Cara Tepat Mengatasi Luka Bakar!

Selasa, 15 Mei 2018
Apa kabar temans?semoga senantiasa sehat selalu yah. Detik-detik memasuki bulan Ramadhan pastinya udah pada siap-siap ya kan?ga hanya fisik akan tetapi saya yakin saat ini temans sedang persiapan masak-memasak.

Ngomongin masak-memasak, saya mau ingetin buat temans semuanya agar hati-hati nih dalam memasak jangan sampe kena cipratan minyak goreng panas apalagi sampe kena kompor. Saya jadi inget pengalaman goreng cumi yang menyebabkan tangan kanan saya tersembur cipratan minyak goreng.

Dulu saat terkena cipratan minyak goreng saya segera oleskan pasta gigi ke bagian yang terkena cipratan minyak gorengnya. Konon inilah resep turun temurun yang diwariskan oleh orang-orang terdahulu. Hayo siapa yang juga dapet resep ini?sepertinya resep ini dari Bibi Lung belum ketemu Yoko sampe Yoko jadi aki-aki masih tetap dipercaya yah😂.

Kenyataannya penanganan luka bakar menggunakan pasta gigi itu SALAH temans!jadi gimana dong bagaimana cara yang tepat dalam mengatasi luka bakar?yakni dengan oleskan salep MEBO produksi Combiphar.

Kenalan Yuk Sama MEBO


Mebo adalah salep luka bakar yang merupakan akronim dari "Moist Exposed Burn Ointment". diproduksi oleh Combiphar sejak tahun 2006. Tak hanya dipercaya sebagai pilihan perawatan luka bakar di Indonesia saja namun Mebo sudah Go Internasional loh di 73 negara!awww keren bo 😍.

Apa saja yang terkandung dalam MEBO?

Mebo mengandung 3 bahan herbal yaitu Phellodendri Chinensis, Coptidis Rhizoma dan Scuttelariae Radix. Selain itu mengandung aroma Minyak Wijen dan Beeswax. Fungsi minyak wijen memberikan suasana moist (lembab) ada area luka sehingga mempercepat penyembuhan luka selain itu dapat menyerap panas pada area luka bakar sehingga bisa mengurangi tingkat keparahan luka bakar.




Cara Pemakaian Mebo Gimana?

Cukup oles tipis setiap 4-6 jam. Ingat yah hanya untuk pemakaian luar


Bisa Beli dimana?

Bisa beli diapotek atau beli online harganya kurang lebih Rp 95.000 saja

Gimana temans sudah kenalan sama Mebo?sekarang jadi tahu kan yah tentang salep ajaib untuk penanganan luka bakar. Tahukah temans jika 69% luka bakar itu terjadi di rumah dan 21,5% di anataranya di sebabkan oleh minyak panas.

Seminar Penanganan Luka Bakar

Tak hanya di rumah, bahaya luka bakar bisa terjadi kapan saja dan dimana saja jadi kita semua wajib berhati-hati dan harus tahu bagaimana cara yang tepat dalam mengatasi luka bakar. Sehubungan dengan pentingnya edukasi mengenai penanganan luka bakar Combiphar bersama PERAPI (Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia) bekerjasama untk melaksanakan seminar pada tanggal 12 Mei 2018 di Manado.


Menurut VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Weitarsa Hendarto menyatakan "Kerjasama ini merupakan cara efektif untuk memperluas pemahaman tentang penanganan luka bakar dan pemilihan obat yang tepat untuk mengedukasi frontliner praktisi pelayanan kesehatan dalam menangani pasien-pasien luka bakar baik ringan maupun berat".

Acara ini dihadiri oleh 200 orang dari kalangan dokter dan perawat di wilayah Manado, Sulawesi Utara. Sebelumnya acara ini sudah terselenggara dengan baik di Kupang pada tanggal 28 April 2018 yang diikuti oleh 86 peserta. 



Luka bakar bukan merupakan hal yang enteng loh temans, berdasarkan data riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan yang dirilis tahun 2013, tercatat jika luka bakar itu menempati urutan ke-6 penyebab cedera tidak disengaja (unintentional injury) setelah jatuh, sepeda motor, benda tajam/tumpul, transportasi darat lain dan kejatuhan dengan tingkat prevalensi 0,7 % dari jumlah penduduk Indonesia. 

WHO mencatat pula jika luka bakar menyebabkan 195.000 jiwa meninggal di Indonesia setiap tahun. Riset kementerian Kesehatan juga menekankan anak-anak usia 1-4 tahun menjadi kelompok umur yang paling rentan terkena luka bakar. Duh ngeri banget yah!so waspada nih temans.

Dengan kondisi tersebutlah Combiphar melalui produk MEBO yang telah dipercaya oleh dokter di Indonesia sejak tahun 2006 mempunyai misi untuk bisa mengedukasi masyarakat khususnya para ibu, guna meningkatkan kesadaran dalam penanganan pertama luka bakar di rumah.

***

Gimana temans?apa masih tetap ingin oleskan pasta gigi jika terkena minyak goreng panas saat memasak?atau saat kena setrika?atau saat terkena air panas?stop untuk memberikan treatment yang salah ya temans karena bisa jadi infeksi jika penanganan pertama luka bakar tidak benar.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat yah, yuk sedia MEBO pada kotak P3K di rumah. Jangan salah lagi yah temans!💋
66 komentar on "Cara Tepat Mengatasi Luka Bakar!"
  1. Waahh!! Cukup dioles saja cara penggunaannya ternyata yaa!! Simple dan menarik beli aah!! 😄😄

    BalasHapus
  2. Hm, ya biasa dulu diolesin odol ya klo ada luka bakar hihi

    BalasHapus
  3. si cumi emang suka meletup-letup. Gak perlu pake odol lagi sekarang mah.

    BalasHapus
  4. Lebih praktis nih udah tau obat yg benernya pake apa. Inget waktu kecil pernah kena luka gitu malah diolesin pasta gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya pasta gigi sll diandelinnodhl salah teh

      Hapus
  5. Seandainya dulu waktu aku TK udah ada Mebo. Tragedi kebakaran bagian dada dulu teh aku pernah, sebulan nggak masuk sekolah 😂

    BalasHapus
  6. Inget banget waktu kecil kena bakaran tali rapia pakai pasta gigi hehe dan itu ternyata salah besar.

    BalasHapus
  7. Wah, bener pisan itu mah Teh kalo goreng cumi tuh suka nga-beletrok dan biasanya emang suka dioles odol sih hehehe.

    Kayaknya harus nyetok Mebo nih di rumah, buat persediaan yah Teh.

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu bisa pakai Mebo. Biasanya kalau kena panas aku oleskan salep luka bakar yg lain

    BalasHapus
  9. ternyata banyk loh yg salah menangani luka bakar, dulu sering liat orang pakai pasta gigi untuk luka bakar sekarang ada Mebo untuk luka bakar

    BalasHapus
  10. Saya sering mengalami luka bakar ringan sampai sedang , harus sedia Mebo di rumah ya.

    BalasHapus
  11. Aku biasanya dioleh minyak goreng hehe. Salah ya ternyata.

    BalasHapus
  12. Iya dulu katanya kalau luka bakar dipakein odol karena sensasi dingin yg ditimbulkan. Jadi rasanya nyessss gitu menutup rasa perih dan panas. Baru tahu juga beberapa waktu yg lalu dikasih tahu sama dokter bahwa ternyata itu salah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah tp mba odol malah bisa jd bikin infeksi

      Hapus
  13. Wah,bisa jadi referensi nih. Aku biasanya pake odol. Dingin sih ke luka saat dipake. Tapi, udahnya si bekas luka jadi ngejendol berisi air. Lama lagi deh sembuhnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya teh klo dh jendol terus pecah malah berbekas

      Hapus
  14. Setuju banget kalau edukasi seperti ini harus dilakukan selalu dan di berbagai tempat ya BUn. Senangnya kalau semuanya berjalan lancar workspnya. SMoga bisa juga diadakan di Bandung dan Jakarta ya. Hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin semoga edukasinya bisa diadain semua kota y ummi

      Hapus
  15. Thanks info salepnya,kak.
    Berguna buat jaga2 kalo kita2 sampai mengalami luka bakar.

    BalasHapus
  16. Thanks for share kaka..infonya bermanfaat banget nih..apalagi buat buibu yg sering goreng menggoreng ..salken buat mebo n gudbye odol hehe

    BalasHapus
  17. wah bagus banget ya ada salep MEBO khusus luka bakar ini.. jadi gak lagi2 deh percaya mitos pengobatan yg meragukan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba jgn percaya lg resep jadulnya hehe

      Hapus
  18. Baru tau salep luka bakar merek ini. Biasanya lgsg dikasih minyak but but klo luka bakar

    BalasHapus
  19. Gak donk, jangan dioles odol ntr malah gak sembuh. Yg betul oles mebo ya mbak :D

    BalasHapus
  20. Bahaha iya dulu banget ada yang pake pasta gigi buat obat luka bakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir semuanya disarankan make odol y mba

      Hapus
  21. Harganya lumayan yaa, tapi efektif banget buat luka bakar. Oke luka bakar, ya MEBO aja 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi efektif teh sembuhin luka bakar meski harganya mayan ehhee

      Hapus
  22. Ada Mebo jd gak takut lagi dh klo mau goreng2

    BalasHapus
  23. Iyaa ya Mba resep mengoleskan luka bakar pakai odol ternyata ini turun menurun. Berarti sekarang resepnya harus berubah niyy, harus dioleskan pakai Mebo untuk luka bakar.

    BalasHapus
  24. Paling tepat mengobati luka bakar emang pake mebo... bahannya alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mba bahan alami n terpercaya y

      Hapus
  25. Baru denger. Simpel banget yah cara penggunaannya, cukup diolesi 4-6 jam. Artinya setelah 6 jam, harus diolesi lagi??

    Waktu kecil tangan kiri saya pernah kesiram minyak panas, sampe melendung melepuh lukanya, sampe sekarang bekasnya masih ada dan jadi cerita untuk anak-anak kelak nanti, jiahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes betul kang begitu caranya hehe

      Hapus
  26. Jadi ingat pas abis nikah terus dirumah lg persiapan kawinan dulu aku gabisa diem, dan malah maen2 ke dapur bantu2 goreng bawang. Eh malah kaki ketumpahan minyak panas. Huhu... akhirnya pas jadi manten kakinya dibalut kasa, untung cuma 1 jari yg parah dan skrg msh bekas. Coba dulu ada yg ngasih mebo yaaaa

    BalasHapus
  27. Sekarang kan udah tau MEBO jadi selalu sedia deh di rumah buat jaga2 heuheeuu dulu pernah kena luka bakar tapi malah pake odol.

    BalasHapus
  28. Aku bakalan stok Mebo di rumah. Duo bocah senang bantu masak, tapi deg²an sama minyak yang berceceran

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus mba anak2nya mau bantuin hehe

      Hapus
  29. terimakasih tipsnya bund, bermanfaat

    BalasHapus
  30. Mebo memang tepat untuk luka bakar ya

    BalasHapus
  31. Dulu pernah pake salep Mebo ini. Tapi abis. Mesti nyetok lagi nih.

    BalasHapus
  32. Wah, kayanya aku mesti simpen Mebo nih, sering sekali kena minyak di dapur.

    BalasHapus
  33. wahh.. harus stok nih.. secara sekarang urusannya sama dapur mulu. sering kecipratan minyak huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba harus stock klo sering masak sih heehee

      Hapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature