Search

Antara Rumah Sakit Dan Asuransi Kesehatan

Temans, apa kabar? semoga dalam keadaan sehat yah! Kesehatan memang faktor utama yang senantiasa harus dijaga terutama kesehatan anggota keluarga.

Ngomongin kesehatan nih, saya pribadi dirawat di rumah sakit itu ((alhamdulilah)) hanya saat melahirkan saja.

Waktu melahirkan Neyna dulu adalah momen pertama saya merasakan bobo gelisah di rumah sakit. Saya tuh paling anti sama rumah sakit, namun sejak hamil dan harus periksa ke dokter kandungan mau tak mau saya menjadi rutin sekali kunjungan ke rumah sakit.

Setiap bulannya rajin bener ke rumah sakit cek kandungan bahkan ikutan loh senam hamil yang sampe ketiduran itu. 

Selama kehamilan hingga proses melahirkan sendiri, alhamdulilah dulu saya masih mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor lama yang bisa direimbush apabila selesai periksa.

Dan saat melahirkan pun, bersyukur juga punya asuransi kesehatan yang bisa mengcover biaya kelahiran meskipun juga ga semuanya dibayarkan tapi setidaknya meringankan banget beban saya dan akang suami.


alasan pentingnya asuransi kesehatan keluarga, cara terbaik melindungi keluarga

Sejak menjadi ibu, ternyata tak hanya harus pandai dalam urusan post tabungan pendidikan saja loh akan tetapi juga saya mesti save beberapa persen untuk biaya kesehatan.

Apalagi anak-anak terkadang kena sakit yang tak terduga, mau tak mau harus melarikan mereka ke dokter.

Seperti pengalaman waktu Neyna pada akhirnya masuk rumah sakit beberapa tahun silam.
"Ibu, anak ibu harus dirawat sore ini juga"
"Ibu pake BPJS atau asuransi?"
"Baiklah jika asuransi kesehatan mari segera ikut saya"
Demikian penggalan pernyataan petugas kesehatan sewaktu mengurusi Neyna yang sore itu harus segera menginap di rumah sakit. 

4 tahun lalu, ketika Neyna divonis penyakit Pneumonia maka selama 4 hari 3 malam saya menginap di rumah sakit.


Beruntungnya di kantor, saya terdaftar tidak hanya BPJS akan tetapi juga terdaftar dalam asuransi yang bisa mengcover anak dan suami.

Jadi saat itu saya tidak banyak mengkhawatirkan untuk biaya obat-obatan, biaya treatment, biaya periksa hingga biaya kamar selama Neyna masuk rumah sakit karena sudah tercover dengan asuransi yang ada.

Singkat cerita, meski biaya seluruh perawatan maupun tindakan tidak semua tercover namun setidaknya saya lega karena bisa memberikan perawatan terbaik untuk Neyna. Dari fasilitas kamar, makanan, obat-obatan hingga treatment khusus saat menjalani fisioterapi. 

Pentingnya Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga




Saya sangat bersyukur tercover dengan asuransi kesehatan yang bisa melindungi keluarga yang sakit. Setidaknya inilah bentuk cinta saya untuk melindungi keluarga.

Saya jadi ingat nih temans, ada keluarga yang sama sekali kurang peduli dengan perlindungan kesehatan. Pada akhirnya suaminya terkena penyakit serius yang mengharuskan terapi ke dokter secara rutin.

Proses pengobatannya membuat harta bendanya terkuras habis karena keterbatasan dana untuk menyembuhkan penyakit yang diderita suaminya.

Efek domino akhirnya terjadi, ayahnya sakit payah, harta benda terkuras, ibunya tidak bekerja dan imbasnya anak-anaknya menjadi korban pulak dari yang putus sekolah hingga sekolahnya terbengkalai.

Dari kesehatan sampai akhirnya impactnya ke pendidikan. Ngeri banget bukan?

Saya sih yakin banget cerita ini sudah jadi rahasia umum yang seharusnya bisa dipetik pembelajarannya oleh kita nih. Jangan sampai hal tersebut terjadi.

Buat saya pribadi, saving dana kesehatan emang penting untuk keluarga tercinta. Anak sakit saja bisa potek remuk redam hati ini lebih sakit dibandingkan dengan omongan julid orang LOL.

Oleh karena itu, satu cara mensiasati untuk perlindungan keluarga yakni dengan memiliki asuransi kesehatan. 

Ada beberapa catatan penting yang selalu saya ingat, mengapa asuransi kesehatan itu penting buat perlindungan keluarga, diantaranya adalah : 

👉  Ingatlah sakit itu ga terduga waktunya, bisa tiba-tiba jam sekian, hari kapan makanya tetap siaga
👉 Ingatlah biaya untuk perawatan itu besar, apapun penyakitnya selalu biaya pengobatan dan perawatan jauh lebih besar
👉  Ingatlah pake BPJS itu ngantri dan prosesnya butuh kesabaran ekstra LOL, cung sapa yang setuju?

Bukannya tak dukung aturan pemerintah yah temans, tapi jujur saya lebih prefer biaya pengobatan diluar BPJS kecuali saat saya sesar yah alhamdulilah bisa lancar jaya pakai BPJS itupun tetap naik kelas 😁.

***

Antara rumah sakit dan asuransi kesehatan memang selalu beriringan yah temans, sakit ya segera lakukan pengobatan. 

Jangan sampai lalai karena masalah biaya yang tentunya bisa diantisipasi dengan memiliki asuransi kesehatan.

Well, temans demikian curhatan saya berfaedah bukan? karena kesehatan keluarga orang-orang tercinta itu sangatlah utama dibandingkan hartanya Hotman Paris *salam kopi Joni 😂





Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun