Senin, 28 Mei 2018

Tetap Kerja Sambil Buka Usaha, bagaimana caranya?

Halo temans apa kabarnya?semoga masih semangat dan tetap sehat yah. Apalagi yang masih harus bekerja di bulan puasa semoga tetap terjaga puasanya tidak jadikan alasan bekerja untuk batal.

Bekerja sebagai karyawan tak melulu mendatangkan suka cita yang hadir setiap akhir atau awal bulan . Suka cita hadir dan mengalir begitu saja demi kebutuhan kadang ada juga si suka cita alias gaji ini harus segera berpindah karena hutang yang menyapa tiap bulan.

Drama kehidupan karyawan yah seperti itu kalau ga banyak hutang ya banyak kebutuhan yang bikin cenat cenut isi dompet. Sangat saya rasakan hanya mengandalkan satu pemasukan terkadang bikin deg-degan juga. Jangan-jangan kalau nanti beli ini, beli itu ga akan cukup penuh pertimbangan banget mengingat tanggal cantik 28 selalu lama datangnya.

Buat saya dan akang suami yang keduanya merupakan karyawan swasta hal ini bikin kami terus memikirkan bagaimana punya pemasukan lain. Beruntungnya saya sebelum nikah ternyata suami sudah punya usaha sampingan duluan. 

Tahun 2010 suami memutuskan membuka WARNET jangan ditanya omsetnya karena tahun-tahun  itu dimana gawai pintar masih belum bertebaran sehingga banyak sekali pengunjung berdatangan ke warnet. 

Namun seiring berjalannya waktu usaha warnet semakin menurun dikarenakan semuanya serba instant lewat gawai pintar. Akhirnya warnet harus berakhir tragis di tahun 2016. Selama ini memang hasil pemasukan dari warnet bisa menambah bahkan bisa mencukupi semua kebutuhan kami.

Nah, temans menjalankan usaha sambil bekerja itu tentunya sangat bisa dijalankan seperti yang telah suami lakukan. Saat ini pun kami berencana untuk memulai membangun usaha yang baru. Namun berhati-hati jangan sampe nanti gagal karena perencanaan yang kurang matang.


Buat temans yang mau buka usaha coba deh persiapkan hal berikut ini :


πŸ’Ό Jeli Memilih Jenis Usaha

Hal pertama yang selalu difikirkan dalam mengawali usaha itu adalah memilih jenis usaha apa yang ingin temans lakukan. Apakah jasa atau kuliner atau apapun sesuaikan dengan trend kekinian, sesuaikan dengan kemampuan.

Seperti yang pernah suami lakukan dahulu ia melihat di daerah asalnya jika lingkungannya kurang tersentuh dengan teknologi karena itu suami membangun bisnis warnet. Meski dulu suami kerja di Jakarta dan warnet di Lembang namun masih bisa dikontrol dengan baik.

Temans mulai fikirkan kira-kira apa yang bisa dijadikan peluang bisnis. Misalnya temans punya tempat didekat kampus maka selain kuliner usaha laundry bisa menjanjikan. Kurang lebih seperti itu.

πŸ’Ό Jeli Memilih Tempat Usaha

Nah jika sudah tahu usaha apa yang hendak diproses maka langkah selanjutnya memilih dimana akan buka usahanya. Hal ini menjadi strategi yang temans harus perhitungkan. Jangan-jangan karena salah memilih tempat akhirnya berujung gulung tikar sebelum modal kembali.

πŸ’Ό Jeli Memilih SDM

Berhubung kita bekerja maka untuk yang menjalankan bisnis operasionalnya mau tak mau kita meng-hire pegawai. Ini PR besar juga jangan sampai mengalami kerugian karena salah merekrut pegawai. Hendaknya kita bisa memilih pegawai yang jujur dan bertanggung jawab.

Kalau dulu usaha warnet suami dimana pegawainya masih saudara jadi masih dapat dipercaya namun meski dengan saudara profesionalitas tetap harus dijunjung bisnis is bisnis. Jangan terlalu lembek usahakan untuk bisa mendevelop pegawai yang memegang usaha kita.

πŸ’Ό Jeli Memilih Modal

Hal terakhir yang jadi tolok ukur untuk keberlangsungan usaha kita adalah modal. Untuk keberlangsungan usaha biasanya ditentukan dari modal yang kita miliki bukan?untuk itu temans harus jeli dalam menentukan darimana kucuran modal didapat. 

Paling mudah untuk mendapatkan modal yakni dengan meminjam modal ke bank. Ngomongin tentang bank nih saya jadi inget dengan BJB (Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten) yang mengeluarkan layanan produk konsumer berupa Kredit Guna Bhakti (KGB) yang diberikan khusus kepada debitur berpenghasilan tetap seperti PNS, maupun karyawan swasta yang payroll-nya menggunakan bank BJB.

"KGB merupakan saah satu produk unggulan bank BJB yang menyasar debitur PNS. Memiliki tujuan multiguna dan diberikan kepada debitur dengan penyaluran gaji melalui bank bjb" ujar Senior Vice President Retail and Consumer Credit Division bank BJB Triastoto Hardjanto Wibowo

Berikut yang harus temans ketahui tentang KGB :

☑ Besaran angsuran disesuaikan dengan penghasilan debitur yang mengacu tenor pengembalian
☑ pafon dari 10 juta - 500 juta
☑ Tenor pengembalian dari jangka 12 bulan - 15 tahun
☑ Bunga ringan
☑ Proses pencairannya cepat hitungan hari

Bagaimana dengan persyaratan pengajuan KGB?

☑ Melampirkan KTP pemohon dan pasangan
☑ Kartu keluarga atau AKTA nikah
☑ NPWP
☑ Kartu pegawai
☑ Surat keputusan pegawai
☑ Surat pengangkatan kepangkatan terakhir
☑ Sip gaji
☑ Kartu TASPEN
☑ Pas foto 3x4 stau buah

Gimana temans sudah terbayangkan yah bagaimana KGB ini?penawaran menarik dari KGB yakni adanya program undian berhadiah Umrah. Program umrah ini sudah dilakukan sejak 2015 bahkan 2018 BJB  memberangkatkan 175 nasabah muslim sedangkan untuk nasabah non muslim ke holleyland seperti Betlehem, sungai Gangga dan Nepal.

So setelah tahu KGB semoga temans jangan sampai salah memilih jika ingin kredit!silakan coba KGB ini ya temans.

***

Nah itu dia temans cara agar bisa usaha sambil kerja, jangan lupa berdoa dan selalu zakat agar usahanya berkah yah. Demikian cerita yang bisa saya bagi kali ini semoga bisa bermanfaat yah.

Temans punya cara lain untuk bisa memulai bisnis yuk sharing temans πŸ’‹.

49 komentar:

  1. Wah bener banget mba sekarang harus banyak kantongnya biar hidup dikejar duitπŸ€—

    BalasHapus
  2. Saya juga karyawan mbak, gajian itu rasanya numpang lewat aja πŸ˜‚ kalo kita ga punya sampingan kayaknya bakal susah banget ngatur keuangan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan kerasa y mba cmn lewat doang tuh haha

      Hapus
  3. Sekarang sih sudah banyak ya usaha yang bisa dijalankan dengan modal terjangkau.
    Malah banyak yang bisa dijalankan online. Salah satunya sebagai dropshipper.
    Saya baru tau nih ada Bank BJB. Padahal saya tinggal di Banten.
    Wahh boleh nih kalau sewaktu-waktu butuh modal.
    Makasih infonya Mbak (",)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa sbg dropshipper cuman riskan krn kita ga tau kualitas barang yg dikirimnya mba

      sama2 mba

      Hapus
  4. Suami dan saya juga sempat punya usaha, sayangnya suami kehilangan greget krn tidak sesuai dengan target. Meskipun usaha ini termasuk passion tpi kurang tangguh dlm menghadapi beberapa kegagalan.
    Meski gak tutup sepenuhnyaa, kdng masih terima orderan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah padahal emang usaha itu harus tekun jalaninnya hehe

      Hapus
  5. Kalau ngelaba (((ngelaba))) alias nyari sampingan buat usaha mah sah-sah aja ya, Va hahaha. Duh aku pengen buka usaha, tapi usaha apa, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak teh sesuaikan dg passion teh efi hehehe

      ngelaba jd inget patrio πŸ˜‚

      Hapus
  6. keren teh Bella klo tetap kerja sambil buka usaha ya, lumayan susah euy itu. Di sini jg warnet sepi klo game online masih rame aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya warnet sdh berkurang mba peminatnya

      Hapus
  7. Makasih tipsnya teh bella.
    Iya dlu warnet masih rame2nya yak. Rame bgd.

    BalasHapus
  8. Kebetulan gua seorang wirausahawan juga, seorang wirausahawan kadang bisa sukses dan kadang bisa down, sulit dipahami, tapi berwirausaha mengajari loe banyak hal baru, sorry nggak nyambung sama tipsnya, mau sharing aja ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi banyak sharingnya iya klo usaha mesti siap downnya ya

      Hapus
  9. Pingin punya uga mb herv, cumak aku saat ini orangnya suka kepecah2 fokus, pinginnya sih di hari tua, pingin ada misal persewaan komik atau toko gitu haha #impian absurd jaman sma...tp ya itu, modale seko ngendi? Duuuh

    Btw gawai pintar tu apa y

    BalasHapus
  10. kepengin juga selain jadi karyawan punya usaha mba...duh tapi belum action action juga nih

    BalasHapus
  11. Noted. Memang harus mulai berani mengambil langkah buka usaha sendiri ya mb *self reminder

    BalasHapus
  12. wah enak ya kalau bisa dua2nya....kerja n ada usaha sampingan di rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak banget tp harus tekun mba

      Hapus
  13. Pengen banget bisa punya bisnis sendiri, tapi bingung terus mau bisnis apa huhu...

    BalasHapus
  14. Waah senengnya bisa ngeoptimalin potensi diri jadi karyawan dan buka usaha.. ingin juga jadi pebisnis muslimah.. 😍

    BalasHapus
  15. Nah..jaman now mah lebih enak punya usaha sendiri, apalagi kalo pokus, wwhuaa mantap deh. Rata2 suka ga punya modal ya, jaman sekarang pun dpermudah tinggal dengan adanya KGB,tinggal cuz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh tgl cus enak banget y serba mudah

      Hapus
  16. Asik nih kalau mau dapat tunjangan multiguna dari KGB bisa dapetin hadiah umroh juya ya mbak Herva. Bisnis jalan terus sambil kita ngantor. Sementara ini sih aku nulis aja. Btw pernah sih jualan baju tidur cuma kalau sekarang udah ga kepegang hehehe.

    BalasHapus
  17. Aduh jadi inget jaman ke warnet mainan MIRC hahaha!
    Boleh juga nih idenya teh, bukan berarti jadi karyawan cuma ngandelin gaji doang sekarang mah, kudu kreatif ya punya usaha. Demi masa depan yang lebih baik :D

    BalasHapus
  18. Bener banget mbak, hidup di jaman sekarang kalau cuman ngandelin gaji kantor sepertinya gak cukup mesti ada usaha juga. Saya udah rasakan ini tapi sampai sekarang masih bingung banget mau buka usaha apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya sok mangga fikirin usahanya hehe

      Hapus
  19. Bagus juga inovasi bank BJB ini, memudahkan siapapun yang berkeinginan merintis wiraswasta.

    BalasHapus
  20. Wah keren nih yang bisa kerja sambil buka usaha. Aku jadi malu, gak kerja tapi gak punya usaha apa2. Huhuhuhu...

    BalasHapus
  21. selain kerja harus punya pintu rejeki yg lainnya ya teh

    BalasHapus
  22. zaman sekarang lebih banyak orang yang membuat usaha ya teh. Tapi memang membuat orang lebih kreatif sih. terima kasih untuk sharingnya teh :)

    BalasHapus
  23. Tahun 2009 mpe 2012 saya malah kerja di warnet, lumayan buat uang saku pas kuliah dulu..

    Emnk klo sekarang semua via gawai pintar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah yah warnet dulu bisa kasi lapangan kerja bagi sapapun

      Hapus
  24. UKM ketika manajemen dan laporan keuangan udah rapi, memang dimudahkan biasanya untuk pinjam modal. Tante juga toko bajunya dibolehkan pinjam modal ke sebuah bank. Jadi walau usaha pribadi, tetap bikin catatan income dan payment, karena suatu saat akan dibutuhkan. Alhamdulillah makin kesini makin banyak bank yang ngasih bantuan modal untuk pelaku UKM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sharingnya miss πŸ™πŸ»

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design