Alasan Memilih Menjadi Recruiter

recruiter, recruitment, karier recruitement, senangnya menjadi recruiter

Alasan Memilih Menjadi Recruiter

Posisi HRD tentunya pasti ada di setiap perusahaan, namun tidak semuanya perusahaan menggabungkan satu fungsi dalam HRD. Ada beberapa perusahaan yang memisahkan sesuai dengan fungsi tugas HRD sehingga ada yang dikenal dengan Recruiter, Trainer, Payroll, Assessment, Personalia, General Affair dan lain sebagainya (ini yang saya tahu sih). 

Dari sekian fungsi HRD ada satu fungsi yang dikenal dengan Recruitment. Yang belum tahu definisi tentang rekruitment oke sekalian saya jabarkan. Sebenarnya ada banyak definisi mengenai recruitment namun akan saya coba uraikan dari salah satunya.

Konon menurut Bapak Henry Simamora (1997:212) Rekrutmen (Recruitment) adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. 

Dari definisi tersebut jelaslah jika dalam rekrutmen ada tantangan tersendiri karena itulah saya lahir menjadi recruiter. Mengawali karier sebagai recruiter sebenarnya menyesuaikan background pendidikan yang telah ditempuh di Psikologi UNJANI (Universitas Jenderal Ahcmad Yani). Sekilas tentang UNJANI buat yang belum tahu, ni kampus ada 2 yang pertama di Cimahi dan di Daerah Bandung deket PINDAD.

Buat yang suka main ke Bandung dari arah Jakarta kalau lewat tol Cipularang tentunya sebelah kiri (sekitaran km125-an lupa :p) disitu tertulis jelas Kampus UNJANI. Nah saya jebolan sana *kibas jilbab* (mesti bangga sama almamater sendiri).

Balik ke masalah rekrutmen, akhirnya setelah gagal melewati ujiannya PNS (ga kapok-kapok ikut padahal udah gagal selalu) saya mencoba peruntungan di perusahaan swasta. Akhirnya terjun menjadi rekruiter.

Alasan Memilih Menjadi Recruiter

Mengapa saya tertarik menjadi rekruiter? ini dia alasannya :

1. Banyak Dicari Sama Orang

Sesuai definisinya rekrutmen itu suruh cari orang, maka jika departemen lain butuh orang mereka akan hubungi saya. Ga peduli saya lagi koprol, sikap lilin atau kayang pokoe kalau ada yang resign buru-buru hubungi recruiter. Ga kalah kan sama artis yang suka dicari-cari xixixi. *benerin kacamata*


2. Bisa Seleksi Orang

Nah sebagai recruiter kita punya hak prerogratif buat nolak orang entah dari CV, dari hasil tes sampe hasil interview. Kalau CV udah ga ada no HP jangan ngarep saya kirimin surat atau kartu pos ke alamat rumah langsung saya pisahin berkasnya ke kumpulan CV ditolak, kalau pas tes ga dengerin intruksi, nyontek ngerjainnya dah gitu hasilnya jelek jangan ngarep bisa lanjut tahapan berikutnya. So jangan macam-macam sama recruiter *ketawa jahat* :p

3. Bisa Perintah Orang

Berhubung recruiter disuruh seleksi orang jadi ada sesi psikotesnya nah di sesi ini tugas saya adalah memberikan intruksi kepada pelamar untuk bisa ngerjain tes sesuai intruksi. Kesempatan dunk kapan lagi saya bisa perintah-perintah orang. hahaha.

4. Punya Banyak Fans

Ah siapa sangka berkarier jadi recruiter mendatangkan fans pasalnya orang yang suka dites sama saya ada aza kalau ketemu di jalan nyapa saya padahal sayanya belum tentu inget. Manggil-manggil di satu event ah berasa banget famousnya hahaha *mulai ke-PD-an*. Ga perlu jadi artis dulu kalau mau punya fans bukan? hahaha.


5. Paling Banyak Ngabisin Pulsa

Sebagai pencari kandidat tentunya dalam memanggil pelamar, saya suka neleponin pelamar/smsin  dan kalau lagi bernasip ga baik kadang ada pelamar pas ditelepon yang buanyak nanya padahal perintahnya jelas suruh datang psikotes sesuai jadwal pake baju rapih, bawa alat tulis itu azah tapi ada yang rese nanyain bajunya mesti warna apa?kalau pulpennya warna biru boleh ga?kalau rambutnya kayak Andika Kanjen band boleh ga?nah pertanyaannya yang kayak gitu bikin bengkak pulsa perusahaan hahaha. Ntar ujungnya rekrutmen suru pake telepati kalau telepon dicabut :p


6. Jadi Orang Pertama

Sebagai pencari pekerja, recruiter selalu menjadi orang pertama yang tahu kalau si A resign pasalnya atasan akan cari pengganti makanya mesti hubungi saya. Selain itu, jadi orang pertama yang dikenal oleh pelamar dari luar ibaratnya pintu masuk ke dalam perusahaan kalian mesti lewatin saya dulu. Tapi inget saya tidak nerima gratifikasi dalam bentuk apapun buat yang mau gabung ke perusahaan. Integritas tinggi *kuatin iman*.

Itu dia alasan kenapa mesti menjadi recruiter, menarik bukan? apapun pekerjaannya yang penting tetap bersyukur dan selalu berbahagia menjalankannya. Jadi tetap PD mengerjakan semua pekerjaan dengan baik. Gimana tertarik mengikuti jejak saya? saya tunggu y.


Alasan Memilih Menjadi Recruiter
sumber : konsultanpendidikan.com


31 komentar

Avatar
Amanda Ratih Jumat, 22 Juli, 2016

Woh jadi klo aku ngelamar di tempat kerja itu kayak semacam mendapat keisengan ya dari HRD, pantesan berasa aneh T_T

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 22 Juli, 2016

anehnya dimana y mba?hahaha iseng si ga tp yang jelas lebih iseng pelamarnya dibandingin kita mba :p

Reply Delete
Avatar
prana ningrum Sabtu, 23 Juli, 2016

aku juga pengin jadi recruiter nih..klo usahaku nanti berkembang.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Sabtu, 23 Juli, 2016

Semoga terwujud y mba yeah hidup recruiter 😁

Reply Delete
Avatar
Ratna Pras Sabtu, 23 Juli, 2016

Haha, aku biasanya keder kalau ngadepin wawancara sama recruiter mbak...#grogiananaknya

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Sabtu, 23 Juli, 2016

Posisikan lg ngobrol biasa aza mba jd mindsetnya kita bkn anggap lg tes tp lg ngobrol sama org baru dikenal gmn caranya ni org baru dikenal bisa tertarik sama kita insyaAlloh gugupnya ilang #tips ini berhasil dilakuin suami yg sll kumat gugup stiap interview :) slmt mencoba y mba

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah Senin, 25 Juli, 2016

wah jebolan unjani, deket dong dengan rumah :) angkatan kapan mba. Sy buka laundry di daerah situ namanya Cekas Laundry :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 25 Juli, 2016

Halo mba saya angkatan 04 oiya ntar cari ah hehehe salam kenal y mba :)

Reply Delete
Avatar
rahayu pawitri Senin, 25 Juli, 2016

Walah kok ya ada gitu pelamar yang sampai tanya warna pulpen atau model rambut. wah kalau dapat saya langsung coret itu mbak, macam nggak niat kerja aja. he he he

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 25 Juli, 2016

Saking niatnya mba kerja jd nanya yg ga penting hahaha :)

Reply Delete
Avatar
Efi Ftriyyah Selasa, 26 Juli, 2016

Pernah beberapa kali ikutan psikotest. Aku tuh suka penasaran sama misteri dibalik tes kayak hitung angka yang kayak koran gitu, menggambar dan sebagainya. :) Pernah nanya temen dia cuma senyum aja.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 28 Juli, 2016

iya mba ada misteri dibalik itu semua yang tau cuman psikolog hahaha

Reply Delete
Avatar
nova Selasa, 26 Juli, 2016

kebanyakan nanya..karena takut salah mba...*pengalaman he2

ga tau perekrutnya ternyata ga suka....nth kalo habis tu di isiin pulsa..hahah

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 28 Juli, 2016

takut pulsa membengkak siy mba ahaha

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian Rabu, 27 Juli, 2016

Yang aku tau tentang orang yang kerja jadi recruiter biasanya sering dimintain tolong orang-orang biar diterima kerja mak. Hihihihii. *eh iya nggak siihh?*

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 28 Juli, 2016

ember mba sering bangetsss tp suka jg dimusuhin tiba2 klo yg dititipin kagak masuk wkwkwk...lah yg pny kantor jg bkn kita tp ngarep bgt kite masukin *pening*

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Jumat, 29 Juli, 2016

Mb aku dulu pengen jadi hrd, bayanganku paling pas buat cewek, e tapi aku bukan jurusan psikologi atau hukum jadinya gagal deh huhu

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 29 Juli, 2016

Gapapa mba gagal jadi recruiter tapi sukses jadi istri berbahagia :))))

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih Jumat, 29 Juli, 2016

Biasanya recruiter dr jurusan psikologi ya mba, jurusan yg dulu saya pengen

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 29 Juli, 2016

iya mba karena pegang alat tes :))

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya Widjaja Sabtu, 20 Agustus, 2016

Saya sering banget nervous pada saat 5 menit pertama interview dan setelahnya baru bisa lancar hehe

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 21 Agustus, 2016

Kalau itu emang lumrah mba hehehe pertama kali selalu nervous :)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Senin, 22 Agustus, 2016

Mbak rekrut aku donk, rekrut aku #maksa hihihi

Tapi senengnya bisa punya pengalaman ketemu org dengan sikap dan sifat yg berbeda2 ya mbak, jug kudu jeli liat yg mana yg cocok buat perusahaan mana yg gak :D

Sukses ya mbak :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 22 Agustus, 2016

Iya mba hehehe...
Thx u mba :*

Reply Delete
Avatar
imelda Senin, 19 September, 2016

wahahahah iya bener banget mbak bagian yang ngabisin pulsa. Kadang kalo aku telepon kandidat dan mereka gak mudeng di telepon soal alamat perusahaanku dll, ya sms aja akhirnya, daripada miskom nantinya :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 19 September, 2016

Iya mba kadang aqu email aza sekarang ga mau sms-sms gandeng soalnya nlp ga tau waktu hahaha *kejam*

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma Selasa, 20 September, 2016

Seru juga ya jadi recruiter. Bisa bertemu dengan banyak orang, beda-beda karakter, punya fans dan kekuasaan...hehe...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 20 September, 2016

Iyes seru banget hehehe berasa banget jd hero buat ngasih orang *hayiah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jumat, 23 September, 2016

Suamiku kerja di Bagian HRd. Menurutku itu buat dia jadi tahu kebiasaan atau pribadi orang mba hihii

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 23 September, 2016

Iya mba betul cuman ga enaknya itu menjadi rahasia sendiri :D

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Selasa, 06 Juni, 2017

Iya juga kalau bawel bin lemot itu orang, pulsa telepon jadi makin muahalll... Saya dulu juga pernah ngurusin calon new teacher di lembaga. Kerjaannya ga jauh beda kayak Mba Herva, haha...

Reply Delete