Search

Jangan Lewatkan 3 Alasan Ini Saat Berwisata Ke Cirebon

Mendengar Kota Cirebon, memori saya akan memutar banyak kenangan terlebih kota ini merupakan kota kelahiran mendiang ibunda saya.

Waktu saya masih tinggal di Majalengka, bisa dibilang Cirebon adalah destinasi favorit liburan saya dan keluarga. Terlebih hingga kini masih ada sanak saudara yang tinggal di Cirebon. 

Perjalanan dari Majalengka ke Cirebon tidaklah lama hanya menempuh waktu 1 jam, sehingga membuat kami seringkali bepergian ke Cirebon.

Cirebon yang banyak dikenal dengan kota Udang memang memberikan kenangan manis bagi saya. Dan ada saja alasan yang harus temans ketahui mengapa sih harus ke Cirebon.

Alasan Harus Liburan Ke Cirebon

Masa kecil saya dihabiskan di kota Angin Majalengka, tak ada Mall, tak ada pusat perbelanjaan yang ramai dulu Majalengka masih terbilang sepi. Bahkan bioskop yang hanya beberapa saja semuanya gulung tikar. 

Demi memperoleh tas sekolah yang kece, liburan yang menyenangkan biasanya bapak dan mendiang ibu mengajak saya ke Cirebon.

Ada apa di Cirebon?

❤ Ada Banyak Tempat Rekreasi 


Salah satu tempat yang pernah saya kunjungi adalah Taman Ade Irma. Di sana saya bisa menikmati pantai namun sayangnya dulu airnya kotor. 

Yang bisa saya lakukan di sana yakni menghabiskan waktu untuk foto-foto di bibir pantai bersama mendiang ibu. Tak hanya pantai saja, dulu saya bisa menikmati permainan mobil-mobilan. 

Lain waktu konon katanya kini Taman Ade Irma sudah banyak perubahan. So, temans bisa kunjungi taman Ade Irma ini versi kekinian.

Selain itu juga Cirebon meninggalkan banyak bangunan bersejarah yang wajib loh temans datangi dari mulai Keratonan sampai dengan Masjid Agung. 

❤ Kuliner Beraneka Ragam


Sudah banyak yang mengklaim jika kuliner khas Cirebon itu memiliki keunikan dan cita rasa istimewa yang mantab betul dari nasi Jamblang sampai Mie kocok.

Namun dari semua kuliner khas Cirebon, yang paling saya suka diantaranya adalah Tahu Gejrot, Empal gentong dan Ayam Selundreng. Waktu di Cimahi ada yang jual tahu gejrot langsung deh saya serbu.

alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon


Temans tahukan tahu gejrot?ituloh tahu Sumedang yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil lalu ada bumbu yang diulek seperti cabe rawit, bawang merah, gula merah dan garam. Terakhir tahu maupun ulekan bumbunya disiram dengan kuah.

Paling endes banget makannya itu di piring tanah liat lalu cara makannya cukup ditusuk dan kuahnya diuyup. Mmm..seger banget!

alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon



Untuk harga seporsi tahu gejrot ini sangat murah dibandrol Rp 8000/porsi kalau yang jual di Cimahi.

Kuliner khas Cirebon lainnya yang tak mungkin saya lewati adalah Empal Gentong. Sejenis gulai dengan jeroan daging sapi. Paling unik dari kuliner ini adalah Bubuk Cabe Kering yang jika dipadu padankan dengan kuah empalnya wuih rasanya semua lewat. Mantab betul!

❤ Varian Oleh-oleh

Berkunjung ke Cirebon tentunya paling mengasyikan bagi saya adalah membeli oleh-oleh khas Cirebon.

Oleh-oleh yang biasa saya beli sih diantaranya kerupuk kulit sapi ini adalah favorit mendiang ibu, terasi udang, kerupuk melarat dan hingga kini yang tidak boleh ketinggalan adalah sirup Tjampolay. 

Saya selalu menyukai sirup Tjampolay yang paling khas banget ga ada di tempat lain. Harganya lumayan sih waktu terakhir saya beli tapi memang enak banget.

Selain itu ada juga batik mega mendung khas Cirebon yang biasa dicari orang sebagai oleh-oleh. Namun dulu sih saya jarang banget hampir ga pernah malah beli batik hehehe.

***


alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon
waktu nginap di hotel Cirebon

Terakhir ke Cirebon itu saat saya hamil Neyna, usia kandungan saya memasuki 7 bulan. Namun perjalanan dari Bandung ke Cirebon bisa saya terlewati tanpa ada keluhan.

Tujuan saya dan akang suami waktu itu hendak menghadiri acara pernikahan sepupunya akang suami.

Terhitung 2 hari 1 malam, saya berada di Cirebon. Untuk penginapan sendiri, kami memilih hotel di Cirebon yang dekat dengan tempat pernikahan.

Jangan khawatir akan masalah penginapan jika temans liburan atau bisnis ke sini, karena banyak tersedia penginapan murah di Cirebon.

Apalagi nih saya saranin buat teman yang ingin dapat hotel murah di Cirebon bisa cek di Hotel Pegipegi.

Mengapa harus booking hotel di pegipegi?karena booking hotel di pegipegi murah, mudah dan banyak pilihannya. Bisa disesuaikan dengan kantong kita loh bahkan no ribet-ribet buat bayarnya semua bisa tersedia di pegipegi.



***


Well, demikian yang bisa saya share kali ini ya temans seputar wisata Cirebon. Temans pernah ke Cirebon juga?adakah kuliner maupun oleh-olehnya sama dengan saya favoritnya?yuk kita saling sharing.

Semoga bisa bermanfaat yah!





Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun