Cara Mudah Membuat Anak Mau Berpuasa

Tips agar anak berpuasa, cara mudah membuat anak mau puasa

Cara Mudah Membuat Anak Mau Berpuasa

Bunda, bulan puasa itu kapan sih? Teteh udah ga sabar ih pengen puasa terus

Alhamdulilah jauh sebelum bulan Ramadan tiba, anak sulung saya sudah excited banget menanti kehadiran bulan Ramadan 1440 H ini.

Beneran deh hampir tiap hari, Neyna tuh nanyain kehadiran bulan Ramadan ini.

Sebagai ibu, saya senang sekali dengan antusias Neyna yang jauh-jauh hari sudah berniat untuk melaksanakan puasa tahun ini full sampe adzan magrib.


Tips agar anak berpuasa, cara mudah membuat anak mau puasa



Cara Mudah Membuat Anak Mau Berpuasa

Neyna mulai puasa sejak usia 2 tahun, kok tega sih sama anak kecil begitu? Tenang netizen di usia 3 tahun itu puasanya dari Adzan Subuh sampe pukul 9.00 atau 10.00 wib saja.

Lalu masuk usia 3 tahun, mulai meningkat sampe adzan dzuhur. Dan usia 4 tahun sudah mulai full sampe adzan magrib hanya saja banyak bolongnya. 

Dan kini usia 5 tahun, Neyna sudah full sampe adzan magrib. Alhamdulilah sudah masuk Ramadan ke-22 Neyna belum bolong #MasyaAlloh 

Nah, gimana sih cara mudah agar anak mau berpuasa seperti Neyna? Begini cara ala saya :

  • Kenalkan Rukun Islam

Puasa termasuk salah satu rukun islam yang wajib hukumnya dilakukan oleh umat muslim. Untuk itu, awal mula saya kenalkan sebatas apa saja yang termasuk rukun islam dari syahadat hingga naik haji bila mampu.

Saat ini banyak animasi yang isinya edukasi buat anak-anak seputar islam. Ada serial DIVA, serial NUSSA dan banyak channel youtube lainnya.

Saya sendiri awal mengenalkan pengertian rukun islam melalui media nyanyian dari serial DIVA The Series. Bisa juga temans lihat tayangan NUSSA Official tentang puasa. Ini juga tontonan baik agar mentransfer knowledge seputaran puasa dengan mudah ke anak,

Setelah tahu apa sih rukun islam kemudian utamanya bahasan puasa maka masuklah step ke-2 agar anak mau berpuasa dengan mudah.

  • Latihan Puasa Lewat Puasa Senin - Kamis

Alhamdulilah saya bersyukur bisa memasukkan Neyna ke sekolah yang HABIT dan LINGKUNGAN-nya mendukung untuk bisa melakukan habit yang baik.

Salah satu habit baiknya adalah berpuasa senin - kamis. Walaupun pada prakteknya Neyna hanya puasa dari jam 7 sampe jam 12.30 wib tapi bagi saya ini merupakan habit baik untuk menunjangnya terbiasa berpuasa di bulan Ramadan.

Dengan habit ini, Neyna sudah tidak kaget dan NO DRAMA untuk sahur maupun menggebu-gebu minta berbuka puasa sebelum waktunya. #MasyaAlloh

  • Memberikan Reward

Jujur saja sampai dengan puasa ke-22 ini, ketika saya tanyakan mau hadiah apa? Neyna bilang ga mau.

Neyna sudah mulai mengerti konsep PAHALA serta Syurga dan Neraka jadi apa yang ia lakukan bukan karena hadiah yang akan saya berikan.

Namun meski Neyna ga memintanya, saya akan tetap memberikannya reward karena dia sudah dengan baik mematuhi perintah.




***

Berpuasa tak hanya menahan lapar dan haus namun juga menahan emosi. Nah ini masih PR buat Neyna karena ia masih suka marah kalau dibangunin mandi :D

Yang penting sih dia belajar dulu, insyaAlloh tepat pada waktunya nanti ia sudah mengerti secara keseluruhan tentang puasa.

Temans gimana? kapan anaknya berpuasa?yuk sharing cara agar anak mau berpuasa.


2 komentar

Avatar
Maya Rumi Rabu, 29 Mei, 2019

aduh aq kalah sama kaka neyna, cuma puasa sekali aja nih.. aq baru ngajarin tahun ini puasa langsung buka zuhur tapi beberapa kali doang baru bisa lebih seringnya anaknya malas bangun sahur, ngantukkk katanya, gimana tuh tips dan trik biar mau ikutan sahur neyna, share yah teh

Reply Delete
Avatar
Evi Erlinda Rabu, 29 Mei, 2019

Hebat Neyna, Bundanya juga :)

Reply Delete