5 Solusi Cepat Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

Selasa, 13 November 2018
Temans, apakabarnya?semoga november ini targetnya sudah mulai satu per satu tercapai. Ngomongin target, alhamdulilah nih bisnis yang saya idamkan telah terpenuhi yes Joeragan Ice Cream lahir di bulan Agustus silam.

Dengan launchingnya bisnis ini ternyata banyak juga yang bertanya ke saya, mengenai modal yang saya keluarkan untuk membangun bisnis saya tersebut. 

Membangun sebuah bisnis yang besar itu memang memerlukan dana yang besar untuk mewujudkannya loh. Dunia bisnis nyatanya semakin diminati oleh banyak pihak. Banyak orang yang rela membangun bisnis dengan biaya yang sangat fantastis. Tapi jangan salah, keuntungan yang mereka dapatkan pun relatif besar. Termasuk saya yang rela merogoh kocek besar demi Joeragan Ice Cream!

Saya jadi mau kasih tips nih buat temans yang sedang bingung mencari modal tambahan untuk membangun sebuah bisnis, Solusi paling cepat yang bisa dilakukan adalah menjual salah satu investasi yang dimiliki. Contohnya saja, jual rumah, jual emas, ataupun benda-benda berharga lain yang dimiliki.

Dengan demikian, kita tidak perlu menghutang ke bank untuk mendapatkan tambahan modal untuk bisnis yang kalian lakukan. Besar tidaknya modal yang kita butuhkan tergantung dari jenis usaha yang akan dibangun. Contohnya saja, temans akan memerlukan dana yang besar untuk membangun sebuah toko kelontong dibandingkan dengan membuka bisnis jual pulsa.

cara-saya-mendapatkan-modal-untuk bisnis


Jangan berpikir bahwa mencari modal usaha itu sulit ya! Kita bisa mencari beberapa solusi praktis dan aman untuk mendapatkan modal sebagai tambahan untuk membangun usaha impian !

5 Solusi Cepat Mendapatkan Modal Untuk Bisnis

Melalui jalur konvensional, kita bisa untuk membangun sebuah bisnis seperti meminjam di bank. Namun, solusi yang ini rupanya sudah sangat biasa. 

Ternyata ada cara yang lebih kreatif dalam mendapatkan usaha untuk tambahan modal loh. Berikut beberapa cara yang bisa temans coba!

1      ❤  Jual Rumah

Jual rumah dalam hal ini yang kita lakukan adalah menjual aset yang dimiliki. Jika temans memang memiliki investasi rumah, kalian bisa menjualnya jika membutuhkan modal sewaktu-waktu. Tentu saja, selain temans sudah memiliki rumah yang lain untuk tinggal bersama keluarga.

Namun, nyatanya pasar property terkadang susah untuk dibaca. Kita hampir tidak tahu kapan kira-kira rumah yang akan dijual memiliki harga yang tinggi dan kapan rumah akan memiliki harga yang murah. 

Oleh karena itu, kita harus terhubung dengan internet untuk mencari informasi yang lebih luas tentang cara penjualan rumah yang tepat.

Sebagai penjual rumah, kita harus selalu bersahabat baik dengan teknologi. Hal tersebut nyatanya akan membuatmu lebih mudah dalam menjual rumah. Nah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar mendapatkan penjualan rumah dengan harga yang tinggi.

Rumah yang bisa dijual dengan harga yang tinggi biasanya memiliki kriteria sebagai berikut :

a.       Memiliki taman
b.      Memiliki pintu serta jendela yang aman
c.       Dekat dengan keramaian
d.      Memiliki koneksi internet dan gelombang siaran Televisi yang baik
e.       Dekat dengan tetangga
f.       Terdapat 2 toilet di daamnya
g.      Sinyal dan jaringan handphone baik
h.      Memiliki sebuah garasi

Jika rumah yang akan dijual memiliki kriteria seperti di atas, pastilah akan lebih mudah untuk menjualnya.

Setidaknya, kita wajib memastikan bahwa rumah yang akan dijual tersebut dalam kondisi yang baik. Jika ada bocor di sana sini, sebisa mungkin membetulkannya terlebih dahulu. Begitu pula jika terdapat hal-hal lain yang sekiranya membuat pembeli tidak nyaman ketika melakukan survei ke rumah.

Pastikan semua bagian rumah dalam kondisi yang baik. Dengan begitu, pembeli akan yakin untuk membeli rumah dengan harga yang tinggi. 

Untuk membandingkan harga pasaran supaya kita tidak rugi dan tetap untung adalah dengan mengecek pasar jual beli rumah saat ini, halaman jual rumah ini mungkin bisa menjadi patokan loh. Bagaimana?mau coba ga pake solusi ini?

❤ Menggadaikan aset

Selain menjual aset seperti menjual rumah, kita juga bisa mencari solusi lain untuk mendapatkan dana sebagai tambahan modal bisnis. Yaps, jika kita sayang untuk menjual aset yang dimiliki, mengapa kita tidak mencoba untuk menggadaikannya saja?

Menggadaikan aset merupakan salah satu cara yang paling menguntungkan untuk mendapatkan dana yang besar. Dengan demikian, aset yang dimiliki pun akan tetap utuh. Kini, jasa pegadaian telah tersebar luas di seluruh Indonesia dan menawarkan pegadaian dengan cara yang mudah dan terjangkau.

Tetapi, ingat yah temans agar tidak boleh lupa untuk menebus aset yang telah digadaikan. Jika kita tidak mampu untuk menebusnya kembali, maka aset yang dimiliki pun nantinya akan disita oleh pihak pegadaian. Temans tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Oleh karena itu, pastikan kita dapat menebus aset tersebut kembali ketika kita telah mendapatkan untung yang besar dari bisnis yang kita lakukan. Jangan berpikir untuk membelanjakan keuntungan yang dimiliki untuk kesenangan saja. Jika modal telah kembali, wajib bagi kita untuk menebus aset yang digadaikan.

❤ Menggunakan Tabungan

Jika kita memiliki tabungan di bank, mengapa tidak gunakan saja tabungan tersebut sebagai modal untuk membangun usahamu?

Menggunakan tabungan adalah solusi yang paling praktis dibandingkan dengan meminjam uang di bank. Kita akan terhindar dari resiko berhutang serta membayar bunga yang cukup besar dari pihak bank.

Memiliki tabungan memang merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki setiap orang. Dengan memiliki sebuah tabungan, kita bisa menggunakannya pada waktu yang mendadak.

Monggo cek buku tabungannya kira-kira banyakan pemasukannya apa pengeluarannya?hayo demi bisnis nih temans jadi berhemat yah!

❤ Pinjam di bank

Apabila tidak memiliki tabungan dan aset untuk dijual, maka kita dapat mempertimbangkan untuk meminjam uang di bank. Meminjam uang di bank juga tidak sesulit yang dibayangkan.

Jika memiliki niat yang kuat, maka kita juga pasti akan bisa mengembalikannya dalam waktu yang sesegera mungkin. Dalam meminjam uang di bank, kita harus menentukan tenor pengembalian agar tidak sampai telat dalam membayarkan cicilannya.

Kini, sudah semakin banyak produk perbankan yang meminjamkan dana pinjaman untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Temans bisa menggunakan solusi yang satu ini untuk membangun usaha yang akan menyukseskan kamu di masa depan.

Meminjam uang di bank memang memiliki untung dan rugi. Namun, semua hal tersebut tetap dapat kamu pertimbangkan dengan sebaik-baiknya agar kita tetap mendapatkan modal untuk membangun sebuah usaha.

Keuntungan dalam meminjam uang di bank adalah bisa mengelola hutang dengan baik. 

Beberapa keuntungan yang bisa temans rasakan dengan meminjam uang di bank adalah sebagai berikut :
  • Suku bunga dari bank telah ditetapkan dengan terstruktur. Dengan demikian, kita akan mengetahui dengan jelas berapa besar bunga yang harus dibayarkan di kemudian hari.
  • Untuk mengatasi kebutuhan dana yang besar seperti untuk berbisnis dengan lebih cepat
  • Untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan meskipun kamu belum memiliki dana
  • Persyaratan yang ditentukan oleh pihak bank cukup jelas
  • Prediksi pembayaran tidak tergantung dengan fluktuasi bisnis.

❤ Mengikuti pelatihan

Cara lain yang bisa kita lakukan sebagai solusi untuk mendapatkan modal sebagai tambahan untuk bisnis adalah dengan mengikuti pelatihan. Alternatif ini merupakan solusi yang paling mudah dan praktis.

Untuk mendapatkan modal, kita bisa mengikuti pelatihan di lembaga pemberdayaan ekonomi. Pelatihan atau training yang dilakukan bisa menjadi modal usaha yang paling tepat untuk kita.

Temans bisa memilih organisasi penyalur usaha kredit atau KUR. Ketika kita bisa mendapatkan pelatihan dan telah disetujui oleh pihak organisasi untuk mendapatkan dana yang besar, maka kita bisa segera untuk mendapatkan modal untuk mendapatkan usaha.

****

Dari kelima solusi di atas, solusi yang paling cepat yang bisa temans lakukan adalah dengan menjual aset. Jika memiliki aset yang bernilai guna seperti rumah, alangkah baiknya temans mempertimbangkan untuk menjualnya dibandingkan dengan berhutang di bank.

cara-jitu-menjual-rumah-dengan-cepat

Berikut adalah cara-cara yang bisa temans lakukan agar rumah laku dijual.

6 Cara Menjual Rumah Terbaik Agar Cepat Laku

  • Listing di situs jual beli properti

Agar rumah yang kita jual cepat laku, kita bisa melakukan listing di situs jual beli property. Situs jual beli property bisa ditemukan di internet. Banyak program di internet yang menawarkan listing gratis atau tanpa biaya.

Jadi nanti kita bisa menyertakan deskripsi yang jelas dan foto yang menarik untuk mengiklankan rumahnya. Dengan demikian, calon pembeli akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi.

  • Tawarkan di media sosial

Hal kedua yang bisa kita lakukan adalah dengan menawarkan di media sosial. Setidaknya, terdapat lebih dari 63 juta pengguna media sosial di Indonesia. Oleh karena itu, ini menjadi salah satu solusi yang paling potensial untuk menawarkan properti rumah kepada khalayak ramai.

  • Gunakan iklan berbayar


Jika kedua cara di atas belum berhasil untuk menjual rumah yang dimiliki, kita bisa menggunakan jasa iklan berbayar. Dengan menggunakan jasa iklan berbayar, maka property yang kita tawarkan akan menjadi cepat laku. 

Jasa iklan berbayar bisa melakukan penawaran kepada konsumen dengan lebih maksimal. Jasa iklan properti nyatanya juga memiliki jangkauan yang luas.

  • Tawarkan kepada relasi terdekat

Hal lain yang mudah dilakukan adalah dengan menawarkan rumah yang kita miliki kepada relasi terdekat. Menawarkan kepada relasi yang terdekat itu jauh lebih baik dibandingkan dengan menjualnya untuk umum. Atau, kita juga bisa menginformasikan kepada penduduk sekitar tempat tinggal bahwa kita akan menjual rumah.

  • Pasang spanduk dijual rumah


Informasikan kepada masyarakat luas bahwa rumah kita yang akan dijual melalui pemasangan spanduk. Pemasangan spanduk akan memancing masyarakat untuk bertanya. Tidak sedikit masyarakat kemudian akan sekadar bertanya tentang harga rumah ataupun spesifikasi dari rumah tersebut.

  • Iklan pada media massa


Media massa  seperti Koran akan membuat properti yang kamu miliki menjadi cepat laku. Temans bisa memasang pada iklan baris untuk mendapatkan calon konsumen yang lebih luas.

Gimana temans?ternyata memang tidak sulit rasanya untuk mendapatkan modal untuk membangun sebuah usaha. Hal tersebut tergantung dari niat kita sendiri.

Saran saya sih, kalau bisa, jangan menjual rumah dalam waktu yang mendadak sekali untuk mendapatkan harga yang tinggi. Temans bisa mempertimbangkan jauh-jauh hari ketika akan menjual rumah. Dengan begitu, kalian akan memiliki kesempatan untuk bernegosiasi tentang harga kepada calon pembeli.

****

Demikian 5 solusi cepat untuk bisa mendapatkan modal bisnis yang bisa temans lakukan. Yang paling penting adalah perencanaan yang matang ya temans agar semuanya bisa berjalan dengan baik.

Semoga bermanfaat yah :)

23 komentar on "5 Solusi Cepat Untuk Mendapatkan Modal Bisnis"
  1. kayaknya tabungan deh. tapi yaa kalo mau berbisnis nunggu tabungannya cukup nanti gak jalan-jalan juga. pinjem ke bank kayaknya solusi terbaik. kalau jual aset sayang banget. aset seperti rumah dan tanah itu sebaiknya harus dipikirkan matang-matang sebelum diputuskan untuk dijual.

    BalasHapus
  2. aq kayanya milih yang dari tabungan deh atau ikutan pelatihan, sekalian belajar bisa dapat pinjaman, kayanya ok deh. kalau jual rumah, rumah sendiri aja belum punya, hahaha
    sukses selalu joeragan ice cream

    BalasHapus
  3. dari pelatihan bisa dapat modal ya teh, baru tahu sha mah. Harus selektif juga milih pelatihan bisnis, banyak yang mahal banget tapi isinya kosong, malah ada yang ujung2nya jualan produk dia dan dipaksa beli..

    BalasHapus
  4. Barokallohu untuk usaha es krimnya Mbasay :)

    BalasHapus
  5. Jual rumah benar-benar jadi investasi bermanfaat yah yang bisa digunakan untuk modal bisnis.

    Btw, ukuran font yang digunakan memang sengaja berubah yah mbak? Soalnya 12 alinea awal besar, terus ke bawahnya kecil 🙈

    BalasHapus
  6. Doakan ya mba bisa punya banyak aset rumah untuk dijual. Soalnya satu rumah aku aja yang di bandung belum lunas KPRnya. Tapi memang rencananya aku ama suami pengen bisnis properti juga trus bisnis usaha yang lain. Doalkan ya

    BalasHapus
  7. Mungkin jual aset memang bisa jadi pilihan..Tapi kalau saya jual rumah jadi pilihan paling terakhir. Karena bisa bingung nanti tinggal di mana.
    Lebih baik jual mobil, perhiasan atau barang lainnya. Kalau jual rumah takutnya enggak akan kebeli lagi di kemudian hari

    BalasHapus
  8. Memang harus bijak mendapatkan solusi untuk modal usaha. Pengennya ya cepat, tetapi harus diperhitungkan juga. Jadi rencananya harus matang, ya :)

    BalasHapus
  9. Belom berani action sampai jual rumah mba hahaha.
    Tapi emang kata orang usaha itu harus totalitas dan berani.

    Pakai pinjaman juga harus berani :)

    BalasHapus
  10. Kalau mau berbisnis harus berani ya, tapi tetep harus pake otak juga. Mau bisnis yang gedean masih maju mundur, nunggu tabungan cukup, tapi kalau ngandelin tabungan doang pasti lama terealisasinya.. dilematis..

    BalasHapus
  11. Waduh, rumah pribadi buat tempat tinggal aja belum punya aku Mbak wkwkkw... Jadi bisnis yg dijalani ya dr modal seadanya dulu, di tabungan. Sedikit demi sedikit, lama-lama berkembang. Semoga aja terus berkembang ke depannya.

    BalasHapus
  12. Aku termasuk yang prefer jual aset lain selain rumah sekiranya masih punya mba. Soale kalo homeless repot juga euy. Mendingan ngutang di bank hehehe.. eniwe sakseis ya usahanya

    BalasHapus
  13. Tabungan dan ikut pelatihan sepertinya bisa saya terapkan, tapi yang paling penting memang perencanaan yang matang ya mbak. Jangan sampai sudah menggunakan tabungan tapi usahanya tidak jalan karena kurang perencanaan yang matang.

    BalasHapus
  14. Selamat mom utk Joeragan Ice Cream nya yah 😍
    Memang utk berbisnis itu butuh pengorbanan termasuk juga modal yah

    BalasHapus
  15. Ngga sampai hati kalau harus jual rumah buat modal bisnis, ada hak anak-anak juga di rumah itu. mending memulai bisnis dari tabungan seadanya dulu aja :)

    BalasHapus
  16. Jual rumah aku tak beraniiii hehe. Pakai tabungan jg blm berani. Kyknya tertarik sama yg ikut pelatihan atau bahkan meminjam bank (eh kalau ada pilihan pinjam saudara atau ortu aku lbh prefer itu).
    Btw mbak moga sukses ya bisnisnya. Moga2 ada kesempatan nih buat nyicipin es krimnya, duh aku jd pengen makan es grem pagi2 hehe

    BalasHapus
  17. Menjual rumah itu lebih susah daripada beli rumah hihihi, apalagi kalo kondisinya lagi butuh biaya mendesak kayanya kok gak ketemu2 ya peminatnya

    BalasHapus
  18. Berbisnis jadi lebih mudah ya. Dengan adanya media sosial. Yah bener banget

    BalasHapus
  19. Kalau saya biasanya menggunakan tabungan dulu untuk bisnis... baru setelah usaha berkembang cari pinjaman modal...

    BalasHapus
  20. Wah, bener banget ini ttg jual rumahnya. Kbtln tetangga ad yg ga laku2 rmhnya. Zaman now ya media promosi mah udah beda. Hrsnya gapapa jg y pke iklan berbayar sesekali. Hmm.. Thanks sarannya bun..

    BalasHapus
  21. dulu pernah dagang batik..usaha kecil kecilan
    modal dari tabungan
    tp kemudian ga lanjutin
    sekarang pengin bikin usaha lagi
    biar bisa dikerjakan di rumah
    misal catering gitu
    tp perlu persetujuan suami sih
    karena modalnya pasti minta ke suami hehehe
    setidaknya pinjaman bank

    BalasHapus
  22. Aku kalau rumah gak berani, cicilannya belum lunas soalnya, huahuaa. Tapi emang jual properti itu keuntungannya besar banget, pernah bi tanah terus dijual 2 tahun kemudian, naiknya udah berkali-kali lipat. Asal emang pas lokasinya banyak diminati.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah pernah ngerasain full wirausaha diawal pernikahan.. emang beneran kebentur masalah modal banget sih, sampai kami lebih memilih ngontrak rumah dan menjual beberapa aset.. yah kalau diingat ingat lagi, lumayan nekat juga sih waktu itu hehehe

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature