POSTS SLIDER

I'm writing about...

Ambil Uang di ATM, Uang Tidak Keluar Saldo Berkurang? Bagaimana Solusinya?

Sesuai dengan judulnya kali ini saya mau curhat. Sudah 2x saya mengalami yang namanya tarik tunai di ATM BNI uangnya ga keluar tapi saldo berkurang.

Sedih ga sih? sedih bangetlah kesel pokoknya apalagi pas ngambil ditanggal rawan jauh dari gajian. Tiba-tiba ga keluar mimpi apa kusemalam.

Kisah pertama saya mengalami kejadian ini ketika tahun 2013, saat itu saya sedang hamil Neyna dan sudah cuti buat melahirkan. 

Pagi yang cerah itu saya niatkan berkegiatan ke salon mengisi waktu luang dan juga buka puasa. Saya pengen potong rambut sekaligus keriting bulu mata. Ealah ganjen amat bumil yak!

Sepulang dari salon, saya mampir ke Cimahi Mall. Karena uang cash habis so saya pergi ke ATM center terlebih dahulu.

Tidak ada firasat buruk atau apapun, dengan penuh keyakinan saya tarik tunai di ATM sana. Inilah kali pertama saya merasakan uang tidak keluar. Proses di ATM-nya lama banget sampe saya tekan-tekan tombol cancel baik kartu maupun uang tidak satupun keluar.

Beberapa menit kemudian akhirnya kartu ATM-nya bisa keluar, saya pun langsung cek saldo ATM via sms banking di HP. Setelah cek saldo beneran berkurang sesuai dengan nominal yang hendak saya ambil.


Ibu hamil langsung lemes dengkul ga jadi belanja lalu saya bergegas ke BNI Jl. Perintis Kemerdekaan di Cibabat. 

Waktu itu, hendak libur lebaran dan kalau tidak salah bank sudah tutup dari siang. Pas kejadian sudah pukul 2 siangan karena saya pulang kerumah dulu ambil buku tabungan lalu ke BNI. 

Naas sesampainya di BNI sudah tutup, bulak balik pake ojek ternyata tidak menghasilkan. Sungguh pilu hati bumil.

tarik-tunai-saldo-berkurang


5 tahun kemudian tepatnya bulan lalu, karena kantor menggunakan payroll BNI so depan kantor ada ATM BNI. Selama kerja di sini mau tarik berapapun ga ada masalah namun sore itu selepas pulang kerja karena HP saya hamil (batrenya gendut) jadinya mau ambil tunai buat benerin.

Lahdalah sapa sangka ternyata hari itu dewi fortuner belum berpihak. HP rusak, uang tunai tidak keluar sementara saldo berkurang. 

Pengen jejeritan sambil goyang syantiek deh sore itu. Huhuhu kesel campur kecewa campur-campurlah.

Nah dari dua kejadian yang pernah saya alami tersebut saya mau berbagi bagaimana solusinya agar saldonya kembali?

Terhitung sudah 2x alami kejadian yang sama namun dengan dua cara yang berbeda. 

1. Telepon Call Center 1500046


Untuk kasus saya yang pertama, berhubung bank tutup dan ada libur lebaran. Cara saya adalah dengan menghubungi customer service BNI di 1500046.

Yang saya laporkan : - Tempat kejadian alias ATM BNI Cimahi Mall
                               - Waktu kejadian pukul 13.30 wib
                               - Nominal uang yang ditarik

Selanjutnya customer servicenya akan verifikasi data dari nomor rekening hingga nama ibu kandung. Laporan saya dicatat olehnya dan pihak bank menjanjikan kalau tidak salah dulu 1 bulan karena memang saya terima kembali saldonya setelah 1 bulan kemudian.

Saya aja sampe lupa saldo tersebut karena kehadiran Neyna waktu itu. 

Hal penting saat hubungi call center adalah punya pulsa apa ga?hahaha

2. Datang Ke Bank


Saya fikir dulu lama karena saya hanya menelepon customer service, akhirnya tanggal 18 juli 2018 pagi hari saya izin datang siang untuk mengurus ini.

Saya mendatangi kantor BNI yang ada di Jl. Perintis Kemerdekaan Cibabat. Pagi itu pukul 08.00 wib tepat saya sudah ada disana.

Setelah mengadu kepada security perihal keluhan saya lalu security memberikan nomer antrian ke customer service.

Lumayan banget nunggu sekitar 30 menit-an. Setelah nomer antrian saya dipanggil langsung saya menuju CS yang bertugas.

Ibu Euis namanya, saya adukan langsung kejadian yang saya alami. Dari lokasi ATM, waktu pengambilan dan nominal uang yang ditarik.

Ibu Euis dengan ramah dan sopan meminta maaf atas kejadian yang saya alami karena sistemnya yang error. 

Buat temans yang hendak laporkan kejadian seperti ini jangan lupa membawa Buku Tabungannya yah. Dan juga bawa KTP.

Setelah itu ibu euis verifikasi data saya, kerja dimana, alamat sesuai KTP, alamat email hingga nama ibu kandung. 

Pengecekan data sudah, lalu ibu Euis membuatkan surat pengaduan perihal kejadian ini. Bentuknya seperti ini temans.

surat-laporan-BNI-Ambil Uang Di ATM, Uang Tidak Keluar Saldo Berkurang, saldo ATM berkurang sendiri, cara mudah atasi saldo atm berkurang, uang di atm tidak keluar tapi saldo kepotong


Dalam surat pengaduan, Ibu Euis mencantumkan nomer HP agar bisa dihubungi saya jika saya menanyakan perihal kapan masuknya saldo yang berkurang tersebut. 


Dari Pihak BNI sendiri ada jangka waktu selama 14 hari untuk penyelesaian pengaduan saya ini. Namun ternyata sebelum 14 hari saldo saya sudah masuk kembali.

Pulang abis laporan sumringah lagi deh apalagi pelayanan CS BNI-nya ramah pisan sukak banget 30 menit saya habiskan buat laporkan kejadian tersebut.



***

Nah temans, jangan panik kalau mengalami uang di atm tidak keluar tapi saldo kepotong kejadian seperti saya. Bisa hubungi call centernya atau datang langsung ke bank bertemu customer servicenya. Gimana enaknya temans aja yah. 

Demikian yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat yah!



Komentar

  1. Loved this details 😊 thanks for your sharing...

    BalasHapus
  2. Sbgai staff bank, kalo aku ngalamin gini, aku tinggal cek di sistem, trus minta anak buahku balikin duitnya ke rek ku lagi hahahahhaha..

    Iya sih, biasanya itu Krn jaringan yg sdg ga stabil mba. Bulan lalu ada nasabah walk in dari Arab, pake ATM HSBC utk tarik duitnya dari ATM dia yg bank sana. Ndilalah ntah kenapa kartunya ketelan lgs, dan cek saldo uangnya berkurang. Tp Krn waktu itu Sabtu, dan securityku yg bantu dia jga ga bisa berbuat banyak secara ATM yg dipake bank lain pula, akhirnya si nasabah email ke bank dia di Arab sana. Dan setelah kita follow up fasenya, cm bbrp hari saldo dia masuk LG ke rek nya. Dan untungnya di sistem ATM HSBC cab ku, uangnya juga auto reverse, jadi jumlah uang di sistem ATM kembali balance :D. Pusing memang ngurusin ATM. Untunglah stlh resign aku ga perlu nyentuh beginian lagi hihihihi..

    BalasHapus
  3. Kalo saya malah nemu uang 1 juta di atm. Sepertinya pemiliknya buru. Pake menu penarikan cepet. Begitu bunyi kartu atm yang keluar duluan, spontan ambil kartunya langsung pergi. Uangnya ditinggal.

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun