Keuntungan Sering Pindah Sekolah Beda Kota

Rabu, 05 Desember 2018
Yeay kali ini saya mau membahas tentang kota mana sajakah yang pernah saya tinggali semasa kecil hingga membangun mahligai rumah tangga kini.

Pertanyaannya kok bisa saya sering pindah-pindah sekolah?jawabannya mengikuti bapak sebagai PNS yang sering pindah dinas. So, mau ga mau saya pun mengikutinya.

Saya lahir di ibu kota Jakarta, menghabiskan masa kecil TK hingga kelas 1 SD di Jakarta. Dulu sekali di Cibubur yang kini luar biasa keren lalu pindah ke Pasar Rebo. 

Menginjak kelas 2 SD, saya pindah ke Bekasi hingga kelas 3 SD saja lalu tak lama kemudian saya pindah ke Majalengka hingga kelas 2 SMA semester 1. 

Bisa dikatakan masa remaja saya habiskan di Kota Angin tersebut. Namun sayangnya saya tidak kuasa berpisah dengan kedua orang tua dan pada akhirnya memasuki semester 2 kelas 2 SMA saya habiskan lagi di Bekasi. 

Selepas lulus SMA, dulu saya PD sekali akan lolos Ujian Saringan Masuk studi kedokteran di salah satu universitas swasta Jakarta. Sayangnya dari ke-4 orang yang ikutan USM kesana hanya saya yang tidak lulus.

Finally saya patah hati, entah mau kemana lagi saya teruskan pendidikan. Dan akhirnya saya mengikuti ujian masuk di UNJANI dan lolos di Fakultas Psikologi yang mana saya masuk angkatan ke-2 tahun 2004 silam.

keuntungan-pindah-sekolah-bagi-anak


Lulus kuliah saya kembali lagi ke Bekasi mengadu nasip di ibu kota hingga akhirnya bertemu dengan akang suami di Mall Metropolitan Bekasi. 

Tak butuh waktu lama saya menikah dan akhirnya kembali lagi ke Cimahi hingga kini.

Meski hanya Jakarta, Bekasi, Majalengka dan Cimahi namun ke-empat kota ini memberikan warna sendiri bagi saya.

Keuntungan Sering Pindah Sekolah Beda Kota

Dari pengalaman saya yang pindah-pindah, sebenarnya ada perasaan ga nyaman, tidak suka, sulit untuk adaptasi dengan lingkungan baru terlebih sangatlah berat menjalin hubungan baru dengan teman baru.

Sewaktu pindah ke Majalengka saat kelas 4 SD itu saya sempat mogok sekolah karena saya merasa sulit menerima teman-teman baru terlebih kendala bahasa. 

Ya dulu di Bekasi saya menggunakan bahasa Indonesia to tanpa ada sunda meskipun saya merupakan orang asli sunda.

Datang ke Majalengka lahdalah pake bahasa sunda ingin ku menangis dibuatnya. Namun saya bersyukur dengan pindah-pindah sekolah ada keuntungan tersendiri yang bisa saya dapatkan dengan sering pindah sekolah beda-beda kota.

Beberapa hal yang menjadi keuntungan bagi saya diantaranya adalah :


1. Menambah Teman


Boleh jadi saya kesulitan dalam menjalin hubungan di lingkungan baru namun ternyata dengan berpindah-pindah lingkaran pertemanan saya semakin besar. Saya punya teman SD saja banyak, teman SMP, teman SMA di Majalengka maupun Bekasi.

Beruntung juga ada Facebook akhirnya saya juga bisa menemukan teman kecil bahkan bisa kopdar dengan teman-teman SD.

Dan pertemanan itu masih terjalin hingga kini meskipun hanya saling sapa di dunia medsos saja. Namun harapan saya selalu pertemanan ini bisa hingga tua



2. Menambah Kemampuan Bahasa


Boleh jadi saya hanya bisa nambah bahasa sunda namun ternyata bahasa sunda edisi Bekasi sama Cimahi itu berbeda. Apalagi logatnya hahaha.

3. Menambah Jejak Kenangan


Jelas dengan pindah sekolah banyak kenangan yang selalu saya dapatkan misalkan saya dulu sering main ke Mall A atau tempat X akan ada banyak cerita dibaliknya.

***

Baiklah itu saja yang bbisa saya share kali ini, singkat padat jelas yah hahaha. Penting nih buat ortu yang punya pekerjaan tidak tetap agar bisa membujuk anak dan tidak memaksa mereka mengikuti kemauan ortu. 

Sama seperti saya, waktu itu saya menolak untuk ikut pindah ke Bekasi karena saya sudah nyaman di Majalengka namun sayang saya tidak betah tinggal bersama orang lain yang pada akhirnya mau tak mau saya ikut juga pindah sama ortu.

Namun ternyata pindah-pindah sekolah beda kota ada kok keuntungannya. 

Temans juga sering pindah sekolah?yuk share keuntungannya apa saja?
38 komentar on "Keuntungan Sering Pindah Sekolah Beda Kota"
  1. belum pernah pindah sekolah, malah satu sekolah treus dr TK sampai SMa

    BalasHapus
  2. Aq dulu suka iri loh sama mereka yang sering pindah2 tinggalnya, krn aq pindahnya cuma disitu-situ aja, alias gak pindah2, hiks

    Setelah kerja sekarang baru deh ngerasain pergi kemana-mana tapi kalau sekarang ngerasanya capek teh, misal dalam seminggu datengin 3 Kota, balik Jakarta pengen tidur seharian rasanya..

    BalasHapus
  3. Kata teman-teman kurang bagus juga anak-anak sering pindah sekolah. Itu berdasarkan pengalaman mereka juga yang dikit-dikit suaminya pindah, mau tidak mau keluarganya juga ikut.. Dududu.. Gimana anak saya nanti yak? 😅

    BalasHapus
  4. Wah ini sudut pandang dari seorang anak ya. Salut Mbak mudah beradaptasi ya bakalan kalo sering pindah sekolah

    BalasHapus
  5. Anak-anakku nih suka pindah-pindah mba.. kalau aku dari TK sampai S1 di Lampung, baru S2 ke Australia

    BalasHapus
  6. Wоw, increɗibⅼe blog format! How lengthy have you ever been running
    a blog for? you make rᥙnning a bloց glance easy.
    The full glaqnce of your sire is fantastic, let alone the ϲontent!

    BalasHapus
  7. saya nggak pernah pindah kota tempat tinggal. Makanya sama sepupu, dapat julukan jago kandang, wkwkwkk

    BalasHapus
  8. Have yyou еver thought about creating an e-book or guest authoring on other bⅼogs?
    I have a blog centerеd on tthe same topiⅽs you discuss
    and would really like to һave you share somme stories/information. I know myy visitorѕ
    would enjoy your work. If you arе even remotely interested, feel free to shlot me an email.

    BalasHapus
  9. Walaheum, dari Jakarta ke Bekasi lalu Majalengka balik lagi ke Bekasi dan sekarang di Cimahi ya teh. Lumayan juga pindah-pindah sekolahnya. Aku sih enggak merasakan pindah sekolah. Adanya merasakan sekolah tapi beda kabupaten. Dulu SMK di Garut. Kuliah di Kota Bandung (hahaha kan aku termasuknya tinggal di kabupaten Bandung)

    BalasHapus
  10. Wah, seneng ya bisa ngerasain banyak sekolah. Dan biasanya anak pindahan itu jadi favorit, banyak yang pengen jadi temennya buat berbagi cerita di tempat yang lama, bener gk sih?

    BalasHapus
  11. Ya, ampuun, bervariasi sekali masa sekolahnya, temen2nya pasti bejibun ya. Re-uniannya juga pasti masih terjalin. Hepinya, ya.

    BalasHapus
  12. Pernah juga tuh kejadian kek gini, setiap lulus seolah pasti pindah kota, bertemu dengan orang baru dan budaya yang baru lagi, sampe diri kita serasa jadi percampuran budaya gitu hha

    BalasHapus
  13. Wah, saya juga punya pengalaman yang sama mba, cuma pindahnya nggak jauh, masih di seputaran Jakarta. Saya pindah mulai dari SMP, trus SMA pindah lagi, terus Kuliah pindah sampai dua kali. Naiknya mungkin pas sama kenaikan ke jenjang pendidikan berikutnya, jadi ngga kerasa punya banyak teman sekolah kyk mba, hihihi.

    Tapi saya sempet ngerasa cape harus kenalan lagi sama temen baru di sekitar rumah, terutama pas saya pindah kedua kalinya pas kuliah. Di tempat terakhir ini saya malah nggak begitu banyak teman dan mainnya y lebih sering ke tempat temen-temen yang lama.

    BalasHapus
  14. Saya ga pernah pindah-pindah sekolah mba karena papa guru di salah satu SD di Jakarta hehehe. Kalau pindah-pindah sekolah gitu rasanya seru ya mba. Kita jadi punya teman-teman di daerah.

    BalasHapus
  15. Waktu Sd pnh pindah sekolah, awalnya sedih banget, eh tau-taunya keasyikan jg di sekolah baru karena dpt tmn baru juga 😊

    BalasHapus
  16. Kalo saya dari bayi umur 7 bulan sampe kelas 5 SD Mbak tinggal di Bekasi. Enaknya pindah sekolah emang nambah teman dan bahasa baru, Mbak.

    BalasHapus
  17. Saya gak pernah pindah-pindah sekolah. Tapi, mungkin kalau pinda apalagi dalam waktu singkat akan sulit buat saya. Anaknya agak susah beradaptasi dalam waktu cepat :D

    BalasHapus
  18. Menambah jejak kenangan, bener banget ituh. Apalagi kalo sekolahnyaa beda kota yaa..

    BalasHapus
  19. Kalo saya pernah tinggal di 4 kota, lumayan lama masing2nya. Lahir s.d SD kls 3 di Salatiga, SD kls 3-SMA di Semarang, kuliah di Bogor dan lulus kuliah s.d skg di Pekalongan. Hehe..

    BalasHapus
  20. Waahh bener tuh Mbak, jadi punya banyak teman dan jg bisa kuasaiin bahasa berbeda yaaa.
    Apalagi Klo masih SD kan ada pelajaran bahasa daerah yah.

    BalasHapus
  21. Kalau kita melakukan apapun dilihat drsegi positifnya ya pokoke kebaika. Juga akan menyertai kita ya mba

    BalasHapus
  22. TErnyata mbak Herva pernah di BEkasi juga ya, di SD mana tuh hehehe. Aku jadi inget obrolan anak yang nomor dua, katanya boleh pindah rumah tapi dia gak mau pindah sekolah

    BalasHapus
  23. Bener banget kak menambah bahasa dan saya pernah sekolah di Tasik jadi bisa lah ngerti sedikit bahasa sunda hehehe.

    BalasHapus
  24. Asik sih bisa ngerti banyak bahasa daerah di negara sendiri ya mba karena sering pindah2

    BalasHapus
  25. Iyaa serig pindah itu ternyata nikmat yaa.. dulu waktu menjalaninya aku sering ngedumel, sekarang malah bersyukur banget, temannya dimana2 ada dan ngerti banyak kebudayaan :)

    BalasHapus
  26. Aku sampe SMP pindah-pindah mbak sekolahnya. Ngikutin tugas bapak. Tapi aku jadi bisa banyak bahasa daerah

    BalasHapus
  27. Aku pernah merasakannya. Bahkan sering pindah tempat tinggal. Setuju bun jadi banyak punya kenangan dan teman.

    BalasHapus
  28. Dulu aku yermasuk anak yg suka pindha sekolah karena kerjaan papaku dulu mmg harus pindah2 hehehe keuntungannya jd banyak teman beda kkta dan beda daerah ga selamanya jd anak baru itu bikin kagok ya heheheh

    BalasHapus
  29. Tertarik dg bagian ketemu suami di metmol bekasi
    Serius mb? Wkkk
    Jodoh g ke mana
    Btw anakku yg bakal pindah2 kyk mb gini
    Smoga mndpt hal yg mnyenangkan

    BalasHapus
  30. Waaaaa Mba Herva pernah di Bekasi? :)
    Orang tua saya juga sempat pindah-pindah Mbak, hanya saya dulu memilih tetap di kota kecil kelahiran saya, jadi dititip Saudara gitu sejak SMP

    BalasHapus
  31. Iya sih. Pindah itu repot tp jg nyenengin

    BalasHapus
  32. Ya Allah~
    Betapa aku kurang bersyukurnya, teh..

    Aku juga sering pindah-pindah sekolah...jadi berasaaa banget, gak punya temen reuni.
    Gak kaya suami, yang dari kecil sampai SMA di Surabaya terus, hanya saat kuliah doi merantau.

    Ngiri beud sama temen-temen yang punya "Tempat Reuni".

    BalasHapus
  33. Kalau aku suka menambah teman dan bahasa. Jadi kemanapun bisa enjoy dan tidak merasa asing

    BalasHapus
  34. aku suka sedih kalau dah punya teman asyik trus harus berpisah. keseringan banget aku nangis meninggalkan kota yg aku kunjungi, padahal mah, bisa datang lagi.

    BalasHapus
  35. Aku SMP SMA dan kuliah pindah kota terus hehe jadinya ya gitu banyak teman dan jadi punya kenangan di kota yang pernah disinggahi eaaa

    BalasHapus
  36. Kenapa dirimu di majalengka sedangkan orang tuamu di bekasi Herva?

    BalasHapus
  37. Hehehe berarti Sama2 anak mall ya makanya ketemu jodoh di mall #eh

    BalasHapus
  38. aku tipe yang betah banget di satu daerah aja dari kecil di cilacap, kuliah di semarang. Pas kuliah aja ngekos ga pernah pindah padahal kosanku susah air

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature