Kamis, 02 Agustus 2018

Ambil Uang Di ATM, Uang Tidak Keluar Saldo Berkurang?Bagaimana Solusinya?

Sesuai dengan judulnya kali ini saya mau curhat. Sudah 2x saya mengalami yang namanya tarik tunai di ATM BNI uangnya ga keluar tapi saldo berkurang.

Sedih ga sih?sedih bangetlah kesel pokoknya apalagi pas ngambil ditanggal rawan jauh dari gajian. Tiba-tiba ga keluar mimpi apa kusemalam.

Kisah pertama saya mengalami kejadian ini ketika tahun 2013, saat itu saya sedang hamil Neyna dan sudah cuti buat melahirkan. 

Pagi yang cerah itu saya niatkan berkegiatan ke salon mengisi waktu luang dan juga buka puasa. Saya pengen potong rambut sekaligus keriting bulu mata. Ealah ganjen amat bumil yak!

Sepulang dari salon, saya mampir ke Cimahi Mall. Karena uang cash habis so saya pergi ke ATM center terlebih dahulu.

Tidak ada firasat buruk atau apapun, dengan penuh keyakinan saya tarik tunai di ATM sana. Inilah kali pertama saya merasakan uang tidak keluar. Proses di ATM-nya lama banget sampe saya tekan-tekan tombol cancel baik kartu maupun uang tidak satupun keluar.

Beberapa menit kemudian akhirnya kartu ATM-nya bisa keluar, saya pun langsung cek saldo ATM via sms banking di HP. Setelah cek saldo beneran berkurang sesuai dengan nominal yang hendak saya ambil. 

Ibu hamil langsung lemes dengkul ga jadi belanja lalu saya bergegas ke BNI Jl. Perintis Kemerdekaan di Cibabat. 

Waktu itu, hendak libur lebaran dan kalau tidak salah bank sudah tutup dari siang. Pas kejadian sudah pukul 2 siangan karena saya pulang kerumah dulu ambil buku tabungan lalu ke BNI. 

Naas sesampainya di BNI sudah tutup, bulak balik pake ojek ternyata tidak menghasilkan. Sungguh pilu hati bumil.

tarik-tunai-saldo-berkurang


5 tahun kemudian tepatnya bulan lalu, karena kantor menggunakan payroll BNI so depan kantor ada ATM BNI. Selama kerja disini mau tarik berapapun ga ada masalah namun sore itu selepas pulang kerja karena HP saya hamil (batrenya gendut) jadinya mau ambil tunai buat benerin.

Lahdalah sapa sangka ternyata hari itu dewi fortuner belum berpihak. HP rusak, uang tunai tidak keluar sementara saldo berkurang. 

Pengen jejeritan sambil goyang syantiek deh sore itu. Huhuhu kesel campur kecewa campur-campurlah.

Nah dari dua kejadian yang pernah saya alami tersebut saya mau berbagi bagaimana solusinya agar saldonya kembali?

Terhitung sudah 2x alami kejadian yang sama namun dengan dua cara yang berbeda. 

1. Telepon Call Center 1500046


Untuk kasus saya yang pertama, berhubung bank tutup dan ada libur lebaran. Cara saya adalah dengan menghubungi customer service BNI di 1500046.

Yang saya laporkan : - Tempat kejadian alias ATM BNI Cimahi Mall
                               - Waktu kejadian pukul 13.30 wib
                               - Nominal uang yang ditarik

Selanjutnya customer servicenya akan verifikasi data dari nomor rekening hingga nama ibu kandung. Laporan saya dicatat olehnya dan pihak bank menjanjikan kalau tidak salah dulu 1 bulan karena memang saya terima kembali saldonya setelah 1 bulan kemudian.

Saya aja sampe lupa saldo tersebut karena kehadiran Neyna waktu itu. 

Hal penting saat hubungi call center adalah punya pulsa apa ga?hahaha

2. Datang Ke Bank


Saya fikir dulu lama karena saya hanya menelepon customer service, akhirnya tanggal 18 juli 2018 pagi hari saya izin datang siang untuk mengurus ini.

Saya mendatangi kantor BNI yang ada di Jl. Perintis Kemerdekaan Cibabat. Pagi itu pukul 08.00 wib tepat saya sudah ada disana.

Setelah mengadu kepada security perihal keluhan saya lalu security memberikan nomer antrian ke customer service.

Lumayan banget nunggu sekitar 30 menit-an. Setelah nomer antrian saya dipanggil langsung saya menuju CS yang bertugas.

Ibu Euis namanya, saya adukan langsung kejadian yang saya alami. Dari lokasi ATM, waktu pengambilan dan nominal uang yang ditarik.

Ibu Euis dengan ramah dan sopan meminta maaf atas kejadian yang saya alami karena sistemnya yang error. 

Buat temans yang hendak laporkan kejadian seperti ini jangan lupa membawa Buku Tabungannya yah. Dan juga bawa KTP.

Setelah itu ibu euis verifikasi data saya, kerja dimana, alamat sesuai KTP, alamat email hingga nama ibu kandung. 

Pengecekan data sudah, lalu ibu Euis membuatkan surat pengaduan perihal kejadian ini. Bentuknya seperti ini temans.

surat-laporan-BNI


Dalam surat pengaduan, Ibu Euis mencantumkan nomer HP agar bisa dihubungi saya jika saya menanyakan perihal kapan masuknya saldo yang berkurang tersebut. 


Dari Pihak BNI sendiri ada jangka waktu selama 14 hari untuk penyelesaian pengaduan saya ini. Namun ternyata sebelum 14 hari saldo saya sudah masuk kembali.

Pulang abis laporan sumringah lagi deh apalagi pelayanan CS BNI-nya ramah pisan sukak banget 30 menit saya habiskan buat laporkan kejadian tersebut.

***

Nah temans, jangan panik kalau mengalami kejadian seperti saya. Bisa hubungi call centernya atau datang langsung ke bank bertemu customer servicenya. Gimana enaknya temans aja yah. 

Demikian yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat yah!



22 komentar:

  1. aq sih belum pernah ngalamin teh herva yang seperti ini, sekalinya ngalamin adalah atm tertelan di mesinnya dan gak sadar, makasih info pencerahannya teh.. btw teh aq tahunya dewi fortuna loh bukan dewi fortuner, fortuner kan merk mobil teh,, hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh jangan sampe deh ketelen mba may wkwkwk..
      iyes dipelesetin (masih musim gitu plesetan) :)))

      Hapus
  2. Kalau bertemu dengan atm-atm ngadat sering tapi alhamdulillah saldo gak berkurang walaupun dalam prosesnya sudah ditarik tunai. Bisa jadi pembelajaran buat saya nih, apalagi saya juga nasabah BNI, hehe. Terima kasih infonya mbak Herva.

    BalasHapus
  3. Baca di atas jadi pengen teriak, APPPPAAAA?? SEBULAN??
    hahahah
    saya juga 2 minggu lalu juga ngalamin hal ini, daaaannn sampai hari ini belum ada transaksi uang masuk, bete banget deh, kapan hari sudah telpon lagi nanyain kabarnya, eh katanya paling lambat tanggal 10 Agustus besok, berarti sekitar 20 hari..
    Pengen kubongkar rasanya ATMnya hiks.

    Nyebelin banget kasus kayak gini, yang masalah ATM mereka, yang harus nunggu lama kita para nasabah

    BalasHapus
  4. Syukurlah ya mba..bisa terselesaikan dengan baik dan uang kembali. Aku belum pernah si mba, tapi info ini berguna banget. Soalnya aku juga pegang kartu atm BNI

    BalasHapus
  5. Pernah ngalamin sekali. Paniknya lagi dulu pas malem-malem, mbak. Jadi ya terpaksa kudu nunggu esok harinya lagi buat laporan ke CS dari bank yang bersangkutan. Alkhamdulillah juga cepet prosesnya. Baru 2 haari (kalau nggak salah inget) uang yang 'hilang' tadai akhirnya bisa kembali lagi masuk ke rekening saya.

    BalasHapus
  6. Kalau saya pernahnya transfer ke orang, laporannya berhasil tapi uangnya balik lagi. Biasanya kalau seperti itu gangguan. Makasih sharingnya mba, jadi tahu apa yang harus dilakukan kalau mengalami hal yang sama.

    BalasHapus
  7. Saya pernah juga nih kayak gini, tapi bank tetangga sih. Malah pas di ATM masalahnya, ya namanya mesin pastinya ada errornya ya. Untungnya ada satpam jaga kan, dan dia lah yang menghubungi call center-nya ini. Mau dikit kek kan tetap sayang kalau duit hilang, haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mau dikit mau bnyk ttp sayang bahaha

      Hapus
  8. Aku juga pengguna Bni dan pernah kejadian pula pengalaman ambil uang tp saldo berkurAng dan langsung hari itu jg pergi ke bank dan teratasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan aku pas sore dan pas liburan jadi ga pernah langsung ke banknya mba hehhe

      Hapus
  9. Nah iya bener, kalau nelpon call center itu pulsanya harus lumayan :D apalagi kalau disuruh menunggu.

    Berarti kalau enggak mepet libur panjang, cuti bersama, dll, mending lapor lewat CS ya teh, lebih cepet. Maksimal 14 hari waktu pengembaliannya.

    Makasih sharingnya teh. Kebetulan di rumah BNI semua. Akan kuingat-ingat, bisi ... Eh tapi jangan sampai deh. Semoga. Hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ga pernah kejadian ya teh Gie

      Hapus
  10. Saya pernah, Mbak. Di Bank yang berbeda. Waktu itu uang ga keluar dan coba lagi. Jadi saldo terpotong dua kali. Pas keluar atm karena uang ga keluar, teng, bunyi sms masuk yang menandakan kalau saldo kepotong. Panik sih saya. Tapi suami meyakinkan kalau uang ga bakalan hilang. Nanti juga ada notif balik kata suami. Tunggu beberapa lama emang ada satu kali penarikan yang ga keluar uangnya dibalikin. Tapi satunya lagi yang saldo kepotong ga ada dibalikin. Akhirnya lapor ke Bank deh dan kembali setelah beberapa hari. Lupa persisnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata bank lain jg sama y pernah ada begini mb Yanti huhuhu gemesin :D

      Hapus
  11. Aku tuh pernah kejadian juga. Aku pegang ATM suami dan panik bukan main. Aduh, khawatirnya kenapa2. Tahu sendiri kalau Mandiri agak ribet. Aku telp suami, yang akhirnya dia yang ngurus. Call centre lumayan menguras pulsa. Harus pakai KTP dia, sementara orangnya kan di luar kota. Mau ngurus juga nunggu dia cuti. Alhamdulillah uang kembali setelah beberapa hari. Kalaupun tidak, boleh lapor lagi ke banknya.

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design