Begini Cara Mudah Membuat Cilok Goang

Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng

Begini Cara Mudah Membuat Cilok Goang

Tak terasa sudah hari ke-5 puasa nih temans, masih semangat bukan?harus semangat yah menjalankan ibadah puasanya.

Biasanya minggu-minggu pertama masih semangat dan ide untuk masak masih banyak varian. Nanti memasuki minggu ke-2 sudah mulai kendor kreatifitasnya. Sudah mulai bingung dengan menu buka puasanya deh.

Buat yang bingung sama menu buka puasa nanti?kali ini saya punya resep enak nih buat temans. Nama resepnya adalah Cilok Goang.

Mendengar kata cilok tentu saja semua orang pasti tahu makanan yang satu ini. Jajanan murah meriah asal kota Bandung.

Aci dicolok begitu kepanjangannya. Bentuknya bulat dan tekturnya kenyal dengan berbahan dasar tepung tapioka.

Jajanan yang berbahan dasar ACI memang populer di Bandung bahkan kini banyak variannya.

Berikut varian jajanan berbahan dasar ACI yang saya ketahui :


  1. Cilok = Aci dicolok
  2. Cireng = Aci digoreng
  3. Cimol = Aci digemol
  4. Cilung = Aci digulung 
  5. Cimin = Aci mini
  6. Cilor = Aci digulung telor
Semuanya udah saya cobain dan saya suka semua jajanan aci ini, namanya juga orang Bandung coret alias Cimahi jadi suka deh jajanan istimewa ini.



Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng



Cara Mudah Membuat Cilok Goang


Namun kali ini saya akan membahas menu Cilok Goang secara kheseus. FYI juga nih temans untuk penyajian cilok juga bervariasi dari mulai cilok goreng, cilok rebus, cilok goreng, cilok isi daging, cilok isi telor, cilok bumbu kacang sampe cilok goang.


Bahan Untuk Cilok  :


  • Tepung terigu 100 g
  • Tepung tapioka 100 g
  • Bawang putih 1 siung (haluskan)
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Air panas 200 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun bawang iris halus
  • Penyedap rasa boleh pake atau ga

Bahan Untuk Kuah :

  • Bawang putih 3 siung haluskan
  • Daun bawang iris 
  • Seledri 

Bahan Untuk Sambel Goang :

  • Cabe rawit jumlahnya bebas sesuai selera (5-10 buah)
  • Kencur 

Cara Membuat Cilok :



  1. Tepung terigu dicampurkan dengan bahan-bahan seperti bawang putih, daun bawang, merica bubuk, dan garam. 
  2. Tuangkan air panas hingga adonan menjadi basah dan mengental 
  3. Lalu masukkan tepung tapioka 
  4. Bentuk adonan menjadi bulat untuk ukuran kecil atau besar tergantung selera
  5. Rebuskan air dalam panci, masukkan cilok yang sudah berbentuk bulat ke dalam air mendidih. 
  6. Apabila cilok sudang mengapung ke permukaan itu berarti ciloknya sudah matang

Cara Membuat Sambel Goang : 

Cukup ulek saja cabe rawit dan kencur jangan terlalu halus.

Langkah Penyajian :


Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng
Foto : cilok ceker mak Empong

Sajikan cilok dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Jika temans suka dengan ceker boleh banget ditambah dengan ceker.

Tara jadi deh mudah bukan membuat Cilok Sambel Goang, menu yang satu ini enak banget ga hanya untuk buka puasa tapi buat cemilan sehari-hari temans. Mudah bukan?selain cilok biasanya saya di rumah lebih sering buat Cireng bumbu rujak.

Cara Membuat Cireng Rujak



Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng
Ilustrasi cireng salju. ©Cookpad/Ayu Feranika

Bahan membuat cireng :

  • Tepung tapioka
  • Tepung terigu
  • Bawang putih 1 siung dihaluskan
  • Garam
  • Air panas
  • Daun bawang iris halus

Bumbu rujak :

  • Gula merah
  • Asam jawa
  • cabe 1 buah (karena Neyna ga suka pedes)

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu sambil diberikan air panas tuangkan sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk gepeng
  2. Goreng deh adonan yang sudah dibentuk
  3. Sajikan dalam keadaan hangat dan cocol dengan bumbu rujaknya. Untuk bumbu rujaknya seperti biasa yah diulek

***

Demikian cara mudah bikin cilok goang dan cireng rujak, cocok buat cemilan di rumah sambil baca buku atau nonton loh. 

Semoga bisa praktekin di rumah yah temans. Selamat mencoba!ada yang sudah pernah bikin?yuk sharing.






32 komentar

Avatar
Anita d'Caritas Jumat, 10 Mei, 2019

Wah...keren banget Mba, ntar aku prkatekin deh... Makasih infonya ya

Reply Delete
Avatar
Mama Indri Jumat, 10 Mei, 2019

jadi yg selama ini saya buat itu cilok goang ya soalnya saya selalu bikin pakai kuah.

Reply Delete
Avatar
MAS IRAWAN Jumat, 10 Mei, 2019

Kalo ada waktu buat ah dirumah hehe

Reply Delete
Avatar
Nova Violita Sabtu, 11 Mei, 2019

Nah ternyata gampang ya.., duh kuah dan ceker menggugah...perut wkwkwkwk. Apa daya sudah imsak.

Kapan2 dicoba ah ...

Reply Delete
Avatar
BlogSabda.com Sabtu, 11 Mei, 2019

bahannya simple bisa nih coba dibuat di rumah mbak, makasih yakkk

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Minggu, 12 Mei, 2019

wah makasih nih resepnya

Reply Delete
Avatar
Inna Riana Selasa, 14 Mei, 2019

aku kok belun nemu cimin di bogor ya, hmmm
cireng pernah bikin. cilok aku belum pernah bikin krna malas, biasa beli ajah. kudu bertobat yeuh :D

Reply Delete
Avatar
Nuniek KR Selasa, 14 Mei, 2019

Saya sering bikin tuuuh cireng rujak, waaa jadi ngiler nih, magrib masih jauuuh.

Reply Delete
Avatar
nita lana faera Kamis, 16 Mei, 2019

Saya baru tau kepanjangan dari cimol, haha... Kirain mah sama aja dengan cilok. Wah sambelnya bisa dipake untuk kuah seblak ya. Saya bikin kuah seblak pun masih kurang enak, haha... Ntar mau nyoba ah.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Kamis, 16 Mei, 2019

Udah cantik. jago masak pula. DUh paket lengkap nih. Btw aku belum pernah bikin cilok nih. HIhii

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah Kamis, 16 Mei, 2019

Auto pengen nyicip itu ciloknya, Mbak Herva
Aku save aja ahh resepnya mbak hehehee
Aku pernah bikin kalau yang Cilok rujak mbak, nagih itu bikinnya
lama bikinnya tapi cepet ngabisinnya wkkwkwkw

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com Kamis, 16 Mei, 2019

masakan kesukaan semuaaaa

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila Kamis, 16 Mei, 2019

haduuuh yg cilok goang lbh napsuiiin kliatannya :D. merah gitu kuahnya.. aku mah kebayang pedes mantep ituuu :D. kapan2 mau cobaa mba :D.aku termasuj suka ama cilok. di kantorku tiap jumat ada pedagang kliling yg jual cilok goang gini. pedes nampoool. ciloknya jg enak , ga cm aci thok. :D

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 Jumat, 17 Mei, 2019

Termyata ada 6 sajian aci ya mba, cilung dan cimin aku belum pernah denger yang lainnya sudah. Jadi pengen coba resep nya

Reply Delete
Avatar
Maya Nirmala Sari Jumat, 17 Mei, 2019

Dududu buka ini siang-siang di Bulan Puasa jadi pengen cilok juga. Kayaknya bikinnya gampang ya. Coba ah buat buka puasa.

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak Jumat, 17 Mei, 2019

Pertama kali tahu cireng waktu dapat oleh-oleh dari tetangga yang urang Bandung.
Awalnya aku tak tahu apa itu cireng, jadi aku google dulu, bahahaha.
Saat itu aku dapatnya cireng rujak yang siap dimakan.
Bumbu rujaknya sudah ada di kemasan plastik.

Saat itu, cireng rujak, aku jadikan kudapan saat minum teh hangat di sore hari

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka Jumat, 17 Mei, 2019

Menggiurkan sekali penampakannya jadi ngences haha..ternyata buatnya tidak susah...namanya unik-unik..serba Aci..

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy Jumat, 17 Mei, 2019

Jadi inget pertama kali pindah ke Tangerang, peer banget buat saya yang besar di Sumatera hapalin istilah cimol, cilok, cireng, dan saudaranya yang lain. Dulu suka salah, mau beli cilok kebeli cireng hihihi. Tapi setelah nyobain ternyata enak dan resepnya juga mudah, terima kasih nih mak jadi nambah perbendaharaan resep ci-ci-ci ku...hehehe.

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss Sabtu, 18 Mei, 2019

Ternyata cilok bisa dicampur dengan ceker yah mba, baru tau aku. Tp aq gak suka ceker sih heheh, kalau cilok mah suka banget

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa Sabtu, 18 Mei, 2019

Selama di Jakarta belum nemu cilok goang. Jadi ketika pulang ke Bandung langsung deh jajan cilok goang. Nih aku dapet resep mantul dari teteh buat bikin sendiri ntr kalau di Jakarta ngidam cilok goang yaa hhi

Reply Delete
Avatar
Siti nurjanah Sabtu, 18 Mei, 2019

Liat post ini ko saya jadi tergoda untuk bikin cilok ya buat kudapan berbuka puasa. Biasanya dicampur seblak

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara Sabtu, 18 Mei, 2019

Bahan-bahannya gampang diperoleh ya, dan sepertinya cara membuatnya juga mudah. Ntar mau coba lah kalau si bocah udah tidur, semoga aja berhasil

Reply Delete
Avatar
Juliastri Sn Sabtu, 18 Mei, 2019

Wuah..meuni ngabibita mba. Mana ada cekernya segala. Aku tahu sambel goang dari ibuku yang orang Sunda. Cuma cabe n garem doang diulek, tapi nikmat banget dimakan sama nasi anget hm.. :)

Reply Delete
Avatar
Ria Fasha Sabtu, 18 Mei, 2019

Waah banyak ya istilah cilok, aku Biasanya buat cireng untk Anak-ank dan dicocol kuah pempek. Jajanan murah meriah tapi endes banget..

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Sabtu, 18 Mei, 2019

Cimol = aci digemol, nah jadi tahu deh kepanjangannya cimol. Tapi digemol itu diapain, hehehee
Aku paling suka cireng, cilok belum pernah nyoba. Saking sukanya cireng, seringnya beli. Jadi itu napa takaran nya gak ada ya

Reply Delete
Avatar
Jiah Sabtu, 18 Mei, 2019

Coba ah. Aku biasanya beli cilok kalau lagi pengen banget. Enggak hobi cilok juga, jadi suka-suka aja. Kayanya mudah gitu

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Sabtu, 18 Mei, 2019

Cilook~
Aku suka banget sama makanan ini.
Tapi paling gak tahu cara bikinnya.
Hehehe...antara gatau ama males, bedanya tipis yaak...hahhaa...maklum, di Surabaya ga ada cilok, adanya baso mini.

Reply Delete
Avatar
De Minggu, 19 Mei, 2019

aaahhh aku kangen makan cilok dan cireng.

Walo ada beberapa tempat di Qatar yang jual Tapioka, tapi stoknya gak selalu ada.

Jadi gak sabar pingin cepat mudik biar bisa makan cilok sepuasnya

Reply Delete
Avatar
Hana Aina Minggu, 19 Mei, 2019

Haduh itu sambal goang-nya, menantang, ingin segera dilahap. Etapi emang ya, cilok ini jadi favorit semua kalangan. Termasuk saya. Pingin ah sekali-kali bikin sendiri. Terimakasih resepnya :)

Reply Delete
Avatar
Rina Senin, 20 Mei, 2019

Jadi kabita hoyong buka sareng cilok hahah....dicatet akh resepna

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com Selasa, 11 Juni, 2019

cilung, cilor, cimin itu belum ngehits di Jogja, jadinya blm pernah icip. Makasih ya mba buat resepnya.

Reply Delete
Avatar
Arinta Adiningtyas Rabu, 12 Juni, 2019

Beberapa kali adik saya bikin cireng. Coba besok tak suruh bikin cilok goang ah.. Kakaknya mah biar jadi tukang ngemilnya doang, wkwkwk

Reply Delete