Cara Mudah Mengajari Anak Berkurban!

ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban

Cara Mudah Mengajari Anak Berkurban!

"Bunda, cerita lagi tentang Nabi Ismail yang mau dipotong itu"

Dari 25 kisah Nabi dan Rasul, Neyna itu paling suka sama cerita Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim. Dulu saat masih duduk di RA, Neyna suka menyanyikan lagu kisah Siti Hajar dan Nabi Ismail yang dari kakinya memancarkan air zam-zam. Saya sampai hafal lagunya karena setiap malam sepulang saya kerja Neyna menyanyikan lagu itu.

Tak hanya lagu namun cerita keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail senantiasa menjadi pembelajaran untuk Neyna mengenai arti taat dan ikhlas yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail serta pembelajaran tentang Idul Adha.

Sebagaimana yang telah dikisahkan dalam Al-quran surat As-Safat Ayat 102 :

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". 

Dari kisah ini juga menimbulkan tanya untuk Neyna, kenapa sih harus menyembelih hewan kurban seperti sapi dan kambing?

ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban


Dengan pertanyaan tersebut tentu saja saya jadi mudah menjelaskan makna dari berkurban itu sendiri. Tak hanya sebagai ketaatan kepada Alloh sebagaimana yang dikisahkan oleh nabi Ibrahim namun juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Alloh atas segala kenikmatan yang telah diberikan.

Oleh karena itu, sedari Neyna kecil sudah mengajak untuk berkurban.

Cara Mudah Mengajari Anak Berkurban

Tak terasa bukan temans, kita akan memasuki hari raya Idul Adha. Apa yang temans persiapkan? bagaimana dengan anak-anak? apakah juga mulai mempersiapkan juga?

Sebagai orang tua jelas tugas saya untuk bisa mengajari anak-anak di rumah agar turut serta dalam melaksanakan ibadah kurban. Adapun yang saya lakukan adalah :

👉 Menceritakan Kisah Nabi

Sebagaimana yang sudah saya singgung diawal, hal ini berguna untuk mengetahui cikal bakal adanya perintah kurban.

Alhamdulilah tak hanya di rumah saja Neyna dapat kisah tentang ini tapi juga di sekolah senantiasa mengajari anak-anak mengenal tentang kurban

👉 Membuat Celengan Kurban 

Sedari Neyna masuk RA kecil, sudah ada program agar anak-anak di rumah bisa membuat celengan kurban. Celengannya bisa membuat sendiri bisa dari botol minuman atau kaleng susu yang dihias dengan menggunakan kertas warna.

Jika sudah mendekati hari Idul Adha, celengannya dikumpulkan agar bisa membeli sapi. Sejak Neyna sekolah alhamdulilah sekolahnya punya program baik seperti ini.

Bagi saya pribadi, untuk kurban sendiri biasanya saya menabung tiap bulan alhamdulilah uangnya terkumpul dan saya bisa berkurban.

👉 Mengajak Untuk Melihat Hewan Kurban


Waktu saya berkurban, biasanya saya mengajak Neyna ke tempat jual hewan kurban. Lalu di sana saya memilih bersama Neyna mana kambing yang akan kami sembelih di hari Idul Adha.

Reaksi Neyna waktu itu excited yah namanya juga anak kecil kalau ketemu hewan pasti suka. Ternyata di sekolahnya pun sama, dimana gurunya mengajak anak-anak menemui sapi yang berhasil dibeli dari hasil celengan kurban anak-anak.

Dan ini dia penampakan sapi bersama Neyna dan teman-temannya di sekolah.

ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban

👉 Mengajak Untuk Melihat Proses Pemotongannya


Saat proses pemotongan ada yang bilang jangan pernah bawa anak karena itu adegan yang lumayan sadis gituh.

Tapi justru saya sendiri mengajak dan meminta Neyna menyaksikan inilah momennya. Kala itu Neyna bilang "kasian ya bunda, kambingnya nangis mau dipotong". Saya juga ga tega sih waktu menyaksikannya belum dipotong saya pulang :D

Ayo #JanganTakutBerkurban!

Mudah bukan mengajari anak-anak kita berkurban? jadi tidak ada kata ga bisa atau alasan lain kalau sudah diniatkan InsyaAlloh pasti bisa dan akan selalu ada kemudahan untuk niat baik kita.

Bahkan nih ada kemudahan yang bisa kita dapatkan apabila kita berkurban melalui Dompet Dhuafa.

Siapa yang tak kenal dengan Dompet Dhuafa, sejak tahun 1994 Dompet Dhuafa ini punya program Tebar Hewan Kurban ke berbagai wilayah di Indonesia. MasyaAlloh keren banget!

Jadi semua masyarakat dari pelosok bisa merasakan hewan kurban demikian tujuan dari adanya Tebar Hewan Kurban melalui Dompet Dhuafa. 


ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban


Mengapa Harus Kurban Melalui Dompet Dhuafa?  

Bagi temans yang ga ada waktu misalnya untuk datang langsung membeli maupun memilih hewan kurban, temans bisa memanfaatkan Layanan Kurban melalui Dompet Dhuafa ini.


5 keunggulan Berkurban di Dompet Dhuafa :

💓 Kemudahan layanan kurban, yakni bisa dilakukan di konter yang ada di Mall, melelui rekening apabila ga mau ribet, bisa melalui layanan jemput kurban serta melalui layanan kurban.dompetdhuafa.org
💓 Tebar kurban hingga pelosok negeri, jadi siapapun bisa merasakan hewan kurban ga hanya yang tinggal di perkotaan saja
💓 Kualitas hewan kurban sesuai syariat islam jadi tidak usah ragu
💓 Ada laporan kurban transparan jadi jangan khawatir
💓 Memberdayakan peternak dan ekonomi desa

ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban


Gimana temans? 5 keunggulan yang ditawarkan oleh Dompet Dhuafa ini? jadi tahun ini Kurban yah please #JanganTakutBerkurban terlebih lagi banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan.

Well, temans demikian yang bisa saya sharing kali ini. Semoga bermanfaat yah!



52 komentar

Avatar
Nita Lana Faera Rabu, 31 Juli, 2019

Aihhh pintarnya, Neyna. Udah rajin menabung di celengan untuk berkurban ya. Dan sekarang pun berkurban jadi makin mudah ya, dengan bantuan Dompet Dhuafa yang siap menyalurkan herwan kurban kita.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya miss alhamdulilah sejak dini mari diajarkan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Rabu, 31 Juli, 2019

Makasih bunda, aku jadi semangat juga untuk mengajak anak berkurban. Apalagi berkurban di Dompet Dhafa emang dipercaya ::)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya ummi banyak keuntungannya di dompet dhuafa

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Rabu, 31 Juli, 2019

Belum pernah berkurban dengan Dompet Dhuafa, Teh. Aku baru pakai rutin yg sedekah. Pengin juga pakai Dompet Dhuafa untuk berkurban. Karena ini penyebaran dagingnya merata ke tempat2 terpencil ya.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya cba yu Bu Aya biar bisa merata yah

Reply Delete
Avatar
Niken Nawang Sari Kamis, 01 Agustus, 2019

Wah seneng banget ya mau berkurban sekarang sudah dimudahkan dengan adanya Dompet Duafa. Nggak perlu repot pilih2 sapi atau kambingnya untuk berkurban dan daging kurbannya pasti sampai ke orang2 yang tepat.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya betul nda perlu repot mba mari tidaka da kata tidak untuk kurban :)

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Kamis, 01 Agustus, 2019

Layanan kurban melalui Dompet Dhuafa ini pasti sangat membantu sekali bagi teman-teman yang tidak ada waktu untuk datang dan memilih hewan kurban sendiri. Apalagi Dompet Duafa ini udah terpercaya dari dulu, ya.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya betul mba alhamdulilah terpercaya banget dompet dhuafa ini

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Kamis, 01 Agustus, 2019

Wah, Dompet Dhuafa kan memang kredibel banget untuk layanan sosial kemanusiaan.
Bisa nih, jadi pilihan utk ibadah qurban!
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

bisa dong mba menajadi pilihan banget

Reply Delete
Avatar
Mugniar Kamis, 01 Agustus, 2019

Masya Allah, Neyna masih kecil sudah pandai berkurban.
Sekarang, melalui Dompet Dhuafa lebih mudah ya berkurban, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Yeni Sovia Kamis, 01 Agustus, 2019

Wah Erysha paling seneng teh kalau diajak liat hewan qurban itu. Cuma kalau lihat pemotongannya belum pernah. Soalnya akunya juga ga kuat. Gimana mau lihat hewan qurban lihat darah aja aku ga kuat hihihi. Sekarang enak ya teh, kalau mau qurban bisa lewaf dompet dhuafa juga

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya mba emang kasian hehehe

Reply Delete
Avatar
Ruli retno Jumat, 02 Agustus, 2019

Pas banget nih nanti lebaran aku juga mau ngenalin anakku sama kegiatan kurban

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

yuk mba kenalkan sejak dini

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka Jumat, 02 Agustus, 2019

Pintar banget Neyna sudah mau berkurban. Iya, aku beberapa kali ikut kurban di pelosok gitu jadi dagingnya kadang dalam bentuk kornet biar merasakan daging juga warga pedalaman

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya mba dalam bentuk kalengan yah jadi mudah distribusinya

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian Jumat, 02 Agustus, 2019

Allhamdulillah tahun ini berkurban lewat Dompet Dhuafa juga supaya pendistribusian dagingnya bisa lebih luas seklaigus ikut memberdayakan ya

Reply Delete
Avatar
Faridilla Ainun Jumat, 02 Agustus, 2019

Makasih banyak tipsnya...Selama ini baru diajak ngeliat aja pas hewan kurban lagi dikumpulin di lapangan, trus pulang pas mau dipotong. :) Jadi inget kemarin sempat cerita tentang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, tapi bukan mendekati hari Idul Adha :)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

sama-sama mba alhamdulilah yah sudah sedikit2 ajarkan kurban

Reply Delete
Avatar
Liza Jumat, 02 Agustus, 2019

Kalau saya masih prefer berkurban di kampung mbak, soalnya kondisi perekonomian masyarakat di kmapung masih di bawah garis kemiskinan :( tapi untuk yang di kota, pilihan berkurban dengan lembaga seperti DD adalah pilihan yang tepat ya mbak, penyalurannya lebih jelas

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya mba semoga yang lain juga tergerak buat kurban selalu

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Jumat, 02 Agustus, 2019

Enaknya berkurban di Dompet Dhuafa memang bisa merata pembagian dagingnya. Udah gitu DD memang sudah dipercaya untuk urusan berkurban

Reply Delete
Avatar
Afifah Haq Jumat, 02 Agustus, 2019

Keren teh cara ngajarin anak tentang berqurban nya. Patut ditiru ini nanti kalau anakku udah agak gedean.
Teh kalau di Dompet Dhuafa ada pilihan kelas hewan qurban nya gitu ga teh?

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

tentu saja aja pilihan hewan kurbannya teh, aku sempet share di instagram kok cekidot teh

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy Sabtu, 03 Agustus, 2019

Yess...setuju banget kalau anak-anak sejak dini belanjar mengenal apa itu berkurban karena ada banyak nilai-nilai pembelajaran didalamnya, untuk bekal anak-anak saat dewasa nanti. Lembaga seperti Dompet Dhuafa memang tepat buat membantu memilih serta menyalurkan kurban agar mendapat hewan kurban yang maksimal dan berbagi dengan orang yang tepat.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

betul mba sedari dini makanya aku ajarkan

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa Sabtu, 03 Agustus, 2019

Bener ya teh ajakin bikin velengan bareng buat qurban.. sklian ibunya juga nabung hihi. Kalau liat pemoyongannya pungkin akan ditemani ayahnya, aku gak sanggup tteehh.. 😅

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

hahaha aku udah pernah sih cuman ga tega juga

Reply Delete
Avatar
Diah Kusumastuti Sabtu, 03 Agustus, 2019

Wah ada program nabung di sekolah juga ya buat beli hewan kurban. Di sekolah anakku belum ada, cuma infaq aja gitu menjelang Idul Adha gini.
Btw lebih mudah ya kalau ingin berkurban di Dompet Dhuafa :)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

alhamdulilah sejak RA sudah ada mba program tabungan untuk kurban :)

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Sabtu, 03 Agustus, 2019

Nah saya bersyukur karena mendidik qurban juga diajarkan di sekolah meskipun masih TK

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara Sabtu, 03 Agustus, 2019

Membantu banget ya mak berkurban lewat dompet dhuafa ini mak.. Aku jadi tergerak pengen kurban juga

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Sabtu, 03 Agustus, 2019

Praktis banget nih berkurban lewat Dompet Dhuafa ya, apalagi kita bisa menyalurkannya ke pelosok daerah pula.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

iya betul mba Ela bisa diterima sama yang di pelosok

Reply Delete
Avatar
Bang Doel Rabu, 07 Agustus, 2019

Sewaktu kecil, saya sempat bertanya-tanya kalau saja Nabi Ismail AS waktu itu memang jadi disembelih, berarti saya (sebagai anak laki-laki satu-satunya di keluarga) bakal ikutan dikorbankan. Kisah ini sukses bikin ga nyenyak tidur. Hihi

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

wkwkwk samaa dulu juga aku begitu :D

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist Rabu, 07 Agustus, 2019

Senang sekali jadi terbantu dengan ini ya Mbak
Bisa ngajari anak dengan mudah soal berqurban

Reply Delete
Avatar
Sumarti Kamis, 08 Agustus, 2019

Senang melihat banyak lembaga seperti DD bermunculan, yang mana mereka memfasilitasi kurban ke daerah2 masih minim kurban dan yang berkurban bisa via transfer
Dan untuk anak, memang harus kita ajarkan sedini mungkin biar melekat lebuh kuat dalam pikiran dan tindakannya untuk berkurban

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

betul mba :) sejak dini diajarkan dan alhamdulilah ada DD yah

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila Sabtu, 10 Agustus, 2019

tahun lalu aku kurbannya lwt dompet dhuafa... gampang dan ga ribet yaaa.. tp tahun ini skip dulu, krn papa pgn aku kurban di kampungnya yg memang msh banyak orang yg membutuhkan... anak2 pgn aku ajrin ttg kurban juga sih setelah baca ini.. slama ini mereka blm tau memang, walopun kdg2 suka ngeliat ke lapangan pas penyembelihan ... tp fylly rada trauma, makanya sampe skr ga mau lg ngeliat itu.. sama kayak aku yg lgs lemes kalo liat darahnya mba.. makanya aku ga prnh liat penyembelihan kurban.., ikutan nyumbang ajalah.. makanya aku suka beli dr dompet dhuafa... semua udah mereka urusin. aku ga perlu jg liat pas disembelihnya :D

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

alhamdulilah ya mba Fan memudahkan banget :)

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra Senin, 12 Agustus, 2019

Wah... Keren Neyna, dari kecil udah belajar kurban. Mantap. 👍

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 13 Agustus, 2019

makasih om :) emaknya juga keren yah wkwkwk

Reply Delete