POSTS SLIDER

I'm writing about...

Hal Penting Yang Terlupakan Menjelang Proses Persalinan

Halo temans,membicarakan proses persalinan selalu membuat hati berdebar-debar dan mata berbinar-binar. Hal ini diyakini karena masa kehamilan selama 9 bulan lamanya yang disertai dengan keluhan dan macam-macam reaksi yang terjadi selama kehamilan membuat proses persalinan merupakan hal paling dinanti.

Menanti proses kelahiran si jabang bayi tentu saja tak luput dari berbagai macam ritual maupun aktifitas masing-masing ibu. Ada yang seperti saya masih aktif bekerja dan seminggu sebelum lahiran menanti dengan aktifitas jalan-jalan sampai jalan jongkok.

Adapula yang menanti dengan mempersiapkan segala perlengkapan bayi entah itu belanja online atau belanja langsung ke toko. Dan biasanya sih yang sering dilakukan sebelum proses persalinan adalah memantapkan hati untuk melahirkan dimana?dengan bidan atau dokter? di rumah sakit atau klinik bersalin?melahirkannya normal spontan atau operasi cesar?

Seperti yang saya alami detik-detik memasuki usia kehamilan 7 bulan mulai galau lahiran dimana?sampe tanya kesana kemari, survey tempat hingga memperkirakan biaya lahiran berapa jika nanti saya lahiran di tempat A atau B. 


Bagi saya ternyata biaya melahirkan dan tempat melahirkan sangat menyita perhatian banget. Harapan saya bisa melahirkan di klinik bersalin apalagi ini anak kedua tapi Qadarullah manusia seperti saya hanya bisa berencana ujungnya saya harus merasakan ruang operasi karena kenyataannya saya harus lahiran cesar.

review bra mooimom, bra menyusui, bra mooimom, bh menyusui nyaman, perlengkapan persalinan

Fokus perhatian tersebut nyatanya membuat saya lupa ada hal-hal yang juga harus saya siapkan namun terlupakan menjelang proses persalinan. Tentunya hal ini ingin saya bagikan jangan sampai nanti ada yang mengalami hal yang sama seperti saya.

Apa sajakah hal penting yang terlupakan oleh saya menjelang proses persalinan?


👶 Packing Perlengkapan Melahirkan 

Adalah hal yang bener-bener saya remehin, saya merasa ah nanti sajalah siapin perlengkapan melahirkan karena saya meyakini HPL (hari perkiraan lahir) juga masih lama. Dengan menganggap enteng begini membuat saya setelah membeli perlengkapan bayi itu tak lantas segera saya cuci dan bereskan ke tas.

Hingga akhirnya ketika 2 minggu sebelum HPL dinyatakan pembukaan 1 dan harus dirawat disitulah saya menangis-nangis karena semua perlengkapan bayi belum sama sekali saya cuci boro-boro mau di packing. 

Alhasil malam sebelum saya diminta rawat inap di RS, saya nyuci dulu bahkan setrika dulu pokona meni riweuh pisanlah moal aya riweuhna apalagi disertai dengan drama saya yang ketakutan menjelang lahiran, kesakitan kontraksi, kegalauan ninggalin si sulung alamak rasanya hari itu saya pengen banget guling-guling kalau ada munding (red;kerbau) saya tampiling itu munding bakating kesyel 😂.

Meskipun pada akhirnya saya ga jadi dirawat esok harinya akan tetapi packing segala perlengkapan bayi maupun perlengkapan saya melahirkan maksimal 2 minggu sebelum HPL sebaiknya harus sudah siap.

Nah buat temans jangan sampe yah mengalami kayak saya apalagi sampe nampiling bujur munding hahaha...

🍚 Stock Makanan

Nah hal kedua yang saya sepelekan dan tak terfikirkan adalah "Ketersediaan Makanan" di rumah. Bayangkan pulang dari rumah sakit yang biasanya di rumkit dapat sajian makanan enak dan bergizi eh lahdalah pas pulang ke rumah makanan kosong *ngenes pake bangets*.

Memang di rumah, yang selalu belanja adalah saya kebayangkan yang suka belanja dan sediain makanannya sakit lalu yang tersisa hanya butiran debu 😅. Terlebih pasca lahiran status saya yang tadinya bumil jadi busui.

Dan jadi busui itu nafsu makan membabi buta, baru makan laper lagi begitu seterusnya karena memang harus menyusui. Apalagi pasca pulang dari rumkit, adaptasi dengan rutinitas baru yakni #tim bang Haji begadang# membuat saya mudah lapar.

Sampe besoknya ketika melihat lemari cuman ada tepung beras akhirnya saya bikin bubur sumsum  mengganjel perut😂. So, buat temans yang hendak lahiran sebisa mungkin selalu stock makanan minimal frozen food yang praktis biar bisa langsung cepat saji.

Yakin deh awal-awal pulang apalagi kondisi seperti saya pasca cesar ga memungkinkan banget buat masak. Dan jangan lupa kerjasama dengan suami biar suami yang gantian ke pasar atau membelikan lauk pauk untuk stock dirumah.

Ingat loh jangan sampe perut kosong karena baby butuh asupan bergizi dari ASI yang dia minum.

👌 Bra Menyusui

Hal lain yang menurut saya penting namun terlupakan adalah memiliki "Bra Menyusui". Setelah melahirkan tugas kita continue yakni menyusui. Bagi saya aktifitas menyusui memang tidak berat namun bisa bikin stress juga takkala peralatan penunjang menyusui seperti breastpump, coolerbag bahkan bra menyusui belum tersedia.

Bagi saya bra menyusui sangatlah memberikan peranan utamanya yang bikin nyaman saya selama menyusui. Selama ini saya paling suka pake bra yang berkawat makanya selama hamil anteng aja ga mikirin kalau ntar menyusui kondisi payudara berbeda seperti biasanya. Mengguanakan bra berkawat itu bikin sakit.

Untunglah saya nemuin Ultra Comfort Seamless Nursing Bra dari Mooimom Indonesia. 

review bra mooimom, bra menyusui, bra mooimom, bh menyusui nyaman, perlengkapan persalinan

Buat temans yang sedang menyusui saya rekomendasikan bra ultra comfort seamless nursing dari mooimom ini, apa saja yang bikin nyaman bagi saya selama memakainya?

Bahannya dari Nylon dan Spandex, ini bikin nyaman ga bikin gerah juga 
Tidak berkawat, desainnya seamless jadi kalau payudara sudah penuh ga menekan beda jika saya pake yang berkawat ketika payudara penuh itu alamak sakit banget!

review bra mooimom, bra menyusui, bra mooimom, bh menyusui nyaman, perlengkapan persalinan

Memiliki 4 hook pengikat jadi tidak khawatir lepas atau copot kalau payudara sudah penuh, karena saya pernah alami pake bra dengan 2 hook dan berkawat pulak waktu itu masih menyusui anak pertama karena sudah penuh payudaranya akhirnya lepas. Pake ultra comfort ini tidak khawatir lagi lepas

review bra mooimom, bra menyusui, bra mooimom, bh menyusui nyaman, perlengkapan persalinan

Tali bra-nya lebar jadi tidak sakit di pundak
Kancing bukaannya praktis
✔ Disertai dengan Bra Pad yang bisa dicopot, salah satu yang saya suka dari bra ini adalah adanya bra pad ini. Jadi ga khawatir kalau saya kelupaan pake breast pad bila ASI mengucur beda banget sama bra yang saya miliki tanpa pad kalau payudara penuh langsung deh ASI brebes sampe banjir tembus ke baju.

Pokoknya overall saya suka banget sama bra ini bikin saya nyaman dan semangat meng-ASI-hi baby Rayi yang unyu-unyu 😁.

***

Gimana temans sudah terbayangkan yah hal-hal yang dianggap kita sepele ternyata penting juga untuk dipersiapkan. 

Demikian yang bisa saya bagi kali ini, temans punya pengalaman serupa atau ada hal yang bisa ditambahkan seputar hal penting yang tak boleh terlupakan menjelang proses persalinan?yuk sharing di kolom komen. 💋

Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat yah dan saya ingatkan buat temans yang mau memiliki bra ultra comfort seamless nursing ini bisa kunjungi 👇 :

Website Mooimom Indonesia