Search

Cara Mudah Mengajari Anak Berkurban!

"Bunda, cerita lagi tentang Nabi Ismail yang mau dipotong itu"

Dari 25 kisah Nabi dan Rasul, Neyna itu paling suka sama cerita Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim. Dulu saat masih duduk di RA, Neyna suka menyanyikan lagu kisah Siti Hajar dan Nabi Ismail yang dari kakinya memancarkan air zam-zam. Saya sampai hafal lagunya karena setiap malam sepulang saya kerja Neyna menyanyikan lagu itu.

Tak hanya lagu namun cerita keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail senantiasa menjadi pembelajaran untuk Neyna mengenai arti taat dan ikhlas yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail serta pembelajaran tentang Idul Adha.

Sebagaimana yang telah dikisahkan dalam Al-quran surat As-Safat Ayat 102 :

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". 

Dari kisah ini juga menimbulkan tanya untuk Neyna, kenapa sih harus menyembelih hewan kurban seperti sapi dan kambing?

ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban


Dengan pertanyaan tersebut tentu saja saya jadi mudah menjelaskan makna dari berkurban itu sendiri. Tak hanya sebagai ketaatan kepada Alloh sebagaimana yang dikisahkan oleh nabi Ibrahim namun juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Alloh atas segala kenikmatan yang telah diberikan.

Oleh karena itu, sedari Neyna kecil sudah mengajak untuk berkurban.

Cara Mudah Mengajari Anak Berkurban

Tak terasa bukan temans, kita akan memasuki hari raya Idul Adha. Apa yang temans persiapkan? bagaimana dengan anak-anak? apakah juga mulai mempersiapkan juga?

Sebagai orang tua jelas tugas saya untuk bisa mengajari anak-anak di rumah agar turut serta dalam melaksanakan ibadah kurban. Adapun yang saya lakukan adalah :

👉 Menceritakan Kisah Nabi

Sebagaimana yang sudah saya singgung diawal, hal ini berguna untuk mengetahui cikal bakal adanya perintah kurban.

Alhamdulilah tak hanya di rumah saja Neyna dapat kisah tentang ini tapi juga di sekolah senantiasa mengajari anak-anak mengenal tentang kurban

👉 Membuat Celengan Kurban 

Sedari Neyna masuk RA kecil, sudah ada program agar anak-anak di rumah bisa membuat celengan kurban. Celengannya bisa membuat sendiri bisa dari botol minuman atau kaleng susu yang dihias dengan menggunakan kertas warna.

Jika sudah mendekati hari Idul Adha, celengannya dikumpulkan agar bisa membeli sapi. Sejak Neyna sekolah alhamdulilah sekolahnya punya program baik seperti ini.

Bagi saya pribadi, untuk kurban sendiri biasanya saya menabung tiap bulan alhamdulilah uangnya terkumpul dan saya bisa berkurban.

👉 Mengajak Untuk Melihat Hewan Kurban


Waktu saya berkurban, biasanya saya mengajak Neyna ke tempat jual hewan kurban. Lalu di sana saya memilih bersama Neyna mana kambing yang akan kami sembelih di hari Idul Adha.

Reaksi Neyna waktu itu excited yah namanya juga anak kecil kalau ketemu hewan pasti suka. Ternyata di sekolahnya pun sama, dimana gurunya mengajak anak-anak menemui sapi yang berhasil dibeli dari hasil celengan kurban anak-anak.

Dan ini dia penampakan sapi bersama Neyna dan teman-temannya di sekolah.

ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban

👉 Mengajak Untuk Melihat Proses Pemotongannya


Saat proses pemotongan ada yang bilang jangan pernah bawa anak karena itu adegan yang lumayan sadis gituh.

Tapi justru saya sendiri mengajak dan meminta Neyna menyaksikan inilah momennya. Kala itu Neyna bilang "kasian ya bunda, kambingnya nangis mau dipotong". Saya juga ga tega sih waktu menyaksikannya belum dipotong saya pulang :D

Ayo #JanganTakutBerkurban!

Mudah bukan mengajari anak-anak kita berkurban? jadi tidak ada kata ga bisa atau alasan lain kalau sudah diniatkan InsyaAlloh pasti bisa dan akan selalu ada kemudahan untuk niat baik kita.

Bahkan nih ada kemudahan yang bisa kita dapatkan apabila kita berkurban melalui Dompet Dhuafa.

Siapa yang tak kenal dengan Dompet Dhuafa, sejak tahun 1994 Dompet Dhuafa ini punya program Tebar Hewan Kurban ke berbagai wilayah di Indonesia. MasyaAlloh keren banget!

Jadi semua masyarakat dari pelosok bisa merasakan hewan kurban demikian tujuan dari adanya Tebar Hewan Kurban melalui Dompet Dhuafa. 


ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban


Mengapa Harus Kurban Melalui Dompet Dhuafa?  

Bagi temans yang ga ada waktu misalnya untuk datang langsung membeli maupun memilih hewan kurban, temans bisa memanfaatkan Layanan Kurban melalui Dompet Dhuafa ini.


5 keunggulan Berkurban di Dompet Dhuafa :

💓 Kemudahan layanan kurban, yakni bisa dilakukan di konter yang ada di Mall, melelui rekening apabila ga mau ribet, bisa melalui layanan jemput kurban serta melalui layanan kurban.dompetdhuafa.org
💓 Tebar kurban hingga pelosok negeri, jadi siapapun bisa merasakan hewan kurban ga hanya yang tinggal di perkotaan saja
💓 Kualitas hewan kurban sesuai syariat islam jadi tidak usah ragu
💓 Ada laporan kurban transparan jadi jangan khawatir
💓 Memberdayakan peternak dan ekonomi desa

ajarkan anak untuk berkurban, cara menabung agar bisa berkurban


Gimana temans? 5 keunggulan yang ditawarkan oleh Dompet Dhuafa ini? jadi tahun ini Kurban yah please #JanganTakutBerkurban terlebih lagi banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan.

Well, temans demikian yang bisa saya sharing kali ini. Semoga bermanfaat yah!



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun