Yuk Menyiapkan Anak Untuk Berpuasa Di Bulan Ramadhan!

3/20/2019
"Bunda, aku mau puasa yah nanti aku bangun malam-malam terus makan terus tidur lagi deh"
Selepas solat magrib tadi malam, Neyna tiba-tiba berseru dan tak sabar ingin sekali puasa. Saya sebagai ibu jelas senang sekali mendengar antusiasnya yang ingin menunaikan ibadah puasa nanti.

Puasa bagi Neyna sudah saya biasakan sejak usianya 3 tahunan, Neyna sudah sering ikut sahur namun akan berbuka di pukul 10.00 wib pagi namanya juga BELAJAR temans!

Lalu ada peningkatan lagi, ketika usianya 4 tahun, puasanya sampe Adzan Dzuhur dan terus belajar hingga tahun lalu ternyata sudah kuat hingga adzan Magrib *YEAY*. Meskipun masih bolong-bolong juga, karena tahun lalu pulang sekolahnya masih jalan kaki jadi sesampainya di rumah tak tahan dia ingin minum saking hausnya LOL.

Alhamdulilah ya tak terasa, tahun ini sudah memasuki bulan Rajabdan hitungan minggu juga kita umat muslim di seluruh dunia akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan. 

Well, ngomongin dengan puasa bulan Ramadhan bagi anak, apa saja nih persiapan yang temans lakukan?biar anak pada semangat puasanya?Jangan sampai menyesali ketika Ramadhan telah pergi so saya ingin berbagi nih persiapan untuk anak berpuasa di bulan Ramadhan.


tips Menyiapkan Anak Untuk Berpuasa Di Bulan Ramadhan, agar anak happy berpuasa, resep sahur mudah, resep masako,



Persiapan Menjelang Bulan Puasa


Nah temans, sebagai orang tua memang harus mempersiapkan sebaik mungkin agar anak mampu menjalankan ibadah puasanya dengan sehat dan tanpa drama loh!

Ini dia beberapa hal yang saya lakukan agar Neyna (insyaAlloh) tahun ini bisa full puasanya.

❤ Persiapkan Reward


Saya masih ingat waktu saya kecil jika memasuki bulan puasa, maka tak hanya orang tua tapi nenek juga memotivasi saya agar bisa puasa full demi apa?demi HADIAH berupa uang atau mainan yang saya incar.

Ternyata dengan menanamkan reward seperti itu bikin saya kecil terpacu untuk menahan godaan berbuka puasa di siang bolong dan sukses menamatkan puasa sebulan full.

Hal ini juga saya terapkan buat Neyna, insyaAlloh jika tahun ini full saya akan berikan reward sesuai keinginannya.

Biasanya apa nih yang temans persiapakan buat reward anak berpuasa full?

❤ Persiapkan Stamina


Ini menjadi PR buat saya karena memang Neyna mudah sekali terjerang sakit, dia ga bisa cape sedikit. 

Dan tentu saja persiapan stamina, fisik sudah sedini mungkin saya antisipasi tapi Qadarullah jika nanti saat bulan puasa ternyata masih sakit ya temans.

Dari pemberian multivitamin hingga pengaturan jam tidur siang maupun malam hal ini saya lakukan demi kondisi prima jadi saat bulan puasa nanti insyaAlloh Neyna bisa puasa dengan lancar.

❤ Persiapkan Nutrisi


Stamina yang kuat tentu saja dihadirkan dari pemberian nutrisi yang mencukupi asupan dalam tubuh. Ini juga hal penting yang kudu saya siapkan dari sekarang temans. 

Apalagi sejak tahu tentang fakta jika anak Indonesia usia 4-12 tahun kekurangan DHA, bikin saya jadi khawatir dalam memilih asupan penting buat anak.

Jika bulan puasa tiba, berhubung hanya makan saat berbuka dan sahur maka saya tidak ingin sekali nanti kebutuhan nutrisi Neyna malah berkurang karena saya sembarangan masak terlebih saat makan sahur.

Pasti godaannya berat ya buibu kalau masak buat sahur maunya yang serba instan seminggu pertama puasa masih giat siapin masakan eh minggu selanjutnya udah mie instan. Hayo siapa yang suka gini?semoga jangan yah!

Ngomongin masak sahur yang praktis namun kaya gizi, saya jadi inget resep andalan saya buat masak sahur kesukaan Neyna nih!

Resep Sop Tofu Kembang Kol 


Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan :


tips Menyiapkan Anak Untuk Berpuasa Di Bulan Ramadhan, agar anak happy berpuasa, resep sahur mudah, resep masako,

  • Tofu 1 bungkus 
  • Kembang kol
  • Wortel 1 buah
  • Udang 250 gram
  • 5 siung bawang putih dicincang halus
  • Lada bubuk 1 Sdt 
  • Saus 1 Sdm
  • Air Secukupnya (tergantung 
  • Telur 1 butir (ini bisa diskip jika tidak suka)
  • MASAKO rasa Ayam 

Cara Memasak :



Langkah 1 

Tumis bawang putih yang sudah dicincang hingga harum kemudian masukkan udang, aduk-aduk hingga berubah warnanya

Langkah 2

Tambahkan saus dan air masak hingga mendidih 

Langkah 3 (bisa skip)

Masukkan telur dan diaduk cepat 

Langkah 4 

Masukkan tofu yang sudah digoreng (biasanya saya goreng dulu biar ga ambyar bentuknya), lalu wortel, kembang kol (untuk sayurannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing bisa ditambah buncis juga), masukkan lada bubuk dan terakhir masukan MASAKO rasa ayam.

Masak hingga matang deh..Buat yang suka pedes dan anaknya emang doyan pedes boleh ditambahin cabe rawit tapi berhubung buat Neyna dan emang untuk makan sahur jadi ga saya bikin pedas banget.

Tara begini penampakannya :

tips Menyiapkan Anak Untuk Berpuasa Di Bulan Ramadhan, agar anak happy berpuasa, resep sahur mudah, resep masako,



Ngomongin bumbu penyedap masak, saya sendiri pakenya Masako loh, andalan saya banget sedari dulu. Bahkan mendiang ibu juga dulu sukanya pake masako.

tips Menyiapkan Anak Untuk Berpuasa Di Bulan Ramadhan, agar anak happy berpuasa, resep sahur mudah, resep masako,


Kini masako hadir dengan kemasan baru temans! Jangan khawatir akan kualitasnya karena masako terbuat dari daging asli pilihan dan bahan-bahan berkualitas yang diproduksi di pabrik sendiri sehingga menghasilkan produk yang dapat melezatkan segala masakan.

Wajib teman ketahui tentang Masako Rasa Ayam ini diantaranya adalah :

  • Terbuat dari ayam pilihan yakni ayam jenis pedaging  yang usianya 40-45 hari dengan berat 1.8 - 2 kg per ekor, dimana daging ayamnya itu dikirim dari supllier RPH bersertifikat HALAL
  • Komposisinya terbuat dari bahan berkualitas terdiri atas : garam, gula, penguat rasa, EKSTRAK DAGING AYAM (1,1%), lemak ayam, protein kedelai terhidrolisa, bawang bombay, bawang putih, bawang merah, kunyit, dll.

Varian masako sendiri tidak hanya rasa ayam tapi juga rasa sapi ya temans, untuk kemasannya saja masako mengunakan plastik berlaminasi alumunium foil sehingga terlindung dari udara dan sinar matahari langsung.

Gimana temans, suka juga ga masak dengan penyedap Masako ini?apapun masakannya bisa lezat ya dengan penambahan masako di dalamnya. 

***

Demikian temans yang bisa saya bagi kali ini, mudah bukan menyiapkan anak nanti bisa menjalankan puasa?

Temans gimana?punya resep andalan apa yang praktis buat makan sahur?yuk sharing!

192 komentar on "Yuk Menyiapkan Anak Untuk Berpuasa Di Bulan Ramadhan!"
  1. Ya ampuuunnn, keren banget sihhh pacarnya pangeran Grey, *eh! wkwkwkwk
    Masih kecil udah terbiasa puasa, jadinya terbiasa ya.

    Saya juga lagi heboh nih, menyiapkan stamina anak untuk menghadapi bulan puasa nanti.
    Secaraaaa tantangan banget tuh, baik anak maupun emaknya.

    Masakin makanan bergizi bisa jadi salah satu solusi ya.
    Saya contek deh, kayaknya enak banget nih pakai MAsako :D

    BalasHapus
  2. Aku juga pakai masako nih, bikin sup kuahnya jadi lebih lezat ya.
    Enak banget nih sup tofu kembang kolnya, segeer.
    Btw nggak kerasa udah mau masuk bulan puasa lagi ya.

    BalasHapus
  3. Masako emang selera lidah Indonesia, yak. Kalau daku, persiapan buat puasa itu bayar utang puasa ehehehe

    BalasHapus
  4. Duh enak nih sup tofu kembang kol, kasi cengek makin mantabs ya teh HErva

    BalasHapus
  5. Ngiler donk busui lihat makanan enak sore-sore gini

    BalasHapus
  6. Setujuuuu... Jadi inget zaman kecil nih mamah suka siapin makanan2 enak kalau puasa biar anaknya semangat sekarang giliran aku, alhamdulillah aa nya udah rutin sejak usia 5th puasa

    BalasHapus
  7. sopnya pakai udang ya teh? jadi pengen coba juga, entah kenapa anak-anaku pada gak mau makan udang tapi belum pernah coba di sop gini :D kalo sayur sop anak-anak suka

    BalasHapus
  8. Aku suka banget sama tofu. Jadi pengin deh nyobain resep Teteh :)

    BalasHapus
  9. Wah alhamdulillah ya..Neyna sdh terbiasa belajar syaum dari kecil. Emang hrs gitu ya, anak2ku jg semua gitu skrg sdh gede2 ga susah lagi hrs nyuruh2 beribadahnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau dari gede pasti lebih sulit lagi teh

      Hapus
  10. wah keren, anaknya udh belajar puasa dr umur 3 tahun. umur 4 tahun udah kuat puasa seharian, hebat banget mba.

    resep nya kok kayaknya enak yaa.. aku contek ah buat menu aku dan mpasi anakku.

    BalasHapus
  11. Wah keren Dede dari usia 3 tahun sudah belajar. Mpo aja umur lima tahun .reward bikin semangat puasa . Sama dulu mama mpo juga menerapkan itu

    BalasHapus
  12. Hebat ya Neyna sendiri yang minta puasa! Dibuatin sop tofu ama bunda jadi semangat puasanya ya Neyna ^^

    BalasHapus
  13. Hebat neyna, udah mulai ikut2 puasa ya.. Raya mah ikutan sahur tapi abis itu tetep makan hahahah kalau ditanya puasa apa, katanya puasa makan, jadi abis puasa lanjut makan XD Kalau lagi ramadhan paling enak sih bikin sup2an kayak gini, pas buka & sahur enak banget ke tenggorokan, selain itu pas masak jg ngga terlalu pak pik pek da ringkes bikin ginian mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk gpp Ya neng YAya namanya juga belajar

      Hapus
  14. wah iya, udah deket Ramadhan nih...ya Allah, saya sih baru sebatas cerita ke anak kalo Ramadhan sdh dekat dan siap2 berpuasa

    BalasHapus
  15. Sama, mamaku juga selalu pake masako kalo masak, biasanya masako rasa sapi. Masakannya terasa lebih lezat dan selalu bikin kangen :)

    BalasHapus
  16. jadi inget pertama kali ngajak anak puasa

    saya ketakutan anak anak kekurangan gizi, hihihi

    BalasHapus
  17. Wah patut ditiru nih semangat si kecil untuk ikut menjalankan puasa. Anak anak memang lebih baik dikasih kesempatan untuk berpendapat ya. Sehingga mau makan apa saat sahur dan buka kita siapkan, nanyi ia akan makan dengan lahap. Puasa pun makin semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh jadinya juga kita yg masakin semangat

      Hapus
  18. Semoga smangat ya nanti puasanya.. ^^
    apalagi dimasakkin kayak gini. Duh mau
    Hahaa... anak2 pasti smangat ya teh, pas ada reward dan bukaan yg lezat. Jadi inget jaman dulu sering nyamperin ke dapur πŸ˜‚ dan buka kulkas.

    BalasHapus
  19. Wah ini resepnya gampang ya mba, aku juga nih paling males banget kalau masak sahur nice sharing

    BalasHapus
  20. Nah lho... resepnya gampang banget Kak.
    Aku perlu nih bikin ini buat ponakan-ponakanku kalau main ke rumah dan memang cocok banget buat puasaan.

    Semoga puasanya lancar untuk kakak dan keluarga, khususnya buat Neyna.

    Salam kenal Kak.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  21. Wah ini menunya beneran pas banget buat sahur ya, berkuah tapi isinya koplit sayur dan proteinnya biar kuat puasanya

    BalasHapus
  22. nyam. Kebayang pas mata anak-anak masih pada berat buat makan, lalu disuguhkan makanan ini dan mata mereka langsung melek. kalo masalahku pas puasa nyuruh anak minum banyak pas buka dan sahur karena mereka pada dasarnya emang nggak doyan makan jadi bulan puasa malah suka karena kewajiban makan 3 kali sekarang jadi 2 kali.. hahaha lol... tapi giliran disuruh minum ampun susahnya. makanya pas 10 hari terakhir mulai tuh keluhan bibir kering, sariawan dan pusing gara-gara mulai dehidrasi. jadi aku suka ngakali dengan bikin makanan yang berkuah aja kayak menu yang kamu coba ini nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Ade hahaha yuk ah cobain nih resepnya

      Hapus
  23. Neyna kecil sama sm cucu bunda udah nanya2 kapan mulai puasa mulu.Tiap tahun alhamdulillah jarang sekali cucu bunda batal puasanya. Alhamdulillah di rmh kami kamdua yg biasanya pol puasanya. Tq sharing masakan lezat yg sederhana penyajiannya. Niru ah, buat saur nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah keren kali cucu bunda :) iya bunda gampil ini masak ini

      Hapus
  24. Gak berasa ya sebentar lagi udah Ramadhan. Kalau untuk sahur, saya juga lebih suka menu seperti ini. Mudah untuk dimakan. Isinya pun komplit karena ada lauk dan sayur

    BalasHapus
  25. Anakmu hebat loh Mbak, sudah mulai puasa dari umur 3 tahun. Anakku umur segitu sih masih toilet training hahaha... anak-anaku mulai puasa full di bulan Ramadhan kelas 1 SD. Pada saat sahur adalah ujian terberatku sebagai seorang ibu hehehe Btw thanks sudah sharing resep, alhamdulillah ada satu resep baru buat sahur

    BalasHapus
  26. Samaaa nich, anak sulungku juga sudah enggak sabar menunggu bulan Ramadhan. Katanya sudah ingin merasakan suasananya yang ramai. Sop memang andalan banget ya untuk dikonsumsi pada bulan Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah Ramadhan masyaAlloh semoga sehat menjalaninya aamiin

      Hapus
  27. Waah menunya bisa dicoba nih, simpel, bergizi juga. Cocok buat temen saat sahur nanti. Patut dicoba. Sama di rumah juga pakenya Masako 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya teh ini cocok buat sahur simple dan bergizi

      Hapus
  28. Kalau anak sudah semangat tinggal kita bantu siapkan saja puasanya ya Mbak
    Kalau saya bikin yabg anget dan berkuah pas sahur. Hampir sama sih, karena anak-anak suka sop juga.
    Paling isiannya yang diubah-ubah, kadang bakso, tahu, sawi, dll
    Yang penting satu lagi, kadang saya tanya dulu, nanti mau sahur pakai apa...biar tambah semangat puasa mereka

    BalasHapus
  29. Duuh ga sabar nunggu bulan puasa. Ini hebohnya nyiapin sahur dan berbuka untuk anak2 itu yang bikin rame dan seru

    BalasHapus
  30. Ramadhan makin dekat ya...kmrn k supermarket kue kue kaleng n sirup sdh dipajang heheh. Dengan masako masak jd praktis ya

    BalasHapus
  31. Aku belum pernah masak sup campur tofu nih. Bentar lagi puasa ya, anak-anakku juga harus disiapkan rewarda dan menu yang enak nih biar semangat hehe...

    BalasHapus
  32. Wahhh iya yaaa, sebentar lagi ramadhan. Anakku juga mau puasa nih, selain siapin reward, makanannya juga harus diapin yaa, agar kebutuhan gizinya tetap terpenuhi walau sedang berpuasa :)

    BalasHapus
  33. Resepnya gak terlalu susah, bahan-bahannya juga gampang didapat, kataknya bisa saya contek nih resepnya buat menu sahur saat puasa nanti :)

    BalasHapus
  34. Sama nih, Mba. Aku juga pas anakku masih kecil juga gitu cara ngajarinnya berpuasa. Sekarang alhamdulillah udah gak pake rewards lagi :D

    BalasHapus
  35. Bentar lagi bulan puasa nih keluargaku jjuga kalau masalk pakai masako numbunya beda sama yang lain kerasa banet rasa sapi dna ayamnya

    BalasHapus
  36. Eah Neyna hebat banget udah latihan puasa, semoga puasa kali ini makin semangat ya, mana menu masakan bundanya enak nih bikin onti ngiler bacanya, oke note saya xoba di dapur. Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah nih onti semoga tahun ini full puasanya :) mangga cobain onti resepnya

      Hapus
  37. Faraz blm belajar puasa nih, tahun lalu udah mulai sahur sih tp blm saya ajarkan untuk puasa. InsyaAllah tahun ini bakalan coba untuk ajarkan dia puasa juga aah, mumpung emaknya tahun ini di rumah aja saat Ramadhan nanti. Hihihihih.

    Duuh Mbak, sop nya enyak banget kelihatannya niih. Mau juga doong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa tahun ini Faraz belajar puasa y mba boleh dicoba sup tofunya :)

      Hapus
  38. Dulu waktu Fathir masih TK dia kuat puasa sampai maghrib, tapiiii minum hahaha. Jadi dia kuat gak makan tapi harus minum, aku biarin aja lah namanya juga masih belajar.

    Neyna pasti semangat nih puasanya apalagi kalo sahur pake sop tofu kembang kol hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang haus banget ya teh minum mah ga kuat

      Hapus
  39. Wah ada redep baru nih.. Pass untuk bangunin anak-anak yang susah kalo sahur

    BalasHapus
  40. Waini, aku juga tahun ini anak ketiga udah mulai berpuasa. Dan iya, aku lagi banyak ngumpulin resep masakan berkuah. Dia makannya rada susah. Apalagi makan pagi. Jadinya kebayang deh bakal kayak gimana nanti drama sahurnya. Nah buat menambah selera makannya, dia biasanya mau makan makanan berkuah. Save resepnya ah. :D

    BalasHapus
  41. wah, usia 4 tahun udah mulai puasa ya. Hmm, berarti aku harus siapkan mental SID untuk puasa mulai tahun ini.

    BalasHapus
  42. Sup nya mengandung protein banget ini, anak-anak pasti suka ya karena empuk juga isiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba anakku lahap makan ini katanya enak banget

      Hapus
    2. Aku jadi pengen bikin juga nih, tapi nunggu puasa nanti kelamaan, hihii

      Hapus
  43. Anak keduaku tahun ini mulai belajar puasa mba. Udah sounding gimana gimananya dari sekarang. Tipsnya membantu banget nih, sekarang mikir rewardsnya apa yaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lancar jaya ya mba puasa si kecilnya

      Hapus
  44. Oke juga nih resep makanannya gampang dan kaya nutrisi ya. Untungnya ada masako ya jadi semua makanan jadi enak.

    BalasHapus
  45. Menu andalan aku kalau udah mulai bosen sahur adalah mie instan teh hahaha
    .
    .
    Neyna keren euy baru 4 tahun aja udah bisa sampai maghrib puasanya ..
    .
    .
    Ini resep sop tofu kembang kolnya menggoda teh, mau aku praktekin nanti di rumah, makasih resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk itu kalau emak bangun kesiangan maka mie penyelamat mb Gie :p

      Hapus
  46. Neyna hebat yaa...4 tahun sudah puasa Ramdhan. Anakku SD baru kuat hihi..Tapi yang penting semangatnya yang diacungi jempol ya Mbak. Tambah semangat lagi kalau ada menu istimewa pakai Masako begini . Mantul pasti!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah mba harus sedini mungkin diajarin :)

      Hapus
  47. Wow... Enak nih resepnyah.. Bahan2nya juga gak aneh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh yg penting protein semuanya dapat :) yuk eksekusi

      Hapus
  48. Aku juga pke Masako di rumah bikin masakan tambah gurih ya...

    BalasHapus
  49. Ah soal reward jadi inget deh aku dulu puasa dibayar ayahku mba wkwk trus udah kekumpul banyak aku pakai beli fu yung hai dekat rumah yang terkenal lezat 😍🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dapet berapa jadinya mba wkwkwk emang seru ya pas dapat reward kalau puasa

      Hapus
  50. MasyaAllah bentar lagi ramadhan ya Bund, nggak kerasa waktu cepat sekali
    asik bunda masakinnya enak-enak banget, mau juga heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Nyi yuk prepare dari sekarang menu masakannya jangan lupa stock masako

      Hapus
  51. Wah menggoda banget resepnya buat anak-anak pas sahur ni, cukup nutrisi dan segar buat sekeluarga jadi kuat seharian berpuasa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba yuk dicoba ya ga hanya cocok buat sahur aja cocok buat segala kondisi eaaa

      Hapus
  52. Aku mau nyiapin frozen food biar praktis. Biar lebih mantep, kasi masako juga. Gawsah banyak2 aja udh enak hehe. Mudah2an anak jadi semangat belajar puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya frozen food biasanya andalan y mba jgn lupa juga kreasikan dg masako :)

      Hapus
  53. Aku juga dulu gitu, Mbak. Pas pulang sekolah, karena jalan kaki, sampai rumah langsung minum.

    Hmm, kalau masakannya enak, pasti Neyna suka. Jadi semangat puasanya karena Bundanya memasak hidangan dengan penuh cinta dan bumbu yang sedap.

    BalasHapus
  54. Waaah udah mau puasa aja ya mba. Dan memang anak-anak harus kita persiapkan dengan baik.. menu makanannya oke banget!

    BalasHapus
  55. Wah iyaa... enak juga nih ya masak tofu. Misal enggak disop pun bisa dijadikan masakan yang lain. Di keluargaku klo pas sahur ga mau makan yg berkuah-kuah gini. Nah kalau berbuka malah maunya yg kuah :)) selera masing-masing yaaa..

    Keren nih Neyna udah mulai full puasanya. Semangat ya sayaaang... kan udah ada sahur yang lezat ini.

    BalasHapus
  56. Anak pertamaku dulu mulai puasa di usia 4-5 tahun dan langsung full. Rewardnya dulu apa ya? Sudah lupa saya hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha hebat yang penting sudah terbiasa y mba

      Hapus
  57. Si Babang puasa tahun ini sudah 5 tahun, jadi pengen coba juga mengajarkan dia untuk berpuasa :D dicoba deh teh nanti tipsnya :D

    BalasHapus
  58. Ah iya sebentar lagi masuk bulan Ramadhan ya, siap-siap nih bikin menu masakan untuk buka dan sahur. Aku sepertinya baru tahun ini akan mengajarkan anakku berpuasa, mungkin bisa dimulai dari setengah hari dulu atau sekuatnya dia dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba siap2 yuk menu bukanya dan sahurnya buat anak

      Hapus
  59. Sudah tinggal 1 bulan lagi nih bulan puasa, ya Allah waktu cepat banget ya berganti sampai tidak terasa sudah mau ramadhan saja. Perlu mulai kumpulin menu-menu varian untuk sahur dan berbuka nih. Di rumah aku pun paka masako untuk bahan bumbu tambahan ketika mau buat sup dan tumis. Rasa nya kurang afdol kalau tidak pakai bumbu pelengkap ya mba ehehe

    BalasHapus
  60. Kalau pakai masako, nyiapin menu sahur dan berbuka jadi lebih gampang yaa mbaa.. resepnya aku simpen ah, buat stok resep masakin anak2 pas puasa nanti :)

    BalasHapus
  61. Aduuuh Neyna pasti semangat ni puasanya karena dimasakin yg enak2 sama Bunda ya, Nak. Semoga puasanya full ya. Akupun lagi nyiapin krucil biar puasa full ni mba, yg terpenting emang edukasi dari Bundanya ya...

    BalasHapus
  62. Gemaaassh teh sama Neyna, udah mau belajar puasa hihiii. Pastinya, biar makin semangat puasanya, pasti para emak suapin "sajen" khusus buat takjil dan sahur biar makannya makin lahap ya mba. Semoga, puasanya Neyna tahun ini lancar yaaa shalihaa. Aamiin

    BalasHapus
  63. Hebat ya Neyna, 4 tahun sudah semangat mau puasa. Apa lagi sang mama ya, tambah semangat masak enak untuk anak tercinta

    BalasHapus
  64. coba ah buat si kecil, kalau sop tofu begini kan lebih enak dan mudah dicerna mulut dan gigi imutnya. hehe. inovasi baru, saya belum pernah tahu masakan ini sih

    BalasHapus
  65. Ahh ngerasa postingan ini jd bikin aku makin kangen ramadhan.. Suasananya.. Meskipun anakku msh bayi tp paling ga bs kuajarkan lewat lisan dulu nantj saat Ramadhan tibatsetiap umat muslim diwajibkan berpuasa😊

    BalasHapus
  66. iya ya, Ramadhan tinggal menghitung hari, 40 hari lagi, udah mulai kerasa hawa-hawanya. Bakalan banyak resep sahur dan buka puasa nih bentar lagi.

    BalasHapus
  67. What's up to every body, it's my first visit of this website;
    this website contains awesome and truly excellent information in support of visitors.

    BalasHapus
  68. Yummy.. ga terasa bentar lagi puasa ya. Bu ibu harus siapin deh itu menu masakan yang enak supaya anak-anak semangat.

    BalasHapus
  69. Neynaa pintar sekali udah pengen puasa. Semoga lancar yaa. Kalau bundanya pinter masak kayak gitu, pasti waktu berbuka ditunggu banget sama Neyna. Hihi.

    BalasHapus
  70. Insya Allah tahun ini Najwa mulai puasa penuh. Soal menu sih, kayaknya nggak jauh-jauh dari sayur bening, lauk atau orak-arik. Gimana lagi, anakku yang satu ini emang susah makan. Dan cenderung nggak antusias sama lauk apapun. Yang ada ya dimakan. Kalau cocok makannya banyak. Kalau enggak ya dikit. Susah akutuh.

    Nah, kalau Najib kayaknya bakalan cocok sama sup ini. Secara dia penggemar wortel dan teman-temannya. Oke deh, aku tes dulu sebelum Ramadan nanti. Thanks resepnya ya, Teh.

    BalasHapus
  71. Kalau sejak kecil diajari berpuasa enak ya...nanti lama lama si anak pun akan terbiasa dan pastinya harus memberikan asupan yang bergizi pada makanannya. Kalau makanannya seperti itu anak saya juga doyan banget mbak... Alhamdulillah dibagikan resepnya juga...

    BalasHapus
  72. Aku jadi ingat waktu belajar puasa, senang sekali ditanya mau makan pakai apa. Terus kalau pas pulang ke Bandung menjelang lebaran, pasti almarhum kakek ngajarin aku sahur pakai nasi tutug opak.

    BalasHapus
  73. Aku juga udah ngobrol sama anak-anak dan siap-siap menghadapi bulan suci Ramadhan. Apalagi nereka akan libur yaaa

    BalasHapus
  74. Wah keinget jaman anakku kecil wkt sd kelas 1 dh ikut puasa dan buka jam 12 abis beduk zuhur nyambung lagi ampe magrib.. Kasian sih swbetulnya tp melatih jg kesabaran... Sy jg kl pas lg kumat malez giling bumbu pake yg praktis aja mba masako... 😁😁 wow scroll ke bwh saking banyaknya yg komen πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  75. Aiiih penampakannya mantap sekali. Biki n mupengg pingin praktek. Malasih resepnya Mak...

    BalasHapus
  76. Teteh Ney mashaAllah...sholihanyaa...
    Semoga tahun ini bisa beribadah shaum dengan penuh lagi.
    Aamiin~

    Resepnya mau aku coba juga aah...
    Cucok ini karena ada telurnya, makin seddeepp~

    BalasHapus
  77. Thanks for a marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you can be a great
    author.I will make sure to bookmark your blog and may come back in the future.
    I want to encourage that you continue your great writing,
    have a nice day!

    BalasHapus
  78. tahun ini anakku jg harus puasa ah. thn2 kmrn dia banyak bgt bolongnya, dan kalopun puasa, jam 9 udh minta minum -_-. hrs dilatih memang, salahku jg thn2 lalu ga tegas.

    mbaa, resepnya aku catet ah. supaya kalo sahur si mba di rumah jg gampang mau masak apa. akupun lbh suka masako kalo utk bumbu, lbh berasa aja. untungnya aku ga tipe yg anti msg gitu :p.

    BalasHapus
  79. Hello, this weekend is fastidious for me, since this occasion i am reading this great educational article here at my home.

    BalasHapus
  80. Tahun ini anakku pertamakalinya puasa, manfaat banget neh tipsnya mbak. Doakan lancar ya puasa tahun ini aminn.

    BalasHapus
  81. Gak terasa beberapa minggu lagi bulan suci Ramadhan. Duh persiapan menu sahur anak belum kepikiran. Yang udah-udah sih menunya itu itu lagi

    BalasHapus
  82. ya ampun sudah mendekati puasa lagi ya

    BalasHapus
  83. Masyaallah..bentar lagi puasa ya, hiks entah kenapa puasa bikin bahagia dan haru. PR baru tahun ini mengenalkan puasa ke Bang Pendar

    BalasHapus
  84. Puasa dalam hitungan hari lagi, kadang suka bingung mau masak apa dan gimana. Aku tuh suka galau tiap mau masak sahur. Kalau buka puasa bisa beli haha gak kreatif emang ya. Tapi mbak masako ini bahannya aman ya buat anak-anak juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAlloh aman mba karena bahan-bahannya juga seperti yang aku tulis itu dari bahan alami dan berkualitas

      Hapus
  85. Salam kenal mba, bagus artikelnya ini saya jadi mau ajarin anak saya puasa

    BalasHapus
  86. Betapa beratnya melatihkan anak-anak shaum.
    Tapi in syaa Allah kita sedang mendidik generasi Islami yang kuat.
    Sering ga tega yaa...kalo liat anak-anak lemeess...padahal biasanya pecicilan.

    Ini sip banget, teh..
    Menyediakan nutrisi yang oke untuk anak saat mereka belajar mengenal RabbNya.

    Berakallahu fiik, teh...
    Menunya masuk daftar menu mingguanku niih...

    BalasHapus
  87. Enak kayak e pakai tofu anget2
    Contek resepnya ah

    BalasHapus
  88. Ah iya Marwah juga ga sabaran pengen segera puasa katanya.

    Sayur bening gini Marwah paling suka, oke banget buat menu sahur yah, gizinya terpenuhi pastinya.

    BalasHapus
  89. Kalo menu sahurnya sehat kaya gini mah bisa kuat puasa seharian teh hehe. Duh aku jadi ngiler pengen sop nya jugaaa

    BalasHapus
  90. Waah dari sekarang saya mesti siap2 nih sounding biar Aska mulai ikut puasa juga. Aska 4 tahun mudah mudahan lulus puasanya. Aamiin

    BalasHapus
  91. Senangnya ya dari kecil audah belajar berpuasa, pasti mamaknya menyiapkan menu speaial dong ya :)

    BalasHapus
  92. mau nyobain ah bikin menu ini. Kliaatan praktis buat dimasak skarang atau pas puasa :)

    BalasHapus
  93. Rewardnya uang aja, hihi... dan lalu mereka biasanya pake sendiri untuk beli2 barang yang disuka, sisanya buat nambahin jajan di sekolah :)

    BalasHapus
  94. Ga kerasa Ramadhan sebentar lagi, mulai siap2in menu makan sahur dan buka biin bersemangat, ya.

    BalasHapus
  95. Iya ya, mesti dipersiapin dari sekarang. Inget dua kali puasa Rasi sakit terus. Hiks. Btw, masako jadi andalanku masak juga, Teh :)

    BalasHapus
  96. Iya yaaa sbenetar lagi bulan puasa. Makasih resepnya mbaak. Nanti aku coba praktekin buat persiapan sahur :)

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun