Kebiasaan Sehat Yang Harus Dilakukan Sebagai Ibu Bekerja

tips sehat sebagai ibu bekerja, biar tidak gampang flu, penyebab flu,

Kebiasaan Sehat Yang Harus Dilakukan Sebagai Ibu Bekerja

Saya ini termasuk tipe yang gampang banget kena flu, bisa sebulan sekali kena. Sebagai seorang ibu yang juga bekerja tentu saja hal ini sangat mengganggu sekali terlebih karena ranah bidang kerja saya di bagian recruitment dan assessment yang butuh stamina fit jika berhadapan dengan karyawan maupun calon karyawan maka dari itu saya harus selalu jaga kesehatan.

Sampai saya pernah ditanya oleh rekan kerja "kok bisa sering kena flu sih Va?" pertanyaan ini sering kali ditanyakan rekan kerja saya dari kantor yang dulu sampai kantor yang sekarang.

Setelah saya fikirkan iya juga sih saya gampang banget kena flu, kalau sudah flu itu biasanya bikin suara saya serak berujung ga bisa kerja karena ga hanya seorang penyanyi yang butuh suara tapi recruiter maupun assessor seperti saya butuh suara agar bisa menjelaskan intruksi tes dengan baik.

Apabila saya sudah kena flu, saya suka sedih barangkali ada pelamar yang saat tes tidak bisa jelas dengerin intruksinya sehingga bisa jadi hasil tesnya juga jelek atau saat saya melakukan assessment barangkali ada karyawan ga jelas juga dengerin suara saya alhasil jelek dan gagal promosi. Fatal banget bukan?

cara sehat ibu bekerja

Penyebab Flu

Sebenarnya apa sih yang bikin saya gampang kena flu?kalau saya perhatikan sih ada beberapa hal nih temans penyebabnya :

😷 Makan Makanan Yang Tidak Sehat

Dikantor nih saya demen banget ngemil dan doyannya tuh kayak makanan pedas serta goreng-gorengan. Biar temans bisa membayangkan kalau dikantor saya banyak tukang jualan depan kantor dari cimol, cireng, cilor, cilok sampe es cendol  juga ada.

basreng-pedas
basreng pedas
Kesukaan saya sih basreng pedas, sehari bisa abis 2 bungkus sendirian. Gimana ga batuk-batuk dan langsung flu. Apalagi kadang saya malas makan masakan sendiri. Akhirya makan siang jajan deh di warung depan.

😷 Kurang Minum

Sudah sering banget saya bahas ya temans kalau saya udah sibuk banget saya sampai lupa minum air putih. Akibatnya ga cuman dehidrasi tapi saya sampe kena anyang-anyangan.

Padahal tubuh butuh cairan jangan sampai kering gimana ga gampang flu bukan?

😷 Kurang Tidur

Sejak berkeluarga apalagi bekerja dan jadi blogger, waktu tidur saya jadi seuprit kebayang kan stamina tubuh saya gampang drop.

Konon katanya selama tidur, tubuh melepaskan hormon sitokin yang berguna untuk melawan peradangan. So kalau tidurnya kurang maka tubuh ga bisa produksi sitokin ini.

Kebiasaan Sehat Yang Harus Saya Lakukan 

Sebenarya masih ada lagi penyebab lain yang membuat saya bisa gampang kena flu namun menurut saya itu kebiasaan buruk yang sering saya lakukan.

Kena flu itu bikin ga enak banget so demi ga gampang sakit, saya mencoba membiasakan kebiasaan sehat ala saya. Apa sajakah itu?

✅ Bawa Bekal Makanan

Sejak saya kena flu disertai radang tenggorokan parah hingga ga masuk sampe 3 hari. Akhirnya saya mulai biasakan bekal makanan sehat, bawa buah, bawa cemilan bikinan sendiri. Selain saya ga gampang sakit, terbukti juga dengan kondisi akang suami yang juga jarang sakit sejak bawa bekal dari rumah. Alhamdulilah

✅ Cukup Minum

Minum air putih itu sangatlah penting buat kesehatan so saya bawa botol minuman 250ml sebagai takaran berapa kali saya bisa isi ulang botol tersebut dan dijadikan tolok ukur untuk saya sendiri sehari bisa minum berapa banyak air putih.

Hal mudah yah temans tapi selalu dilupakan.

✅ Cukup Tidur

Lagu bang Haji aja bilang jangan begadang, so saya juga sekarang mulai membiasakan tidur cukup. Ga terlalu pendek juga tidak terlalu lama yang penting tubuh dan otak saya bisa refresh kembali. Saat ini yang saya lakukan ketika anak tidur ya saya ikut tidur maksimal pukul 21.00 wib.

✅ Cuci Tangan

Kebiasaan sehat yang harus saya terapkan adalah mencuci tangan karena kan saya tidak tahu jika tak sengaja menyentuh barang atau apapun yang ternyata penuh kuman. Nah biasanya selain cuci tangan pakai sabun, saya antisipasi dengan membawa pembersih tangan yang praktis.

***

Demikian kebiasaan sehat ala saya sebagai ibu bekerja, temans gimana punya kebiasaan sehat apalagi nih?yuk kita sharing.

Semoga sehat selalu yah 💋


Posting Komentar