Liburan Ke Kidzania Jakarta Yuk!

12/29/2018
Halo Temans, liburan panjang pada mau kemana nih?adakah yang liburan panjangnya hanya di rumah saja?bagi yang di rumah saja jangan sedih yah!bisa tetap merasakan sensasi liburan dengan seru kok!


Kalau ditanya rekreasi yang enak kemana?Sebagai orang Bandung coret alias Cimahi justru saya pengennya liburan bukan ke Bandung tapi pengen ke Jakarta sekalian pulang kampung deh ke Planet Bekasi tercintah.

Salah satu destinasi liburan saya di Jakarta itu pengennya ke tempat rekreasi yang bisa memberikan edukasi khususnya buat Neyna si sulung jadi liburan ga cuman sekedar main tapi jadi menambah wawasan Neyna.

Beberapa bulan lalu Kakak sepupunya habis liburan yang seru banget di Jakarta. Melihat foto serta kegiatan selama liburan disana, sukses bikin saya pengen banget ajakin Neyna ke tempat tersebut.

Dalam aktifitas liburannya Kakak Nay ini dimana Kakak Nay itu memainkan peran hingga mengenakan seragam layaknya profesi yang sebenarnya. Seru banget fikir saya, penasaran saya tanya ternyata Kakak liburan ke Kidzania Jakarta.

Hayo sudah pada tahu belum sama Kidzania Jakarta?saya sendiri baru tahu banget setelah ponakan saya itu kesana. 

kidzania jakarta, harga tiket masuk Kidzania jakarta, profesi kidzania jakarta, liburan di kidzania, asiknya rekreasi di kidzania, pesan tiket kidzania traveloka


Jadi nih temans, Kidzania Jakarta merupakan sebuah pusat rekreasi franchise asal Meksiko yang menawarkan konsep bermain sekaligus belajar bagi Anak-anak TK (Taman Kanak-kanak) hingga sekolah dasar. Pas yah sama keinginan saya yang ingin memberikan sarana edukasi namun sekaligus rekreasi.

Pada dasarnya Kidzania ini mempunyai konsep replika kota dalam bentuk ukuran anak-anak dan menyajikan fasilitas layaknya sebuah kota asli seperti pusat rekreasi yang memiliki jalan raya, bangunan, ritel serta berbagai kendaraan yang berkeliling kota tersebut.

Perlu temans ketahui nih, Kidzania Jakarta ini menjadi bisnis waralaba pertama yang ada di Asia Tenggara dan menjadi yang kedua di luar Meksiko setelah negeri sakura atau Jepang

Pusat rekreasi ini berada dalam sebuah ruangan yang bertempat di pusat belanja (Pasific Place) di lantai enam. Tempat rekreasi ini mempunyai target usia anak-anak yang berusia 4 sampai 16 tahun. Anak-anak tersebut di pusat rekreasi ini bisa bermain sepuasnya dan bahkan bisa mencoba berbagai peran orang dewasa sekaligus mempelajari berbagai profesi  yang belum pernah mereka coba sebelumnya.

Mantap bukan?nah penasaran ga sih sama profesi yang ada di Kidzania?well akan saya infokan nih temans.

Pilihan Profesi di Kota Kidzania Jakarta


Kidzania Jakarta mempunyai banyak sekali permainan yang bisa anak-anak mainkan, seperti bermain peran menjadi seorang aktor dan pekerja bank. Berikut beberapa profesi yang tersedia di Kidzania Jakarta  :

  • Pembuat Roti

kidzania jakarta, harga tiket masuk Kidzania jakarta, profesi kidzania jakarta, liburan di kidzania, asiknya rekreasi di kidzania, pesan tiket kidzania traveloka
source traveloka

Anak-anak bisa belajar membuat roti, mulai dari membentuk roti hingga mengoleskan selai. Jika roti sudah siap maka sang anak juga bisa menjualnya kepada para pengunjung. Profesi pembuat roti ini patut dicoba karena sangat mirip seperti pembuat roti yang ada di sebuah kota.

  • Paleontolog atau Arkeolog



Anak-anak bisa berperan menjadis seorang ilmuwan yang bertugas mencari dan menemukan fosil ataupun artefak. Disini anak-anak akan diajak untuk dapat berfikir dan bekerja layaknya seorang penemu yang lengkap dengan berbagai alat penggaliannya.

  • Peran Di Pengadilan


Anak-anak juga dapat berperan menjadi seorang pekerja di Pengadilan yang berprofesi sebagai pengacara, jaksa penuntut, hakim maupun juga bisa berperan menjadi seorang terdakwa.

  • Menjadi Top Model

idzania jakarta, harga tiket masuk Kidzania jakarta, profesi kidzania jakarta, liburan di kidzania, asiknya rekreasi di kidzania, pesan tiket kidzania traveloka, liburan seru anak

Anak-anak bisa mencoba peran menjadi seorang top model yang berjalan di atas panggung serta dapat membuat para penonton menjadi tertarik untuk melihat anak-anak yang berubah menjadi super model.

  • Bekerja Di Hotel

Peran yang dapat dimainkan saat bekerja di hotel ialah menjadi seorang tamu hotel, pramusaji, housekeepers hingga menjadi resepsionis.

  • Menjadi Wartawan


kidzania jakarta, harga tiket masuk Kidzania jakarta, profesi kidzania jakarta, liburan di kidzania, asiknya rekreasi di kidzania, pesan tiket kidzania traveloka
source traveloka

Anak-anak dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pencari berita dan meliput suatu kejadian. Setelahnya mereka dapat menulisnya di koran artikel milik sendiri.

  • Pesulap

Bagi yang ingin merasakan profesi sebagai seorang pesulap, maka dapat mempelajari beberapa trik khusus untuk bisa mengelabui para penonton dan membuat mereka menjadi terpukau dengan penampilan yang disajikan.

  • Desainer Interior


Bagi anak-anak yang menyukai desain interior maka bisa melatih kreatifitas dengan cara mengubah gaya ruangan. Anak-anak bisa menciptakan ruangan yang sangat bagus dan sesuai dengan yang ada di dalam pikiran mereka
.

  • Pekerja di Rumah Sakit


Pada dasarnya, ada banyak sekali peran yang bisa anak-anak mainkan di rumah sakit, mulai dari pasien, perawat, dokter hingga paramedis. Bekerja di rumah sakit ini layak dicoba untuk bisa belajar bagaimana cara menangani pasien yang sedang sakit ataupun membutuhkan perawatan yang darurat.

Cara Dapat Tiket Masuk Ke Kidzania Jakarta Dengan Mudah



Gimana temans?menarik yah konsep rekreasi yang disajikan?nah bagi temans yang ingin mengajak anak-anak untuk rekreasi dengan konsep taman hiburan yang sangat menarik maka temans bisa berkunjung ke Kidzania Jakarta. 

Di sini, anak-anak dapat bersenang-senang di sebuah ruangan besar yang disulap menjadi kota kecil untuk anak-anak, yang lengkap dengan jalan raya, bangunan, kendaraan serta berbagai sistem fungsional untuk pendidikan sang anak. 

Jika temans ingin mengajak anak untuk berlibur ke Kidzania maka saat ini temans tidak perlu lagi harus mengantri tiket saat hendak berkunjung taman hiburan tersebut. Karena kini temans sudah bisa langsung menunjukkan E-tiket milik temans di meja registrasi, tanpa perlu lagi menggunakan voucher fisik deh.

***
Demikian yang bisa saya share kali ini, ga sabar nih saya juga ingin datang ke Kidzania Jakarta bareng keluarga. 

Ada yang mau barengan ga sama saya?yuk main yuk!
90 komentar on "Liburan Ke Kidzania Jakarta Yuk!"
  1. Saya sudah lama tahu tentang Kidzania, dari jaman single dulu. Soalnya ada teman yang kerja disana. Sayangnya dulu mau kesana tapi belum punya anak. Sekarang nunggu anaknya tiga tahun dulu. Nggak sabar ngenalin Mukhlas berbagai macam profesi. Biar cita-citanya nanti nggak cuma dokter atau polisi, hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga nungguin adiknya Neyna gede jadi kesana sama2 hehe

      Hapus
  2. Ke KIdzania seru banget, bun. Anak anak pasti suka sekali. Minggu lalu aku juga ke Kidzania sama Ayyas dan keponakan. Kebetulan akan nulis juga tentang kunjungan ke Kidzania. Baru tahu skarang ada di Traveloka ya. Paket lengkap ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummi lengkap banget ini :) yuk kesini lagi

      Hapus
  3. Anak-anak pasti sangat suka bermain dengan kostum sesuai profesi yang diminatinya ...
    Semoga kelak Kidzania membuka cabang di kota lain agar anak-anak yang tinggal di luar Jakarta berkesempatan merasakan liburan edukatif ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya suka banget kang karena ga hanya liburan sih :)

      Hapus
  4. Udh lama nih pengen ke kidzania tp kyknya umur Naqib blom cukup deh, pasti dia blom ngerti dengan perintah2, apalagi temennya gede2 bngt ituh byuh bisa pundung dia 😒😒

    BalasHapus
  5. Wah jadi bisa ya pesan tiket secara online? Asyik-asyik.. Kapan ih bisa ngajakin main ke Kidzania, Jakarta. Hayuk Teh Herva, kita barengan yuk

    BalasHapus
  6. anakku pasti suka banget nih diajak main ke Kidzania jakarta ini. Tapi pertanyaan yang muncul kemuadian adalah, kapankah kami bisa ke Jakarta bersama? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa ya mba bawa Wahyu sama adiknya kesini

      Hapus
  7. 2019 baru bisa ngajak Mada ke Kidzania, karena di sana arenanya mostly buat anak2 usia di atas balita. Waktu itu pernah dateng dan kata petugasnya klo permainan untuk anak batita terbatas. Gak jadi wehhh, sayang tiket mihil kan hahahahaha.

    BalasHapus
  8. Ternyata di Kidzania wahananya banyak ya, dan bagus juga buat asah keterampilan anak. Aku belum pernah ke Kid Zania, karena enggak tahu harus culik anak siapa, ahahaha.
    Aku enggak punya anak, ajdi kalau ada undangan ke Kid Zania, belum sempat datang. Semoga satu saat deh, aku ajak ponakan

    BalasHapus
  9. Huaa pengen ke Kidzania lagi deh sama anak-anak , mereka kalau kesana tuh happy banget makanya kita biasanya datang pas buka sampai tutup persesinya hehe.

    BalasHapus
  10. Aku pengen ngajak anak2 main ke Kidzania ini. Populer banget nih wahana edukatif yg satu ini.

    BalasHapus
  11. Aihhh jauhnyaaa hiks.
    Anak-anak pasti gembiraaa bangeettt main ke sini, coba gitu ya saya di sana, bakalan mau playdate bareng deh hihihi
    Asyik juga ya kalau beli tiketnya ga perlu antri, secara kalau antri kelamaan, anak2 keburu gak sabaran mau masuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ga perlu antri kini udah bisa beli online mba REy

      Hapus
  12. PAsti mba, kalau anak ku sudah agak besaran akan ku ajak terus ke kidzania karena bermanfaat dan untuk mengedukasi anak. Soalnya ada minimal umur untuk main disini

    BalasHapus
  13. Liburan kali ini aku dan keponakanku juga di rumah aja. Cuma keponakanku main layang-layang terus di belakang rumah. Btw, kayaknya asik banget kalau keponakanku bisa ke Kidzania Jakarta. Jadi pengen lihat keponakanku jadi wartawan saat ke Kidzania Jakarta. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa kesini mba Farida sama ponkannya ya

      Hapus
  14. Dari dulu aku tuh pengen banget ke sini Mbak Herva..... Belum kesampaian sampai sekarang, uda pindah ke SUrabaya aja sayanya....

    BalasHapus
  15. inovasi juga Kidzania udah pake eticket jadi udah gak mengular antrean panjang lagi. aku blum pernah ke sana sih mbak. mungkin next kalau ada waktu ke Jakarta anak anakku bisa aku ajak ke sana sama temen2nya..

    BalasHapus
  16. Udah lama banget pengen ajak anak-anak ke kidzania, belum kesampaian aja, semoga tahun 2019, bisa kesampaian ajak anak-anak ke sana

    BalasHapus
  17. Wah anak2ku pada sdh ke sini ortunya malah yg belum hehe..Penasaran sebenarnya cuman ortu ga bs ikut masuk ya katanya...jd anak2 ikutan acara ini dari sklh aja

    BalasHapus
  18. Makin pingin ngajak anak-anakku ke ke Kidzania nih, belum pernah karena di Jogja gak ada, harus ke Jakarta dulu huhuhuu

    BalasHapus
  19. Dulu putriku Yasmin pernah terpilih jadi 1 dari 15 CongreZZ Kid masa bakti 2010-2011.
    Dan hadiahnya, masuk gratis ke Kidzannia selama setahun.
    Namun karena kami di Balikpapan jadi ke Kidzania pas ke Jakarta saja, hahaha

    Seru memang bermain peran ala orang dewasa di sini.
    Benar-benar tempat wisata dengan konsep rekreasi dan edukasi.


    BalasHapus
  20. Dulu waktu cucu2 nunda masih balita beberapa x membawa mereka ke sana. Bagus fasilitasnya menjadikan anak2 percaya diri mencoba menjadi apa yg diinginkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bunda akupun penasaran nih pengen kesini

      Hapus
  21. Masuk ke kidzania itu langsung dihadapkan sama kehidupan anak anak, bermain sambil belajar yang bikin anak anak hepi banget. Semoga suatu saat bisa ngajak anak main kesini

    BalasHapus
  22. Salah satu tempat main favorit anak-anak saya waktu maish kecil. Trus, setiap kali nemenin mereka, saya suka ngiri karena waktu kecil gak ngerasain begini. Kidzania tuh tempat bermain play pretend terkeren hehehe

    BalasHapus
  23. Sekarang belum punya anak mikirnya "kenapa dulu aku kecil belum ada kidzania ya..? Haha". Soalnya seru banget kayanya. Anw, nanti kalo udh punya anak bakalan ajak ke kidzania. Liburan dan edukasi sepaket.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba sepaket liburan dan edukasinya dapet

      Hapus
  24. Anakku sukaaa bamget ke kidzania, bisa ga mau pulang. Apalagi klo belum dapat bermain di banyak lokasi yang dia inginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asik ya mba Eni :) jadi makin pengen kesini aku

      Hapus
  25. Yaahh gak skalian kopdaran teh,, ke Jakarta nggak bilang2 bisa ktemuan sama saya, kidzania memang kumplit bikin anak gk mau pulang klau kesana

    BalasHapus
  26. Kalau main di kidzania pastinya lupa waktu dan ingin bermain sambil belajar mengejar cita cita.

    Selamat malam ikon kidzania yang menandakan kita harus terus bermimpi mencapai cita cita

    BalasHapus
  27. aku belum pernah ngajakin anak2 kesini sekalipun ;p. sbnrnya sih krn males duluan liat tiketnya yg mahal ;p.. mana pendamping juga bayar hahahaha... untungnya anak2 blm maksa untuk diajakin kesini.. tp sbrnnya kalo nanti ada tiket promo dr traeloka ato online voucher lainnya, bolehlah ajak anak2 kesini :D

    BalasHapus
  28. Buat anak keduaku kayanya wisata ini cocok banget deh. Doi suka pakai kostum kostum dan Play pretend. Banyak juga ya profesi yang bisa dicoba di Kidzania ini. Bisa betah kalau diajakin ke sini si kakak.

    BalasHapus
  29. masih impian ngajak anakku ke Kidzania. tapi karena di jakarta ya jadi mungkin suatu hari nanti. Semoga Kidzania mau buka di Semarang biar ga kejauhan

    BalasHapus
  30. untuk bisa kesana bayarnya berapa perorang mba. kayanya menarik banget deh. mau ajak ponakan ke sini.

    BalasHapus
  31. hawna senang banget pas diajak ke kidzania dulu. tapi sekarang udah nggak boleh kesna lagi karena dah di atas 12 tahun

    BalasHapus
  32. kalo main ke kidzania jangan lupa bikin SIM dan kartu ATM ya... karnea ini asli jadi kenangan banget buat anak. karnea setelah usia 12 tahun mereka nggak boleh lagi main ke sana.

    BalasHapus
  33. Sehari kurang ya mbak tuk explore permainan di Kidzania. Anak-anakku betah dan suka banget disana, banyak yg mereka dapatkan.

    BalasHapus
  34. Aku udah ajak anakku ke sini Mbak dan dia seneng banget. Kecuali yg bungsu belum ke sini masih kekecilan usianya .Pingin deh balik lagi kalo yg kecil udah gedean

    BalasHapus
  35. Anak-anak pasti menjadikan Kidzania sebagai wahana bermain yang favorit nih. Bisa puas ya seharian main peran di sini

    BalasHapus
  36. Harus kasih tahu kakak iparku nih. Secara dia tinggal di jakarat punya anak- masih kecil hasrus dikasih tahu kalau di jakarta ada tempat yang mengedukasi banget. Maksaih mbak infonya

    BalasHapus
  37. Dulu pas anakku kecil demen banget minta ke Kidzania. Sekarang udah gede, jadi gak pernah lagi ke sana. Ada mainan baru lagikah di sana, Mba?

    BalasHapus
  38. Tempat yg bagus utk memperkenalkan profesi pada anak ya...menambah wawasan anak ttg cita2..

    BalasHapus
  39. Mau banget dong ke kidzania. Anak2 pasti suka ya bermain peran yang mendekati sungguhan.

    BalasHapus
  40. Aku ngebayangin Mahira bakal sueneng banget kalo ku ajakin kesini haha sayang banget di Jakartaa gak di Surabayaa huhu

    BalasHapus
  41. Kidzania...
    Banyak yang suka banget setelah main di sini...katanya, pingin balik-balik lagi.
    Pingin nyobain jadi polisi gittu...biar anak-anak lari-larian, jumpalitan.
    Ahhaha~

    BalasHapus
  42. Aku pengen ke kidzania mupeng banget, pengen liat keadaan di sana beneran padahal liat foto-fotomu aja udah gemes BUnd. Ini jaman aku kecil nggak ada beginian, hehehe jadi pengen main deh nggak cuma anak anak yang suka. emaknya juga demen ini

    BalasHapus
  43. Anak-anak suka banget juga ke Kidzania, karena pilihan profesinya banyak. Nambah insight baru banget buat mereka. Tadinya liburan kali ini kali ini mau ke sana, cuma budgetnya udah buat liburan ke tempat lain 😂

    BalasHapus
  44. Kidzania memang tempat favorit anak-anak ya mba.. dan enaknya hiburan ini mendidik juga deh.. jadi ngga sekedar main dan habiskan waktu. Anak-anakku juga sukaaa

    BalasHapus
  45. Wah Bunda Herva ke Kidzania ya. Emang seru deh tempatnya, luas di dalamnya dan kayak kota kecil gitu.

    BalasHapus
  46. Aku kira Kidzania cuma buat main2 gitu, ternyata jadi kenalan sama banyak profesi ya. Jadi anak bisa tuh bayangin besok gedhe mau jadi apa

    BalasHapus
  47. Wah, ini sih impiannya anak-anak bisa main di KidZania. Mereka bisa jadi apa pun di sana. Semoga kesampaian deh bawa anak-anak ke sana. Anakku pada kepengen main di Fire Departemen.

    BalasHapus
  48. Seruuu belajar ttg banyak profesi bersama anak2 di sana. Aku terus terang blm pernah ajak anak ke Kidzania, mungkin ntr kalau ada kesempatan. Soalnya suka males kalau rame, apalagi pas liburan. Mungkin nanti akan kuagendakan ke sana saat hari kerja aja :D

    BalasHapus
  49. Kidzania nih ada sejak zaman ponakanku TK. Aku inget pernah antar mereka ke sana acara sekolah. Sekarang dah SMA. Lamaa. Xixixi. Makin bagus y Mb sepertinya. Moga2 pas ke Jakarta bisa bawa anak ke sini

    BalasHapus
  50. Ini tempat bermain yang pengen banget saya kunjungi bareng anak-anak.. Pasti mereka seneng banget deh, karena bisa jadi apa yang mereka cita-citakan.

    Tapi selain itu bisa jadi tambah wawasan juga bahwa di dunia ini ada berbagai macam profesi atau pekerjaan.

    BalasHapus
  51. Dari dulu pengen banget ajak anak anakku ke Kidzania mba, tp belum jadi jadi. Padahal bagus ya untuk edukasi anak

    BalasHapus
  52. Pengen banget liburan ke Kidzania mengajak anak-anak agar semakin ceria dengan permainan dan edukasi di sana

    BalasHapus
  53. Anak sulungku malah udah pernah nih ke Kidzania, jaman dia ikutan workshop bareng para penulis cilik KKPK. Dia seneeengg banget. Malah ibunya belum pernah lho lihat Kidzania ini kayak apa :))
    Sulungku suka banget dengan profesi wartawan. Dia sibuk menunjukkan hasil print saat sedang beraksi menjadi wartawan ;)

    BalasHapus
  54. Anak-anak saya betah banget kalau diajak main ke Kidzania. Berbagai profesi mereka lakuin. Seru ya..bisa seharian penuh di sana mah

    BalasHapus
  55. Aku belum punya anak sih, jadi belum bisa ajak main ke Kidzania. Hehehehe. Tapi dengan adanya Kidzania, bagus sih, justru untuk memperkenalkan berbagai profesi pekerjaan

    BalasHapus
  56. jadii, gak perlu repot ngantri ya Mbak untuk dapat tiket masuk.
    bisa registrasi online gitu kan ya ini maksudnya?
    asyiknya yang tinggal di kota besar, banyak pilihan liburan untuk anak-anak.
    tinggal siapin budget aja yaah, plus kesehatan anak-anak juga biar puas liburan sambil belajarnya :)

    BalasHapus
  57. Buat yang punya anak kecil harus ke sini ya. Biar anak2nya pada kenal profesi apa aja, jd tiap disuruh pakai kostum sesuai cita2 saat di TK gak seragaman pada kostum polisi semua hehe

    BalasHapus
  58. Raya baru sekali ke Kidzania itupun dapet gratisan hahaha, main disini harus seharian dan anaknya emang harus dah ngerti biar lebih enjoy. Area permainan yg Raya suka itu balap mobil hahahha princess tapi preman :D

    BalasHapus
  59. setau saya orang dewasa ga boleh ikutan masuk kan ya mba? Kalau saja bisa, aku pun ingin ikutan main. hehehe

    BalasHapus
  60. 2 anakku yang sekarang udah pada remaja waktu masih SD pernah dibawa ke Kidzania sama Omanya. Sekarang tinggal anak bungsuku nih yang belum ke sana. Insya Allah nanti gedean dikit ah, biar bisa mainin semua profesi.

    BalasHapus
  61. Wah asik ya bisa bener2 memperagarakan berbagai profesi, nggak sekedar diceritain atau membaca.

    BalasHapus
  62. Udah lama dengar nama tampat game ini, tapi belum pernah kesana juga, hahhaaa.. Harganya berapa, tidak disebutkan harga tiket masuknya? Anak saya pasti seneng banget dah. BTW, profesi blogger ada gak?? Hahaha

    BalasHapus
  63. Waktu saya kerja di LSM yang membawahi bidang pendidikan dan ada sekolahnya dari kelompok bermain sampai SMP, ada karya wisata ke Kidzania. Saya waktu itu di bagian humas yang publikasi kegiatan anak-anaknya, cuma pas kebetulan nggak ikut wisatanya. Akhirnya dikirimi foto-foto selama di Kidzania dan oleh-oleh cerita dari para guru.

    Anak-anak seneeeeng bangeeet. Main sambil belajar ya begini ini. Nggak kerasa lagi belajar, ngeh-nya cuma main dan seru. Jelas banget ini tempat edukatif untuk mengenalkan profesi dan alat-alat apa aja yang digunakan di setiap profesi, cara komunikasi sama orang lain, cara jualan, banyak lah ya.

    Saya mau mengagendakan ke sana. Biarin belum punya anak juga :P pengin ngerasain euforianya hehe

    BalasHapus
  64. Aku udah lama banget mau ajakin si kecil ke sini. Belum kesampaian juga tapi. Asiknya sekarang sudah bisa beli tiketnya online. Semoga suatu saat bisa liburan ke sini

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun