang maklum udah lavaarrr hahaha.

Rincian Biaya Masak Sayur Lodeh 

Coba kita hitung-hitung berapa biaya yang dikeluarkan untuk masak sayur lodeh di rumah jadi bisa dipertimbangkan apakah temans mending beli jadi atau bikin sendiri.

  1. Sayuran lodeh 1 bungkus                  Rp 2.500
  2. 1 bungkus racik lodeh Indofood         Rp 2.500
  3. Kara                                               Rp 2.500
  4. Bumbu dapur (lengkuas, daun salam) Rp 2.000
  5. Bawang-bawangan beli sedikit          Rp 3.000
  6. Pete                                                Rp 5.000
  7. Cabe hijau/cabe gendot                      Rp 2.000   
Total                                                         Rp 19.500

Ga sampe Rp 20.000 sudah dapetin sayur sepanci buat semua anggota keluarga dan bisa 2-3 kali makan!irit yes?apalagi kebersihannya juga terjaga dibandingkan kita beli di luar. 

***

Demikian temans, resep sayur lodeh andalan buat ibu bekerja yang ga mau ribet. Buat yang ga jago masak atau pemula juga bisa cobain resep ini yah dijamin endolita endes grandes.

Temans, gimana punya resep sayur lodeh yang bagaimana?yuk sharing di kolom komen.

22 komentar

Avatar
Evi Fadliah Kamis, 09 Mei, 2019

Aku juga pakai bumbu racik ini Teh, tapi buat masak sayur yang lain. Kalau bumbu racik sayur lodehnya belum pernah cobain.. Aku icip sayur lodeh buatan dirimu dunk Teh, satu mangkuk ajah.. 😊😊😊

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

hahahaha yuk ke rumah mb Ev

Reply Delete
Avatar
Afifah Haq Kamis, 09 Mei, 2019

Sayur lodeh biasa mah aku jarang pake cabe gendot teh, kecuali kalau lodeh nya lodeh tahu tempe baru deh dikasih cabe gendot. Aku ga pake Pete juga teh, kerana ku tak syukaa

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

enak teh pake gendot lebih pedes2 gimana gitu hahaha

Reply Delete
Avatar
Raisa Hakim Jumat, 10 Mei, 2019

Yang paling bikin nikmat dari semua item adalah cabe gendot. Hahahaha

Itu lah yang membuat sayur lodeh jadi favorit aku plus ikan asin makannya sama kerupuk

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

betul sekali teh endesss

Reply Delete
Avatar
hani Jumat, 10 Mei, 2019

Aku tuh suka sayur lodeh. Tapi suami sukanya sayur asem. Wkwkwk...sama sih modalnya bumbu Indofood juga. Andalan ibu² bekerja. Tambahin kacang tanah & jagung. Lengkap deh...

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

wkwkwk andalan pisan mba

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani Jumat, 10 Mei, 2019

Saya juga paling senang masak yang praktis-praktis. Pakai bumbu racik, jadi lebih cepat masak sayur lodeh. Yang paling kami suka, kalau sayur lodehnya pakai cabai hijau. Aromanya lebih nikmat. Sayur lodeh pakai sambal + tempe/tahu goreng. Wah nikmaat!

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

iya mba nikmat bener dah

Reply Delete
Avatar
Evi Sri Rezeki Jumat, 10 Mei, 2019

Aku suka banget sayur lodeh apalagi bikinan mama. Sekarang masak sendiri jarang bikin lodeh. Mau coba ah resepnya.

Reply Delete
Avatar
Lucky Caesar Sabtu, 11 Mei, 2019

Mbaak bell pengen bikin sayur lodeh jadinyaa, praktis banget yaa pake bumbu racik indofood. Tinggal masukin bahan-bahannya terus kasih bumbu-bumbu jadi deh, cocok kalii nih buat yg gak mau ribet kaya aku wkwkkw

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Senin, 13 Mei, 2019

Sayur lodeeeh...
Aku tim pake santen doonk...biar makin endolita niaan yaa...

((ambil nasi, eh...masih siang diink...hahaha))

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

asik nih pake ikan asin hahaha

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty Senin, 13 Mei, 2019

Toss pisanlah andalan aku juga pakai bumbu racik kalau masak heheh, selalu nyetok bumbu racik indofood buat masak di rumah wkwkw

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

wkwkwk paling gampil teh

Reply Delete
Avatar
Eva Sri Rahayu Selasa, 14 Mei, 2019

Teteh, aku juga suka banget pakai Racik Sayur Lodeh ini. Praktis dan hemat memang. Maklum aku mah anaknya sukanya masak yang praktis dan cepet aja. Tapi seriusan deh, rasanya enaaak.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

betul teh praktis pisan ga perlu ngulek hahaha

Reply Delete
Avatar
Ida Selasa, 14 Mei, 2019

Wah beneran anti ribet ini mah..cucok lah buat ibu2 praktis yg sibuk...hehe

Reply Delete