Ramadan Masa Kecil : Dari Main Monopoli Hingga Antri Tanda Tangan

mengenang ramadan masa kecil

Ramadan Masa Kecil : Dari Main Monopoli Hingga Antri Tanda Tangan

Ramadan tiba merupakan momen yang selalu saya nantikan jika kecil dulu. Ada banyak kenangan saat Ramadan kala saya masih kecil.

Dulu mendiang ibu masih ada, segala persiapan berbuka hingga sahur beliau yang selalu sigap menyiapkan. 

Sementara saya duduk manis tak perlu memikirkan apapun yang penting saya belajar ibadah puasa dengan khusyuk.

Karena memang ibadah puasa itu banyak godaannya dari iklan sirup tengah hari bolong sampe godaan kumur-kumur kuah rendang  air wudhu siang hari wkwkwk.

Buat anak-anak memang puasa merupakan salah satu ujian yang tergolong berat dari menahan dan menerima keadaan lapar dan dahaga hingga menahan amarah.

Jengkel sama teman lalu mata berembun pasti ujung-ujungnya ada celetukan "Eits kalau nangis batal loh puasanya" akhirnya menahan segala rupa.

mengenang ramadan masa kecil


Kenangan Ramadan Masa Kecil

Selalu ada cerita seru jika mengingat kenangan masa kecil. Ramadan masa kecil itu :

❤ Libur Panjang Sekolah


Adakah yang mearsakan juga liburan sekolah panjang saat bulan puasa? Ya selamat kita seumuran temans. 

Paling tidak kegiatan sekolah terwakili dengan buku ramadan serta kegiatan pesantren kilat yang hanya beberapa hari saja.

Inilah momen paling saya tunggu karena saya yang suka ngedul alias malas sekolah bisa menikmati leyeuh-leyeuh manja di rumah :D

❤ Main Monopoli


Cung sapa yang masa kecilnya diwarnai dengan papan permainan dengan tulisan MONOPOLI?

Adalah masa kecil saya yang jika ramadan tiba maka papan permainan ini akan digelar sepanjang waktu terpotong sebentar hanya untuk solat saja.

Permainan paling seru yang selalu saya nikmati selama bulan Ramadan. Biasanya teman SD dan anak tetangga yang menjadi lawan main saya kala itu.

Paling seru karena ga bisa berhenti sebelum suara teriakan mendiang ibu menyuruh solat LOL.

❤ Taraweh Dan Antri Tanda Tangan


Momen paling berkesan lainnya adalah tarawehan bareng teman. Dimana sajadah udah diCUP-in ga boleh ada yang menempati area poll buat nikmatin taraweh sambil ngegado Mie Instan Kering.

Posisi kunci adalah deket tembok paling pojok, tempat favorit yang tak hanya rebutan sama teman sepantaran akan tetapi juga rebutan sama Emak-emak yang kadang tarawehnya 4 rakaat sisanya beliau selonjoran sambil tidur wkwkwk.

Sehabis taraweh biasanya itu saya dan anak-anak yang punya buku Ramadan, ngantri tanda tangan imam.

Seru berbaris saling antri hanya demi tanda tangan buku Ramadan terisi. ah Indahnya kala itu :)

❤ Nonton Siaran Khusus Ramadan


Adakalanya saya menghabiskan waktu dengan menonton tv, saat itu paling saya gemari sinteron religi seperti LORONG WAKTU.

Pemainnya ada Deddy Mizwar, sinetron ini tak hanya sekedar hiburan belaka namun banyak hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik. Sambil nunggu waktu bedug biasanya saya nonton serial ini.

Lain halnya dengan waktu sahur, Masih pada ingat ga yah?dulu saya paling suka dengan siaran "SAHUR KITA" nyam--nyam--nyam- yang dipandu oleh Ulfa dan Eko. 

Seru, kocak, lucu pokoknya menemani sekali saat mata yang lepek demi menyantap makanan sahur.



❤ Bagi Tugas Cuci Piring


Momen puasa biasanya mendiang ibu itu membagi tugas cuci piring saat berbuka atau saat sahur. Biasanya saya suka berantem dulu sama kakak, kadang sebel aja kalau kebagian cuci piring selepas buka buanyak banget sementara saat sahur mata suka ngantuk ah pokoknya momen ini serba ga enak. 

Serunya itu suka ledek-ledekan pas kebagian banyak atau suka dicurangin kakak dihasut biar saya yang cuci piring didua waktu ini wkwk *ngeselin 

***

Tak terasa momen itu sudah terlalui seiring dengan berkembangnya saya. Kini sebagai ibu sayapun pada akhirnya merasakan keriweuhan untuk menyiapkan makan berbuka dan sahur.

Saya ingin juga membuat kenangan manis untuk Neyna yang kini sedang belajar puasa full hingga magrib.

Well, Temans punya kenangan manis apa saat ramadan masa kecilnya?sharing yuk :) 

2 komentar

Avatar
Maya Rumi Selasa, 28 Mei, 2019

paling malas tuh antri tanda tangan imam shalat, antriiii lamaaa banget, tapi kalau gak minta tanda tanganya nanti dimarahi guru agama

Reply Delete
Avatar
Monda Siregar Kamis, 30 Mei, 2019

jadi ingat Ulfa yang lucu itu, di mana ya dia, nggak kedengaran kabarnya..

Reply Delete