Jangan Lewatkan 3 Alasan Ini Saat Berwisata Ke Cirebon

alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon

Jangan Lewatkan 3 Alasan Ini Saat Berwisata Ke Cirebon

Mendengar Kota Cirebon, memori saya akan memutar banyak kenangan terlebih kota ini merupakan kota kelahiran mendiang ibunda saya.

Waktu saya masih tinggal di Majalengka, bisa dibilang Cirebon adalah destinasi favorit liburan saya dan keluarga. Terlebih hingga kini masih ada sanak saudara yang tinggal di Cirebon. 

Perjalanan dari Majalengka ke Cirebon tidaklah lama hanya menempuh waktu 1 jam, sehingga membuat kami seringkali bepergian ke Cirebon.

Cirebon yang banyak dikenal dengan kota Udang memang memberikan kenangan manis bagi saya. Dan ada saja alasan yang harus temans ketahui mengapa sih harus ke Cirebon.

Alasan Harus Liburan Ke Cirebon

Masa kecil saya dihabiskan di kota Angin Majalengka, tak ada Mall, tak ada pusat perbelanjaan yang ramai dulu Majalengka masih terbilang sepi. Bahkan bioskop yang hanya beberapa saja semuanya gulung tikar. 

Demi memperoleh tas sekolah yang kece, liburan yang menyenangkan biasanya bapak dan mendiang ibu mengajak saya ke Cirebon.

Ada apa di Cirebon?

❤ Ada Banyak Tempat Rekreasi 


Salah satu tempat yang pernah saya kunjungi adalah Taman Ade Irma. Di sana saya bisa menikmati pantai namun sayangnya dulu airnya kotor. 

Yang bisa saya lakukan di sana yakni menghabiskan waktu untuk foto-foto di bibir pantai bersama mendiang ibu. Tak hanya pantai saja, dulu saya bisa menikmati permainan mobil-mobilan. 

Lain waktu konon katanya kini Taman Ade Irma sudah banyak perubahan. So, temans bisa kunjungi taman Ade Irma ini versi kekinian.

Selain itu juga Cirebon meninggalkan banyak bangunan bersejarah yang wajib loh temans datangi dari mulai Keratonan sampai dengan Masjid Agung. 

❤ Kuliner Beraneka Ragam


Sudah banyak yang mengklaim jika kuliner khas Cirebon itu memiliki keunikan dan cita rasa istimewa yang mantab betul dari nasi Jamblang sampai Mie kocok.

Namun dari semua kuliner khas Cirebon, yang paling saya suka diantaranya adalah Tahu Gejrot, Empal gentong dan Ayam Selundreng. Waktu di Cimahi ada yang jual tahu gejrot langsung deh saya serbu.

alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon


Temans tahukan tahu gejrot?ituloh tahu Sumedang yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil lalu ada bumbu yang diulek seperti cabe rawit, bawang merah, gula merah dan garam. Terakhir tahu maupun ulekan bumbunya disiram dengan kuah.

Paling endes banget makannya itu di piring tanah liat lalu cara makannya cukup ditusuk dan kuahnya diuyup. Mmm..seger banget!

alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon



Untuk harga seporsi tahu gejrot ini sangat murah dibandrol Rp 8000/porsi kalau yang jual di Cimahi.

Kuliner khas Cirebon lainnya yang tak mungkin saya lewati adalah Empal Gentong. Sejenis gulai dengan jeroan daging sapi. Paling unik dari kuliner ini adalah Bubuk Cabe Kering yang jika dipadu padankan dengan kuah empalnya wuih rasanya semua lewat. Mantab betul!

❤ Varian Oleh-oleh

Berkunjung ke Cirebon tentunya paling mengasyikan bagi saya adalah membeli oleh-oleh khas Cirebon.

Oleh-oleh yang biasa saya beli sih diantaranya kerupuk kulit sapi ini adalah favorit mendiang ibu, terasi udang, kerupuk melarat dan hingga kini yang tidak boleh ketinggalan adalah sirup Tjampolay. 

Saya selalu menyukai sirup Tjampolay yang paling khas banget ga ada di tempat lain. Harganya lumayan sih waktu terakhir saya beli tapi memang enak banget.

Selain itu ada juga batik mega mendung khas Cirebon yang biasa dicari orang sebagai oleh-oleh. Namun dulu sih saya jarang banget hampir ga pernah malah beli batik hehehe.

***


alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon
waktu nginap di hotel Cirebon

Terakhir ke Cirebon itu saat saya hamil Neyna, usia kandungan saya memasuki 7 bulan. Namun perjalanan dari Bandung ke Cirebon bisa saya terlewati tanpa ada keluhan.

Tujuan saya dan akang suami waktu itu hendak menghadiri acara pernikahan sepupunya akang suami.

Terhitung 2 hari 1 malam, saya berada di Cirebon. Untuk penginapan sendiri, kami memilih hotel di Cirebon yang dekat dengan tempat pernikahan.

Jangan khawatir akan masalah penginapan jika temans liburan atau bisnis ke sini, karena banyak tersedia penginapan murah di Cirebon.

Apalagi nih saya saranin buat teman yang ingin dapat hotel murah di Cirebon bisa cek di Hotel Pegipegi.

Mengapa harus booking hotel di pegipegi?karena booking hotel di pegipegi murah, mudah dan banyak pilihannya. Bisa disesuaikan dengan kantong kita loh bahkan no ribet-ribet buat bayarnya semua bisa tersedia di pegipegi.



***


Well, demikian yang bisa saya share kali ini ya temans seputar wisata Cirebon. Temans pernah ke Cirebon juga?adakah kuliner maupun oleh-olehnya sama dengan saya favoritnya?yuk kita saling sharing.

Semoga bisa bermanfaat yah!





58 komentar

Avatar
Sandra Hamidah Rabu, 01 Mei, 2019

Yang aku inget tentang Cirebon itu panasnya mba tapi penasaran ama keratonnya belum explore Cirebon euy

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

yass panasnya emang nampol wkwkkw

Reply Delete
Avatar
Turis Cantik Kamis, 02 Mei, 2019

Aku suka ke cirebon krn wisata kulinernya menurutku paling pas di lidah. Kalau mau pergi ngak terlalu jauh tapi semua enak ya cirebon tempatnya heheheh

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Kamis, 02 Mei, 2019

Aku pernah makan tahu gejrot ternyata enak juga nih, apalagi kalau paket kerupuk hehe maknyos

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

emang mba aku sih suka kalau rawitnya banyak hahhaa

Reply Delete
Avatar
NiaNastiti Kamis, 02 Mei, 2019

Aku suka baca artikel yg rekomendasi penginapan di pegi2 karena helpful banget. Cirebon ingetnya makan2, hihi. Aku dulu ga sempet ke taman ade irma suryani sih Mba. Malah ke pantainya yang ga jernih, wkwk

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

Dulu aku pas ke sana juga pantainya kotor mba ga tau deh sekarang

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy Kamis, 02 Mei, 2019

Ingat Cirebon ingat panasnya mbak hehehe, AC mobil enggak lawan tapi kalau kulinernya, asli enak banget apalagi tahu gejrot, sensasi makan di daerah asal kulinernya emang beda yah, padahal sering beli di rumah hihihi, Tapi beneran enakkan naik kereta api daripada naik mobil, lebih nyaman plusnya lagi pesan tiketnya online, mudah dan pasti dapat kursi...hihihi.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

iyaa saking panasnya ya mba hahaha

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Kamis, 02 Mei, 2019

Cirebooon, I loove tahu gejrot dan empal gentong.
Menyenangkan banget bisa main2 ke Cirebon dan order via Pegi-pegi
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Ucig Kamis, 02 Mei, 2019

Cirebon... empal gentong.
2 thn lalu mau ksana krna kk ipar asli cirebon 😁 eh tapi nggak jadi.
Aku ke cirebon hanya mampir nggak singgah lama. Smua makanan khasnya kusukaa
Cieeeh, itu abg berfoto 😃

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA Kamis, 02 Mei, 2019

Tahu gejrot Cirebon, mantabs. Kayaknya bakalan lebih enak kalau makan tahu gejrotnya di Cirebon kali yah.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

iya teh emang mantab pisan

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Kamis, 02 Mei, 2019

Tahu Gejrot paling maknyus memang Tahu Gejrot Cirebon.

Sekarang booking hotel di Cirebon udah bisa pakai pegi-pegi nih. Jaman dulu mah kudu nyari satu per satu. :D

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

iya ya memudahkan banget pegipegi

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara Kamis, 02 Mei, 2019

Tahu gejrot ya allah kayaknya itu enak banget jadi kepengen makan itu mbak

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

yuk kunjungi Cirebon mba

Reply Delete
Avatar
Fanny Fristhika Nila Jumat, 03 Mei, 2019

kulinernya sih yg paling juara buatku :D. selain yg udh mainstream kyk tahu gejrot, nasi jamblang dan empal gentong, aku jg pgn cobain yg lain, wkt itu pernh liat video foodvlogger Nexcarlos pas kuliner di cirebon. ya ampuuuunnnn lgs ngiler hahahaha.

sirup tjampolay aku jd penasaran mba. namanya lucuuuk :D. ntr kalo ke cirebon aku hrs beli nih. planning thn depan acara tahunan teamku, pgn ke cirebon. bosen jg lama2 sekitaran puncak ato dago hihihi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

iya enak loh mba Fan sirop ini

Reply Delete
Avatar
Sara neyrhiza Jumat, 03 Mei, 2019

sampai sekarang masih penasaran dengan tahu gejrot..belum pernah nyobain. Di solo jarang ada yang jual juga

Reply Delete
Avatar
Mira Apriani Jumat, 03 Mei, 2019

Saya belum pernah mbk ke Cirebon, jadi penasaran juga dengan makanan khas Cirebon. Saya itu paling banter ke Jakarta aja kalau lagi ke luar Kota

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

Wah mesti coba mba enak loh kulinerannya

Reply Delete
Avatar
Siti Awadah Jumat, 03 Mei, 2019

Menarik. belum pernah jejak ke sana lagi. Done Follow ur blog. Jemput singgah ke blog Sis Hawa Dot Com milik saya juga. Terima kasih

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

terima kasih sudah berkunjung

Reply Delete
Avatar
Ety Handayaningsih Jumat, 03 Mei, 2019

Kalau ke Cirebon pengin banget ke keraton, dan kulineran empal gentong. Trus pengin beli terasi juga buat bikin sambel di rumah.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 07 Mei, 2019

iya endes yah mba terasinya

Reply Delete
Avatar
arry wastuti Jumat, 03 Mei, 2019

Dulu pernah ke Cirebon, di sana makan nasi jamblang. Tahu gejrotnya malah nyicip waktu tinggal di Bandung. Entah sama apa enggak dgn aslinya di Cirebon sana. Hihi. Sirup tjampolay juga taunya pas di Bandung. Saya paling suka yg rasa pisang susu. Hmmmm....enyaaakkkk diminum dingin pakai es. Sluurrrppp.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

iya enak banget sirup tjampolay makanya mahil juga hargana hahaha

Reply Delete
Avatar
widyanti yuliandari Jumat, 03 Mei, 2019

Aku belom pernah ke Cirebon. Wihhh ndeso aku ya? Wkwkwk.
Pengin ke sana krn pengin ngunjungin keraton dan berburu batik. Eh...empal gentong jugaaaa

Reply Delete
Avatar
Profil Sabtu, 04 Mei, 2019

Belum pernah ke Cirebon. Jadi pengen liburan ke sana. Tapi aku sudah pernah coba makan tahu genjrot dan empal gentong. Meski belinya di Surabaya namun kata teman rasanya sama kayak yang asli di Cirebon.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Sabtu, 04 Mei, 2019

Wah, aku jadi kangen Cirebon nih. Terakhir ke sana saat kuliah. Dulu sering ke Cirebon. Ada kakek, paman dari mamah di sana. Udah berkeluarga gini, susah ke mana2. Walopun panas, Cirebon ngangenin.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

iya meski panas tapi ngangenin :D

Reply Delete
Avatar
khairiah Sabtu, 04 Mei, 2019

Aku belum pernah ke cirebon tapi entah kenapa kalo dengar kata cirebon kebayangnya terasi

Reply Delete
Avatar
khairiah Sabtu, 04 Mei, 2019

Aku belum pernah ke cirebon tapi entah kenapa kalo dengar kata cirebon kebayangnya terasi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

hahaha karena udangnya ya

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah Sabtu, 04 Mei, 2019

btw aku belum pernah maem kulineran tahu gejrot itu mbak,
tahu cuman nggak pernah nyobain ehehee
Penasaran sama rasanya gimanaa huuu

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Sabtu, 04 Mei, 2019

Belum nemu tahu gejrot yang nedang di sini. Emang harus langsung ke sana kali ya ke Cirebon buat merasakan tahu gejrot yang ori hehe.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

iya biar nendang ya mba mesti ke Cirebon

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu Sabtu, 04 Mei, 2019

Saya orang Cirebon teh,,, tapi kearah Kuningan sih jd bhsnya Sunda klo kotanya kn bus jawa,,klo explore Cirebon mesti stay bbrp Hari akupun pernh pakai Pegipegi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

asik ya pake pegipegi mba

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Sabtu, 04 Mei, 2019

Aku kalo ke Cirebon senengnya main di stasiun kereta. Soalnya kakekku kerjanya di perkeretaan. :)))

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

asik teh aku malah belum pernah ke stasiun Cirebon

Reply Delete
Avatar
Helenamantra Minggu, 05 Mei, 2019

kalau ke Cirebon wajib kulineran. Empal gentongnya enaaak. Eh tapi udah ada tol terus sampe ke Jawa Timur nih jadinya mudik ga mampir Cirebon lagi.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

hayu mba ke Cirebon lagi emang empal gentong itu enak bingits

Reply Delete
Avatar
Lantana Magenta Hermosa Senin, 06 Mei, 2019

Ntar kalo ke Cirebon nyobain pesen makanan yang disaji di piring tanah liat deh

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Rabu, 03 Juli, 2019

itu tahu gejrot mba cobain enakkk

Reply Delete