POSTS SLIDER

I'm writing about...

Tetap Kerja Sambil Buka Usaha, bagaimana caranya?

Halo temans apa kabarnya?semoga masih semangat dan tetap sehat yah. Apalagi yang masih harus bekerja di bulan puasa semoga tetap terjaga puasanya tidak jadikan alasan bekerja untuk batal.

Bekerja sebagai karyawan tak melulu mendatangkan suka cita yang hadir setiap akhir atau awal bulan . Suka cita hadir dan mengalir begitu saja demi kebutuhan kadang ada juga si suka cita alias gaji ini harus segera berpindah karena hutang yang menyapa tiap bulan.

Drama kehidupan karyawan yah seperti itu kalau ga banyak hutang ya banyak kebutuhan yang bikin cenat cenut isi dompet. Sangat saya rasakan hanya mengandalkan satu pemasukan terkadang bikin deg-degan juga. Jangan-jangan kalau nanti beli ini, beli itu ga akan cukup penuh pertimbangan banget mengingat tanggal cantik 28 selalu lama datangnya.


Buat saya dan akang suami yang keduanya merupakan karyawan swasta hal ini bikin kami terus memikirkan bagaimana punya pemasukan lain. Beruntungnya saya sebelum nikah ternyata suami sudah punya usaha sampingan duluan. 

Tahun 2010 suami memutuskan membuka WARNET jangan ditanya omsetnya karena tahun-tahun  itu dimana gawai pintar masih belum bertebaran sehingga banyak sekali pengunjung berdatangan ke warnet. 

Namun seiring berjalannya waktu usaha warnet semakin menurun dikarenakan semuanya serba instant lewat gawai pintar. Akhirnya warnet harus berakhir tragis di tahun 2016. Selama ini memang hasil pemasukan dari warnet bisa menambah bahkan bisa mencukupi semua kebutuhan kami.

Nah, temans menjalankan usaha sambil bekerja itu tentunya sangat bisa dijalankan seperti yang telah suami lakukan. Saat ini pun kami berencana untuk memulai membangun usaha yang baru. Namun berhati-hati jangan sampe nanti gagal karena perencanaan yang kurang matang.

#Tetap Kerja Sambil Buka Usaha, bagaimana caranya? #kredit guna bhakti #BJB

Buat temans yang mau buka usaha coba deh persiapkan hal berikut ini :




💼 Jeli Memilih Jenis Usaha


Hal pertama yang selalu difikirkan dalam mengawali usaha itu adalah memilih jenis usaha apa yang ingin temans lakukan. Apakah jasa atau kuliner atau apapun sesuaikan dengan trend kekinian, sesuaikan dengan kemampuan.

Seperti yang pernah suami lakukan dahulu ia melihat di daerah asalnya jika lingkungannya kurang tersentuh dengan teknologi karena itu suami membangun bisnis warnet. Meski dulu suami kerja di Jakarta dan warnet di Lembang namun masih bisa dikontrol dengan baik.

Temans mulai fikirkan kira-kira apa yang bisa dijadikan peluang bisnis. Misalnya temans punya tempat didekat kampus maka selain kuliner usaha laundry bisa menjanjikan. Kurang lebih seperti itu.

💼 Jeli Memilih Tempat Usaha


Nah jika sudah tahu usaha apa yang hendak diproses maka langkah selanjutnya memilih dimana akan buka usahanya. Hal ini menjadi strategi yang temans harus perhitungkan. Jangan-jangan karena salah memilih tempat akhirnya berujung gulung tikar sebelum modal kembali.

💼 Jeli Memilih SDM


Berhubung kita bekerja maka untuk yang menjalankan bisnis operasionalnya mau tak mau kita meng-hire pegawai. Ini PR besar juga jangan sampai mengalami kerugian karena salah merekrut pegawai. Hendaknya kita bisa memilih pegawai yang jujur dan bertanggung jawab.

Kalau dulu usaha warnet suami dimana pegawainya masih saudara jadi masih dapat dipercaya namun meski dengan saudara profesionalitas tetap harus dijunjung bisnis is bisnis. Jangan terlalu lembek usahakan untuk bisa mendevelop pegawai yang memegang usaha kita.


💼 Jeli Memilih Modal


Hal terakhir yang jadi tolok ukur untuk keberlangsungan usaha kita adalah modal. Untuk keberlangsungan usaha biasanya ditentukan dari modal yang kita miliki bukan?untuk itu temans harus jeli dalam menentukan darimana kucuran modal didapat. 

Paling mudah untuk mendapatkan modal yakni dengan meminjam modal ke bank. Ngomongin tentang bank nih saya jadi inget dengan BJB (Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten) yang mengeluarkan layanan produk konsumer berupa Kredit Guna Bhakti (KGB) yang diberikan khusus kepada debitur berpenghasilan tetap seperti PNS, maupun karyawan swasta yang payroll-nya menggunakan bank BJB.

"KGB merupakan saah satu produk unggulan bank BJB yang menyasar debitur PNS. Memiliki tujuan multiguna dan diberikan kepada debitur dengan penyaluran gaji melalui bank bjb" ujar Senior Vice President Retail and Consumer Credit Division bank BJB Triastoto Hardjanto Wibowo

Berikut yang harus temans ketahui tentang KGB :

☑ Besaran angsuran disesuaikan dengan penghasilan debitur yang mengacu tenor pengembalian
☑ pafon dari 10 juta - 500 juta
☑ Tenor pengembalian dari jangka 12 bulan - 15 tahun
☑ Bunga ringan
☑ Proses pencairannya cepat hitungan hari

Bagaimana dengan persyaratan pengajuan KGB?

☑ Melampirkan KTP pemohon dan pasangan
☑ Kartu keluarga atau AKTA nikah
☑ NPWP
☑ Kartu pegawai
☑ Surat keputusan pegawai
☑ Surat pengangkatan kepangkatan terakhir
☑ Sip gaji
☑ Kartu TASPEN
☑ Pas foto 3x4 stau buah

Gimana temans sudah terbayangkan yah bagaimana KGB ini?penawaran menarik dari KGB yakni adanya program undian berhadiah Umrah. Program umrah ini sudah dilakukan sejak 2015 bahkan 2018 BJB  memberangkatkan 175 nasabah muslim sedangkan untuk nasabah non muslim ke holleyland seperti Betlehem, sungai Gangga dan Nepal.

So setelah tahu KGB semoga temans jangan sampai salah memilih jika ingin kredit!silakan coba KGB ini ya temans.

***

Nah itu dia temans cara agar bisa usaha sambil kerja, jangan lupa berdoa dan selalu zakat agar usahanya berkah yah. Demikian cerita yang bisa saya bagi kali ini semoga bisa bermanfaat yah.

Temans punya cara lain untuk bisa memulai bisnis yuk sharing temans 💋.