Yuk Ketahui Fakta Tentang HRD

Minggu, 25 November 2018
A : Bu, kerja dimana?
S : Di salah satu perusahaan XYZ yang bergerak di bidang Manukfaktur
A : Jadi apa?
S : HRD
A : Apaan tuh HRD?
S : Bhaiqlah 

Adakah temans yang TYDACK mengenal profesi HRD?duh padahal HRD pasti ada di setiap perusahaan loh. 

Memang kalau sekilas melihat penampilan saya yang lugu ini suka banyak yang mengira saya ini pengajar bahkan karena style pake blazer waktu pas mau jaga akang suami di RS disangka bu dokter *masyaAlloh*.

Untung saya ga kayak Boneng yang ngaku-ngaku dokter bisa cilakbar deh LOL.

Jadi nih apabila bertemu lalu saya bilang profesi saya HRD, masih ada loh hare gene yang tydack mengetahui profesi saya ini. Kusedih banjet :p

Seperti yang pernah saya bahas sedikit tentang ranah HRD disini, ternyata fungsi HRD itu ga cuman yang ngitungin gaji dan absensi doang akan tetapi ada yang seperti saya sebagai recruiter, assesor ada juga training dan seterusnya.

Ngomongin profesi saya selain blogger kece yakni HRD saya selalu semangat. Saking semangatnya nih saya jadi pengen kasih tahu kelian semua sebenarnya gimana sih kalau saya saat bekerja?


fakta-tentang-hrd




Yuk Ketahui Fakta Tentang HRD


Sebagai mamak yang sudah bekerja ratusan purnama diranah HRD, saya ini ingin mencoba mengutarakan fakta terkuat dibalik profesi ini.

Penasaran ga sih?penasaran ajalah biar cipit :D siap ga?jeng..jeng..jeng ini dia fakta yang harus kelian ketahui tentang HRD.

1. Jarang Atau Sering Buka Amplop Lamaran?


Jadi beberapa waktu lalu saya mendapati sebuah meme yang menohok di WA dan juga di tag di Instagram. Seperti ini penampakan memenya :


meme-hrd-kocak

Huhuhu jahara yes LOL

Sebelum saya buka fakta sesungguhnya, saya coba lempar pertanyaan dulu nih di IGS ke temans sekalian.

Hasil polling menyatakan bahwa saya adalah sebagai berikut :

hrd-tidak-buka-amplop-lamaran



Realnya bisa temans tebak lewat foto berikut :


lamaran-numpuk-fakta-tentang HRD

So, Fakta pertama sekalian mau saya ungkap adalah saya tidak pernah membuka amplop lamaran yang datang. 

Eits, jangan ngegas dulu dong. Saya punya cukup alasan, mari disimak baik-baik yah. Begini lamaran yang menggunakan amplop coklat ini datang TIBA-TIBA cem Jelangkung aja.

Padahal saya posting iklan lowongan kerja hanya di situs pencari kerja. Nah, ini lamaran yang datang langsung baik via pos, JNE, J&T atau nitip-nitip gitu ya datang tanpa mengetahui ADAKAH LOKER yang sedang dibutuhkan?

Harap diingat temans, kerjaan saya ga cuman bukain lamaran yang tidak tahu mau jadi apa?Pernah saya ((iseng)) buka secara random isi lamarannya. Hasilnya piye?

Sudah mah CV-nya ditulis tangan, posisi yang dituju TERSERAH saya, tak cantumin no telepon. Duh....

Baca dulu nih : Cara buat CV Yang Menarik Bagi Fresh Graduate

Ini udah bukan zamannya Doel yang nungguin surat balasan lamarannya dikirim ke rumah masing-masing sekarang cukup kirim CV lewat situs pencari kerja lalu saya buka CV-nya, undang tes, interview finally gabung.

Monggo Baca Dulu ini : Hati-hati Scammers mengincar Recruiter & Jobseeker

Wajar yah kenapa saya menjadi HRD yang jarang buka amplop coklat maafkan!saya pun bingung mau diapain karena biasanya saya lebih tertarik dengan CV yang muncul lewat email atau situs pencari kerja.

Masih lanjut ga nih buka-bukaan tentang HRD?masih yah?baik akan saya lanjutkan fakta mencengangkan tentang HRD.


2. Penyimpan Rahasia Atau Mulut Ember?


Sebagai seorang HRD yang tugasnya tentu saja berkaitan dengan HUMAN, dari mencari karyawan baru, mengurusi kontrak kerja, ngurusin absensinya, ngurusin gajinya, ngurusin HAK & Kewajibannya pokoknya semua deh.

Barangkali bikin saya dan tim HRD kadang sakit kepala. Nah yang tambah sakit kepala itu kalau ada orang diluar HRD suka kepo sama urusan A-Z yang biasanya orang HRD keep mati-matian macam rahasia bumbu Crabby Petty Tuan Krab.

Lahdalah disinilah kami dipertaruhkan apakah akan membocorkan apa tidak?

Tebak kalau saya gimana?tentu saja saya bukanlah mulut ember atau mulut jolang :D Saya dan tim biasanya sebisa mungkin tidak membocorkan apapun.

Kayak ada kasus karyawan kena SP atau harus di PHK secara pelan-pelan maka sebisa mungkin biarkan si karyawannya yang cerita.

Saya selalu menjaga martabat mereka wkwkwk halah gaya pisan nyak.

Bhaiqlah untuk fakta kedua ini saya adalah HRD yang pandai menjaga rahasia!buat yang mau cerita boleh banget karena saya selalu setia dengerin bahkan menyimpannya dengan bhaiq ^_^



3. Galak Apa Ramah?

Sebagai recruiter sering banget nemuin karakter karyawan yang rupa-rupa cem kembanglah. Dari yang baik sampe yang nyebelin.

Nah hadepin pelamar yang begitu biasanya gimana?

Ternyata predikat Mamak Tyrex ga cuman berlaku di rumah doang akan tetapi saat saya harus ngetes pelamar yang ngeselin berubah juga dah saya jadi Tyrex.

Pencitraan saya buat jadi Ibu HRD manis manjah group lunturrrr LOL.

Oke fakta ketiga yang saya ungkap kali ini adalah bahwasanya saya ini GALAK, pernah juga loh rekan kerja saya yang waktu saya rekrut bilang "Mak, gw takut banget waktu itu dites sama Lu!" wkwkwk sumvah kungakak dengernya.


***

Demikian fakta tersembunyi saya sebagai HRD, terjawab sudah yah semuanya. Semoga kelian tidak menaruh azab atau dendam sekalipun.

Marilah bersama-sama kita bekerja sama dengan bhaiqqq..

Ada pengalaman menyakitkan dengan HRD?sabar aja yah temans huakakaakak..
49 komentar on "Yuk Ketahui Fakta Tentang HRD"
  1. dulu waktu jaman-jamannya nyari kerja kesana kemari sering banget berhubungan dengan HRD, eh belum pernah punya pengalaman yang gimana-gimana banget sih hehheee..

    eh btw ternyata jadi HRD itu ternyata banyak juga yei yang diurusin, aku mikirnya kok ya cuma bagian perekrutan doang :)

    BalasHapus
  2. (((Macam bumbu rahasia krebi peti))) :v

    BalasHapus
  3. yaampuuun Mbak, itu meme bikin ngakak yaakk.. hihihih..
    ternyata oh ternyataaa, masa siih dirimu galak, Mbak?

    BalasHapus
  4. Ooo aku malah baru tau tugas2 HRD itu termasuk liat lamaran. Kukira cuma tempat curhat pegawai aja

    BalasHapus
  5. Aku kadang suka keliru tugas HRD dan tugas bagian personalia kantor. Sma apa beda sih

    BalasHapus
  6. hehe...zaman jadul dulu melamar mesti pake surat dalam bentuk fisik. kalau sekarang emang harus mengikuti zaman dong.

    BalasHapus
  7. Hmm, aku kayaknya ga pernah ngadepin hrd langsung. Dulu kerja lsg ama user mulu sih. Tapi kalo lwt telpon seriing. Sebel gitu rasanya belibet bener orang Hrd. haha

    BalasHapus
  8. beneran. HRD aku buset dah pas ngetes macem enggak digaji sebulan eh setelahnya malah ternyata asli somplak banget! kata mereka harus ganas biar enggak dikadalin haha

    BalasHapus
  9. Kayaknya beberapa kali ketemu HRD jarang ada cerita aneh-aneh
    yang ditakuti biasanya user hahaha

    BalasHapus
  10. Kirain HRD itu tugasnya cuma mencari karyawan baru wkwkwk
    sekarang zamannya udah beda ya mbak, jadi surat fisik udah gak kepakai lagi..

    BalasHapus
  11. HRD di mata karyawan semacam polisi yang nunggu di bawah lampu merah, hahaha...

    BalasHapus
  12. Aku bacanya berasa lg nonton youtube trs ada gif2 yang ngakakin gtu, wkwk. Kerenn mbakkk...

    BalasHapus
  13. Ada-ada aja ya meme tentang HRD, masa iya sedikit-sedikit jadi azab, hihii

    BalasHapus
  14. Wkwkwk, pasti ngakak bareng ya mba pas temen kerjamu bicara zuzur soal pengalaman yg ia rasa saat digalakin haha

    BalasHapus
  15. Wah tipe yg penjaga rahasia ya, hmm, boleh dong aku curhat. Wkwk. Btw, aku kenal bbro tmn yg kerja di bagian HRD, rata2 emg gk ember sii

    BalasHapus
  16. Sekarang lamar kerja praktis ya pakai jasa lowongan kerja

    BalasHapus
  17. Halo Mba Herva, salam kenal. Mba Herva, kasih tips dong gimana sih bisa lolos psikotes. Aku kalo lagi tes psikotes itu sering gagal :(. Terus kenapa ya sering saya dengar, kalo tes psikotes itu dibilangnya cuma formalitas aja. Apa benar begitu? Mohon penjelasannya ya hehehe

    BalasHapus
  18. bwakakaak masukin lamaran gak pakai no telp, mungkin maunya dia diinterview langsung ke rumah cem petugas sensus gitu mba, coba datengin aja, kali udah disiapin jamuan mewaah :)))

    BalasHapus
  19. Zaman saya masih cari kerjaan tuh yang masih pakai amplop coklat. Dulu kan belum musim by internet. Makanya saya punya banyak stok amplop hahahaha

    BalasHapus
  20. Daerah sini masih banyak kok Teh yang nyuruh ngirim lamaran pake kertas coklat. Duh eta gimana? Seriusan beneran nggak dibaca? Kakak sepupu aku malah angger aja gitu suka ngirim lamaran ke sembarang perusahaan padahal lagi nggak ada rekrutmen. Katanya cuma adu bejo, cuma modal surat-surat fotokopi ini. Wealah!

    Aku malah belum pernah dipanggil dari CV ku yang aku pasang di inet, mungkin kurang meyakinkan ya lamaranku, secara jurusannya juga rada aneh.

    BalasHapus
  21. HAHAHA, sumvah ku jadi senyum-senyum sepanjang membaca artikel koplak tapi informatif ini.
    Greget bingit!

    Ku juga praktisi HRD, merangkak dari admin sampai posisi managerial.

    Yang pasti HRD itu banyak tidak disukai oleh karyawan yang tidak disiplin, doyan ngadalin jam lembur, doyan izin tapi maunya basic tetap dibayar, intinya yang moral kadal laaa...
    Mau gaji tinggi, kerja malas.

    Hmmm...dikira dinas sosial apa ini perusahaan.

    Pernah diacungin samurai, dikirimin sms sadis en de brai en de brai...

    Duh, jadi curhat...

    Kalau kita kopdar, pasti seru nih cerita seputar HRD.

    BalasHapus
  22. asli aku ngakak bacanya mak, wkwkwk. Dulu akupun sempet di bagian ini pas di advertising, benr bgt yg amplop2 coklat gitu karakternya ya gituu. Semangat bu HRD kita tercintahh

    BalasHapus
  23. Aku mah kenal bener luar dalam kerjaan HRD. Soalnya yayang aku juga HRD. Makanya aku tuh cocok ama bunda Herva. Mungkin karena ngira bunda Herva nih suamiku ya. Hhahaha. Dan aku percaya banget kalo orang HRD tuh nggak bocor karena yayang aku ya gitu Hahhaa

    BalasHapus
  24. Untunglah saya selalu dapat yang baik hati kak, nggak ada pengalaman buruk dengan HRD hahaha

    BalasHapus
  25. Tapi bener banget sih mba, biasanya kualitas yang lebih baik datangnya dari online. Bukan berarti yg kirim amplop itu jelek ya, tapi CV CV yang didapat online itu biasanya lebih menarik hehehehe

    BalasHapus
  26. Dari dulu sampai sekarang saya tidak pernah ada pengalaman buruk tentang HRD. Semuanya baik-baik banget mba. Mengayomi banget.

    BalasHapus
  27. Akupun pernah kerja di HRD, ya rupa2lah rasanya. Tapi senengnya ya itu bisa ketemu dg banyak orang dg berbagai karakter

    BalasHapus
  28. Aku belum pernah punya pengalaman tidak baik dengan HRD. Kebanyakan HRD di tempatku kerja dulu orangnya baik-baik. Yang nggak baik itu leaderku langsung ya bisa dibilang mandor galak gitu deh.

    BalasHapus
  29. Aku baru tahu jaman sekarang masih pada kirim amplop. Beberapa teman ada yang cerita keterima kerja karena kirim lamaran padahal ga ada pengumuman nyari staf. Baru ngeh kalo dilihat dari sisi HRD kaya gimana gitu 😂

    BalasHapus
  30. Saya baru tahu sudut pandang HRD setelah baca ini, sebagai Fresh graduated yg dlu ke mana2 bawa lamaran kadang sakit hati klu amplopnya gk d buka hikss, krna melht fenomena itu, sy jd gk bwa kmrn fsik pling submit di email doang dan alhamdulillah nemu juga.

    BalasHapus
  31. Belum pernah ngerasain kerja full time sih ya jadi ga pernah ketemu HRD hehe. Btw itu saya salfok sama amplop coklat yang penuh azab itu wkwkw.

    BalasHapus
  32. Dulu waktu smu pernah pkl di bagain hrd, kerjaan setiap hari nyortir amplop dari mana-mana sudah kya petugas kantor pos wkwk sekarang tinggal email ringkes hemat perangko

    BalasHapus
  33. Kalau di tempat kerja ku dulu, orang HRD tuh paling disebelin dan dicintai wkwkw, disebelin karena suka jadi perpanjangan tangan penguasa untuk menerapkan aturan, dicintai karena tanpa hrd apalah daya kami para karyawan ini wkwkw

    BalasHapus
  34. Wah sama mba..saya juga dibilang galak hehe

    BalasHapus
  35. Saya g tahu HRD tuh mba..yg saya tahu..Bag Kepegawaian! Haha.. Jadul pisan saya kalo gitu ya.. HRD tuh termasuk bag yg paling ditakutin haha .

    BalasHapus
  36. Masa sih Mba Herva itu galak? Gak percaya ahhh :)
    tapi memang kerjaan HRD itu lumayan juga yaa, soalnya sering lihat teman kantor bagian HRD, dia selalu sibuk, hehehe :D

    BalasHapus
  37. seru baca cerita di balik pekerjaan HRD. Di beberapa tempat namanya aja yang beda bukan HRD, ada yang HCM dll. Memang sih kalau karyawan baru agak2 ngeri juga berhadapan dengan HRD kaya hidup dan mati

    BalasHapus
  38. Aku tau dong HRD. Dulu kelar kuliah, sampe capek nulisin kata HRD di surat lamaran hahaha

    BalasHapus
  39. aku ada yang bilang galak ada yang bilang ramah. haha. kalau bunda nameera pasti ramah laahhh

    BalasHapus
  40. Thanks mba untuk pencerahannya soal HRD. Di tempat kerja nggak ada sih HRDnya, krn lembaga bahasa Inggris jadi nggak ada yang spesifik untuk posisi itu. Kec yang di pusat krn menghandle cabang2 and franchise jadi butuh lebih banyak orang.

    BalasHapus
  41. Haha aku pernah di posisi itu, tapi lamaran naskah. Aku buka semua amplopnya dan baca satu2 naskahnya karena aku seorang editor wkwk. Ngelamar kerja sekarang mah lewat situs pencari kerja aja ya

    BalasHapus
  42. Wah saya jadi tahu nih soal HRD
    Selama ini cuma tahu disebut sebut kalau ke perusahaan atau lembaga perushaaan tersebut.

    BalasHapus
  43. Aku ngerti HRD dari suamiku soalnya yang kerja dia. Hehehehehe

    BalasHapus
  44. Aku gak mau uji nyali dengan di tes sama mamah Bebel aah~

    Aku mah cukup jadi sahabat ((SAHABAT)) bloher aja.

    Ayeemm~

    BalasHapus
  45. Wah kok bisa ya padahal open pendaftaran di situs, tp masih ada aja yg kirim pakai amplop gini :|

    BalasHapus
  46. Hooooo..... gitu ternyata yah mba hrd tuh... hehe... tapi asyik yah kalo ada apa2 dia yang duluan tahu.. tapi gak enaknya harus bisa jaga banget rahasia ;).

    BalasHapus
  47. Wah untung males bkin lamaran kerja juga 😂 jd gak buang2 kertas dan amolop coklat wkkkkk

    BalasHapus
  48. Bu HRD saya mah minta tolong lah.. banyakin libur aja di calender 2019 ya... plis :D btw eta CV + lamaran di amplop coklat ngalamin pisaaan, jaman baheula mah kitu, trus ke warnet buat ngeprint, trus ke kantor pos soalnya jne blm semurah sekarang, sekarang kirain semua udah online, ternyata masih ada aja si amplop2 coklat itu :D

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature