Selasa, 08 Mei 2018

Hal Penting Yang Terlupakan Menjelang Proses Persalinan

Halo temans,membicarakan proses persalinan selalu membuat hati berdebar-debar dan mata berbinar-binar. Hal ini diyakini karena masa kehamilan selama 9 bulan lamanya yang disertai dengan keluhan dan macam-macam reaksi yang terjadi selama kehamilan membuat proses persalinan merupakan hal paling dinanti.

Menanti proses kelahiran si jabang bayi tentu saja tak luput dari berbagai macam ritual maupun aktifitas masing-masing ibu. Ada yang seperti saya masih aktif bekerja dan seminggu sebelum lahiran menanti dengan aktifitas jalan-jalan sampai jalan jongkok.

Adapula yang menanti dengan mempersiapkan segala perlengkapan bayi entah itu belanja online atau belanja langsung ke toko. Dan biasanya sih yang sering dilakukan sebelum proses persalinan adalah memantapkan hati untuk melahirkan dimana?dengan bidan atau dokter? di rumah sakit atau klinik bersalin?melahirkannya normal spontan atau operasi cesar?

Seperti yang saya alami detik-detik memasuki usia kehamilan 7 bulan mulai galau lahiran dimana?sampe tanya kesana kemari, survey tempat hingga memperkirakan biaya lahiran berapa jika nanti saya lahiran di tempat A atau B. 


Bagi saya ternyata biaya melahirkan dan tempat melahirkan sangat menyita perhatian banget. Harapan saya bisa melahirkan di klinik bersalin apalagi ini anak kedua tapi Qadarullah manusia seperti saya hanya bisa berencana ujungnya saya harus merasakan ruang operasi karena kenyataannya saya harus lahiran cesar.


Fokus perhatian tersebut nyatanya membuat saya lupa ada hal-hal yang juga harus saya siapkan namun terlupakan menjelang proses persalinan. Tentunya hal ini ingin saya bagikan jangan sampai nanti ada yang mengalami hal yang sama seperti saya.

Apa sajakah hal penting yang terlupakan oleh saya menjelang proses persalinan?


πŸ‘Ά Packing Perlengkapan Melahirkan 

Adalah hal yang bener-bener saya remehin, saya merasa ah nanti sajalah siapin perlengkapan melahirkan karena saya meyakini HPL (hari perkiraan lahir) juga masih lama. Dengan menganggap enteng begini membuat saya setelah membeli perlengkapan bayi itu tak lantas segera saya cuci dan bereskan ke tas.

Hingga akhirnya ketika 2 minggu sebelum HPL dinyatakan pembukaan 1 dan harus dirawat disitulah saya menangis-nangis karena semua perlengkapan bayi belum sama sekali saya cuci boro-boro mau di packing. 

Alhasil malam sebelum saya diminta rawat inap di RS, saya nyuci dulu bahkan setrika dulu pokona meni riweuh pisanlah moal aya riweuhna apalagi disertai dengan drama saya yang ketakutan menjelang lahiran, kesakitan kontraksi, kegalauan ninggalin si sulung alamak rasanya hari itu saya pengen banget guling-guling kalau ada munding (red;kerbau) saya tampiling itu munding bakating kesyel πŸ˜‚.

Meskipun pada akhirnya saya ga jadi dirawat esok harinya akan tetapi packing segala perlengkapan bayi maupun perlengkapan saya melahirkan maksimal 2 minggu sebelum HPL sebaiknya harus sudah siap.

Nah buat temans jangan sampe yah mengalami kayak saya apalagi sampe nampiling bujur munding hahaha...

🍚 Stock Makanan

Nah hal kedua yang saya sepelekan dan tak terfikirkan adalah "Ketersediaan Makanan" di rumah. Bayangkan pulang dari rumah sakit yang biasanya di rumkit dapat sajian makanan enak dan bergizi eh lahdalah pas pulang ke rumah makanan kosong *ngenes pake bangets*.

Memang di rumah, yang selalu belanja adalah saya kebayangkan yang suka belanja dan sediain makanannya sakit lalu yang tersisa hanya butiran debu πŸ˜…. Terlebih pasca lahiran status saya yang tadinya bumil jadi busui.

Dan jadi busui itu nafsu makan membabi buta, baru makan laper lagi begitu seterusnya karena memang harus menyusui. Apalagi pasca pulang dari rumkit, adaptasi dengan rutinitas baru yakni #tim bang Haji begadang# membuat saya mudah lapar.

Sampe besoknya ketika melihat lemari cuman ada tepung beras akhirnya saya bikin bubur sumsum  mengganjel perutπŸ˜‚. So, buat temans yang hendak lahiran sebisa mungkin selalu stock makanan minimal frozen food yang praktis biar bisa langsung cepat saji.

Yakin deh awal-awal pulang apalagi kondisi seperti saya pasca cesar ga memungkinkan banget buat masak. Dan jangan lupa kerjasama dengan suami biar suami yang gantian ke pasar atau membelikan lauk pauk untuk stock dirumah.

Ingat loh jangan sampe perut kosong karena baby butuh asupan bergizi dari ASI yang dia minum.

πŸ‘Œ Bra Menyusui

Hal lain yang menurut saya penting namun terlupakan adalah memiliki "Bra Menyusui". Setelah melahirkan tugas kita continue yakni menyusui. Bagi saya aktifitas menyusui memang tidak berat namun bisa bikin stress juga takkala peralatan penunjang menyusui seperti breastpump, coolerbag bahkan bra menyusui belum tersedia.

Bagi saya bra menyusui sangatlah memberikan peranan utamanya yang bikin nyaman saya selama menyusui. Selama ini saya paling suka pake bra yang berkawat makanya selama hamil anteng aja ga mikirin kalau ntar menyusui kondisi payudara berbeda seperti biasanya. Mengguanakan bra berkawat itu bikin sakit.

Untunglah saya nemuin Ultra Comfort Seamless Nursing Bra dari Mooimom Indonesia. 


Buat temans yang sedang menyusui saya rekomendasikan bra ultra comfort seamless nursing dari mooimom ini, apa saja yang bikin nyaman bagi saya selama memakainya?

Bahannya dari Nylon dan Spandex, ini bikin nyaman ga bikin gerah juga 
Tidak berkawat, desainnya seamless jadi kalau payudara sudah penuh ga menekan beda jika saya pake yang berkawat ketika payudara penuh itu alamak sakit banget!


Memiliki 4 hook pengikat jadi tidak khawatir lepas atau copot kalau payudara sudah penuh, karena saya pernah alami pake bra dengan 2 hook dan berkawat pulak waktu itu masih menyusui anak pertama karena sudah penuh payudaranya akhirnya lepas. Pake ultra comfort ini tidak khawatir lagi lepas


Tali bra-nya lebar jadi tidak sakit di pundak
Kancing bukaannya praktis
✔ Disertai dengan Bra Pad yang bisa dicopot, salah satu yang saya suka dari bra ini adalah adanya bra pad ini. Jadi ga khawatir kalau saya kelupaan pake breast pad bila ASI mengucur beda banget sama bra yang saya miliki tanpa pad kalau payudara penuh langsung deh ASI brebes sampe banjir tembus ke baju.

Pokoknya overall saya suka banget sama bra ini bikin saya nyaman dan semangat meng-ASI-hi baby Rayi yang unyu-unyu 😁.

***

Gimana temans sudah terbayangkan yah hal-hal yang dianggap kita sepele ternyata penting juga untuk dipersiapkan. 

Demikian yang bisa saya bagi kali ini, temans punya pengalaman serupa atau ada hal yang bisa ditambahkan seputar hal penting yang tak boleh terlupakan menjelang proses persalinan?yuk sharing di kolom komen. πŸ’‹

Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat yah dan saya ingatkan buat temans yang mau memiliki bra ultra comfort seamless nursing ini bisa kunjungi πŸ‘‡ :

40 komentar:

  1. Menyiapkan tas dan perlengkapan, udah.
    stok makanan insyaAllah aman soalnya kangmas suami yg biasa belanja ke pasar,wkwk.
    Bra menyusui udah punya.

    aseeek, udah semua.

    kalau aku paling nambah 1 lagi. Jauh-jauh hari udah sounding ke kedua kakaknya, nanti pas akunya lahiran mereka nunggu di rumah dengan tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah semoga lancar teh aamiin

      Hapus
  2. Banyak yang ketinggalan termasuk makeup dan bra menyusuiπŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener make up wkwkwk pas abis lahiran jadi kulehe hinyay caludih πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  3. Peristiwa persalinan yang paling saya ingat saat menemani istri melahirkan adalah dimarah2i dan disalah2i hehehe

    BalasHapus
  4. aku yang lupa, stock makanan ternyata hahaha..Tapi untung lahiran pertama dan kedua, Ibuku memang datang mau nungguin lahiran aku, Mbak. Jadi ternyata Beliau pas aku di RS sempat bebikinan untuk persiapan aku pulang..wah, terima kasih Ibuuuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah snengnya ada ibu yang prepare semua y mba pas aku pulang taraaa sarang laba2 di kulkas wkwkwk saking kosongnya

      Hapus
  5. Tks diingatkan kembali ya bun... Kami saat ini sedang menantikan anak ke 4, Semoga nanti dilancarkan dan diberikan kemudahan. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lancar dan sehatE yah aamiin 😁

      Hapus
  6. Nah stok makanan nih kadang yang kelupaan. Padahalkan kadang pengen makanan khusus yang hanya bisa diperoleh dari luar rumah sakit :p. Aih bra menyusuinya kece bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummi makanan pdahal penting bingits terlebih recovery pasca lahiran n menyusui butuh banget eneergi 😁 yuk cobain branya umi

      Hapus
  7. Pas lahiran dulu, aku sbnrnya terbantu krn ada asisten dan mama. Jd semua perlengkapan udh disiapin ama mereka. Aku tinggal operasi :p. Tp wkt itu masalah bra menyusui yg ga enak. Krn ukuran yg dibeli ga pas. Dr online sih, pas dtg ga sesuai ama yg di maui :( . Trpaksa aku beli lagi. Wkt itu blm dgr ttg merk mooimon ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknyo ada mamah y mba klo ada mamah pasti kebantu alhamdulilah saya dah ditinggal mamah jd kudu mandiri hehehe

      Hapus
  8. Lahiran anak pertama boro-boro mikirin bra menyusui, duh, mikir mau lahiran dimana masih nggak tahu. Pada anak berikutnya lebih dipersiapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba next mesti dipersiapkan halah hehehe

      Hapus
  9. Ya ampun sampe bikin bubur sumsum xD kasian busui kelaperan.. iya betul juga, stok makanan jangan sampe luput dari perhatian hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mba jangan sampe luput pokoknya makanan harus stock

      Hapus
  10. Waah anak kedua emang kadang lebih santai ya hihihi.
    Tapi beda ama saya, emang pada dasarnya saya sukanya kepikiran hal-hal di masa depan, jadinya pas lahiran kemarin sudah terpikirkan segalanya sejak hamil 3 bulan hehehe..

    Survey RS tempat lahiran sejak usia kehamilan 3 bulan karena mau nentukan pakai dokter siapa pas lahiran, enak aja gitu kalau lahirannya ama dokter yang sudah kenal.
    segala hal mengenai perlengkapan di RS juga sudah disiapkan jauh hari, hal-hal setelah pulang ke rumah juga.
    Maklum kami bener-bener sendirian, gak ada keluarga yang bantuin hiks (kayak anak yatim piatu huhuhu)

    Btw bra menyusui kayaknya terlewati juga sayanya, cuman beli 2, ituppun bukan khusus menyusui, hahaha..
    Mupeng deh liat branya, nyaman banget tuh kayaknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi sharingnya mba hehe iya beanya nyaman bangets

      Hapus
  11. Sebagai seorang ibu, emang pengorbanan untuk anaknya jadi ciri khas tersendiri dibanding kaum adam. Sukses terus mbak...

    BalasHapus
  12. Waktu lairan pertama uda nyiapin bra menyusui & dibawa ke RS. Karena fokus belajar menyusui yang penuh perjuangan, akhirnya kelupaan πŸ˜‚ Huhu.

    Pengalaman lairan pertama, di lairan kedua kemarin langsung dipake terus soalnya udah lancar nyusuinnya. Hihi

    BalasHapus
  13. Betul, stok makanan di rumah jgn sampai lupa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya padahal sbg busui mah cepet pisan lafarna

      Hapus
  14. Jadi ingat pas lahiran kemarin yang serba mendadak, SC pula. Persiapan baru 80% maklum anak pertama mba. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mendadak emang bikin panik ya teh hehe

      Hapus
  15. Wah jadi inget lahiran pertama
    bingung apa yang perlu disiapkan
    biasanya pertama suka banyak larangan ini itu hehe
    penting banget nih buat nambah momongan nanti biar benar-benar siap

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya klo waktu pertama pasti banyak yg komen ini itu ga boleh mba hahaa

      Hapus
  16. Mbaaa jujur pas jelang hari h aku mlh blas nda nafsu makan, padahal dah dibeliin cemilan berkresek kresek wkwk
    Mang busui itu kuduk disupport bgt, secara kitorang kn dah rempong y, pengennya bgitu bangun uda tersedia aja itu masakan, tp apalah daya kudu ribet masak deui

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb nit remponga banget mesti banyakin support systemnya

      Hapus
  17. Bapak perlu tahu nih, he..he.. istri sudah bumil usia 5 bulan

    BalasHapus
  18. Duh mba, hebat banget pulang dari rumkit masih bisa masak bubur sumsum.. saya mah boro, masak nasi aja suami yg masak, hihi.. saya juga kelupaan ga stok makanan, jadi berasa banget dikit2 laper..
    Btw, saya kok baru tahu ya ada bra yg ada bra padnya(selama ini kemana aja? Wkwk), inovatif banget ya mba.. saya jg pakai breastpump nya mooimom, bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terpaksa mba wkwkwk
      nah iya branya dr mooimom enak banget BPnya juga bagus

      Hapus
  19. Aku bacanya ikut deg-degan Mbaaak, ngebayangin gimana nanti pas lahiran anak kedua. (belum hamil sih, hehe...)
    Mesti stok makanan yes, siap sedia buat lahiran juga tas perlengkapan de el el gaboleh lengah *catet di buku*

    Btw, baca bahasa Sundanya asik nih teh, rada-rada mirip dikit sama bahasa Banjar :D

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design