Mudahnya Belajar Membaca Lewat Youtube

Rabu, 21 November 2018
Pembagian rapot 2 bulan silam menghasilkan komitmen saya dan ibu guru untuk konsisten mengajarkan baca bagi Neyna. 

Mengingat tahun depan sudah mau masuk SD, so saya diminta ibu guru untuk konsisten ajarkan Neyna membaca.

Bukanlah hal mudah mengajarkan Neyna membaca, pasalnya Neyna punya gaya belajar yang berbeda pada umumnya agar bisa menangkap dengan mudah materi yang sedang diajarkan.

Gaya belajar yang paling mudah bagi Neyna itu dengan bernyanyi. Salah satu contoh ketika Neyna belajar bahasa Arab, ia akan mudah menghafal seperti Mata - Ainun, Telinga - Udzunun semua kata-kata tersebut dikemas dalam bentuk nada. 

Tak perlu darah tinggi kumat, Neyna dengan mudah menghafalnya. Sementara itu saya yang minim seni dalam mengajarkan membaca anak jadinya maha kerepotan banget menghadapi itu semua.

Yang ada selama Neyna belajar dengan saya bukannya kemudahan akan tetapi seperti mimpi buruk bagi Neyna. Iyes, saya mamak galak yang bisa keluar 8 oktaf tingginya kalau sudah melihat Neyna susah konsentrasi.

Tentu saja cara ini tidak baik bukan tidak hanya psikologis Neyna jadi tidak nyaman terlebih lagi cara yang saya lakukan bisa jadi pemicu Neyna ogah untuk belajar kelak dikemudian hari.

Pun juga bagi saya, yang takut makin kayak nenek sihir kalau setiap belajar marah-marah terus. Baik saya dan Neyna butuh sesuatu yang baru agar gaya belajar tidak monoton.

Beruntung saya suka pantengin channel YouTube dari yang berfaedah sampe Unfaedah biasayana tetap saya pantengin mengingat saya juga butuh hiburan sebagai ibu dengan status 2 anak dan bekerja diluar rumah pulak.

cara-cepat-belajar-membaca


Korelasi Antara YouTube Dan Belajar Membaca

Saya ini tipe Mamak yang biasa cari info lewat review pengalaman dari orang lain dengan harapan saya bisa mencontek apa yang bisa saya lakukan untuk memudahkan saya dalam aktifitas sehari-hari.

Dari memilih sekolah, rumah sakit, resep makanan, cari hiburang dan mengajari anak membaca yang saya lakukan adalah buka Smartphone lalu masuk aplikasi youtube. 

Sudah lama banget saya adalah penggemar channel youtube, menurut saya kini mbah google jauh ketinggalan dibanding youtube untuk visualnya. Ya siapa yang tidak dimudahkan jika tutorial masak sampe benerin kamera ada di youtube.

Singkat cerita, saya dapat insight dari bu guru yang memberikan link youtube tentang nyanyian mengenal huruf dan cara membacanya seperti A untuk Apel.

Kali pertama setel video itu dan saya berikan ke Neyna IT'S WORK sodara-sodara. Dengan mudahnya Neyna bisa menghafal bahkan mulai ajak tebak-tebakan dari awalan huruf yang ia ingat untuk nama binatang dan nama buah,

See...ternyata smartphone juga berguna untuk media belajar anak. Kubahagia melihat progressnya, padahal sebelumnya jika saya ajari secara satu arah dan monoton duh rasane pengen jedotin pala sendiri karena Neyna susah menangkap.

Akhirnya nih saya mulai cari video lain di youtube yang menunjang Neyna agar bisa mengenal huruf dan membaca. 

Semudah itu mengajarkan anak ga perlu pake emosi ternyata temans!cukup dengan Smartphone dan punya paket youtube unlimited.

Kalau sudah paket smartphone dan youtube unlimited ga tau kenapa nih saya langsung ingatnya HP Advan S50?

belajar-membaca-lewat-youtube


Ga cuman akses youtube yang unlimited 24 jam tapi sosial medianya juga temans 24 jam selama setahun. 

Selain itu juga dapat kuota tambahan 12 GB selama setahun, Masih ada yang bisa didapatkan dari smartphone ini yakni Free VIP iflix, Free Spotify sampe Free telepon. Mantab betul ya!

Isi ulang mulai dari 10 ribu doang udah dapat free telepon loh!

***

Dengan kelebihan Smartphone Unlimited so saya bisa kapan saja, dimana saja dengan mudah untuk mengajarkan Neyna membaca lewat youtube. 

Saya ga perlu takut kuota habis karena berlama-lama buka youtube buat cari channel yang sesuai dengan kebutuhan mengajarkan anak deh.

Ssst..teman mau coba ga?yuk beralih metode belajar yang kekinian jangan memaksakan metode lama buat anak yang berakibat anak benci untuk belajar.

Semoga bermanfaat yah!

45 komentar on "Mudahnya Belajar Membaca Lewat Youtube"
  1. Emang ya mb berhadapan dg anak piyik kudu stok sabar tingkat tinggi hihi
    Sekarang untung teknologi makin maju seenggaknya memudahkan juga buat salah satu opsi sarana blajar anak...termasuk yucuuub

    Moga neyna makin garcep latiannya...

    BalasHapus
  2. Punya paket internet, aplikasi edukatif membanjir, bagus banget dimanfaatkan ya Mba :)
    Dengan adanya Youtube ini bisa membantu belajar lebih efektif dan menyenangkan buat anak tentunya :)
    Tapi saat anak eksplor Youtube musti didampingi juga ya Mba :)

    BalasHapus
  3. Jadi cepat belajarnya ya lewat youtube ini.
    Anak-anakku juga suka nonton youtube. Biasanya kalo ada tugas prakarya, mereka cari idenya di youtube hehe. Membantu banget sih.

    BalasHapus
  4. Sama, Mbak Herva, saya juga suka buka chanel youtube. Kalau saya sering mencari masakan dan hijab ala-ala sekarang. Dengan smartphone yang keren, kita semakin mudah ya mengakses chanel youtube.

    BalasHapus
  5. kalo anakku jd suka nyelutuk bahasa inggris karena sering liat youtube :)

    BalasHapus
  6. memang ya generasi milenial ini berbeda
    Mereka maunya belajar itu fun, seru dan menarik
    Gak laku deh gaya belajar kayak kita dulu yang duduk manis di meja belajar menatap barisan angka dan kata di buku hehehehe

    BalasHapus
  7. Wah iya. Youtube pancen oye buat bantu anak-anak belajar, apalagi banyak konten edukasi pakai bahasa Inggris. Lumayan bisa nambah kosakata anak-anak, sekaligus belajar angka atau huruf misalnya.

    BalasHapus
  8. anak-anak nih dikit2 klo ada PR atau project, langsung minjem gadegt ibunya dan cuss ke youtube
    asal tetap harus diawasi juga sih sgn smp ngelantur surfing ke mana-mana hahaha

    BalasHapus
  9. Youtube memang bisa jadi salah satu media pembelajaran untuk anak ya mba. Tinggal siapkan quota unlimited.

    BalasHapus
  10. Boleh juga idenya mbak, nanti saya coba maura, anak saya belajar baca di yt, biar tambah lancar bacanya :)

    BalasHapus
  11. Sekarang tuh anak - anak ga bisa dijauhkan dari gawai yah, yang harus dilakukan orang tua ngawasin dan kasi batasan aja.

    BalasHapus
  12. Lucu ya anak2 emang punya ciri khas sendiri

    BalasHapus
  13. Wah saya baru tau nih mba, mau coba juga ah buat si kecil. Terimakasih infonya mba 😊👍

    BalasHapus
  14. Bisa dapat banyak banget ilmu lewat YouTube tanpa harus ketar-ketir sama kuota kalau seperti ini

    BalasHapus
  15. Paket bundlingnya memang membuat kita bs akses youtube ya...asyik memang belajar dgn youtube lbh menarik.

    BalasHapus
  16. sosmed kalau digunakan dengan tepat banyak positifnya kok ya mba.. tergantung ortu aja. anak2ku juga belajar bahasa inggris dan nyanyi dari yutub :)

    BalasHapus
  17. Coba nonton yutub channel Bimba mbak. Anak2ku biasanya kusetelin itu hehe.
    Wah kalau Advan ini banyak ya bonusnya, bisa yutuban tanpa mikirin kuota lg😁

    BalasHapus
  18. Anakku udah besar semua, aku rekomendasikan untuk ponakan deh

    BalasHapus
  19. Anakku udah besar semua, aku rekomendasikan untuk ponakan deh

    BalasHapus
  20. Wah senang banget ya, anak-anak happy karena boleh nonton you tube dan emaknya jga tenang karena anaknya belajar baca lewat YT. Pakai smatphonenya yang sekeren iitu

    BalasHapus
  21. Mau banget kalau unlimited, bocahku suka nebeng hotspot buat ngegame huhuhu

    BalasHapus
  22. asyik banget nih bunda, aku memang agak nyerah sama anakku yang sudah jago gambar dan search internet berbau tank tapi sulit membaca. Jadi mau ikutan cobain juga belajar baca pakai youtube.

    BalasHapus
  23. Wah, bisa ya belajar baca ewat Youtube? Kudu nyoba nih. Anakku yg ke-3 belom lancar bacanya. :)

    BalasHapus
  24. Cucu bunda kalau lg megang gadgetnya di suruh apa aja nembak terus tar, tar, taar. Bikin PR langsung browsing di youtube. Halllah..

    BalasHapus
  25. Pasti betah tu anak diajak nonton Youtube terus. :D

    BalasHapus
  26. Cara asyik belajar membaca buat anak lewat yutub, saya saja suka apalagi anak-anak ya mbak.

    Apalagi kalau bisa akses youtube yang unlimited 24 jam terus sosial medianya juga oke, 24 jam selama setahun, ciamik tenan

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah skarag jaman digital semunya menjadi mudah ya Bunda. Apalagi di youtube banyak ilmu positif yang bisa diserap dengan baik :) Advan ini jadi pilihan aku juga :)

    BalasHapus
  28. Anakku juga mengenal warna dari youtube mbak, malah dia lebih lancar bahasa Inggris duluan daripada bahasa Indonesianya.

    BalasHapus
  29. padahal buka youtube tuh menghabiskan banyak kuota ya bund, tapi demi anak pasti setiap bunda ingin memberikan yang terbaik. Kalo ada advan mah, aman ya ini mba unlitimited sekali. aku juga mau.

    BalasHapus
  30. Cocok utk anak zaman now yg gemar banget main youtube...

    BalasHapus
  31. Jarang banget kyknya hape yg kasi bonus2 kyk gini. Jadi inget zaman lampau cuma dulu harganya mihil. Kalau skrng hape harga ramah kantong tapoi berani kasi bonus banyak ya mbak tfs infonya

    BalasHapus
  32. Maunya saya yutub buat belajar.. tapi anak saya lbh suka buat nonton yg lainnya :D

    BalasHapus
  33. Nggak selamanya nonton sesuatu secara online tuh negatif ya mba. Jika kita sebagai orang tua bisa mengarahkan, belajar membaca pun bisa dipelajari via youtube. Apalagi kalau dapet paket unlimited gini, bisa maksimal nonton youtube nya.

    BalasHapus
  34. Zaman sekarang belajar apapun bisa mudah ya, terutama dari youtube. Nah sekarang belajar membaca pun bisa dari youtube. Sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  35. Semoga Neyna segera lancar membaca ya Mbak...Ananku yang kecil dulu juga belajar baca dari Yutub. Memang membantu nih..apalagi kalau internetnya lancar jaya dan unlimited pula...

    BalasHapus
  36. Anakku belajar bahasa inggris dari youtube juga. Anak millenial banget. NAh ada paket bundling, bisa youtubean sepuasnya.

    BalasHapus
  37. Saya juga belajar edit video dan nonton sekarang di youtube. Youtube lebih dari tv boom

    BalasHapus
  38. Wah asik dong Neyna belajarnya sambil nyanyi. Salim juga belum lancar membacanya nih.

    BalasHapus
  39. Atuhlaaah, aku juga sering gak sabaran kalo ngajarin anak baca, suka emosyenel gitu lah huhuhu.

    Wah enaaaak kalo bisa belajar dari yutub mah, apalagi kalo pake hape Advan :))

    BalasHapus
  40. Wah advans dengan paket unlimitednya lagi ngehits banget bikin kita bebas berejspresi, bebas cari info

    BalasHapus
  41. Bisa nih aku ajari anakku belajar membaca lewat youtube apalagi kalau pake advan yang unlimited internetnya

    BalasHapus
  42. Mbaak, kirain bakal ngasih tahu channel yutubnya paan, penasaran saya. :<

    BalasHapus
  43. Metode belajar seperti ini memang lebih mudah dari pada metode jaman dulu saya sekolah nih, bagus dan lebih efektif sih, yang penting tetap terawasi.

    BalasHapus
  44. Youtube skrg udha kayak sahabat emak emak ya mom, hehe. Apa aja ada. Mulai dr ngurus anak, dapur, dll. Dna emang perlu bgt kuota yg gede kalo udha pake youtube.

    BalasHapus
  45. Teknologi akan sangat bermanfaat jika di pergunakan untuk hal-hal yang sifatnya positif

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature