Asiknya Merekrut Di Pulau Bangka

pulau bangka, pantai matras, bangka belitung, pesan hotel, pegipegi

Sebagai HRD utamanya dalam mencari karyawan potensial, mengharuskan saya untuk selalu aktif dan utamanya bisa menjemput bola istilahnya.

Saya tidak boleh terpaku dengan lamaran yang datang melalui situs pencari kerja saja karena itu saya terbiasa mendekati beberapa kampus yang memiliki program studi sesuai dengan kebutuhan yang ada di kantor.

Kampus yang menyediakan prodi teknik mesin sudah saya datangi apalagi yang ada di Bandung dan Cikarang.

Hingga akhirnya kami kesulitan lagi karena source dari kampus langganan mulai berkurang. Inilah titik dimana saya harus segera mendatangi kampus di luar pulau Jawa, terlebih kebutuhan untuk Cabang kantor di pulau Sumatra mengharuskan saya segera mencari karyawan potensial dari kampus yang ada di Pulau Sumatra.

Tersebutlah Politeknik Babel (Bangka Belitung) yang menyediakan prodi teknik mesin. Tak lama setelah saya menghubungi pihak kampus dan deal atas waktu serta fee yang hendak dibayarkan maka meluncurlah saya dan tim ke Pulau Bangka.

Hayo pasti menyangka Bangka Belitung itu sama dengan Belitung yah?it's wrong karena Belitong begitu yang saya kenal dari novel Andrea Hirata tak sama dengan Bangka Belitung.

Bahkan perjalanan ke Belitong dari Bangka sendiri harus ditempuh beberapa jam so jangan dikira sama lagi yah temans.

Nah untuk keberadaan Politehnik Babel sendiri itu tepatnya berada di Sungai Liat, Pulau Bangka.

Ini adalah proses merekrut kali pertama saya yang harus keluar pulau loh biasanya saya berkutat di pulau Jawa saja.

Perjalanan Dari Cimahi Ke Bangka

Siapa sangka ternyata untuk menempuh perjalanan ke Pulau Bangka, saya harus pergi ke Jakarta terlebih dahulu, Mengapa?

Dulu rute penerbangan ke Pangkal Pinang hanya ada di Jakarta, sekarang sih katanya sudah ada rute Bandung - Pangkal Pinang.

Jakarta - Pangkal Pinang ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Saat itu saya tiba di Bandara Depati Amir pukul 13.00 wib.

Bandara Depati Amir pangkal pinang

Setibanya di Bandara, saya kira sudah dekat dengan hotel yang akan saya tempati selama 4 hari kedepan. Ternyata saya salah, dari Bandara Depati Amir menuju Sungai Liat harus ditempuh selama sejam kembali.

Cukup lelah sekali mengingat perjalanan dari Cimahi itu saya berangkat subuh. Dalam hati saya duh pelosok amat nih Sungai Liat hahaha.

Cantiknya Puri Tri Agung Dan Pantai Matras Sungai Liat

Setibanya di hotel, saya dan rekan saya tidak langsung istirahat akan tetapi saya diajak berkeliling Sungai Liat. Sebelum 2 hari kedepan saya merekrut di Polman Babel.

Destinasi pertama kami adalah Pagoda Vihara Puri Agung. tempat ini sebenarnya adalah tempat ibadah, yang dikenal oleh masyarakat sana sebagai Pagoda kuil Shaolin

puri tri agung sungai liat

Memasuki Viharanya, saya diharuskan melepaskan alas kaki dan hanya boleh berfoto di sekitar pinggiran patung Budha.

Bangunannya begitu kokoh yang katanya menghabiskan waktu selama 12 tahun untuk pembangunannya.

Viharanya menghadap pantai sehingga begitu memanjakan mata melihat keindahan pantai yang tersaji sepanjang Vihara.

Untuk menikmati fasilitas di kawasan ini tanpa dipungut bayaran sepeser pun. Saat saya mengunjungi banyak wisatawan yang datang sengaja untuk berfoto disana.

depan pagoda tri

Bahkan diluar pagodanya banyak juga yang berjualan menjajakan makanan dan minuman.

Puas berkeliling puri, kami memutuskan untuk lanjut menikmati keindahan Sungai Liat di Pantai Matras.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke Pantai Matras, bergegas kami menuju area pantai yang keren banget viewnya. Sejauh mata memandang hamparan pasir dan pantai begitu menawan. Cantik nian pantai Matras niy.

Saya yang sudah lama banget pengen mantai akhirnya bisa ke pantai karena perjalanan merekrut ini.

Pantainya terbilang sepi mungkin karena saya tiba disini hari senin dan waktunya sore hari pulak, jadi tak banyak yang berkunjung.

Sebagai kenang-kenangan dari Pantai ini saya mengambil cangkang kerang bentuknya bagus-bagus loh.

Karena matahari berangsur tenggelam, maka kami memutuskan untuk kembali ke hotel. Terlebih esok hari saya dan tim mulai bekerja.

Politeknik Bangka Belitung

Hari kedua di Sungai Liat, seperti yang saya ceritakan bahwa tujuan saya kesini adalah mencari calon karyawan dari lulusan Polman Babel.

Proses perekrutan membutuhkan waktu 2 hari dimana hari pertama adalah sesi test dan interview sedangkan hari kedua lanjutan interview dan proses tanda tangan kontrak.

Sekilat ini proses merekrutnya mengingat cost untuk perekrutan ke Bangka cukup besar bo!

Proses perekrutan di Polman Babel ini cukup membuat saya menjadi pribadi yang bersyukur. Ternyata sebagian besar mahasiswa disini memiliki effort cukup besar untuk kuliah. Dari yang harus tidur di mesjid, ikut bapaknya jadi kuli bangunan, petani semua mereka lakukan namun tetap cita-cita mereka ingin bisa lulus kuliah.

Rasa haru menyelinap dalam diri saya takkala saya interview mereka. Inilah moment haru yang tak banyak saya dapatkan ketika merekrut di Pulau Jawa.

Pantai Tikus Emas

Memasuki hari terakhir perekrutan di Polman Babel, saya tidak ingin menghabiskan banyak waktu hanya di hotel. So akhirnya kami memutuskan ke Pantai lagi. Namun kali ini pantai yang kami kunjungi lebih bagus lagi.

Pantai Tikus Emas namanya, Harga tiket masuknya begitu murah tak perlu merogoh uang dengan kocek besar untuk masuk ke pantai tersebut.

Memasuki pantai ini duh decak kagum akan kebesaranNya, pantainya lebih mantap dari pantai matras. Hamparan pasir putih menjadi pemandangan yang disuguhi. Pantainya bersih sekali bahkan tak saya lihat kotoran sama sakali.

Tak salah pulang kerja kami langsung mampir kesini, keindahan pantainya bikin rasa lelah hilang seketika.

Matahari perlahan berangsur pamit, kamipun memutuskan segera kembali ke hotel.

***

Gimana asik yah kerja sambil jalan-jalan?jelas asik banget temans, Banyak pengalaman yang saya dapatkan tidak hanya dapat calon karyawan dari Polman Babel tapi juga bisa mengetahui sebagian kecil surganya Sungai Liat Pulau Bangka ini.

Meskipun demikian saya merasa sedih karena hotel tempat kami menginap itu agak horor. Bayangkan saja hotel gedenya minta ampun yang menginap cuman kami. Itupun kami ditempatkan di room paling pojok LOL.

Tahu sendiri kan saya ini penakut akut :p masih mending ada teman kamarnya coba ga ada bisa-bisa ga menikmati nih perjalanan seru di Pulau Bangka.

Salah kami juga yang sebelumnya tidak Pesan Hotel terlebih dahulu. Jadi dadakan gitu cari hotelnya. Coba pesen dulu di Pegipegi.

Biasanya memang dari kantor suka pesan hotel terlebih dahulu namun saat itu saya lupa apa yang membuat cancel pesan hotelnya.

Overall saya sih seneng banget bisa datang ke Pulau Bangka ini rekor terjauh saya merekrut setelah Kota Pekan Baru.

Nah temans, demikian pengalaman seru saya merekrut dan jalan-jalan di Pulau Bangka. Semoga bisa bermanfaat yah!

95 komentar

Maya Rumi Selasa, 25 Desember, 2018

beberapa tahun lalu kantor pernah gathering ke bangka, sayang aq gak ikutan karena lagi hamil, ternyata nggak kalah bagus yah teh. Sambil berenang minum air, sambil kerja jalan-jalan, hihihi

Rach Alida Selasa, 25 Desember, 2018

Wah aku pengen banget ke Pulau Bangka. Indah sekali ya pulaunya dan banyak tempat wisata yang oke. Aku pengen ah suatu saat ke pulau Bangka dan pesan hotel di pegi pegi

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya ummi yu bareng aku hahhaa

Ima Rochmawati Selasa, 25 Desember, 2018

Wah, pengalaman rekrut di Bangka Belitung nya asik banget, pasti bikin kita tambah semangat kerja lihat effort mereka. Btw, baru tau juga nih kalo Belitong beda dengan Bangka Belitung, makasih, yah.

Mpo Ratne Selasa, 25 Desember, 2018

Pemandangan Pagoda cantik sekali dan nama pantai lucu, pantai tikus emas. Untung tidak ada tikus beneran di Bangka, kalau ada pasti berburu emas.

Cantik pantainya dan bersih

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

wkwkwk iya jangan sampe tikus beneran :p

fanny f nila Selasa, 25 Desember, 2018

uwaaaah lgs tanda tangan kontrak ya mbaaa . :)

asik banget kalo kerj bisa sambil jalan2 gitu. kerjaan ku di kantor ga memungkinkan. tp pak suami krn posisinya trainer, dia srg tuh kasih training ke kantor cabang sampe luar kota. bikin iri, apalagi kalo udh ke pulau2 yg blm prnh aku datangin :p. mau ikut sih sbnrnya ga masalah. toh dia dpt kamar hotel yg sendiri.aku cm byr tiket pesawat aja. tp apa daya cutiku ga memungkinkan hahahah

iya mba Fan kilat soalnya costnya geday :D

Reyne Raea (Rey) Rabu, 26 Desember, 2018

Itu anak gadis cantik amat sih.
Kalau diwawancarai ama perekrut secantik itu, bakalan salting tuh pelamarnya hahaha.
Asyik banget ya kalau kerja itu keluar kota, terlebih kalau bisa nyelip2in waktu sekalian liburan.
Meskipun akhir2 ini saya agak serem ama pantai hiks

wkwkwk itu udin punya anak 1 mba

Rani R Tyas Rabu, 26 Desember, 2018

Teh, di kotaku juga ada lho mahasiswa yang kuliah sambil jaga parkiran tapi sedihnya dia nggak ngelanjutin kuliahnya. Entah karena alasan apa waktu itu, soalnya dia temennya adikku.

Nefertite Fatriyanti Rabu, 26 Desember, 2018

Kerja sambil jalan-jalan? siapa takut? hehehe. pekerjaan semacam ini sekarang banyak dimnanti kaum muda. Karena kerja kok sambil -jalan-jalan, mau donc

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya pekerjaan enak wkwkwk ga enaknya pas bikin laporan :(

Mugniar Rabu, 26 Desember, 2018

Mbaaak asyiknya perjalanan ini. Terharu di bagian kegigihan mahasiswanya. Memang kalo orang HRD yang mengamati dan buat tulisan pasti humanis banget. Selalu suka baca tulisanmu, Mbak. Sukses ya dan jaga kesehatan :)

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya mba makasih ya mba aamiin

Ujame Gaja Rabu, 26 Desember, 2018

Wahhh, mbak HRD? keren deh lihat proses perekrutannya langsung ke Bangka :)
Btw, Ujame pernanhnya ke Belitung, pantainya cantikl-cantik bangeeettt, ternyata Bangka juga gak kalah ya :D

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya nih aku juga pengen ke Belitung

Desi Rabu, 26 Desember, 2018

Terpesona sama langsingnya bunda Nameera hehehe

hahahaha ini kurus pisan :p

Nur Rochma Rabu, 26 Desember, 2018

Ini kerja sambil jalan-jalan ya mbak. Asyiknya, bonus wisata.

Ida Tahmidah Rabu, 26 Desember, 2018

Wah asyiknya kerja sambil jalan2 nih...mau jg dong hehe..

Siti hairul Rabu, 26 Desember, 2018

Wah jemput bola ya namanya langsung datang ke kampus

Dian Radiata Kamis, 27 Desember, 2018

Aaah Bangka. Yang paling aku kangenin dari Bangka adalah kulinernya. Enak-enak! Mulai dari martabak, mie koba, otak-otak, sampai pempeknya. Semua juarak! Jadi pengen main ke Bangka lagi deeeh...

iya bener enak2 makanannya mba

Dewi Sulistiawaty Kamis, 27 Desember, 2018

Ya ampuun, ternyata banyak juga ya tempat menarik yg bisa dikunjungi di Bangka Belitung, saya pikir hanya pantai aja :D

menarik pisan mba bagus2 makanannya juga enak

Miyosi Ariefiansyah Kamis, 27 Desember, 2018

Bangka, salah saty tempat d luar jawa yg dah lama aku incar
Trnyataa emng baguss yaaa

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

bagus sekali mba yuk main sini

Diah Woro Susanti Kamis, 27 Desember, 2018

Seru banget pengalamannya. Aku mau dong kak direkrut juga hihiii

Yoanna Fayza Kamis, 27 Desember, 2018

Galfok sama ombak pantainya yg keliatan tenang, pasti asik banget buat main2 yaa.. Pantai di jogja ombaknya gak ramah semua hikks

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya tenang banget kayak aku mba wkwkw

Indah Nuria Kamis, 27 Desember, 2018

Proses rekrutmennya seru ya mba.. dan enak bisa melihat bagian lain dari negeri ini

iya mba In lebih seru tapi Mba INd keliling Dunia xixixi

Ade anita Kamis, 27 Desember, 2018

Sabtu lalu di acara weekendlist nettv acaranya tentang jalan2 ke bangka..dan itu bagus banget ternyata. Banyak lokasi wisata yg mirip di korea konon. Tapi versi i donesianya katanya. Bikin mupeng

Cari angin Kamis, 27 Desember, 2018

Aku masukin nih di daftar pulau yg mau aku datangi setelah ke belitung dan suka dg pantainya

Nia Haryanto Kamis, 27 Desember, 2018

Ini sih namanya kerja sambil piknik ya. Paling seru itu. Bisa hemat ongkooooos. Budgetnya bisa buat beli oleh2. Hihhihi

betul sekali teh aku langsung beli oleh2 kerupuk hahhaa

Bunda Biya Kamis, 27 Desember, 2018

Asyik ya mba kerja sekaligus jejalan hihi bangka memang cantik mba. Kalo pantainya menurutku masih cantik di belitung 😄

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya tapi ku belum pernah ke Belitung wkwkw

Rosanna Simanjuntak Kamis, 27 Desember, 2018

Senangnya bisa kerja sambil menikmati hobi travelling ya, mba.
Jadi ingat masa-masa kerja di HRD dulu.
Bikin hidup semakin berwarna :)

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

emang jadi HRD berwarna lebih berwarna pas ditanya besok LIBUR ga?

Lendy Kurnia Reny Kamis, 27 Desember, 2018

Dududu~
Gaya berfotonya mamah Bebel cakep banget.
Hihii~

Mirip Gadis Sampul.

Ini belum ada kaka Neyna kah?
Meuni langsing pissaan....

udah punya Neyna ini tahun 2016 teh wkwkwk aku emang kurus

Novitania Pambhudi Kamis, 27 Desember, 2018

Penasaran sama nama pantainya kak, kenapa harus tikus emas?? Lucu banget namanyaaa hehe

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya aku juga penasaran kenapa tikus emas hahaha

Noorma Fitriana M. Zain Kamis, 27 Desember, 2018

Kerjanya sambil jalan jalan. Jalan jalan sambil kerja. Sedep bener hidupnya. Hahaha

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

emang indah banget hidupku wkwkwk alhamdulilah

Hidayah Sulistyowati Kamis, 27 Desember, 2018

Wah menjadi HRD memang banyak punya pengalaman baru dan seru ya. Bahkan kadang terselip juga momen yang mengharukan. Semoga yang tidak lolos seleksi bisa mendapatkan pekerjaan di tempat lain

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya mba momen mengharukan hahaha...

Uniek Kaswarganti Kamis, 27 Desember, 2018

Oalaaah baru tau nih kalau merekrut karyawan itu tak sekedar pasang lowongan kerja ya. Ternyata harus berburu ke berbagai tempat seperti ini.

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya mba harus berburu hahaha

Leyla Hana Kamis, 27 Desember, 2018

Wuiih ramping banget Mba Herva bodinya saat masih muda wkwk #salfok

ini saat sudah punya anak 1 mba Ela aku emang kurus wkwkwk

Diah Kusumastuti Kamis, 27 Desember, 2018

Wah.. asyik ya Mbak, kerjaan jalan refreshing juga gak ketinggalan. Besok-besok lagi mungkin bisa merekrut karyawan ke luar negeri kali yah? Hehe.

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

ku aamiin-kan pernyataan ini :) hahaha

handriati doank Kamis, 27 Desember, 2018

Nah ini ini hahhaa... Kerja sambil jalan-jalan itu asiiik banget, apalagi kalau dinas di kantor klien yang depannya mall... Tiap makan siang ngemall mulu bahahha... :D

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iyes perbaikan gizi mba wkwkwk

CatatanRia Kamis, 27 Desember, 2018

Asik ya teh sambil menyelam minum air hihihi, pergi jauh untuk berkerja bisa sekalian jalan-jalan refreshing.

desy laily Kamis, 27 Desember, 2018

Kerja sambil jalan2 seru ya mom, pantainya indah2, nama salah satu pantainya juga unik...Tikus Emas, saya pikir apaan, taunya nama pantai..hihii

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya nama pantai unik banget mba

Aminnatul Widyana Kamis, 27 Desember, 2018

Asyiknya bisa kerja sambil jalan2 ya mom. Apalagi di tempat yg indah kaya Pulau Bangka. Pasti menyenangkan

Apura Kamis, 27 Desember, 2018

Memang paling seru kerja sambil liburan itu. Bareng teman bisa jalan ke mana-mana juga. Asik!

Helenamantra Kamis, 27 Desember, 2018

kilat tapi masih sempat jalan-jalan ke pantai yaa
ingat HRD, ingat psikotes. Pusing aku mengerjakan tes yang nambahin angka itu, lho.

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

wkwkwk klo ketemu maksid kukasih yak tes ni :D

Bunda Erysha (yenisovia.com) Kamis, 27 Desember, 2018

Teteh kerjaannya keren banget sih. HRD gitu lho. Kalau aku ga sanggup kayaknya jadi HRD. Kecerdasan aku bukan di bidang itu 😂. Tapi aku salut ikh ama perusahaannya sampai mau terjun langsung buat cari karyawan yang sesuai dan dibutuhkan oleh kantor apalagi sampai jauh ke bangka belitung gtu.

iya demi mencari bibit unggul mba Yen :D

Visya Al Biruni Kamis, 27 Desember, 2018

Seru ya mom. Kerja sambil jalan2 😍 anw Sungai Liat itu kampingnya temenku, hehe. Katanya viewnya emang byk yg bagus disana.

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya mba emang bagus banjet :)

natra rahmani salim Kamis, 27 Desember, 2018

wahhhh sambil menyelam minum air ya mom, sekalian kerja sekaligus jalan jalan tak ketinggalan. enak banget bisa productive sekaligus refreshing.

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya mba alhamdulilah banget :)

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Kamis, 27 Desember, 2018

Aku belum pernah ke pulau Bangka, padahal ada saudara disana. Jadi ingin membuat rencana liburan tahun depan ke pulau Bangka

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

iya yuk mba liburan sini seru :)

Jejak Biru Jumat, 28 Desember, 2018

pantainya keren juga ya mbak, apalagi bersih sekali, pasti pengalaman yang menyenangkan. mulai dulu selalu nemuin sampah di sepanjang garis pantai, eh ini ada pantai yg bersih. pengin main kesana jugaa #jejakbiru

herva yulyanti Jumat, 28 Desember, 2018

yuk mba bagus banget loh bersih dan viewnya keren

Dwi Puspita Nurmalinda Jumat, 28 Desember, 2018

Seumur-umur belum pernah ke Bangka mbak. Ada mimpi pengen keliling Indonesia...hehehe. kalau ada teman yang share jalan-jalan bikin saya rajin nabung agar suatu saat bisa ketempat mereka bercerita...hehehe

Dian Restu Agustina Jumat, 28 Desember, 2018

Salut kalau perusahaan seperti ini. Cari pekerja dengan jemput bola. Sehingga potensi muda yang berada di luar jangkauan bisa terlihat, punya kesempatan dan akhirnya berkembang :)

adeuny Jumat, 28 Desember, 2018

bagus banget ini mbak apalagi pantainya. . eh btw btw pas kmu bilang pagoda nya shaolin aku lgsg inget film shaolinnya boboho hehehhe

Yoanna Fayza Sabtu, 29 Desember, 2018

Alhamdulillah ya mba bisa kerja sambil piknik, kerjaan beres pikiran fresh lagi. Btw, nama pantainya lucu ih, tikus emas :))

Leyla Hana Sabtu, 29 Desember, 2018

Waah mantap nih masuk ke Pagoda gak bayar ya. Soalnya kalo ke Borobudur kan harus bayar, padahal ya cuma melihat candi juga xixixi...

VHAranie Minggu, 30 Desember, 2018

udah lama pengen traveling ke Bangka. tp ketunda terus mau kesana nya hehehe. asik ya mbak kerja bisa disambil jalan-jalan.

Wian Minggu, 30 Desember, 2018

Serius mba yang nginep di hotel cuma kamu bertiga aja??? Ah itu sih hororrrr... ak pun pasti ketakutan.

Miranti | jendelakeluarga.com Senin, 31 Desember, 2018

Ooh gitu, aku pun selama ini taunya belutong ya babel hihi. Btw asik ya travel-business begini, kerja sekaligus bisa liburan cuci mata hihi.

Eryvia Maronie Jumat, 04 Januari, 2019

Seru banget kerjaannya mbak Herva. Merekrut sampai ke kota lain, jadi bisa skalian rekreasi.