POSTS SLIDER

I'm writing about...

Persiapan Pensiun : 3 Skill Yang Perlu Diasah Sejak Dini

Apa kabar temans? tak terasa waktu bergulir bulan ini anak saya yang paling besar akan masuk ke jenjang Sekolah Dasar, disitu saya merasa tua. 

Padahal baru kemarin saya gendong-gendong, baru kemarin rasanya saya mengantarkan sekolah TK. 

Seiring dengan bertambahnya usia tentu saja banyak hal yang perlu saya persiapkan dari pendidikan anak hingga nanti ketika saya dan suami memasuki USIA PENSIUN.

Sebagai ibu bekerja kelak saya akan menghadapi masa produktifitas menurun, tak lagi selincah hari ini yang bisa bergerak bebas, masa itu akan tiba hingga akhirnya diusia 55 tahun kebijakan perusahaan yang juga diatur oleh undang-undang maka karyawan harus pensiun.

Mendengar kata pensiun, tentu saja saya memikirkan bahwa nantinya saya hanya ada di rumah. Tak lagi punya rutinitas yang sesuai aturan kantor.  

Maka dari itu untuk menghindari masa pensiun yang membosankan, sejak dini saya berupaya untuk mempersiapkan masa pensiun.

Survei yang dilakukan Life Insurance Marketing Research Association (Limra) menunjukkan hal itu. Ada 49% pensiunan yang kemudian menggantungkan hidup kepada orang lain, 29% meninggal saat pensiun, 12% alami kebangkrutan, 5% tetap bekerja, 4% mampu mandiri, dan hanya 1% yang kaya saat pensiun. source : duniakaryawan.com
Agak ngeri juga baca survei tersebut apalagi kebanyakan malah menjadi ketergantungan orang lain. Saya bertekad kelak tua saya ga mau  bergantung sama orang lain sebisa mungkin hidup bahagia dengan apa yang saya siapkan sebelumnya.



menyiapkan masa pensiun, bahagia di usia pensiun, skill yang perlu dikembangkan,

3 Skill Yang Ingin Dikembangkan

Tahun 2017, saya pernah menuliskan tentang menyiapkan masa pensiun dengan bahagia. Dari beberapa poin, ada salah satu poin yang saya tuliskan di sana yakni MENGGALI PASSION.

Harapan saya nanti, selain usaha seperti berjualan, saya ingin hobi saya dan skill yang saya punya bisa bermanfaat tidak hanya untuk saya tapi mengalir menjadi jariyah untuk orang lain.


Passion saya yang mulai terlihat yakni dengan kehadiran blog ini, namun saya sendiri ingin mengembangkan dan menekuni hal yang lain. 

Beberapa skill yang saya harapkan kelak berkembang dan mulai saya siapkan diantaranya adalah :

❤ Menulis Buku

Entah kapan Takdir akan membawa nama saya terukir dalam sebuah tumpukan lembaran dan terpampang di seluruh toko buku.

Yass, temans sedari dulu saya ingin menelurkan buku karya saya. Hasil pemikiran saya, hasil olah ide kreatif saya. Tujuannya lagi-lagi saya ingin kebermanfaatan bagi siapapun yang kelak membaca buku saya.

Untuk itu, saya memiliki keinginan belajar kepada siapapun dari yang berbayar hingga gratis meskipun komitmen untuk belajarnya masih seperti cetreken pulpen timbul tenggelam HAHAHA.

Apa saja yang sudah saya lakukan sedari sekarang? Bertanya dan Berguru kepada para penulis kece.

  • Kelas Gratis Membuat Buku Anak

Sebut saja Mba Izzah Annisa, beliau penulis buku cerita anak dan juga blogger. Tahun lalu beliau membuka kelas online bagi yang beruntung, saya termasuk orang beruntung mengikuti kelas menulis buku anak bersama Cik Gu yang satu ini,

Sayangnya terhambat karena saya melahirkan dan pemulihannya lama, padahal mba Izzah sudah berbaik hati memberikan resep hingga mereview dari judul dan kerangka penulisan. Tapi sayangnya tidak saya lanjutkan.

  • Kelas Online Membuat Buku

Karena keinginan saya masih besar ingin skill menulis itu ada, maka ketika Teh Lygia Nostalgina (pecandu hujan) mengadakan kelas di WAG, saya langsung mendaftarnya.

Namun semangat saya on-off, kelas online sudah mulai saya sibuk di dunia lain wkwkwk.. jadi ga fokus hingga kelas usai saya sama sekali ga bikin apa-apa. 

  • Bertanya Via WA

Usaha saya untuk bisa menelurkan buku masih saya lakukan, bahkan minggu kemarin saya memberanikan diri bertanya kepada Teh Sugi Siswiyanti penulis buku maupun blogger ini memberikan insight kepada saya takkala beliau mampir ke postingan blog saya.

Alhamdulilah lewat bertanya, betul apa yang Teh Sugi sampaikan jadi terbukalah jalan fikiran saya yang awalnya mampet wkwkwk.. Teh Sugi mau juga mengadakan kelas semoga saya bisa hadir.

InsyaAlloh hal ini masih dalam proses semoga usaha ini bisa membuahkan hasil. Aamiin..

❤ Fotografi

Skill lain yang ingin saya kembangkan dan saya persiapkan sejak dini adalah MOTRET. Sejak punya kamera, saya gatel pengen banget bisa foto. 

Tujuannya bukan arah komersil tapi kelak pensiun ketika saya dan suami menikmati masa tua kami dengan travelling setidaknya saya bisa mengabadikan momen-momen itu dengan baik tidak asal jepret.

Kehilangan deret momen lewat foto kenangan bersama mendiang ibu menjadikan saya selalu ingin abadikan momen-momen lewat foto biar nanti cucu, cicit kelak bisa melihat saya sebagai BUYUTnya kalau saya dulu ga kalah keren sama Teteh Laudya Cintia Bella wkwk.. tetep yah teteh HALU ;D

Maka dari itu, sejak sekarang suka banget liat youtube, tutorial foto, sampe pernah ada sharing di WAG Komunitas ISB tentang fotografi itu sampe saya praktekin sendiri :) Alhamdulilah agak mendingan foto saya dibandingkan dulu yang blur, gelap ah jelek banget :p

❤ Memasak

Belakangan saya lagi suka banget mantengin channel youtube Chef Wilgo Dan Yudi Batara. Kayaknya memasak itu emang mudah banget kalau mereka yang masak.



Dan akhirnya saya lagi rajin mengasaha kemampuan masak saya berkat tontonan channel youtube berfaedah itu.

Harapan saya kelak pensiun bisa memasak yang enak, jadi kalau ada anak, cucu, menantu datang ke rumah ga usah jajan-jajan ke restoran MAHAL soalnya kalau rombongan mendingan saya yang masak.

Skill memasak menurut saya akan terasah dengan jam terbang, makanya saya ga mau pas jadi nenek-nenek nanti cucu saya bilang "Ya ampun nih Enin masakannya ga karuan" wkwkwk..

Saya ingin ntar anak, cucu, menantu betah di rumah karena masakan yang saya masak sendiri dengan penuh LOVE asyieeeekkkk..

***
Nah, temans demikian cerita saya demi mempersiapkan masa pensiuan sedari dini saya kembangkan beberapa skill.

Doakan yang skill menulis bukunya makin berkembang jadi saya bisa menelurkan sebuah karya hehehe..

Temans, punya cerita apa untuk mempersiapkan masa pensiun nanti? yuk sharing...