Yang Wajib Diketahui Seputar THR!

5/19/2019
Menjelang lebaran, pertanyaan paling menyakitkan itu saat ada yang nanya THR kapan cair sih?padahal HRD mah cuman ngitungin doang datanya yang cair-in mah teteup orang accounting. Bener ga?

Nah temans, memang biasanya THR untuk apa?sampe-sampe bolak balik nanyain?hahaha. Padahal saya sendiri suka nanya juga ke rekan kerja perihal datangnya uang THR ke rekening.

Paling banter jawabannya buat mudik, buat beli baju bedug 

Tapi tahukah temans seputar THR?sapa tahu nih ada yang masih bingung tentang THR, kali ini saya mau berbagi.


Uang THR untuk apa?, ketentuan THR, berapa besaran THR?kapan THR turun?


Yang Wajib Diketahui Seputar THR


THR merupakan singkatan tunjangan hari raya bukan teman hidup Raisa alias Hamish yah. Tunjangan hari raya ini umumnya diberikan menjelang hari raya Idul Fitri bagi perusahaan yang mayoritasnya muslim.

Namun ada juga yang pemberian THR diluar lebaran seperti cabang kantor saya yang di Manado, THR itu diberikan menjelang Natalan karena mayoritas karyawan di sana adalah non-muslim.

Jadi masing-masing perusahaan punya kebijakan untuk pemberian THR sesuai dengan hari besar agama karyawan masing-masing, asalkan memang sesuai dengan ketentuan pemerintah juga dimana hanya ada 5 hari raya yang sesuai dengan aturan No. 78 tahun 2015, diantaranya adalah :


  1. Hari Raya Idul Fitri
  2. Hari Raya Natal
  3. Hari Raya Nyepi
  4. Hari Raya Waisak
  5. Hari Raya Imlek

Berapa Sih Kisaran THR?



Waktu itu mimpi buruk buat karyawan yang masuk kurang dari 3 bulan, karena mereka TYDACK dapat THR dapatnya ucapan Mohon Maaf Lahir Batin LOL.

Namun bersyukur sekali akhirnya pemerintah mengubah aturan Permenaker No. 06 tahun 2016 yang tadinya karyawan minimal masa kerjanya 3 bulan dapat THR lalu ada revisi menjadi minimal 1 bulan bekerja.

Untuk besarannya sendiri, karyawan yang masa kerjanya sudah 1 tahun itu mendapat 1 x gaji untuk THR-nya. Sementara yang kurang dari 1 tahun ada perhitungannya sebagai berikut :

THR = masa kerja (n) bulan x upah/bulan
           masa kerja 1 tahun (12 bulan)
Jadi buat temans yang suaminya, sodaranya atau siapapun yang terdekat kalau ternyata THR-nya ga 1x gaji bisa dihitung begitu yah!

Jangan suudzon misal suaminya ternyata kok dapat THR-nya dikit. Barangkali masa kerja suaminya yang belum setahun!





Kapan THR Dibayarkan?


Minimal sesuai aturan itu H-7 Lebaran, nah emang istimewanya bulan Ramadan ini 2 minggu setelah gajian dapat THR lalu seminggu kemudian gajian tiba wah Rezeki nomplokkkk banget.

Eits tapi ingat suasana liburan bisa MENCEKAM kalau kita ga mampu mengelolanya dengan baik.

So, Uang THR buat apa?prioritaskan kebutuhan saja sih kalau saya. Syukur-syukur tidak hanya cukup untuk berbagi tapi bisa ditabung!.

***

Well, temans sudah cair belum THR-nya?kalau belum harap bersabar yah karena karyawan berhak dapetin THR kok!

Temans, gimana?share dong ketentuan THR di tempat kerjanya :)
5 komentar on "Yang Wajib Diketahui Seputar THR!"
  1. Kalau ditempat saya dulu kerja tergolong sadis, pokoknya yang diatas satu tahun satu kali gaji. Generasi tua yang pada uring-uringan. Tapi ya hanya bisa pasrah. Terima dengan hati memberontak.

    BalasHapus
  2. Yang kurindukan kala dapet THR itu badan seketika seger gitu, teh. Puasa tuh semangat aja gitu wkwkwkwkwk ((apalah ini ada udangnya))

    BalasHapus
  3. makasih sharingnya, setelah resign jd gak punya THR

    BalasHapus
  4. paling ngiri sama temen yang dpt THR 2 kali gaji, wuaaaa kalo aq pengen cepet2 dpt thr karena harus ngasih thr lagi ke mbak dirumah, hihihi

    BalasHapus
  5. Hahaha aku juga lagi nungguin kpan THR suami cair teh wkwkwkwk 🤣🤣. Buat mudik dan beli baju beduk hahahaha. Sebenernya aku males beli baju beduk tapi daripda dinyinyirin ama ortu n mertua jadi cari aman hihihi. Yang bikin males belinya karena penuhnya dan serba mahal itu lho. Jdi mendingan beli baju beduk itu sebulan sebelum puasa ya hiHihi

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun