Selasa, 31 Juli 2018

Dokumen Penting HRD Aman Dengan Scanner Brother!

Bekerja di ranah HRD sudah menjadi pilihan saya sejak lulus kuliah. Kiranya saya bekerja sudah hampir 9 tahun. HRD sendiri banyak lingkupnya sementara saya terspesialisasi di dunia dalam berita rekrutmen, assessment sesekali terjun dalam training.

Tahukah temans sebagai orang HRD, saya mengakui belum paperless *dulu* banyak sekali file lamaran menumpuk, belum lagi berkas calon karyawan yang baru masuk dari kelengkapan identitas mulai fotocopy KTP, fotocopy NPWP dan segambreng kelengkapan berkas sebagai karyawan baru masuk.

Tidak hanya itu saja sebagai seorang assesor saya harus banyak menyimpan file-file berkas hasil jawaban para peserta yang segambreng. Bisa dibayangkan hidup saya dibayang-bayangi dengan kertas. 

Apabila saya sedikit saja teledor menaruh berkas penting, hajat hidup orang banyak menjadi pertaruhannya. Tentu saja ini menjadi hal yang selalu saya khawatirkan sepanjang saya bekerja.

Tak hanya itu, jika hasil tes misalnya salah taroh kemudian diangkut sama OB wasalam deh kelar banget calon karyawan yang sudah saya tes tidak memiliki kesempatan untuk bergabung hanya persoalan yang teledor dari recruiternya.

Kejadian fatal yang paling membekas dalam ingatan saya adalah saat saya intake data untuk kebutuhan assessment beberapa waktu lalu. Dalam assessment karena memang multi assessor yang ikut ambil bagian maka diputuskan agar berkasnya tidak tercecer selepas intake harus dikumpulkan dahulu di saya.

Singkat cerita, saat saya dan rekan assessor hendak meeting membahas penilaian kompetensi salah satu peserta AC (assessment center) ternyata salah satu berkas hasil Assessment centernya hilang. Seingat saya sih sudah diberikan kepada assessor lain untuk dikaji ratingnya.

arsip-dokumen-hrd



Apa yang terjadi?akhirnya saya bersama rekan assessor saya itu membongkar ruangannya yang penuh berkas file demi menemukan file jawaban peserta tersebut. Mengapa harus dicari?pertanggungjawaban seorang assessor dalam memberikan rating penilaian kompetensi itu based on jawaban yang sudah dituliskan peserta Assessmentnya. 

Setelah dicari, dibongkar semua berkas ternyata ketemunya di sys box meja kerja saya. Ya begitulah saya suka lupa dan teledor dalam simpen berkas penting. Hal ini membuat proses meeting menjadi lama dan hasil AC juga lama keluarnya padahal saya dikejar target oleh usernya.

Dalam dunia kerja yang selalu berhadapan dengan kertas penting tentu saja hal-hal semacam lupa naro, keselip, kebuang itu harusnya bisa diantisipasi. 

Salah satu cara untuk antisipasi seperti penyimpanan berkas assessor adalah dengan langsung mengerjakan segera memberikan penilaian rating pada jawaban peserta. Namun hal ini bukanlah solusi yang cakap bagi saya.

Mengingat pekerjaan saya tidak hanya melulu megang assessment, ada recruitment yang menanti bahkan pekerjaan administrasi lainnya yang menuntut saya untuk bisa multitasking dalam satu waktu. 

HRD BUTUH SCANNER

Meski zaman sudah ter-komputerisasi namun ada beberapa hal dalam dunia HRD yang masih sangat membutuhkan kertas salah satunya seperti psikotes maupun assessment yang kerap kali saya lakukan. 

Memang saat ini bisa saja psikotes secara online namun ada beberapa tes yang masih harus menggunakan kertas untuk melihat respon individu.

Solusi jitu atas permasalahan saya ini cukup dengan SCANNER. Mengapa saya perlu scanner?

❤ Agar dokumen maupun berkas penting tidak tercecer ataupun hilang jejak kemana rimbanya

Seperti yang saya ceritakan diawal, jika saya hanya mengandalkan kemampuan ingatan saya yang memang terbatas dalam menyimpan file serta keteledoran saya dalam pengarsipan maka saya yakin akan selalu ada berkas maupun dokumen penting yang bisa saja hilang.

Dampaknya juga besar banget jika ada dokumen yang sifatnya"confidential" hilang. Duh saya ga kebayang harus dapat SP (surat peringatan) gegara hilang berkas doang.

Dengan adanya scanner tentu saja memudahkan saya searching hanya di leptop. Ga butuh waktu berhari-hari cukup sekian menit saja karena dokumen sudah tersave dengan rapih di leptop.

arsip-sys-box

❤ Efisiensi Tempat

Kebayang ga sih meja kerja saya udah penuh sys box isinya berkas assessment tahun kapan, laci penuh juga dengan dokumen recruitmen pokoknya bikin sumpek dan sempit.

Dengan adanya scanner tentu saja kertas hasil recruitmen bisa saya hancurkan sementara saya sudah memiliki soft filenya di leptop. 

❤ Efisiensi Waktu

Ini juga menjadi salah satu pertimbangan penting mengapa saya yang ada di HRD butuh sekali scanner yakni efisiensi waktu.

Saya pernah merasakan betapa lamanya kirim hasil tes ke cabang lain di luar Bandung dengan mengandalkan ekspedisi X sampenya bisa 2-3 hari sementara jadwal interview dengan user di cabang menanti.

Dengan adanya scanner hasil tes maupun data calon karyawan yang melamar bisa saya kirimkan segera berkas soft filenya melalui scanner. 

SCANNER BROTHER ADS 2400N

Namun nyatanya scanner yang tersedia di kantor itu kumat-kumatan dan saya bisa langsing karena bulak-balik masukin dokumen lalu scan begitu seterusnya hingga dokumen yang hendak saya scan selesai. 

Ga efisien banget kalau begitu bukan?

Pernah juga saat pak Boss minta scan dokumen yang sudah di tandatangani direktur dikirim segera. Lahdalah scanner-nya rusak terpaksa pake aplikasi scan di HP yang hasilnya ga jelas bikin sakit mata lihatnya.

Kebutuhan scanner ternyata besar sekali, untuk itu saya berharap sih di kantor bisa punya scanner yang bisa menjawab kebutuhan saya seperti Scanner Brother tipe ADS 2400 N.

keunggulan-scanner-brother-2400-N

Ada Apa Dengan Scanner Brother ADS 2400 N?

❤ Scanner brother tipe ads 2400 N ini canggih benar bisa langsung scan 50 dokumen sekaligus secara bergantian tanpa perlu saya bulak balik ganti kertasnya. Ini keren banget loh bagi saya yang memang membutuhkan scanner seperti ini.

Berkas HRD itu ga cuman 1 atau 2 lembar doang makanya saya butuh scanner yang bisa sekaligus scanning dalam wkatu yang cepat. 

Selain itu saya ga perlu tombol klik scan pada leptop karena scanner brother tipe ADS 2400 N ini dilengkapi dengan tombol touchscreen berupa layar LCD. 

Sepengalaman saya mengoperasikan scanner yang dulu itu mesti bulak balik tekan tombol di leptop lalu ke scan begitu aja seterusnya hingga dokumen beres di scan. 

Rempong banget bukan?

❤ Hasil scan-nya bisa tersimpan secara otomatis di flashdisk yang sudah terpasang pada port USB bagian bawahnya. Dengan begitu memudahkan saya buat memindahkan soft filenya dari USB ke leptop. Alamak ini efisiensi waktu banget yah dan utamanya saya ga bulak-balik scan mulu kayak setrikaan.

Saya ga perlu capek-capek save per 1 dokumen setiap kali scan lalu save ini wasting time banget lah.

❤ Bisa difungsikan sebagai network scanner, ini paling penting buat saya mengapa?kebayang ga sih temans scanner zaman dulu itu hanya bisa terpasang pada leptop induk jadi buat atasan, rekan kerja saya suka minta tolong scanning dokumen ke saya karena cuma leptop saya yang bisa connect sama scanner yang ada.

Berbeda dengan scanner Brother tipe Ads 2400 N ini, sudah dilengkapi dengan teknologi wireless LAN pada unitnya sehingga kita bisa scan dokumen di leptop sendiri tanpa harus numpang ke leptop yang hanya connect sama scanner-nya.

Harga Scanner yang terjangkau temans, dengan teknologi yang udah canggih scanner ini memiliki harga yang masih bisa sesuai dengan budget perusahaan apalagi khususnya buat tim HRD seperti saya. 

Kalau saya cek online sih rupa-rupa tergantung toko yang jualnya cuman harganya dibandrol dari 7 jutaan saja.

So, dengan melihat spesifikasi yang ada di scanner brother 2400 N ini saya berharap sih purchasing request nanti bisa di approve sama pak boss. aamiinkan yah. 

Itulah mengapa sebagai HRD saya butuh scanner yang canggih seperti scanner brother ADS 2400 N. Semua dokumen penting milik HRD aman dengan scanner brother ini.

***

Demikian cerita saya semoga berkas penting HRD aman terkendali dengan adanya scanner brother ADS 2400 N ini. 

Temans punya cerita apa terkait dengan scanning?yuk sharing dan ikutan lombanya :)

lomba-blog-scanner-brother





65 komentar:

  1. Mantap nih cz di kantor dan yang di rumah lagi rusak mba, makasih infonya yaaa

    BalasHapus
  2. Kan... kan... aku lagi cari scanner, terdampar di sini. Reviewnya kece, jadi pengen beli deh. Hahaha

    Makasih, Teh. Jadi inspirasi pilihan scanner. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik semoga jadi pilihan baik ya teh Zia :)

      Hapus
  3. Kalau teledor akan menaruh file kita samaan, Mbak. Kadang ya, aku juga suka sebel sama diri sendiri, karena pas lagi ngefile mah enak naruh-naruh berkas gitu. Eehh giliran pas udah berbulan-bulan lupa deh..


    Dan setuju banget, kalau file-file penting itu perlu discan biar kita punya arsip digitalnya. Dan scanner brother ini kapan ya bisa aku miliki. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu penyakit aku banget mba Er hahaha

      Hapus
  4. Keren ya scanner-nya. Bisa scan banyak dalam sekali waktu. Hemat tenaga dan waktu pisan. Buat HRD mah iya banget, pasti sangat berguna. Gak bakalan lagi deh ada drama nyari2 dokumen gara2 tercecer. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh cuss ajuin aku ke pak boss :p

      Hapus
  5. HRD memang butuh banget sama scanner canggih dari Brother untuk CV dan lainnya. Sukses mba :)

    BalasHapus
  6. Dulu dikantor lama aku dikasih printer buat print2 dokumen, tapi aku ngiri sama temen sebelah mejaku dikasih printernya brother sedangkan aku bukan. Karena emang aku ngerasain sendiri bedanya scan & print pake brother lebih cepet, jadi hemat waktu teh 😁

    BalasHapus
  7. Wah,aku mbayangin nyecan berkas satu-satu jadi lieur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba pusing dan ga efisien bangets semoga diapprove nih punya scanner brother hehehe

      Hapus
  8. Dimana-mana HRD memang begitu ya.
    Satu bulan bisa panen kertas bekas yang bisa dijual ke mamang gorengan.

    Kalau di kantorku scannernya sama dengan mesin yang ada di tukang fotokopian, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh meni banyakk kertas bertumpukan hahaha

      Hapus
  9. Wuih .. ternyata jadi recruiter cukup repot juga, butuh ketelitian supaya tidak ada berkas yang hilang.
    Untung da scanner brother, ya ... pekerjaan jadi lebih praktis dan aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh lieur banyak kertas kalau ga discan pasti ada aja yg ilang hahaaha

      Hapus
  10. Aku kerja di kantoran juga tapi bagian design, jadi jarang banget megang alat beginian wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk padahal pegang mah ga papa kang :p

      Hapus
  11. Kalo punya scanner yang begitu , ga perlu repot lagi dah..
    Lebij efesien waktu dan simple.

    BalasHapus
  12. Aku ada cita cita pengen punya scanner ih, soalnya aku kan belom bisa gambar pake pen tablet, jafi masi manual trus klo mau d1iupload kudu pake scan, kayaknya sccaner ini cucok meong, boleh deh aku sodorin proposal dulu ke bapak suami ahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebuah masalah yang sama, mbak. Sementara kalau saya paling bikin sketsa manual di skecthbook, terus di foto pakai hp, baru di olah digital pakai software *butuh scanner---SEGERA!*

      Hapus
    2. wah mb mbul ni hebat banet :) semoga terwujud yes mba

      Hapus
    3. semoga kang Wisnu juga punya scanner brother ini yah

      Hapus
  13. Scanner, printer emang 2 Bunda wajib nih mbak untuk cetak2 dokumen termasuk foto. Kalau pakai merk ecek2 emang kadang bikin ngeluz dada. Mending yang jelas Kayak Brother ini. Terpercaya berkualitas, dan awet.

    BalasHapus
  14. Dicarinya di mana, ke selipnya malah di mana ya itu filenya hihihi.

    Deuh ini scannernya keren banget, bisa sekaligus scan 50 dokumen sekaligus plus dicolokin flashdisk. Praktis banget ya teh. *jempolan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh ini keren banget cocok buat kerjaanku dikantor semoga aja bisa terkabul nih pas pR hahha

      Hapus
  15. Iya ya teh, dokumen sebanyak itu mending di scan aja ya. Di samping lebih cucok soal penyimpanan dokumen, juga lebih gampang kan ya teh kalau nyari2 dokumen yang dibutuhin. Apalagi kalau pas buru2.
    Mantab teh. Sukses selalu

    BalasHapus
  16. Wah keren ya bisa scanning sekaligus 50 halaman. Kebayang dong kalau harus satu-satu. Lebih lelah dari Hayati kayaknya hahaha

    BalasHapus
  17. asik atuh ya ga perlu scan hiji - hiji

    BalasHapus
  18. Duh, scanner memang butuh banget ya bagi seorang HRD mah, jika file tidak di scanner dan di arsipkan dalam bentuk digital maka jika terjadi bencana alam maka data2 calon karyawan maupun karyawan akan ludes dalam satu waktu ya kak

    BalasHapus
  19. Wow banget ini
    Serius bisa scan dokumen 50 sekaligus?
    Wuih bener-bener keren dong ya, hemat waktu banget dibanding nge-scan satu persatu
    Ditambah lagi, memang jadinya paperless ya
    Sukaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah menjawab banget kebutuhan saya sebagai recruiter mba :)

      Hapus
  20. Scanner brother memang diperlukan di Kantor, sekolah maupun di rumah, karena membantu pekerjaan dokumentasi

    BalasHapus
  21. Kerjaan saya juga butuh banget sama scanner, Mba Herva. Setiap hari adaaa aja berkas yang harus saya scan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kalau ga discan khawatir berceceran :(

      Hapus
  22. Inget berkas pegawai, jadi jnget dulu jaman masih ngelamar kerjaan. Semua di fotokopi.kalau banyak sertifikat yang dia punya, mgkn surat lamaran dah kayak naskah novel ya.. hahaha.. kalau sekarang. Saya sdh kirim by email ya, buu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk masih ada ummi yang kirimin novel lamaran loh hari gini :D

      Hapus
  23. Huaa, orang HRD harus teliti banget ya dengan dokumen? Memang penting banget nih pakai scanner Brother.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba harus teliti banget :)

      Hapus
  24. Aih, orang yang berkerja dengan banyak file-file butuh banget yang namanya scanner biar nggak tercecer nih. Jadi memudahkan pekerjaan dengan banyak orang dan bagian yang terkait.

    BalasHapus
  25. Wah, bisa 50 halaman. Berguna banget buat yang kerjaannya memang butuh scanner, ya

    BalasHapus
  26. Iya banget! Aku setuju klo dunia kerja jaman sekarang butuh scanner , biar berkas2 bisa didata rapi. Dan lbh mudah berbagi file klo udh dalam bentuk softcopy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya klo sdh softcopy seraching juga gampil mba

      Hapus
  27. Scanner brother nih bagus banget ya Bun. Kualitasnya juga sudah teruji dengan baik. Sangat penting juga buat dokumentasi dokumen dokumen penting ya bu . Lengkap nih tulisannya. Layak juara

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makasi ummi as always support :*

      Hapus
  28. Keren utk ngescan sampai 50 halaman..

    BalasHapus
  29. Scanner ini penting lo. Alat ini juga go green. Membantu menyimpan file dokumen penting tanpa melibatkan kertas. Aku juga sekarang nyimpen hasil karya anak2 dalam bentuk file/foto.soalnya kehabisan tempat kalo nyimpen karya mereka

    BalasHapus
  30. zaman yang apa-apa di digitalisasi, scanner memang dibutuhkan ya bun

    BalasHapus
  31. Canggih banget nih scanner. Buat di kantor cocok banget ya, lebih efisien.

    BalasHapus
  32. Dengan spek kyk gtu harga 7 juta pantes sih ya? Apalkagi Ibu HRD sekarang gak usah rempong bolak balik neken tombol di leptop lagi xixixi sukses ya mbaaakk :D

    BalasHapus
  33. Udah kuajuin ke kantorku buatbeli. Katanya lagi nunggu bongkar celengan dulu, hahaha

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design