Beberapa Alasan Tidak Ikut Acara Buka Puasa Bersama

Alasan Tidak Ikut Buka Bersama Teman Sekolah

Beberapa Alasan Tidak Ikut Acara Buka Puasa Bersama

Alhamdulilah sampailah umur saya bertemu dengan Ramadan 1440 H tahun 2019 ini, bagaimana perasaan saya?masyaAllah bahagia sekali bahkan Neyna excited banget menanti bulan Ramadan ini sejak lama.


Gembira sekali karena seperempat malamnya tak hanya satu atau dua rumah yang ramai namun kini seluruh rumah umat muslim ramai dengan kegiatan sahurnya. Dan banyak yang mempersiapkan tak hanya fisik tapi juga makanan untuk menyambut bulan suci Ramadan ini.

Bahkan H-2 puasa, waktu saya ke pasar wow fantastis banget kondisi pasar. Lebih fantastis lagi Ramadan disambut dengan harga-harga yang melonjak tak biasanya.

Seperti bawang putih yang kini ramai menjadi bahan ghibahan emak-emak :D, gimana ga dighibahin naiknya ga pake nafas. Biasanya 1/4 kilo dibandrol Rp 8.000 kini mencapai Rp 25.000. Beruntungnya saya udah stock lama jadi waktu yang lain jerit-jeritan saya sellow sungguh sellow :p

Oke kali ini bahasannya bukan harga bawang sih, tapi saya mau bahas tentang alasan saya sering ABSEN dari acara buka puasa bersama mau bareng teman kuliah, teman SMA, teman kerja dan lain sebagainya jenis acara buka bersama.

Adakah yang sama seperti saya?

Ramadan memang identik dengan ajang bertemu dengan kawan-kawan lama yang dikemas dalam acara buka puasa bersama. Konon katanya tujuannya adalah menyambung silaturahmi.

Namun sayang sekali diantara kemeriahan acaranya, saya adalah orang yang ENGGAN datang jika diajak ke acara buka puasa bersama.

Alasan Tidak Ikut Buka Bersama Teman Sekolah




Beberapa Alasan Tidak Ikut Acara Buka Puasa Bersama 

Tentu saja dibalik keenggan saya absen dari acara bukber sama teman, saya punya alasan tersendiri. So, pas banget nih melalui blog ini saya akan tuliskan alasan saya jadi kalau ada yang ajakin dan ternyata saya ga bisa hadir bisa pilih baca tulisan ini.

Bukannya saya sombong, karena cuman Bang Hotman aja deh yang sombong ;p. Ini dia beberapa alasan saya tidak ikut acara buka puasa bersama :

✒ Kasihan Sama Anak Dan Suami


Sebagai ibu bekerja yang waktunya minim dengan anak dan pernah saya jelaskan jika saya lebih memilih datang ke kantor telat, pulang kantor paling cepat. 

Semua itu karena keluarga, momen kebersamaan sama keluarga adalah berharga. Terlebih lagi si sulung sudah mulai belajar puasa full hingga adzan magrib sejak tahun lalu.

Sedih rasanya jika saya tidak ada bersama Neyna pas buka puasa. Ga enak juga sama suami meski izin sudah dikantongi. 

Selama saya bekerja dan menikah, saya hampir ga pernah ikut acara buka bareng LOL. Padahal dulu gerbang kantor sampe dikunci biar pada ikut karyawannya tetap saja saya mah bandel. Kefikiran anak dan suami soalnya.

Kan bisa bawa anak dan suami?

Ga buka puasa bareng aja kami berempat itu rempongnya bukan main, sibuk banget berempat jadi ga enak aja kalau bawa keluarga dan fokus sama keluarga bukannya ngobrol cantik sama temans. Makanya saya pilih TYDACK DATANG.





✒ Ogah Ketemu Macet

Biasanya undangan buka bersama itu diadakan di tempat seperti hotel atau warung makan yang mantul baik view maupun menunya.

Otomatis sebagai warga Republik Contong yakni Bandung Coret, malas banget kalau udah diadain acara bukber di Bandung yang selalu macet.

Saya suka bawaannya emosyenel tingkat kecamatan kalau udah terjebak kemacetan. Terlebih mun bulan puasa begini yang mau bukber budal kabeh. Kebayang jalanan ramaiiiii.

✒ Malas 

Acara buka bareng itu suka diatur jadwalnya dan biasanya jatuh di hari libur gitu. Tujuannya biar semuanya bisa hadir tanpa ada alasan bekerja.

Sayang sekali kisanak, meski libur ternyata kalau puasa itu bawaannya MAGER pengennya ngarengkol di rumah. Leyeuh-leyeuh cantik gitu deh. 

Sudah mah bakarjo bagai quda lalu pas libur pergi lagi, ku tydack sanggup cin!




✒ Irit Buat Lebaran

Acara buka bareng itu kalau undangannya banyak dan biayanya hitung misalnya Rp 100.000 lalu ada 10 acara bukber maka akan habis Rp 1.000.000 buat bukber doang belum ongkos bensin dsb.

Nah saya sendiri sih mikirnya mendingan uang itu bisa disave buat bagi-bagi pas lebaran. Apalagi saya punya pegawai yang juga perlu saya fikirkan buat THR-nya.

✒ Lalai Dalam Solat

Waktu menghadiri acara bukber di satu tempat, bener-bener paciweh buat solat magribnya belum lagi nunggu makanan datang itu bisa lewat juga adzan isya yang biasanya solat teng abis adzan di acara bukber saya LALAI *astagfiruloh.

Sampe rumah ntar ga khusyu udah mah solat tarawehan lewat, solat isya cepat-cepat saking ngantuknya.

Alasan ini juga yang selalu saya fikirkan, rasanya target be better person kok ya ga banget.

***

Well, demikian yang bisa saya share kali ini. Saya memang milih-milih event mana yang bisa saya hadiri. Boro-boro acara bukber, event blogger juga saya mah jarang-jarang selain karena saya pemalu orangnya ga PD datang ke acara juga karena beberapa alasan.

Temans, ada yang juga jarang ikutan buka puasa bareng?kira-kira alasannya apa?yuk ah kita sharing di kolom komen.

36 komentar

Avatar
Antung apriana Selasa, 07 Mei, 2019

Saya juga mbak beberapa tahun terakhir selalu skip acara buka bersama dengan alasan yang mirip. Tapi biasanya alasan paling utama karena biaya sih. Hihi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

tak datang bukan berarti sombong juga ya mba

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Selasa, 07 Mei, 2019

kalau aku malas karena macet trus solat magribnya gak bisa khusu

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

betul bu macetnya ga tahan :p

Reply Delete
Avatar
Ipeh Alena Selasa, 07 Mei, 2019

Sama teh. Saya bahkan udah lama banget ga ikutan bukber kecuali yang di komplek rumah. Soalnya abis bukber pasti solat berjamaah bareng di mesjid. Kalo di luar, apalagi di emol. Gak lah. Capek doang

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

iya bener teh kecuali yg deket2 ya itupun paling di rumah :D

Reply Delete
Avatar
Inna Riana Selasa, 07 Mei, 2019

yang terakhir adalah alasan utama aku ga ikutan bukber lagi. emang ga ninggalin sholat magrib pas bukber di resto or acara, tapi antrian mau sholatnya itu lho malesin banget. belum lagi buru2 pulang karna mau tarawih. kalo keburu sukur, kalo ga yah sayang kan :)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

nah iya betul mba, ngalamin banget kayak gitu :D

Reply Delete
Avatar
hani Selasa, 07 Mei, 2019

Aku mah selalu bukber Teh. BUKa BERdua suami. Wkwkwk...Malesin buka puasa di luar rumah, macet. Ngetag tempat duduk dr jam 5, disuruh pesen. Pas buka, makanan udh dingin. Susah salat, antri. Mau tajil dulu, salat, baru makan berat. Eh...kalo prasmanan. Udah kehabisan uy. Heran...orang teh habek²...engga olap ih...😁

Reply Delete
Avatar
Afifah Haq Selasa, 07 Mei, 2019

Aku juga teh, semenjak jadi emak jadi males dateng acara2 bukber, kecuali kalau dibayarin dan dibayar sih mau lah maksakeun wkwk.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

wkwkwk aku mah karena konsepnya di rumah datang kalau di luar mah moal teh

Reply Delete
Avatar
imelda Selasa, 07 Mei, 2019

Couldn't agree no more. Semua pointnya saya banget mbak. Mari berpelukan virtual dulu.

Reply Delete
Avatar
Syarifani mulyana Selasa, 07 Mei, 2019

Kalo saya dibatasin juga sih meski bubernya tak berbayar acara buat blogger. Kasian juga suami sama nak kanak ditinggalin tiap hari mamanya buber di luar. Hihi

Reply Delete
Avatar
Maya Rumi Selasa, 07 Mei, 2019

aq alasan terakhir deh, kecuali bukbernya diadain dirumah masih pengen datang, tapi suka tanya2 juga sama yang adain bukber yang datang siapa aja, hihihi... *nyaritemen

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

aku juga kecuali di rumah insyaAlloh datang

Reply Delete
Avatar
Rahma Liasa Zaini Selasa, 07 Mei, 2019

iyaa mbak jika keluar bukber berhubung sekali setahun alangkah lebih baiknya dirumah untuk menambah pahala

Reply Delete
Avatar
Niklosebelas Selasa, 07 Mei, 2019

Alasan pamungkas saya males ikut bukber : Takut gak ikut tarawih.
Padahal sih mager hihi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

wkwkwk mager plus ga punya duit

Reply Delete
Avatar
HAYARDIN Selasa, 07 Mei, 2019

kalau acara buka puasa bersama baik itu acara bukber reunian memang terkadang yang menjadi masalah adalah banyak yang sampai sampai lupa sholat karena keasyikan ngobrol...

Reply Delete
Avatar
HENI Ajaa Selasa, 07 Mei, 2019

Wah mba kita sama dunk.. Aku org yg paling malezz buka bersama... Apalg kumpul" ama reuni gt.. Bukan somse sih... Selain keluar duit lbh boros jg sayang ah.. Mending kusimpen buat lebaran ajaaah... Peace bwt yg ga seide dng akooh. 🙈🙊

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

wkwkwkwk ternyata kutydack sendiri

Reply Delete
Avatar
MAS IRAWAN Selasa, 07 Mei, 2019

Setelah saya baca, ternyata hal tersebut yg saya alami juga wkwk
Jadi enak buber dirumah

Reply Delete
Avatar
lithaetr Rabu, 08 Mei, 2019

Memang kalau sudah emak-emak itu paling enak buka bareng keluarga saja di rumah hehehehe. Kalaupun enggak ya bukber sendiri dengan keluarga kalau pas ada waktu dan dana hehehehe

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha Rabu, 08 Mei, 2019

Poin terakhir soal lalai dalam shalat yang paling saya pikirkan. Soalnya memang jadi banyak waktu terbuang di jalan. Tapi bolehlah ikutan bukber. Cuma saya jadi lebih banyak pilih pilih.

Reply Delete
Avatar
Okapinote Rabu, 08 Mei, 2019

kalau udah berkeluarga memang harus memprioritaskan dulu keluarga ya. kalau saya mah diundang bukber juga hayu-hayu aja masih jomblo wkwkwk
tapi males juga ya kalo panas terus macet..derita tiada akhir.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

iya kalau macet emang bikin males

Reply Delete
Avatar
Lucky Caesar Kamis, 09 Mei, 2019

Alasan males rasanyaa yg mendasar mbaaak, wkwkw males keluar males kena macet terus males nanti ribet urusan solat maghrib dan pasti pending tarawih jamaahnya hehehe kecuali kalau bukbernya di masjid 😁😁😁 beda lagi ceritanyaaa hehehe

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

wkwkwk selalu ada alasan

Reply Delete