Begini Cara Mudah Membuat Cilok Goang

5/10/2019
Tak terasa sudah hari ke-5 puasa nih temans, masih semangat bukan?harus semangat yah menjalankan ibadah puasanya.

Biasanya minggu-minggu pertama masih semangat dan ide untuk masak masih banyak varian. Nanti memasuki minggu ke-2 sudah mulai kendor kreatifitasnya. Sudah mulai bingung dengan menu buka puasanya deh.

Buat yang bingung sama menu buka puasa nanti?kali ini saya punya resep enak nih buat temans. Nama resepnya adalah Cilok Goang.

Mendengar kata cilok tentu saja semua orang pasti tahu makanan yang satu ini. Jajanan murah meriah asal kota Bandung.

Aci dicolok begitu kepanjangannya. Bentuknya bulat dan tekturnya kenyal dengan berbahan dasar tepung tapioka.

Jajanan yang berbahan dasar ACI memang populer di Bandung bahkan kini banyak variannya.

Berikut varian jajanan berbahan dasar ACI yang saya ketahui :


  1. Cilok = Aci dicolok
  2. Cireng = Aci digoreng
  3. Cimol = Aci digemol
  4. Cilung = Aci digulung 
  5. Cimin = Aci mini
  6. Cilor = Aci digulung telor
Semuanya udah saya cobain dan saya suka semua jajanan aci ini, namanya juga orang Bandung coret alias Cimahi jadi suka deh jajanan istimewa ini.



Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng



Cara Mudah Membuat Cilok Goang


Namun kali ini saya akan membahas menu Cilok Goang secara kheseus. FYI juga nih temans untuk penyajian cilok juga bervariasi dari mulai cilok goreng, cilok rebus, cilok goreng, cilok isi daging, cilok isi telor, cilok bumbu kacang sampe cilok goang.


Bahan Untuk Cilok  :


  • Tepung terigu 100 g
  • Tepung tapioka 100 g
  • Bawang putih 1 siung (haluskan)
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Air panas 200 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun bawang iris halus
  • Penyedap rasa boleh pake atau ga

Bahan Untuk Kuah :

  • Bawang putih 3 siung haluskan
  • Daun bawang iris 
  • Seledri 

Bahan Untuk Sambel Goang :

  • Cabe rawit jumlahnya bebas sesuai selera (5-10 buah)
  • Kencur 

Cara Membuat Cilok :



  1. Tepung terigu dicampurkan dengan bahan-bahan seperti bawang putih, daun bawang, merica bubuk, dan garam. 
  2. Tuangkan air panas hingga adonan menjadi basah dan mengental 
  3. Lalu masukkan tepung tapioka 
  4. Bentuk adonan menjadi bulat untuk ukuran kecil atau besar tergantung selera
  5. Rebuskan air dalam panci, masukkan cilok yang sudah berbentuk bulat ke dalam air mendidih. 
  6. Apabila cilok sudang mengapung ke permukaan itu berarti ciloknya sudah matang

Cara Membuat Sambel Goang : 

Cukup ulek saja cabe rawit dan kencur jangan terlalu halus.

Langkah Penyajian :


Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng
Foto : cilok ceker mak Empong

Sajikan cilok dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Jika temans suka dengan ceker boleh banget ditambah dengan ceker.

Tara jadi deh mudah bukan membuat Cilok Sambel Goang, menu yang satu ini enak banget ga hanya untuk buka puasa tapi buat cemilan sehari-hari temans. Mudah bukan?selain cilok biasanya saya di rumah lebih sering buat Cireng bumbu rujak.

Cara Membuat Cireng Rujak



Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng
Ilustrasi cireng salju. ©Cookpad/Ayu Feranika

Bahan membuat cireng :

  • Tepung tapioka
  • Tepung terigu
  • Bawang putih 1 siung dihaluskan
  • Garam
  • Air panas
  • Daun bawang iris halus

Bumbu rujak :

  • Gula merah
  • Asam jawa
  • cabe 1 buah (karena Neyna ga suka pedes)

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu sambil diberikan air panas tuangkan sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk gepeng
  2. Goreng deh adonan yang sudah dibentuk
  3. Sajikan dalam keadaan hangat dan cocol dengan bumbu rujaknya. Untuk bumbu rujaknya seperti biasa yah diulek

***

Demikian cara mudah bikin cilok goang dan cireng rujak, cocok buat cemilan di rumah sambil baca buku atau nonton loh. 

Semoga bisa praktekin di rumah yah temans. Selamat mencoba!ada yang sudah pernah bikin?yuk sharing.






32 komentar on "Begini Cara Mudah Membuat Cilok Goang"
  1. Wah...keren banget Mba, ntar aku prkatekin deh... Makasih infonya ya

    BalasHapus
  2. jadi yg selama ini saya buat itu cilok goang ya soalnya saya selalu bikin pakai kuah.

    BalasHapus
  3. Kalo ada waktu buat ah dirumah hehe

    BalasHapus
  4. Nah ternyata gampang ya.., duh kuah dan ceker menggugah...perut wkwkwkwk. Apa daya sudah imsak.

    Kapan2 dicoba ah ...

    BalasHapus
  5. bahannya simple bisa nih coba dibuat di rumah mbak, makasih yakkk

    BalasHapus
  6. Jadi ingat masa kecil hehehe cilok cilok

    BalasHapus
  7. aku kok belun nemu cimin di bogor ya, hmmm
    cireng pernah bikin. cilok aku belum pernah bikin krna malas, biasa beli ajah. kudu bertobat yeuh :D

    BalasHapus
  8. Saya sering bikin tuuuh cireng rujak, waaa jadi ngiler nih, magrib masih jauuuh.

    BalasHapus
  9. Saya baru tau kepanjangan dari cimol, haha... Kirain mah sama aja dengan cilok. Wah sambelnya bisa dipake untuk kuah seblak ya. Saya bikin kuah seblak pun masih kurang enak, haha... Ntar mau nyoba ah.

    BalasHapus
  10. Udah cantik. jago masak pula. DUh paket lengkap nih. Btw aku belum pernah bikin cilok nih. HIhii

    BalasHapus
  11. Auto pengen nyicip itu ciloknya, Mbak Herva
    Aku save aja ahh resepnya mbak hehehee
    Aku pernah bikin kalau yang Cilok rujak mbak, nagih itu bikinnya
    lama bikinnya tapi cepet ngabisinnya wkkwkwkw

    BalasHapus
  12. haduuuh yg cilok goang lbh napsuiiin kliatannya :D. merah gitu kuahnya.. aku mah kebayang pedes mantep ituuu :D. kapan2 mau cobaa mba :D.aku termasuj suka ama cilok. di kantorku tiap jumat ada pedagang kliling yg jual cilok goang gini. pedes nampoool. ciloknya jg enak , ga cm aci thok. :D

    BalasHapus
  13. Termyata ada 6 sajian aci ya mba, cilung dan cimin aku belum pernah denger yang lainnya sudah. Jadi pengen coba resep nya

    BalasHapus
  14. Dududu buka ini siang-siang di Bulan Puasa jadi pengen cilok juga. Kayaknya bikinnya gampang ya. Coba ah buat buka puasa.

    BalasHapus
  15. Jadi itu ya singkatan-singkatan eh akronim dari makanan yang terbuat aci. Saya sebelumnya baru paham Cireng = aci digoreng. Hmm.. bikin cilok mudah juga ya, tapi aku bisa enggak ya. Terus itu ada cekernya menggoda sekali. Duh jam berapa ini.. kapan maghrib ya :D

    BalasHapus
  16. Pertama kali tahu cireng waktu dapat oleh-oleh dari tetangga yang urang Bandung.
    Awalnya aku tak tahu apa itu cireng, jadi aku google dulu, bahahaha.
    Saat itu aku dapatnya cireng rujak yang siap dimakan.
    Bumbu rujaknya sudah ada di kemasan plastik.

    Saat itu, cireng rujak, aku jadikan kudapan saat minum teh hangat di sore hari

    BalasHapus
  17. Menggiurkan sekali penampakannya jadi ngences haha..ternyata buatnya tidak susah...namanya unik-unik..serba Aci..

    BalasHapus
  18. Jadi inget pertama kali pindah ke Tangerang, peer banget buat saya yang besar di Sumatera hapalin istilah cimol, cilok, cireng, dan saudaranya yang lain. Dulu suka salah, mau beli cilok kebeli cireng hihihi. Tapi setelah nyobain ternyata enak dan resepnya juga mudah, terima kasih nih mak jadi nambah perbendaharaan resep ci-ci-ci ku...hehehe.

    BalasHapus
  19. Ternyata cilok bisa dicampur dengan ceker yah mba, baru tau aku. Tp aq gak suka ceker sih heheh, kalau cilok mah suka banget

    BalasHapus
  20. Selama di Jakarta belum nemu cilok goang. Jadi ketika pulang ke Bandung langsung deh jajan cilok goang. Nih aku dapet resep mantul dari teteh buat bikin sendiri ntr kalau di Jakarta ngidam cilok goang yaa hhi

    BalasHapus
  21. Liat post ini ko saya jadi tergoda untuk bikin cilok ya buat kudapan berbuka puasa. Biasanya dicampur seblak

    BalasHapus
  22. Bahan-bahannya gampang diperoleh ya, dan sepertinya cara membuatnya juga mudah. Ntar mau coba lah kalau si bocah udah tidur, semoga aja berhasil

    BalasHapus
  23. Wuah..meuni ngabibita mba. Mana ada cekernya segala. Aku tahu sambel goang dari ibuku yang orang Sunda. Cuma cabe n garem doang diulek, tapi nikmat banget dimakan sama nasi anget hm.. :)

    BalasHapus
  24. Waah banyak ya istilah cilok, aku Biasanya buat cireng untk Anak-ank dan dicocol kuah pempek. Jajanan murah meriah tapi endes banget..

    BalasHapus
  25. Cimol = aci digemol, nah jadi tahu deh kepanjangannya cimol. Tapi digemol itu diapain, hehehee
    Aku paling suka cireng, cilok belum pernah nyoba. Saking sukanya cireng, seringnya beli. Jadi itu napa takaran nya gak ada ya

    BalasHapus
  26. Coba ah. Aku biasanya beli cilok kalau lagi pengen banget. Enggak hobi cilok juga, jadi suka-suka aja. Kayanya mudah gitu

    BalasHapus
  27. Cilook~
    Aku suka banget sama makanan ini.
    Tapi paling gak tahu cara bikinnya.
    Hehehe...antara gatau ama males, bedanya tipis yaak...hahhaa...maklum, di Surabaya ga ada cilok, adanya baso mini.

    BalasHapus
  28. aaahhh aku kangen makan cilok dan cireng.

    Walo ada beberapa tempat di Qatar yang jual Tapioka, tapi stoknya gak selalu ada.

    Jadi gak sabar pingin cepat mudik biar bisa makan cilok sepuasnya

    BalasHapus
  29. Haduh itu sambal goang-nya, menantang, ingin segera dilahap. Etapi emang ya, cilok ini jadi favorit semua kalangan. Termasuk saya. Pingin ah sekali-kali bikin sendiri. Terimakasih resepnya :)

    BalasHapus
  30. Jadi kabita hoyong buka sareng cilok hahah....dicatet akh resepna

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun