Search

Cara Asyik Mengubah Dinas Luar Kota Menjadi Travelling Murah!

Pernah ga sih pengen travelling tapi budget pas-pasan? nah temans bisa coba nih cara saya. Begini ceritanya :

"Va coba cek aja dulu Jadwal Kereta Jogja Solo"
Begitu pendapat rekan kerja sewaktu saya galau hendak Dinas Ke Kota Solo lagi. Lah kok galau?

Soalnya kalau pake pesawat direct ke Solo jadwalnya itu pagi hari, dan saya bakalan mati gaya kalau cuman di hotel saja nunggu waktu baru besok hari ke kantor cabang.

Kegalauan ini pernah saya rasakan 2 tahun silam, jujur saja ke Solo sudah 2x jadi ketika ada tugas ke Solo lagi dengan jadwal penerbangan pagi buta maka saya mikirin gimana caranya biar ga langsung ke Solo akan tetapi ke tempat lain.

Fikir saya kenapa ga ke Jogja dulu..

Singkat cerita, saya akhirnya memiliki rencana Bandung - Jogja menggunakan pesawat lalu dari Jogja saya menggunakan kereta. Dan meminta pihak kantor cabang untuk jemput di stasiun Solo saja.

Jadi momen DLK kali ini, ingin saya manfaatkan untuk keliling Jogja sebelum ke Solo. Apalagi saya terakhir ke Jogja itu tahun 2009.

Wuih udah lama banget bukan?




So, kesempatan ini ingin saya jadikan sebagai momen buat travelling sehari ke Jogja dengan budget PAS alias numpang dari dana DLK.


Namun sayangnya rencana ini tidak mendapatkan persetujuan dari pihak cabangnya LOL. Karena pihak cabang hanya membiayai tiket sesuai kebutuhan.

Akhirnya rencana mampir Jogja dulu kandas..wes akhirnya saya keliling Kota Solo lagi deh.

Cara Asyik Mengubah Dinas Luar Kota Menjadi Travelling Murah!

Sebenarnya boleh ga sih disela-sela dinas luar kota sebagai karyawan kita sempetin jalan-jalan?
Ya boleh banget dong asalkan apa yang menjadi tujuan ke kota yang disinggahi beres tercapai.

Beberapa tahun belakangan memang pekerjaan saya agak lumayan menyita waktu untuk dinas luar kota karena waktu itu saya masih gabung dalam divisi People Development.

Kini saya menikmati hanya tugas di kantor saja tanpa perlu dinas lagi.

Well, temans sebagai karyawan yang dulu aktif DLK, saya mau kasih tips agar dinas luar kota bisa jadi travelling murah.

Tips Travelling Murah

Sambil Dinas luar kota sambil jalan-jalan bisa ga yah? apalagi hanya memanfaatkan uang saku perjalanan.

Karyawan yang DLK memang mendapatkan uang saku alias uang perjalanan yang didalamnya termasuk uang makan, uang transportasi hingga uang laundry (jika bepergian DLKnya lebih dari 3 hari).

Namun temans harus pandai-pandai mengelola uangnya agar bisa DLK dan Travelling seimbang no budget besar.

So, ini dia tips travelling murah sambil dinas luar kota yang bisa temans lakukan :

💙  Manfaatkan Jasa Antar Jemput


Biasanya kalau karyawan DLK itu akan dijemput oleh pihak cabang kantor yang disinggahi. Nah temans bisa manfaatkan ini untuk menghemat uang saku transportasi untuk menjelajahi satu tempat yang hendak dikunjungi.

Seperti yang saya lakukan, waktu itu saya ke Solo dijemput dari Bandara ke Hotel lalu saya minta diantar ke Keraton Solo. 

Maka saya minta drivernya karena sekalian dia ke kantor cabang mengantarkan saya ke Keraton Solo dulu. 

Dari Keraton Solo saya main-main ke Mesjid Agungnya.

travelling murah ke solo, hal yang bisa dilakukan selama dinas luar kota


Pulangnya sendiri jadi hemat bukan? 

💙  Makan Jangan Rewel 

Anggaran makan itu memang lumayan banget nih temans. Jadi cara saya biar travelling murah itu pagi saya makan dari menu yang ada di Hotel, siangnya saya makan yang pemberian kantor cabang.

Baru malamnya deh saya keluarkan kocek sendiri. Nah saat makan di Solo itu emang semua menu murah loh. Saya sampe kaget waktu pas beli bubur malam hari harganya cuman Rp 4000 aja LOL.

 Lain kota lain juga harga, saat saya ke Manado bah mana ada yang makanan Rp 4000 :D

Baca Lagi :  Bermalam Di Aston Manado

Pinter-pinter temans milih makanan yang sehat namun murah yes. Bisa juga nih pengalaman waktu saya ke Bangka, berhubung rekan kerja saya orang asli Bangka. Maka selama DLK di sana saya numpang makan di rumahnya LOL.

 Gaes ini beneran loh memangkas sekali pengeluaran utama :D syarat utamanya sih jangan malu-malu.


💙  Bawa Cukup Baju

Hal ini guna memangkas biaya laundry jadi temans bisa atur berapa pasang baju, jilbab, daleman pokoknya atur sedemikian rupa ya temans.

Pengalaman saya waktu bawa baju dikit dan pake jasa laundry hotel beuh harganya mayan buat bekel makan loh jadi saya sih memutuskan atur baju yang hendak dibawa namanya juga mau travelling murah alokasi biayanya mending buat yang lebih penting.

💙  Batasi Beli Oleh-Oleh

Banyak yang suka mengira uang saku DLK itu buanyak..ya banyak kalau jabatan Manager Head gitu deh kalau cem saya sih segitulah.

Nah untuk mensiasati  minim biaya ga perlu banyak beli oleh-oleh cukup beli oleh-oleh buat keluarga inti saja. Lagipula temans fikirkan juga dengan biaya bagasi kalau bawa oleh-oleh segambreng! ingat judulnya saja travelling minim budget :D

***

Nah temans demikian tips travelling murah dengan memanfaatkan momen dinas luar kota yah. Tapi saya juga mau ingetin nih agar sebelum jalan-jalan sebisa mungkin pekerjaan yang jadi tanggung jawab utamanya beres!


Temans, mau nambahin lagi ga tips lain buat travelling murah? yuk sharing yuk

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun