Jangan Lewatkan 3 Alasan Ini Saat Berwisata Ke Cirebon

5/01/2019
Mendengar Kota Cirebon, memori saya akan memutar banyak kenangan terlebih kota ini merupakan kota kelahiran mendiang ibunda saya.

Waktu saya masih tinggal di Majalengka, bisa dibilang Cirebon adalah destinasi favorit liburan saya dan keluarga. Terlebih hingga kini masih ada sanak saudara yang tinggal di Cirebon. 

Perjalanan dari Majalengka ke Cirebon tidaklah lama hanya menempuh waktu 1 jam, sehingga membuat kami seringkali bepergian ke Cirebon.

Cirebon yang banyak dikenal dengan kota Udang memang memberikan kenangan manis bagi saya. Dan ada saja alasan yang harus temans ketahui mengapa sih harus ke Cirebon.

Alasan Harus Liburan Ke Cirebon

Masa kecil saya dihabiskan di kota Angin Majalengka, tak ada Mall, tak ada pusat perbelanjaan yang ramai dulu Majalengka masih terbilang sepi. Bahkan bioskop yang hanya beberapa saja semuanya gulung tikar. 

Demi memperoleh tas sekolah yang kece, liburan yang menyenangkan biasanya bapak dan mendiang ibu mengajak saya ke Cirebon.

Ada apa di Cirebon?

❤ Ada Banyak Tempat Rekreasi 


Salah satu tempat yang pernah saya kunjungi adalah Taman Ade Irma. Di sana saya bisa menikmati pantai namun sayangnya dulu airnya kotor. 

Yang bisa saya lakukan di sana yakni menghabiskan waktu untuk foto-foto di bibir pantai bersama mendiang ibu. Tak hanya pantai saja, dulu saya bisa menikmati permainan mobil-mobilan. 

Lain waktu konon katanya kini Taman Ade Irma sudah banyak perubahan. So, temans bisa kunjungi taman Ade Irma ini versi kekinian.

Selain itu juga Cirebon meninggalkan banyak bangunan bersejarah yang wajib loh temans datangi dari mulai Keratonan sampai dengan Masjid Agung. 

❤ Kuliner Beraneka Ragam


Sudah banyak yang mengklaim jika kuliner khas Cirebon itu memiliki keunikan dan cita rasa istimewa yang mantab betul dari nasi Jamblang sampai Mie kocok.

Namun dari semua kuliner khas Cirebon, yang paling saya suka diantaranya adalah Tahu Gejrot, Empal gentong dan Ayam Selundreng. Waktu di Cimahi ada yang jual tahu gejrot langsung deh saya serbu.

alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon


Temans tahukan tahu gejrot?ituloh tahu Sumedang yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil lalu ada bumbu yang diulek seperti cabe rawit, bawang merah, gula merah dan garam. Terakhir tahu maupun ulekan bumbunya disiram dengan kuah.

Paling endes banget makannya itu di piring tanah liat lalu cara makannya cukup ditusuk dan kuahnya diuyup. Mmm..seger banget!

alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon



Untuk harga seporsi tahu gejrot ini sangat murah dibandrol Rp 8000/porsi kalau yang jual di Cimahi.

Kuliner khas Cirebon lainnya yang tak mungkin saya lewati adalah Empal Gentong. Sejenis gulai dengan jeroan daging sapi. Paling unik dari kuliner ini adalah Bubuk Cabe Kering yang jika dipadu padankan dengan kuah empalnya wuih rasanya semua lewat. Mantab betul!

❤ Varian Oleh-oleh

Berkunjung ke Cirebon tentunya paling mengasyikan bagi saya adalah membeli oleh-oleh khas Cirebon.

Oleh-oleh yang biasa saya beli sih diantaranya kerupuk kulit sapi ini adalah favorit mendiang ibu, terasi udang, kerupuk melarat dan hingga kini yang tidak boleh ketinggalan adalah sirup Tjampolay. 

Saya selalu menyukai sirup Tjampolay yang paling khas banget ga ada di tempat lain. Harganya lumayan sih waktu terakhir saya beli tapi memang enak banget.

Selain itu ada juga batik mega mendung khas Cirebon yang biasa dicari orang sebagai oleh-oleh. Namun dulu sih saya jarang banget hampir ga pernah malah beli batik hehehe.

***


alasan liburan ke cirebon, tahu gejrot makanan khas cirebon, empal gentong khas cirebon, majalengka-cirebon, kuliner cirebon, taman rekreasi cirebon
waktu nginap di hotel Cirebon

Terakhir ke Cirebon itu saat saya hamil Neyna, usia kandungan saya memasuki 7 bulan. Namun perjalanan dari Bandung ke Cirebon bisa saya terlewati tanpa ada keluhan.

Tujuan saya dan akang suami waktu itu hendak menghadiri acara pernikahan sepupunya akang suami.

Terhitung 2 hari 1 malam, saya berada di Cirebon. Untuk penginapan sendiri, kami memilih hotel di Cirebon yang dekat dengan tempat pernikahan.

Jangan khawatir akan masalah penginapan jika temans liburan atau bisnis ke sini, karena banyak tersedia penginapan murah di Cirebon.

Apalagi nih saya saranin buat teman yang ingin dapat hotel murah di Cirebon bisa cek di Hotel Pegipegi.

Mengapa harus booking hotel di pegipegi?karena booking hotel di pegipegi murah, mudah dan banyak pilihannya. Bisa disesuaikan dengan kantong kita loh bahkan no ribet-ribet buat bayarnya semua bisa tersedia di pegipegi.



***


Well, demikian yang bisa saya share kali ini ya temans seputar wisata Cirebon. Temans pernah ke Cirebon juga?adakah kuliner maupun oleh-olehnya sama dengan saya favoritnya?yuk kita saling sharing.

Semoga bisa bermanfaat yah!





64 komentar on "Jangan Lewatkan 3 Alasan Ini Saat Berwisata Ke Cirebon"
  1. Waah pengen main ke cirebon nih

    BalasHapus
  2. Yang aku inget tentang Cirebon itu panasnya mba tapi penasaran ama keratonnya belum explore Cirebon euy

    BalasHapus
  3. Aku suka ke cirebon krn wisata kulinernya menurutku paling pas di lidah. Kalau mau pergi ngak terlalu jauh tapi semua enak ya cirebon tempatnya heheheh

    BalasHapus
  4. Aku pernah makan tahu gejrot ternyata enak juga nih, apalagi kalau paket kerupuk hehe maknyos

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang mba aku sih suka kalau rawitnya banyak hahhaa

      Hapus
  5. Aku suka baca artikel yg rekomendasi penginapan di pegi2 karena helpful banget. Cirebon ingetnya makan2, hihi. Aku dulu ga sempet ke taman ade irma suryani sih Mba. Malah ke pantainya yang ga jernih, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku pas ke sana juga pantainya kotor mba ga tau deh sekarang

      Hapus
  6. Ingat Cirebon ingat panasnya mbak hehehe, AC mobil enggak lawan tapi kalau kulinernya, asli enak banget apalagi tahu gejrot, sensasi makan di daerah asal kulinernya emang beda yah, padahal sering beli di rumah hihihi, Tapi beneran enakkan naik kereta api daripada naik mobil, lebih nyaman plusnya lagi pesan tiketnya online, mudah dan pasti dapat kursi...hihihi.

    BalasHapus
  7. Cirebooon, I loove tahu gejrot dan empal gentong.
    Menyenangkan banget bisa main2 ke Cirebon dan order via Pegi-pegi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Cirebon... empal gentong.
    2 thn lalu mau ksana krna kk ipar asli cirebon 😁 eh tapi nggak jadi.
    Aku ke cirebon hanya mampir nggak singgah lama. Smua makanan khasnya kusukaa
    Cieeeh, itu abg berfoto 😃

    BalasHapus
  9. Tahu gejrot Cirebon, mantabs. Kayaknya bakalan lebih enak kalau makan tahu gejrotnya di Cirebon kali yah.

    BalasHapus
  10. Tahu Gejrot paling maknyus memang Tahu Gejrot Cirebon.

    Sekarang booking hotel di Cirebon udah bisa pakai pegi-pegi nih. Jaman dulu mah kudu nyari satu per satu. :D

    BalasHapus
  11. Tahu gejrot ya allah kayaknya itu enak banget jadi kepengen makan itu mbak

    BalasHapus
  12. kulinernya sih yg paling juara buatku :D. selain yg udh mainstream kyk tahu gejrot, nasi jamblang dan empal gentong, aku jg pgn cobain yg lain, wkt itu pernh liat video foodvlogger Nexcarlos pas kuliner di cirebon. ya ampuuuunnnn lgs ngiler hahahaha.

    sirup tjampolay aku jd penasaran mba. namanya lucuuuk :D. ntr kalo ke cirebon aku hrs beli nih. planning thn depan acara tahunan teamku, pgn ke cirebon. bosen jg lama2 sekitaran puncak ato dago hihihi

    BalasHapus
  13. sampai sekarang masih penasaran dengan tahu gejrot..belum pernah nyobain. Di solo jarang ada yang jual juga

    BalasHapus
  14. Saya belum pernah mbk ke Cirebon, jadi penasaran juga dengan makanan khas Cirebon. Saya itu paling banter ke Jakarta aja kalau lagi ke luar Kota

    BalasHapus
  15. Menarik. belum pernah jejak ke sana lagi. Done Follow ur blog. Jemput singgah ke blog Sis Hawa Dot Com milik saya juga. Terima kasih

    BalasHapus
  16. Kalau ke Cirebon pengin banget ke keraton, dan kulineran empal gentong. Trus pengin beli terasi juga buat bikin sambel di rumah.

    BalasHapus
  17. Dulu pernah ke Cirebon, di sana makan nasi jamblang. Tahu gejrotnya malah nyicip waktu tinggal di Bandung. Entah sama apa enggak dgn aslinya di Cirebon sana. Hihi. Sirup tjampolay juga taunya pas di Bandung. Saya paling suka yg rasa pisang susu. Hmmmm....enyaaakkkk diminum dingin pakai es. Sluurrrppp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak banget sirup tjampolay makanya mahil juga hargana hahaha

      Hapus
  18. Aku belom pernah ke Cirebon. Wihhh ndeso aku ya? Wkwkwk.
    Pengin ke sana krn pengin ngunjungin keraton dan berburu batik. Eh...empal gentong jugaaaa

    BalasHapus
  19. Terakhir ke Cirebon 2017 karena undangan nikahan temen, trs di sana mager di hotel karena panas pisan hahaha. Tapi sempet sih teh icip2 kuliner sama jalan-jalan bentar, tahu gejrot emang juaraa! 😂

    BalasHapus
  20. Belum pernah ke Cirebon. Jadi pengen liburan ke sana. Tapi aku sudah pernah coba makan tahu genjrot dan empal gentong. Meski belinya di Surabaya namun kata teman rasanya sama kayak yang asli di Cirebon.

    BalasHapus
  21. Wah, aku jadi kangen Cirebon nih. Terakhir ke sana saat kuliah. Dulu sering ke Cirebon. Ada kakek, paman dari mamah di sana. Udah berkeluarga gini, susah ke mana2. Walopun panas, Cirebon ngangenin.

    BalasHapus
  22. Duh tahu gejrot dan empal gentong, dua makanan favorit banget ini. Semoga bisa ke Cirebon lagi, deh

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah ke cirebon tapi entah kenapa kalo dengar kata cirebon kebayangnya terasi

    BalasHapus
  24. Aku belum pernah ke cirebon tapi entah kenapa kalo dengar kata cirebon kebayangnya terasi

    BalasHapus
  25. btw aku belum pernah maem kulineran tahu gejrot itu mbak,
    tahu cuman nggak pernah nyobain ehehee
    Penasaran sama rasanya gimanaa huuu

    BalasHapus
  26. Belum nemu tahu gejrot yang nedang di sini. Emang harus langsung ke sana kali ya ke Cirebon buat merasakan tahu gejrot yang ori hehe.

    BalasHapus
  27. Saya orang Cirebon teh,,, tapi kearah Kuningan sih jd bhsnya Sunda klo kotanya kn bus jawa,,klo explore Cirebon mesti stay bbrp Hari akupun pernh pakai Pegipegi

    BalasHapus
  28. Aku kalo ke Cirebon senengnya main di stasiun kereta. Soalnya kakekku kerjanya di perkeretaan. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik teh aku malah belum pernah ke stasiun Cirebon

      Hapus
  29. kalau ke Cirebon wajib kulineran. Empal gentongnya enaaak. Eh tapi udah ada tol terus sampe ke Jawa Timur nih jadinya mudik ga mampir Cirebon lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu mba ke Cirebon lagi emang empal gentong itu enak bingits

      Hapus
  30. Nah, kota Cirebon memang kental budayanya, apa lagi sejarah nya yang amat panjang. Aku kalo ke Cirebon pasti mampir nasi Jamblang di Plumbon

    BalasHapus
  31. Ntar kalo ke Cirebon nyobain pesen makanan yang disaji di piring tanah liat deh

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun