Bagaimana Cara Agar Anak Mau Belajar Tanpa Drama?

Bagaimana Cara Agar Belajar Menjadi Menyenangkan?, tips mendidik anak agar senang belajar, AJT Cogtest, Tes kognitif anak usia 5 - 18 tahun, PT. Melintas Cakrawala Indonesia (MCI), tes IQ anak, kenali gaya belajar anak

Bagaimana Cara Agar Anak Mau Belajar Tanpa Drama?

"Bundanya harus gimana lagi sih?biar teteh bisa ngerjain soalnya?"
Ucapan itu sering banget saya sampaikan buat Neyna dengan penuh emosyenel tingkat internasional jika ternyata stok sabar saya sudah tipis dan level stamina saya sudah habis.

Saya sangat menyadari hal tersebut bukannya membuat Neyna bisa malah justru ketakutan karena melihat saya yang emosi mengajarinya belajar.

Saya pernah menceritakan bagaimana ekspektasi saya terlalu berlebihan kepada Neyna, saya membandingkan Neyna dengan saya kecil. Jika saya hanya dengan sekali diberitahu maka segera bisa lain halnya dengan Neyna.


Memang anak-anak seusia Neyna yang masih duduk di TK tentunya belum sepenuhnya mengerti mengapa harus belajar?padahal seusianya pasti lebih dominan keinginan untuk bermain.

Jadi pas moment ada ujian di sekolahnya baik ujian tengah semester maupun ujian akhir ujung-ujungnya saya pasti menghadapi drama kumbara Neyna yang ga bisa menangkap apa yang saya ajarkan dalam waktu singkat.

Kesabaran saya juga diuji saat menghadapi momen belajar bersama Neyna dari level ibu peri yang masih lemah lembut ngajarinnya sampe akhirnya saya jadi mamak Tyrex dengan suara sopran teriak-teriak *astagfirullah*.

Lelah juga kalau ngajarin anak pas udah dilevel jadi mamak Tyrex, rasanya juga saya pengen nangis banget liat Neyna nangis belajarnya dan saya juga udah ngos-ngosan karena ga bisa ngajarin dia dengan baik.

Sebagai orang tua yang terdidik agar hasil lebih baik dibandingkan proses membuat saya jadi mendikte anak sendiri biar mengikuti gaya belajar saya yang dinilai sukses padahal kenyataannya tidak demikian.

Tentu saja kondisi ini tidak sehat tidak hanya untuk Neyna juga untuk saya sendiri. Oleh karena itu saya pelan-pelan berusaha untuk mencari cara bagaimana sih agar Neyna mau belajar tanpa drama.

Bagaimana Cara Agar Belajar Menjadi Menyenangkan?, tips mendidik anak agar senang belajar, AJT Cogtest, Tes kognitif anak usia 5 - 18 tahun, PT. Melintas Cakrawala Indonesia (MCI), tes IQ anak, kenali gaya belajar anak



Cara Agar Anak Mau Belajar?


Kurikulum sekolah saat ini berbeda dengan zaman saya sekolah, oleh karena itu saya berusaha agar Neyna mau mengikuti perkembangan kurikulum yang kekinian.

Makanya saya berusaha banget agar Neyna mau menyukai yang namanya belajar. Ada beberapa hal yang saya lakukan, namun ini juga maish dalam tahapan berproses menuju perubahan tapi setidaknya saya ingin bagikan buat temans siapa tahu bisa bermanfaat dan punya kondisi yang sama dengan saya.

Beberapa hal yang saya lakukan agar Neyna mau belajar, diantaranya adalah :

✒ Memberikan Nasehat Dan Dukungan


Anak-anak seusia Neyna selalu mengharapkan untuk memiliki cita-cita yang banyak dan unik. Salah satu cita-cita Neyna yang sedang ia inginkan saat ini adalah menjadi Polisi. 

Moment ini selalu saya manfaatkan untuk memberikan arahan kepada Neyna bahwa untuk mencapai cita-citanya seseorang itu butuh belajar. Bahkan saya menekankan juga kepada Neyna bahwa seusia ibunya yang tua ini juga terus belajar tiada henti.

Tidak ada keberhasilan yang dicapai tanpa adanya proses belajar itu selalu saya ulang-ulang kepada Neyna. Bahwasanya saya selaku orang tuanya hanya bisa mendukungnya agar cita-citanya bisa tercapai.

Cara ini ternyata menjadi langkah awal dimana Neyna mau belajar tanpa harus ada drama diawal.

✒ Tidak Memporsir 


Adalah saya ibu yang tega memporsir tiada henti dengan mendikte Neyna agar bisa belajar berhitung dan membaca dalam waktu yang singkat. 

Padahal saya tahu kapasitas Neyna, semakin saya menekannya maka semakin blank Neyna tidak mampu menerima materi yang saya ajarkan.

Oleh karena itu baik juga untuk menetapkan jam belajar rutin buat anak. Nah ini masih dalam proses karena saya masih belum konsisten sehingga saya hanya menerapkan belajar ketika ada hafakan atau ujian saja. 

Sehingga dengan keadaan seperti ini membuat Neyna kadang sudah malas belajar.

✒ Mengenali Gaya Belajar 


Pernah pada suatu waktu saking saya gemasnya karena Neyna ga bisa-bisa mengerjakan soal hitungan dengan metode yang saya ajarkan.

Saya ga tahu lagi kenapa sih Neyna kok susah sekali belajar dengan cara saya. Akhirnya saya coba gantian dengan ayahnya untuk mengajarinya. Namun ternyata hasilnya sama Neyna tetap TYDACK bisa sodara-sodara.

Saya pernah menduga-duga jika Neyna itu anak kinestetik karena dia akan kesulitan jika saya mengajarkan dengan posisi Neyna duduk berjam-jam. Neyna memang tipe yang tidak mau diam selalu aktif kesana kemari. 

Jadi saya pernah mengajarkan dengan cara menggunakan metode lain namun tidak efektif untuk mata pelajaran tertentu. 

Tapi ada satu waktu Neyna mampu menghafal bahasa Arab dengan mudah lewat nyanyian. Saya jadi mikir kok dengan musik dia mudah menghafal. 

Lalu gaya belajar Neyna seperti apa dong?ini masih misteri sampai sekarang buat saya.

Sudah sejak lama nih saya ingin mengetahui gaya belajar Neyna, nah teman untuk mengetahui gaya belajar anak itu ga bisa asal menerka-nerka seperti saya tapi harus ada serangkaian tes yang dijalankan dengan psikolog.

Saya jadi ingat dengan salah satu intitusi penyedia tes koginitif anak nih yakni PT. Melintas Cakrawala Indonesia (PT. MCI). 

Jadi PT. MCI ini merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menawarkan AJT Cogtest, yakni tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia untuk usia 5 - 18 tahun.

Mengenai #AJT Cogtest


AJT Cogtest ini merupakan tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengindentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. 

Berdasakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada (UGM) dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & amp IV. Maka jadilah AJT Cogtest.


Bagaimana Cara Agar Belajar Menjadi Menyenangkan?, tips mendidik anak agar senang belajar, AJT Cogtest, Tes kognitif anak usia 5 - 18 tahun, PT. Melintas Cakrawala Indonesia (MCI), tes IQ anak, kenali gaya belajar anak


Apa sih Teori CHC?yakni teori kecerdasan termutakhir yaitu Cattell-Horn-Carroll (CHC Theory). Tidak seperti alat tes kecerdasan lainnya yang sering dikenal dengan tes IQ, AJT Cogtest memberikan hasil komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. 

Harapannya dengan mengikuti AJT Cogtest maka orang tua seperti saya maupun guru mampu memahami cara belajar yang terbaik untuk anak nerdasarkan domain koginitifnya serta mengoptimalkam potensi yang dimiliki anak.

Memang kebanyakan alat tes IQ disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai dengan norma yang ada di Indonesia. Sebagai praktisi HR yang sampai kini masih menggunakan tes IQ saya pun mengakui norma yang masih dipake belum sepenuhnya cocok dengan di Indonesia.

Bahkan sempat di kantor lama, saya memodifikasi sendiri alat tes IQ dan menerapkan norma yang sesuai dengan budaya perusahaan sendiri. 

Kehadiran AJT Cogtest bagi saya pribadi menjawab apa yang dulu sekali saya fikirkan, ada ga yah tes kognitif buat anak yang memang sesuai dengan norma yang ada di Indonesia. 

Saya sangat tertarik dengan #TesKognitif AJT terlebih lagi saya ga ingin menjadi orang tua berambisi kepada anak sementara anaknya belum tentu memiliki kecerdasan serupa dan gaya belajar serupa dengan saya. 


Bagaimana Cara Agar Belajar Menjadi Menyenangkan?, tips mendidik anak agar senang belajar, AJT Cogtest, Tes kognitif anak usia 5 - 18 tahun, PT. Melintas Cakrawala Indonesia (MCI), tes IQ anak, kenali gaya belajar anak


Penasaran ga sih sama biaya tesnya?jadi untuk biaya AJT Cogtest ini ada dua jenis paket, yaitu :

  1. AJT Cogtest Full Scale guna mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak. Biayanya Rp 760.000
  2. AJT Cogtest Comprehensive, diperuntukan  ketika seorang anak memerlukan data  yang lebih terperinci untuk dianalisis. Biayanya Rp 1.200.000
Gimana nih temans?tertarik ga?kalau aku jujur tertarik banget apalagi ini tes baru jadi pengen tahu sebagai lulusan psikologi excited dengan adanya tes baru kognitif AJT ini.

Buat temans yang kepo banget dengan AJT Cogtest bisa nih lebih kepoin lagi di :

Instagram : @melintascakrawalaid
Atau langsung hubungi Customer Service-nya di Whatsapp : 087883258354

Untuk tesnya sendiri dilakukan oleh psikolog yang sudah mendapatkan pelatihan dari PT. MCI dan hasil tesnya akan dikirim melalui email berupa soft copy dalam kurun waktu 7-14 hari kerja setelah tes dilakukan.

***

Well, temans, demikian nih yang bisa saya sharing kali ini. #YukKenaliAnakKita kalau bukan kita sebagai orang tuanya siapa lagi yang mampu memahami mereka. 

Jangan pernah mengharapkan anak sesuai ekspektasi jika kita sebagai orang tuanya saja tidak mengenali mereka sendiri. 

Nah temans punya cara apa nih yang dilakukan agar anak mau belajar tanpa drama?sudah sesuai dengan gaya belajar mereka belum?kalau belum monggo tes dulu yah :)

47 komentar

Avatar
Tira Soekardi Selasa, 26 Maret, 2019

lagi kecil memang banyak drama , eh sudah remaja juga ada alasan untuk gak belajar

Reply Delete
Avatar
Nia Haryanto Selasa, 26 Maret, 2019

Ini keren banget ya AJT CogTes ini. Aku pensaran kepengen nyoba buat anak kedua. Aku soalnya pernah dibaperin anak pertama. Biar bisa siap2 gak kecewa. Jadinya si anak kedua bisa maksimal di kelebihan yang dia punya berdasar rekomendasi psikolog AJT CogTes-nya.

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA Selasa, 26 Maret, 2019

Kadang kalau kita memporsir anak, anak jadi stress dan malah malas belajar, terus kalau kita cuek anak malah asik main, lieur we jadinya. Mupeng pengen tes kognitif juga buat neng Marwah nih biar saya tau cara menstimulasinya dengan baik

Reply Delete
Avatar
Faridhi Channel Rabu, 27 Maret, 2019

postingan yang bagus bu... bisa nambah ilmu nih... makasih

Reply Delete
Avatar
Himala Rabu, 27 Maret, 2019

Loh, TK jaman sekarang ada ujian semester tho mbak? Maklum, saya belum punya dedek. Jadi nggak update.... Hiks...

Jadi inget jaman TK dulu berangkat jam 8 pulang jam 10. Isinya cuma main sama temen, ngobrol, mentok nyanyi2 di kelas wkwkwkwk...

AJT Cogtest bisa utk umur 5 tahun? Saya baru tahu klo anak udah bisa dianalisa dari umur sekecil itu ya sekarang

Reply Delete
Avatar
Mporatne Kamis, 28 Maret, 2019

Cepat atau lambat daya tangkap saat belajar tiap anak beda beda . Hal inilah yang perlu di ketahui sang mom dalam mendidik sang anak. Semoga bisa ya dengan tes AJT Cogtest jadi lebih tepat sasaran

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina Kamis, 28 Maret, 2019

Pertanyaannya ada di mana saja lokasi AJT Cogtest ini Mbak?
Untuk selengkap itu harga paket tes termasuk terjangkau..mengingat manfaatnya ya banyak:)

Reply Delete
Avatar
Wiwin Pratiwanggini Kamis, 28 Maret, 2019

Sepertinya saya butuh tahu lebih banyak tentang AJT CogTest ini, tentunya untuk persiapan anak kedua yang sekarang baru 1,5 tahun. Makasih infonya ya mba..

Reply Delete
Avatar
Lidya Kamis, 28 Maret, 2019

Mengenali gaya belajar anak, kalau di sini ada y g suka ditemenin, ada yg sukanya sendiri baru bisa masuk belajarnya. Nah yg belajar ini menringankan mamaknya ya hihih itinggal ngetes aja kalau pas ujian.
Perlu ya tes AJT COgnest buat mengeidentifikasi anak jadi bisa tau kelemahan dan kekuatannya ada di mana

Reply Delete
Avatar
CatatanRia Kamis, 28 Maret, 2019

Nah saya sampai sekarang belum bisa mengenali gaya belajar anak pertama saya :D selalu bawaannya pengen emosi tiap ngajarin karena dia yang enggak mau fokus, untung masih kecil jadi masih dimaafkan hihi :D

Reply Delete
Avatar
Anggraini Arda Kamis, 28 Maret, 2019

Mengenali gaya belajar anak, aku setuju mbak. Soalnya si kakak paling enggak suka belajar duduk di kursi dan meja. Dia malah senang kalau belajar di sore hari di taman depan rumah hehe unik dia.

Reply Delete
Avatar
Jiah Kamis, 28 Maret, 2019

Aku kemarin juga agak PR karena ada anak tetangga belajar di rumah. Belum tahu nih solusi belajarnya kaya gimana. AJT Cogtest oke juga biar tau gimana si anak dan kita bisa ngarahin

Reply Delete
Avatar
Okti Li Kamis, 28 Maret, 2019

Perlu mengenal lebih jauh anak sendiri nih ya. Banyak orang tua yang "melepas" begitu saja anaknya sehingga anak tidak punya tujuan apalagi mengetahui apa kemampuan yang bisa diandalkan olehnya. Dengan TesAJT selain anak orang tua juga akan lebih mudah memberi bimbingan terhadap anak

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal Kamis, 28 Maret, 2019

Pokoknya aku mesti coba AJT Cogtest ini, makasih infonya ya mbak :)

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) Jumat, 29 Maret, 2019

Takuuttttt... Bundanya Neyna jadi Tyrex 😂😂😂

penting banget ya test AJT Cogtest ini, pengen juga ikutin anak saya.

Karena saya mah kadang jadi emaknya Tyrex kalau lagi ngajar si kakak wkwkwk

test ini insha Allah banyak membantu ya.
Biar anak lebih terarah

Reply Delete
Avatar
Ika Maya Susanti Jumat, 29 Maret, 2019

Mengenali gaya belajar tu emang penting. Kalau sudah kena kuncinya ini, gampang aja jadinya anak akan mau belajar dengan sendirinya berdasarkan cara yang dia suka.

Reply Delete
Avatar
Desi Jumat, 29 Maret, 2019

Bagus ya Mak, sekarang ada tes lengkap gt, jd insya Allah hasilnya sesuai dengan potensi dan bakat anak. Jd lebih mudah juga mengembangkan bakatnya. Semangat bunda Neyna

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul Jumat, 29 Maret, 2019

Gaya belajar anak memang beda-beda ya.. tes ini sudah bisa dilakukan diseluruh Indonesia kah mba? sepertinya aku tertarik untuk tes anak sulung yang memang kalo diminta belajar suks susah huhu

Reply Delete
Avatar
Sumiyati Sapriasih Jumat, 29 Maret, 2019

iya bener sekarang ini anak -anak kalau di suruh belajar pake drama segala,pura-pura belajar gitu, eits tunggu dulu tapi sekarang sudah ada AJT COGtest, yuk ... kepoin alamatnya

Reply Delete
Avatar
Anne Adzkia Jumat, 29 Maret, 2019

Mengenali cara belajar anak itu ngaruh banget ya mbak. Begitu cara belajarnya sesuai dgn gaya yg mereka minati, mereka lebih enjoy. Ini yang jaman dulu rasanya belum banyak dipraktikkan ya. Sekarang seiring perkembangan ilmu parenting, orangtua2 banyak menerapkannya.

Reply Delete
Avatar
Ipeh Alena Jumat, 29 Maret, 2019

Bener banget, teh. Kudu mengenal gaya belajar anak biar dia gampang dan enjoy selama belajar

Reply Delete
Avatar
Lili Jumat, 29 Maret, 2019

Sekarang banyak banget tes kecerdaan anaj,sampe pusing mau ikut yang mana? Bs jadi refrensi nih,jadi bahan obrolan pillow talk sm suami

Reply Delete
Avatar
Ludyah Annisah Jumat, 29 Maret, 2019

AJT Cogtest cukup membantu emak-emak macam kita ya mba dalam mengeksplorasi gaya belajar si kecil. Secara, butuh pendalaman lebih dalam soal ini. Terlebih, mendukung banget upaya para ortu untuk bisa mensupport anak agar fokus pada bidang yg dia minati. Sukkak deh

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta Jumat, 29 Maret, 2019

Selama ini cuma familiar dengan test IQ. Makanya saya baru tahu ada tes lain seperti test kognitif AJ ini. Jadi penasaran gimana cara testnya.

Oya, memahami atau mengenal gaya belajar anak memang penting banget ya mbakh. Dan sebagai ortu juga kita nggak boleh egois ya, krn setiap anak pasti punya skill dan minat masing2 dan itu tdk boleh dipaksakan.

Reply Delete
Avatar
Echi Mustika Jumat, 29 Maret, 2019

Ade belajar ada PR nggak... Sebentar bun aku masih kenyang, aku m ambil minum dulu wkwkwwk itu drama anakku mba.. Tips akan aku coba ya mba makasih

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono Sabtu, 30 Maret, 2019

Kadang suka emosi kalau ngajarin anak ya mbak. Jangankan anak seusia Neyna, anak saya yang sudah SMP aja susah banget diajarin, saya sampe senewen dan marah2 mulu bawaannya. Memang sebagai orang tua kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada anak, karena anak punya kemampuan masing2....adanya AJT CogTest ini sangat membantu melihat kemampuan anak ya mbak... Supaya orang tua juga tahu bagaimana cara mendidik anaknya yang benar.

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany Sabtu, 30 Maret, 2019

Aku jadi penasaran nih sama AJT COGTest. Pengen ngetes kemampuan kognitif anak nih. Nanti kalau udah gedean.

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak Sabtu, 30 Maret, 2019

Ga usah anak kecil, yang gedhe aja klo disuruh belajar tetap aja kebanyakan drama huahahaha. Eh btw aku pengen ngikutin anakku di test ini

Reply Delete
Avatar
Latifika Sumanti Sabtu, 30 Maret, 2019

Teh, TK Neyna ada UTS?? Wah, aku ga bisa bayangin kalo anakku ada ujian, ini aja belajar baca nulis sama hitungan masih suka sambil mainan, ga bisa yg duduk manis barang 1 jam.... Gpp sih, krn masih masa2nya main juga jadi belajarnya ga divorsir ya

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain Sabtu, 30 Maret, 2019

Tak perhatikan kalo anakku mulai mau belajar usia kecil. Ini juga mau masuk SD dia semangat bangt belajarnya mba. Belum pernah ngkur pake ajt sih.

Reply Delete
Avatar
Dian Radiata Sabtu, 30 Maret, 2019

Mengenali gaya belajar anak itu emang penting banget ya mbak. Dua anakku gaya belajarnya beda. Jadi emaknya yang harus paham.

Btw kok aku jadi penasaran ama AJT CogTest ini yaa..

Reply Delete
Avatar
kurnia amelia Sabtu, 30 Maret, 2019

Gaya belajar anakku beda-beda kak ada yang harus diem dan hening ada juga si adek yang ga bisa diem dan sambil denger musik hehe.

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Sabtu, 30 Maret, 2019

Bener banget bund, kalau bukan kita yang memahami siapa lagi
aku juga sedang pelan-pelan belajar ilmu parenting. Terima kasih sudah share cara agar anak mau belajar BUnd. Hehehe soalnya aku belum ada momongan tapi belajar dulu ini

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Sabtu, 30 Maret, 2019

Banyak yang bahas ini
Jadi makin penasaran sama test-nya
Bentar lagi si Salfa 5 tahun
Mau coba aaah

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri Sabtu, 30 Maret, 2019

Awal-awal memang susah yaaa ya mba.. aku juga sering berantem! Akhirnya aku ajak ngobrol aja enaknya gimana belajar yang mereka suka

Reply Delete
Avatar
Rotun DF Sabtu, 30 Maret, 2019

Hidup itu kan kurang seru kalau nggak ada dramaa, Teh Bella. Hahahaha.
Memanglah menemani anak belajar itu penuh dengan gejolak emosi ya. Mana materinya banyak, anak udah kadung bosen atau malah ngantuk, yang jadinya udah dijelasin berkali-kali masih lupa mulu. Huhuuu, yuk ah kita berpelukan dan saling pukpuk.

Btw ini tesnya aku tertarik banget deh, karena lebih spesifik gitu ya melihat kelebihan dan kelemahan anak di bidang kognitifnya. Kalau udah ketahuan kitapun jadi mudah untuk mencari cara belajar yang efektif buat dia.

Reply Delete
Avatar
rani yulianty Sabtu, 30 Maret, 2019

Hahaha kayaknya rata-rata gitu deh, kalau anak belajar sama mamaknya, selalu terjadi drama yang mengguncang, saya pun nyerah dan Fathan memang anaknya kinestetik, jadi cara belajarnya juga suka-suk sesuai mood dia, akhirnya saya cuma bacakan buku dia denger lagi loncat-loncat, kalau belajar calistunh, dilesin, alhamdulillah dapat guru yang sabar, pengen juga coba juga AJT cogtest nih biar lebih faham gaya belajarnya

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Sabtu, 30 Maret, 2019

Pas anak pertama emang suka gini deeh...teh.
Seiring berjalannya waktu ((eaa...)) mama sadar, bahwa tiap anak gak sama dalam semua hal.
Jadi,
Pas sama adiknya sekarang, aku ga begitu ngotot.

Bismillah...
Didoakan selalu.

Dan kalau ada kesempatan, pingin juga ikutan tes AJT Cogtest ini.

Reply Delete
Avatar
Rina Sabtu, 30 Maret, 2019

Duh sy masih suka drama klo ngajak anak belajar tp klo giliran d suruh baca buku selain pelajaran sekolah semangat. Boleh jiga nih AJT cogtest lumayan juga ya harganya

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa Sabtu, 30 Maret, 2019

Saya jg kadang gemeess klo ajarin Kakak nulis, atau mewarnai, anaknya blm fokus siih. Pengennya dia itu bisa juga mewarnai dgn benar, apalagi udh tiap hari belajar di daycare kan, tp yaaa namanya jg anak 4thn masih ingin main yg banyak.
Jadi pengen juga nih coba AJT ini, biar tahu gimana kemampuan anak.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Sabtu, 30 Maret, 2019

Nggak jauh beda nih denganku. Anak-anakku selalu ngejak drama kalau pas belajar, enggak yang gede enggak yang kecil, sama aja. Dasarnya si ibu emang enggak sabaran sih, huhuhuuu...maafkan ya nak. Akhirnya kubiarin aja mereka belajar dengan cara mereka masing2. Kalau pas minta dibacakan soal dan diajarin ya kubantuin. Tapi kalau mereka pas ga mau ditemenin yawda santai aja hihiii.. Apalagi kalau masih kecil ya, memang bawaannya kan pengin main ya. Belajar? apaan tuuuhh... :))

Reply Delete
Avatar
Meli Engku Sabtu, 30 Maret, 2019

kepingin ikutin AJT CogTest tapi kayaknya anakku uda kelewat umurnya. iya mom, kadang kita ga sabaran ya ajarin anak. kalo uda ikut test nya setidaknya mita tau bakat minatnya anak kita :)

Reply Delete
Avatar
Cici Desri Sabtu, 30 Maret, 2019

tes ini mempan gak ya kalau untuk anak usia 2 tahun mba? anak ku soalnya gaya belajarnya agak susah ditebak, ya memang sih masih kecil tapi supaya saya antisipasi...

Reply Delete
Avatar
Indira W Senin, 01 April, 2019

Aku inget banget dulu sama mama biar mau belajar, pasti diajak main yang aku suka dulu. Setelah mewarnai baru deh aku mau belajar berhitung :D

Reply Delete
Avatar
Tika Samosir Senin, 01 April, 2019

Kalau keponakanku memang gila belajar banget mba. Gak akan mau tidur ataupun bermain kalau peer nya belum selesai. Gak ada peer pun tetap belajar. Memang bagaimana kita mengajarkan anak ya untuk belajar.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Senin, 01 April, 2019

Mengenali cara belajar anak sangat penting sekali, apalagi anak itu memiliki caranya sendiri. Kalau aku tipe yang mengajak anak belajar bersama dan tidak hanya mendampingi tapi juga ikut belajar sama dia.

Biasanya dirumah karena anakku masih TK jadi lebih banyak aktivitas. Seperti membuat percobaan dan menggambar. Baca dan hitungan biasanya malam hari biar kebawa mimpi, hahahahaa

Reply Delete
Avatar
Hendra Suhendra Senin, 01 April, 2019

Lagi kecil memang banyak drama, eh udah gede malah jadi sutradaranya, hahaha... Berarti apa yang dicita-citakan bisa jadi motivasi untuk belajar, yup tepat banget. Atau bisa juga apa yang lagi disenangi/hobi, kita jadikan motivasi untuk belajar juga, kan biasanya semangat tuh

Reply Delete