Search

Pengalaman Tes Kerja di MNC : Dari HRD Jadi Reporter?

Menuliskan pengalaman tes kerja ternyata banyak yang baca ya *alhamdulilah* jadi kini saya mau kembali lagi menuliskan pengalaman mengikuti tes kerja di tempat lain.

Sebelumnya sudah saya ceritakan pengalaman tes menjadi Guru TK. Kali ini mau sharing pengalaman kerja di MNC.



Sapa yang tak kenal dengan MNC bukan? yass pemiliknya yang kini juga mendirikan partai Perindo dan mars-nya selalu terngiang-ngiang. Cung sapa yang hafal mars-nya? hahahaha

MNC yang terletak di Kebon Sirih menjadi salah satu target saya dalam rangka mencari sesuap berlian kala itu. Yap tahun 2010 saya mencoba peruntungan mengikuti serangkaian tes di MNC.

Bagaimana bisa saya yang dulu tinggal di Bekasi terdampar di MNC Kebon Sirih? begini ceritanya temans.


pengalaman mengikuti psikotes di MNC Kebon Sirih, tes jadi reporter, tes kerja jadi reporter, gagal jadi HRD



JAPRI-an LOKER HRD Dari Kakak Kelas 


Saya ini termasuk orang yang senang dalam menjalin relasi, bisa dikatakan SOK KENAL SOK DEKAT wkwkwk. Untuk hal positif kenapa ga bukan?

Namun memang pada intinya, menurut saya menjalin relasi dengan siapapun itu penting sehingga kita dengan mudah mendapatkan informasi apapun secara mudah.

Apalagi terkait dengan info lowongan kerja, jika mampu menjalin hubungan dengan baik maka kita bisa direkomendasikan oleh orang lain jika kita ini berkompeten.

Tapi tentu saja ada etika dalam meminta info loker kepada orang lain. Dan itu pernah saya tuliskan juga.



Ga cuman dalam hal kerjaan, hal kayak blogger juga begitu. Jika reputasi baik maka insyaAlloh banyak rekan blogger yang selalu ingat untuk memberikan job  *ecieeehhh PD banget guweh :p

Back to pengalaman kerja di MNC..

Singkat cerita, tahun 2010 saya baru saja resign dan mulai bergerilya mencari info loker dimana-mana.

Tak hanya memanfaatkan situs pencari kerja akan tetapi juga saya memanfaatkan media sosial utamanya Facebook sebagai media informasi update yang sedang HOT kala itu.

Sebut saja Teh AA, saat itu beliau sudah menjadi HRD di MNC. Yang akhirnya mengundang saya untuk mengikuti tes untuk menjadi timnya di sana.

Betapa bahagianya saya mendapatkan undangan langsung karena basa basi yang saya lakukan. Well noted ya temans basa basi busuk ternyata bisa membuahkan hasil LOL.

Gagalnya Menjadi HRD Di MNC


Sesuai dengan undangan yang telah ditentukan oleh teh AA, maka datanglah saya dari Planet Bekasi menuju Gedung MNC di Kebon Sirih,

30 menit sebelum tes, saya sudah berada di lokasi Gedung MNC. Wuih cakep banget yah begitu fikir saya kala menjejakkan kaki di sana pertama kalinya.

Rasanya bergengsi kalau bisa menjadi bagian di gedung sana.

Interview Dengan Manager HRD


Setelah saya sms teh AA memberitahukan saya sudah ada di gedung MNC, saya diminta menunggu terlebih dahulu.

Beberapa menit menunggu saya jumpa dengan Teh AA kakak kelas saya di kampus Psikologi dulu. Lama tak jumpa karena terakhir jumpa saya juga ikutan tes di kantor lamanya di Bandung namun GAGAL.


Meski dulu gagal, Teh AA tetap memberikan kesempatan kembali kepada saya untuk bisa mengikuti tes di MNC.

Tibalah waktunya ternyata saya tidak diminta PSIKOTES tapi langsung INTERVIEW dengan HRD managernya.

Duh deg-degan abis...

Saya menanti di ruangan kubikel gitu, tak berselang lama datanglah seorang perempuan cantik dengan rambut terurai dan senyuman yang menawan.

Saya berdiri dan berjabat tangan beliau, respon dia kala itu adalah "Ih cantik kamu"..huah GR banget dan saya berasa banget mirip Teteh Bella huakakakakak...pengen tutup muka banget kala itu be like..







Setelah itu saya dipersilahkan duduk kembali dan mulailah sesi interview dengan beliau, menanyakan seputar hal-hal pribadi.

Dan betapa kagetnya beliau yang cantik ini (saya lupa namanya) lagi-lagi menatap seraya memuji saya kembali "Kamu cantik yah" *ya Alloh saya hampir pingsan dipuji mulu wkwkwk

Akhirnya pas ditanya tentang Tehnikal seputar psikotes saya blank...aseeem banget dah gegara terlena pujian jadi saya blank banget padahal dulu pertanyaannya MUDAH gaes! amsyong..

Diakhir interview, beliau bilang jika posisi HRD-nya untuk di divisi lain dan melihat tipe saya yang kalem penuh dusta wkwkwk ga cocok katanya butuh HRD yang tegas sebab managernya agak galak.

Lemas saya mendengar akhir pembicaraan seperti itu, mungkin itu sebabnya diawal managernya muji-muji terus hyakakakak...

Namun ada yang menggembirakan, meski tidak cocok di HRD, beliau menawarkan saya untuk mencoba menjadi REPORTER.

Pengalaman Tes Menjadi Reporter Di MNC


Karena saat itu saya pengen banget kerja maka saya menerima tawaran dari HRD jadi reporter. Fikir saya pokoknya jadi apapun deh yang penting kerja.

Waktu itu, saya dijadwalkan untuk mengikuti interview dengan bagian apa gitu (lupa) interviewnya sendiri masih di gedung MNC dan ternyata banyak yang melamar buat di TV.

Yang pasti saya ingat itu pertanyaan dari bapak penanya adalah "Kamu beneran mau jadi reporter?"

Yakali pak saya datang buat apa kalau bukan jadi reporter wkwkwk..

Interviewnya sebentar nungguinnya yang lama. Namun ternyata membuahkan hasil saya ditelepon kembali oleh Teh AA jika saya

Lulus Interview Pertama

Dan berhak melanjutkan interview berikutnya. Interview yang kedua itu saya masih ingat kandidatnya hanya 5 orang.

Hari itu, saya diundang kembali oleh Teh AA mengikuti interview dengan petinggi pokoknya 3 orang (saya lupa posisinya apa bapak-bapak itu).

Selama proses menunggu, saya mengobrol dengan calon reporter lainnya. Namun ditengah obrolan, Tiba-tiba Teh AA muncul bersama seorang lelaki dan mengatakan kepada saya jika ada yang ingin kenalan dengan saya. Ecieee....kepincut pesonanya Teteh Bella KW nih yeh wkwkwk...

Back to interview jadi reporter..

Berhubung saya datang pertama maka sayalah yang dipanggil duluan mengikuti interview dengan 3 bapak-bapak.

Jangan tanya gugupnya karena saya sampe gemeteran padahal AC ga dingin-dingin banget :p

Pertanyaan yang masih saya ingat itu adalah "Kamu suka nongkrong dimana kalau di Bandung?" ngapain aja?

Duh sebagai gadis pemalu dan lugu maka saya jawab seadanya main ke PVJ atau Ciwalk cuman numpang duduk *ngakak kalau inget jawaban ini 

Reaksi bapak-bapak? pada bingung nih orang mau jadi reporter tapi kagak gaul sama sekali *mungkin yah karena saya lihat ekspresi mereka tuh cem NAON SIH? :D

Berakhirlah interview dan bagaimana selanjutnya? apakah saya lolos jadi Reporter?

Result : Dari 5 orang yang barengan saya interview cuman SAYA doang yang kagak di email dan juga kabar dari Teh AA >> Sorry Va, Lu ga LOLOS 

Again saya gagal maning..gagal maning..pengen nangis jejeritan setelah effort saya dari Planet ke Bekasi bulak balik ikut interview di MNC Kebon Sirih.

Sedih? ya ga juga sih karena difikir-fikir jam kerja reporter ga saya banget terlebih saya ini anaknya muales kalau mesti untang anting :D






***

Well, Temans demikian kisah saya yang gagal jadi HRD maupun Reporter di MNC. Namun apapun itu saya syukuri sekali karena ada hikmahnya bila saya mengalami kegagalan bukan?

Dan ternyata tes masuk MNC itu ga sesusah yang saya bayangkan huakakak..

Temans punya pengalaman seru juga lamar posisi apa eh diarahin buat apa? yuk kita sharing..



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun