Begini Wujud Komitmen Pemerintah Untuk Mengembangkan Ekonomi Syariah Di Indonesia

5/23/2019
Belakangan saya perhatikan banyak sekali bermunculan kosmetik yang beredar di pasaran dengan harga dan manfaat yang menjanjikan, semakin membuat konsumen seperti saya akhirnya bingung memilih kosmetik.

Tak hanya kosmetik saja akan tetapi obat-obatan juga semakin bervarian saja yang ada di pasaran sehingga lagi-lagi pengguna alias konsumen dibuat bingung.

Namun pada akhirnya customer akan memilih semua produk dengan label HALAL bukan?


Membicarakan Label Halal kini tak terbatas hanya untuk makanan atau minuman saja loh akan tetapi mulai merambah ke area lain seperti dunia kosmetik dan farmasi bahkan ke ranah fashion alias pakaian.

Tentu saja hal ini dikarenakan banyaknya peminat  industri halal di Indonesia dan menjadi daya tarik tersendiri khususnya di industri kosmetik dan fesyen halal. Terlebih kini Halal Lifestyle Di Era Milenial makin menjamur.

Tren Halal kini mempengaruhi sekali gaya hidup serta perekonomian di Indonesia. Mengingat Indonesia termasuk 10 besar konsumen pada setiap sub-sektor dalam industri halal.

Menurut hasil studi oleh Center of Reform on Economics Indonesia (CORE) mengatakan bahwa muslim dan registrasi halal mengalami peningkatan pada jumlah konsumen dan daya belanja masyarakat. 

Fenomena ini mendukung untuk perekonomian berbasis syariah yang semakin tren. Sehingga pemerintah komit untuk terus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Salah satunya adalah adanya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).




Lahirnya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS)




Temans sudah tahu tentang KNKS?

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbanyak, Indonesia menjadi konsumen terbesar produk halal pada pasar internasional. Namun sumbangsih kita dalam memproduksi produk halal dunia masih belum optimal. Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi syariah melalui industri halal, diharapkan Indonesia mampu memaksimalkan kearifan lokal dalam menangkap peluang global. Target ekonomi syariah pada tataran domestik adalah peningkatan skala usaha, kemandirian dan kesejahteraan, sementara pada tingkat internasional adalah peningkatan peringkat Global Islamic Economy Indicator (GIEI)”. Prof. Bambang P. S. Brodjonegoro, selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas sekaligus sebagai Sekretaris Dewan Pengarah KNKS.
KNKS merupakan badan unggulan yang berfungsi sebagai katalisator pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam skala nasional maupun internasional.

KNKS lahir sebagai mandat dari rekomendasi utama Masterplan Arsitaktur Keuangan Syariah Indonesia yang disusun oleh BAPPENAS di tahun 2016.'

Dalam tiga dasawarsa terakhir, ekonomi dan keuangan syariah mengalami perkembangan pesat baik secara global maupun nasional. 

Menurut data The State of the Global Islamic Economy Report 2018/19, pada tahun 2017 besaran pengeluaran makanan dan gaya hidup halal dunia mencapai USD 2.1 triliun dan diperkirakan akan terus tumbuh mencapai USD 3 triliun pada tahun 2023.




Faktor utama pertumbuhan tersebut adalah peningkatan jumlah penduduk Muslim di dunia yang mencapai 1.84 miliar orang di tahun 2017, dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 27.5 persen dari total populasi dunia di tahun 2023.

Peningkatan tersebut akan berdampak pada permintaan produk dan jasa halal yang terdiri dari makanan halal, pariwisata halal, fesyen muslim, rekreasi dan travel halal, serta farmasi dan kosmetik halal.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia belum dapat berperan secara optimal dalam memenuhi permintaan ini.

Oleh karena itu, dalam rapat Pleno Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) tanggal 5 Februari 2018, Presiden RI memberi arahan untuk menyusun Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 (MEKSI). Guna menjawab tantangan tersebut, sekaligus menjadi peta jalan dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia, sehingga dapat mendukung pengembangan ekonomi nasional. 
D    

·

Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 (MEKSI)

M
Tanggal 14 mei 2019, Dengan resmi diluncurkannya Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo di Kementerian PPN/Bappenas. 

MEKSI 2019-2024 merekomendasikan empat langkah dan strategi utama, yaitu: 
  1. Penguatan halal value chain dengan fokus pada sektor yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi
  2. Penguatan sektor keuangan syariah dengan rencana induk yang sudah dituangkan dalam Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia (MAKSI) sebelumnya dan disempurnakan ke dalam rencana induk ini
  3. Penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penggerak utama halal value chain
  4. Penguatan di bidang ekonomi digital utamanya perdagangan (e-commerce, market place) dan keuangan (teknologi finansial) sehingga dapat mendorong dan mengakselerasi pencapaian strategi lainnya
Untuk menjalankan keempat strategi tersebut, MEKSI 2019-2024 menjabarkan beberapa strategi dasar yang harus dilakukan, yaitu peningkatan kesadaran publik, peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, penguatan kapasitas riset dan pengembangan (R&D), serta penguatan fatwa, regulasi dan tata kelola.




“Dengan MEKSI 2019-2024 ini, saya harap pemerintah dan semua pihak memiliki semangat yang sama dalam mengimplementasikan rekomendasi strategi kebijakan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia untuk mencapai visi yang telah ditetapkan. Visi besar yang dibangun dalam masterplan ini adalah mencapai “Indonesia yang Mandiri, Makmur, dan Madani dengan Menjadi Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka Dunia”. Saya juga berharap KNKS mendapatkan kepercayaan seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah baik nasional maupun global, serta kepercayaan seluruh masyarakat Indonesia dalam mengimplementasikan MEKSI 2019-2024 ke dalam pembangunan nasional melalui ekonomi syariah,” jelas Menteri Bambang. 


 Strategi Penguatan Nilai Halal


Strategi utama untuk menguatkan rantai nilai halal di Indonesia dilakukan melalui lima program utama, diantaranya adalah :

  • Membangun halal hub di berbagai daerah sesuai dengan keunggulan komparatif (comparative advantage) masing-masing daerah unggulan
  • Mengembangkan standar halal yang efektif dan diterima di seluruh dunia
  • Kampanye gaya hidup halal
  • Program insentif bagi pemain lokal dan global untuk berivenstasi dalam mendukung perkembangan industri rantai nilai halal
  • Membangun pusat halal internasional untuk memperkuat kerjasama antar negara

5          5 Klaster Halal Terdiri Atas :
  1. Makanan dan Minuman Halal
  2. Pariwisata Halal
  3. Fesyen Muslim
  4. Media dan rekreasi halal
  5. Farmasi dan Kosmetik Halal
Terkait dengan kosmetik dan farmasi halal, hal ini itu dimaksudkan jika produk yang dibuat berdasarkan syariat islam. Kandungannya itu bebas dari unsur binatang yang diharamkan dan yang disembelih tidak sesuai tuntutan islam. 

Saat ini nih temans harus ketahui jika Indonesia berada di posisi ke-4, sebagai negara dengan konsumsi produk farmasi terbanyak. Sementara itu pada sektor kosmetik Indonesia merupakan negara kedua dengan jumlah kosmetik terbesar setelah India.

Lima kunci utama mengembangkan industri kosmetik global :

  1. Kecantikan yang telah menjadi gaya hidup. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran gaya hidup sehat untuk merawat diri dengan baik. 
  2. Aspek kebersihan, kesesuaian dengan etika,
dan kecantikan yang inklusif. 
  3. Pengalaman dan pemberdayaan yakni salah satu upayanya adalah pendekatan secara digital dengan ditingkatkanya pemilihan produk, pendidikan dan pemantauan
  4. Digital dan teknologi yang digencarkan
  5. Berkembangnya persepsi premium pada produk kosmetik

Indonesia Islamic Economy Festival 2019 : Gaya Hidup Halal Di Era Milenial


Sebelum peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah (MEKSI), Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mengadakan pre-launching event yang bernama Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest). 

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan industri halal di Indonesia kepada masyarakat, sekaligus sebagai bentuk upaya dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalankan gaya hidup halal.

Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest) telah diadakan di Trans Grand Ballroom, Bandung pada tanggal 26 April 2019.

Rangkaian kegiatan acara ini adalah Talkshow Industri Digital Halal, Talkshow Pariwisata Halal, Talkshow Islamic Edutainment, Talkshow Muslim Modest Fashion, dan Expo Industri Halal yang diramaikan oleh para pelaku industri, regulator, start-up milenial, UKM dan masyarakat umum. 

Acara ini diresmikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas
dan dihadiri oleh Kementerian dan lembaga terkait lainnya.






***

Nah temans, gimana sekarang sudah tahu yah bahwa Halal Lifestyle Di Era Milenial sedang mewarnai kehidupan kita karenanya pemerintah berusaha untuk terus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dengan mendirikan Komite Nasional Keuangan Syariah.

Untuk lebih jelas mengetahui tentang  Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), temasn bisa kunjungi di :

Website : https://knks.go.id
Instagram : @KNKS.ID
Twitter : @KNKS_ID
Facebook : Komite Nasional Keuangan Syariah
Youtube : Komite Nasional Keuangan Syariah

Well, Temans semoga bermanfaat yah informasi ini :)



·     F

1

109 komentar on "Begini Wujud Komitmen Pemerintah Untuk Mengembangkan Ekonomi Syariah Di Indonesia"
  1. a great info!

    I just knew about millennial Halal Lifestyle Era

    Thank you!

    BalasHapus
  2. Wow makasih mba infonya saya baru tau. Sebagai muslimah milenial saya selalu tertarik pada produk halal terutama yang menyangkut keuangan syariah 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah bisa kasih info penting y mb :)

      Hapus
  3. Sekarang apa-apa ada label halalnya. Kalau makanan-minuman saya paham kenapa bisa dilabeli halal. Nah, kalau kosmetik, memang ada juga yg terbuat dari bahan-bahan non-halal, Teh? Kalau beneran ada, ngeri juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kang apalagi sekarang menjamur kosmetik :)

      Hapus
  4. Wah informasi yang bermanfaat nih, memang sudah seharusnya indonesia jadi trendsetternya pasar halal di Asia, dan mengikuti jejak malaysia & korea dalam roadmap halal :)

    BalasHapus
  5. Mendukung sekali dengan program kNKS ini. Negara kita sebagai negara mayoritas berpenduduk Muslim sudah seharusnya jadi Pioneer dalam tata cara Syariah dalam setiap aspek kehidupan

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, hal baik akhirnya terjadi. Ekonomi syariah bisa berkembang lebih baik sekarang. Mencakup banyak sektor perekonomian dan industri. Itu akan sangat membantu secara kesejahteraan dan pilihan. Produk halal memang sangat dibutuhkan karena merupakan hal utama. Farmasi dan kosmetik halal bikin saya tenang. Wisata halal pun sangat dinantikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mba semoga semakin berkembang ekonomi syariah yah

      Hapus
  7. Bagus mba, aku setuju dan mendukung kalau semua produk harus halal termasuk kosmetik dna obat obatan itu penting. Btw miris sekarang banyak resto yang berani jual makanan tidak halal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mesti hati-hati ya mba ada Resto yang ga bilang kehalalannya

      Hapus
  8. seneng banget kalau Indonesia jadi kiblat halal dunia, apalagi di bidang fashion, kosmetik, dan wisata halal. Moga industri halal ini makin maju, karena ekonomi rakyat akan terpacu juga

    BalasHapus
  9. Penguatan di ekonomi digital menurutku penting banget, Bun. KArena skarang kan jamannya digita. Dan dengan adanya KNKS ini bisa menjadi pionir halal style

    BalasHapus
  10. Aku asli baru tau ini soal KNKS. seneng deh liat debutnya dalam menguatkan opini gaya hidup halal di indonesia.

    BalasHapus
  11. Nah, ini aku setuju banget, terutama pada bagian ini:

    "... peningkatan kualitas sumber daya manusia"

    Iya, agar MEKSI mendapatkan kepercayaan penuh masyarakat sehingga tanpa diminta pun bersedia mengadopsi semua gaya hidup syariah.

    Maksudnya, syariah itu jangan hanya slogan melulu tapi kudu menjadi bagian dari gaya hidup.

    BalasHapus
  12. IIEFest ini acaranya beragam dan bermanfaat menjadi materi pembelajaarn ekonomi syariah ya. Semoga dengan dukungan KNKS gini bisa terwujud lifestyle syariah seperti yang diidamkan masyarakat Indonesia

    BalasHapus
  13. Suka ngeri mba kalau sudah beberapa lama memakai produk nyatanya produk itu tidak ada label halalnya....lalu tersiar Khabar kalau produk itu mengandung bahan yang tidak halal...hiks....semoga langkah dan program KNKS terus berkembang agar semua aspek kehidupan yang dikatakan lifestyle ini dapat berlabel halal, sehingga dapat mendukung kehidupan umat muslim menjadi lebih nyaman karena semua aspek yang digunakan bersertifikasi halal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah serem kalau udah kejadian begitu ya mba

      Hapus
  14. aku baru tau sih mba ada KNKS ini, tapi bersykur dan bahagia banget mendengarnya semoga menjadi awal yang baik untuk kedepannya ya mba. Kerasa banget sih sekarang semua brand aja udah mulai berlomba-lomba mendapatkan sertifikasi halal. Aku sih berharap banget semua produk yang masuk ke Indonesia harus ada izin keHalal-an nya, apalagi produk healthcare dan skin care yang banyak diburu masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang meski ribet tapi banyak brand kejarin sertifikasi Halal ya

      Hapus
  15. Well noted mba, intinya semua harus bersinergi ya.. pemerintah membuat aturannya, membentuk komitenya, lalu masyarakat menjalankan sesuai peraturannya.. saya yakin Indonesia mampu dan Indonesia bisa mengembangkan ekonomi syariah.. dukungan semua pihak sangat penting ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul dukungan dari pihak terkait termasuk kita ya mba selaku konsumen

      Hapus
  16. Sekarang semakin banyak yang peduli halal haram suatu produk. Dulu saya taunya hanya untuk makanan dan minuman. Tetapi, sekarang perlengkapan makanan pun ada sertifikasi halalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya merambah sampe tempat wisata mba :)

      Hapus
  17. Wahhh...pengeluaran untuk gaya hidup halal banyak juga, yaa. Yakin banget pasti akan terus meningkat. Konsumen akan lebih pintar memlih produk. Pemerintah oke nih, ikut greget menanganinya.

    BalasHapus
  18. Halal lifestyle memang lagi hapening banget

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah masyarakat muslim sekarang, terutama anak milenial sudah mulai aware mengenai halal lifestyle ya. Aku kayaknya pernah denger mengenai KNKS ini, tapi lupa dimana. Bagus juga kehadiran KNKS bisa menjadi panduan untuk menjalankan perekonomian syariah di Indonesia.

    BalasHapus
  20. Gaya hidup sekarang memang lebih ke arah halal ya. Kalau udah ada label Halal rasanya mantep mau make2nya. Kalau baju sih gak usah pakai label deh, hehehe. Semoga Komite Nasional Keuangan Syariah makin berkembang deh

    BalasHapus
  21. Harusnya halal dan berkelanjutan ya? Percuma halal kalo sampah nya merusak bumi

    BalasHapus
  22. Ekonomi Syariah memang tengah tren dan sepertinya akan makin maju dan banyak peminatnya ya mba in the near future

    BalasHapus
  23. Trims mba..jadi mengenal tentang Halal life style yg meliputi semua segi kehidupan ya mba.. jadi pengen tahu lebih banyak nih..

    BalasHapus
  24. Semoga hadirnya KNKS memberikan nilai halal pasti di banyak aspek ya mbak seperti kuliner dan pariwisata. Dukungan pemerintah juga sangat diperlukan nih untuk mendukung KNKS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba semoga komitmen dari segala pihak

      Hapus
  25. Semoga pemerintah semakin gencar memperhatikan isu soal halal lifestyle ini agar kehalalan gak cuma menyangkut soal makanan dan minuman

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mba :) makanya kini concern juga tempat wisata hingga kosmetik

      Hapus
  26. Saya senang sekali Halal sekarang sudah dijadikan lifestyle. Semoga program2 atau master plan yang sudah dibuat, bisa diimplementasikan dengan baik oleh semua pihak :)

    BalasHapus
  27. Semoga komitmennya ini membuat pengaruh yg signifikan utk trend halal di negara kita ya..

    BalasHapus
  28. Memang udah waktunya pemerintah lebih serius ya Mba untuk memgelola perekonomian syariah di Indonesia. Jangan ampe kalah ama Enggress yang sudah lebih dulu "serius"nya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mba apalagi muslim di Indonesia banyakk yah

      Hapus
  29. Alhamdulillah seneng bangetbya halal lifestyle makin banyak yang mendukung semoga program KNKS bisa melebihi target dan kita pun sebagai muslim jadi lebih tenang dan nyaman klo banyak yang sudah halal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba Amel makin hepi yah halal lifestyle di era millenial ini karena pemerintah juga mendukung

      Hapus
  30. Senang ya KNKS makin gencar mendukung halal lifestyle di Indonesia
    Apalagi wisata halal makin banyak sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul ga hanya makanan, tempat wisata akan tetapi kosemtik dan farmasi juga menjadi concern

      Hapus
  31. Halal lifestyle akan membangun citra aman dan nyaman bagi pemakai produk.

    Inilah yang akan membuat kita semakin yakin bahwa kehadiran produk tersebut sangat di nantikan di era digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mpo apalagi kosmetik dan farmasi yang gencar terus keluarkan produk maka kehalalan produk perlu banget

      Hapus
  32. Seneng deh, kegiatan sosialisasi gaya hidup halal kini semakin banyak. Bikin aware ke masyarakat kalo berbagai sisi kehidupan kita itu bisa dibuat cara halalnya. Aku aja baru ngeh sekarang-sekarang ini. Kirain dulu cuma makanan dan minuman aja yang halal. Semoga banyak yang tergugah dan makin menerapkan gaya hidup halal secara total.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin makin mudah untuk halal lifestyle di era millenial ya teh

      Hapus
  33. Media halal ternyata media juga ada media halal yaa. Seneng deh kalau semua lini sudah halal ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul teh hepi untuk halal lifestyle di era millenial ya

      Hapus
  34. Aku baru dengar tentang KNKS, Mbak. Dan memang benar sih, aku sebagai konsumen, warga biasa, kalau mau beli-beli obat, makanan, bahkan sampai kosmetik selalu cek dulu label halalnya. Pun kalau membeli kosmetik, jelas yang dipilih pertama kali adalah yang halalnya bisa dipertanggungjawabkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba apalagi sekarang kosmetik duh berjamur ya

      Hapus
  35. Semoga halal lifestyle ini bukan hanya tren sesaat ya.. Karena sebagai umat muslim terus terang saya seneng banget karena masyarakat sekarang lebih aware tentang urusan halal-haram

    BalasHapus
  36. Bener banget nih sekarang label halal ada di banyak produk gak cuma makanan dan minuman aja ya, sampai hotel halal pun ada. Allhamdulillah ada KNKS yang ikut membantu & mendukung halal lifestyle

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba bahkan kosmetik dan obat-obatan juga label halal yah

      Hapus
  37. Sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas Islam, Indonesia memang perlu menyediakan banyak produk yang halal dengan ekonomi syariah, ya ...

    BalasHapus
  38. Setuju banget mbak, halal itu gak uma ttg makanan yaaa, tapi juga ke aspek2 lain, yeah salah satunya kosmetik itu yg suka dilupakan. Salut buat KNKS yang bikin acara semacam ini supaya masyarakat bisa lbh paham ttg halal lifestyle

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul apalagi kini kosmetik banyak banget varian dan brandnya ya mba

      Hapus
  39. Alhamdulillah. sebagai seorang muslim, tentu saja berita seperti ini membahagiakan ya. makin awarenya orang orang dengan sistem keuangan syariah tentu saja akan membawa dampak positif masyarakat yang memang mayoritas muslim. sukses selalu Komunitas keuangan syariah

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah, perkembangan bisnis berbasis syariah ini makin berkembang pesat dan dimonitor oleh KNKS. Harapannya sih ke depannya, nggak cuma di level nasional aja nih halal lifestyle bisa bergaung. Jika di negara mana saja halal lifestyle telah dianut, maka kita sebagai muslim enggak bingung lagi dimana harus mencari produk2 halal ketika bepergian ke luar negeri.

    BalasHapus
  41. Kabar baik untuk ummat Muslim Indonesia.
    Dengan menerapkan kehidupan yang serba halal, maka makin tenang dan berkah.
    Yakin bahwa halal adalah jaminan kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata gaya hidup halal di tempat yang mayoritas muslim itu mudah.
      Semoga segera menyebar ke daerah dimana muslim adalah kaum minoritas.
      Sehingga hidupnya menjadi lebih berbarokah.

      Hapus
    2. InsyaAlloh ya teh terbaik jalannya :)

      Hapus
  42. sekarang ada yang mewadahi ya mba dan enaknya jadi semua produk dan brand aware dengan kehalalan nya.

    BalasHapus
  43. Aku optimis banget Indonesia bisa jadi kiblat buat pariwisata halal dunia, secara penduduknya mayoritas muslim. Semoga dilancarkan Masterplan-nya. Aamiin.

    BalasHapus
  44. Wah, good news ni.. Pemerintah udah mulai gercep.. Honestly, walaupun aku non muslim, aku lebih percaya dengan skincare/kosmetik yg berbahan halal, karena komposisinya pasti lebih aman di kulit sensitif ku..

    BalasHapus
  45. Kalau pakai produk halal berasa aman dan nyaman ya, moga kita semua bisa lebih aware dengan gaya hidup halal apalagi kita tinggal di negara mayoritas Islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba :0 aman yah apalagi kosmetik yang makin menjamur

      Hapus
  46. thanks uda sharing ini, well emg halal lifestyle jd trend tersendri di indonesia yg mayoritas muslim . smga program nya sukses ya

    BalasHapus
  47. Nice info banget kak! Aku baru tahu tentang KNKS, semakin bangus ya sistem syariah kita semakin diperhatikan

    BalasHapus
  48. terima kasih infonya ka, semoga program pemerintah ini berjalan sukses

    BalasHapus
  49. Aku melihatnya seperti sebuah angin segar dengan keberadaan KNKS ini karena kami sekeluarga concern banget dengan urusan kehalalan produk. Anak2 malah hanya mau membeli makanan dan minuman atau ke resto yang certified halal. Kami juga meminimalkan seminimal mungkin transaksi keuangan dengan bank atau lembaga keuangan dan bisnis yang teridentifikasi riba. Senang bila penguatan rantai halal ini terwujud karena itu berarti urusan halal akan jadi perhatian di setiap lini kehidupan

    BalasHapus
  50. Kalo semua aturan hidup bersosialisasi mulai dari hukum, sosial, pendidikan ataupun ekonomi berdasarkan syariat Islam insyaallah lebih bisa mensejahterahkan rakyat

    BalasHapus
  51. Penting ya untuk punya masterplan soal ekonomi syariah. Biar jelas dan terstruktur arah berjalannnya pembangunan industri dan juga ekonomi syariah :)

    BalasHapus
  52. Memang sekarang kita sudah harus memulai gaya hidup halal tidak hanya dari produk yang dikonsumsi, produk sehari-hari yang dipakai sampai sistem keuangan juga

    BalasHapus
  53. Uniek KaswargantiRabu, 29 Mei, 2019

    Nah, produk2 kosmetik yang sekarang banyak dibuat dan digunakan banyak orang sebaiknya juga telah memenuhi standar halal. Agar yang menggunakannya pun jadi tenang dan tak bertanya2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba apalagi semkain banyak brand kosmetik yah

      Hapus
  54. Wah info yang menarik banget. Namun PR besar di lembaga keuangan syariah & hubungannya dgn UMKM. Sebab saya itung-itung, bagi hasilnya tinggi banget mereka tuh. Jauh lebih fair kalo ikut program KUR dr bank-bank konvensional.

    BalasHapus
  55. Kita memang seharusnya sudah mulai menerapkan halal lifestyle ini ya mba dan cukup ter-wow aja nih kita sebagai level ke 10 d sub sektor halal ini

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun