Antara Rumah Sakit Dan Asuransi Kesehatan

alasan pentingnya asuransi kesehatan keluarga, cara terbaik melindungi keluarga, rumah sakit dan asuransi kesehatan, tentang asuransi kesehatan

Antara Rumah Sakit Dan Asuransi Kesehatan

Temans, apa kabar? semoga dalam keadaan sehat yah! Kesehatan memang faktor utama yang senantiasa harus dijaga terutama kesehatan anggota keluarga.

Ngomongin kesehatan nih, saya pribadi dirawat di rumah sakit itu ((alhamdulilah)) hanya saat melahirkan saja.

Waktu melahirkan Neyna dulu adalah momen pertama saya merasakan bobo gelisah di rumah sakit. Saya tuh paling anti sama rumah sakit, namun sejak hamil dan harus periksa ke dokter kandungan mau tak mau saya menjadi rutin sekali kunjungan ke rumah sakit.

Setiap bulannya rajin bener ke rumah sakit cek kandungan bahkan ikutan loh senam hamil yang sampe ketiduran itu. 

Selama kehamilan hingga proses melahirkan sendiri, alhamdulilah dulu saya masih mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor lama yang bisa direimbush apabila selesai periksa.

Dan saat melahirkan pun, bersyukur juga punya asuransi kesehatan yang bisa mengcover biaya kelahiran meskipun juga ga semuanya dibayarkan tapi setidaknya meringankan banget beban saya dan akang suami.


alasan pentingnya asuransi kesehatan keluarga, cara terbaik melindungi keluarga

Sejak menjadi ibu, ternyata tak hanya harus pandai dalam urusan post tabungan pendidikan saja loh akan tetapi juga saya mesti save beberapa persen untuk biaya kesehatan.

Apalagi anak-anak terkadang kena sakit yang tak terduga, mau tak mau harus melarikan mereka ke dokter.

Seperti pengalaman waktu Neyna pada akhirnya masuk rumah sakit beberapa tahun silam.
"Ibu, anak ibu harus dirawat sore ini juga"
"Ibu pake BPJS atau asuransi?"
"Baiklah jika asuransi kesehatan mari segera ikut saya"
Demikian penggalan pernyataan petugas kesehatan sewaktu mengurusi Neyna yang sore itu harus segera menginap di rumah sakit. 

4 tahun lalu, ketika Neyna divonis penyakit Pneumonia maka selama 4 hari 3 malam saya menginap di rumah sakit.


Beruntungnya di kantor, saya terdaftar tidak hanya BPJS akan tetapi juga terdaftar dalam asuransi yang bisa mengcover anak dan suami.

Jadi saat itu saya tidak banyak mengkhawatirkan untuk biaya obat-obatan, biaya treatment, biaya periksa hingga biaya kamar selama Neyna masuk rumah sakit karena sudah tercover dengan asuransi yang ada.

Singkat cerita, meski biaya seluruh perawatan maupun tindakan tidak semua tercover namun setidaknya saya lega karena bisa memberikan perawatan terbaik untuk Neyna. Dari fasilitas kamar, makanan, obat-obatan hingga treatment khusus saat menjalani fisioterapi. 

Pentingnya Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga




Saya sangat bersyukur tercover dengan asuransi kesehatan yang bisa melindungi keluarga yang sakit. Setidaknya inilah bentuk cinta saya untuk melindungi keluarga.

Saya jadi ingat nih temans, ada keluarga yang sama sekali kurang peduli dengan perlindungan kesehatan. Pada akhirnya suaminya terkena penyakit serius yang mengharuskan terapi ke dokter secara rutin.

Proses pengobatannya membuat harta bendanya terkuras habis karena keterbatasan dana untuk menyembuhkan penyakit yang diderita suaminya.

Efek domino akhirnya terjadi, ayahnya sakit payah, harta benda terkuras, ibunya tidak bekerja dan imbasnya anak-anaknya menjadi korban pulak dari yang putus sekolah hingga sekolahnya terbengkalai.

Dari kesehatan sampai akhirnya impactnya ke pendidikan. Ngeri banget bukan?

Saya sih yakin banget cerita ini sudah jadi rahasia umum yang seharusnya bisa dipetik pembelajarannya oleh kita nih. Jangan sampai hal tersebut terjadi.

Buat saya pribadi, saving dana kesehatan emang penting untuk keluarga tercinta. Anak sakit saja bisa potek remuk redam hati ini lebih sakit dibandingkan dengan omongan julid orang LOL.

Oleh karena itu, satu cara mensiasati untuk perlindungan keluarga yakni dengan memiliki asuransi kesehatan. 

Ada beberapa catatan penting yang selalu saya ingat, mengapa asuransi kesehatan itu penting buat perlindungan keluarga, diantaranya adalah : 

👉  Ingatlah sakit itu ga terduga waktunya, bisa tiba-tiba jam sekian, hari kapan makanya tetap siaga
👉 Ingatlah biaya untuk perawatan itu besar, apapun penyakitnya selalu biaya pengobatan dan perawatan jauh lebih besar
👉  Ingatlah pake BPJS itu ngantri dan prosesnya butuh kesabaran ekstra LOL, cung sapa yang setuju?

Bukannya tak dukung aturan pemerintah yah temans, tapi jujur saya lebih prefer biaya pengobatan diluar BPJS kecuali saat saya sesar yah alhamdulilah bisa lancar jaya pakai BPJS itupun tetap naik kelas 😁.

***

Antara rumah sakit dan asuransi kesehatan memang selalu beriringan yah temans, sakit ya segera lakukan pengobatan. 

Jangan sampai lalai karena masalah biaya yang tentunya bisa diantisipasi dengan memiliki asuransi kesehatan.

Well, temans demikian curhatan saya berfaedah bukan? karena kesehatan keluarga orang-orang tercinta itu sangatlah utama dibandingkan hartanya Hotman Paris *salam kopi Joni 😂





48 komentar

Avatar
Lucky Caesar Jumat, 26 Juli, 2019

Sepakaaaat mbaak bellaa, kesehatan adalah faktor terpenting yg harus diperhatikan. Adanya asuransi kesehatan membantu banget dalam memberikan perlindungan dan fasilitas kesehatan terbaik waktu sakit. Harus selektif juga pas pemilihan asuransi kesehatan, BPJS terus berbenah jd makin baikk kalau diliat akhir-akhir ini hehehe makasih sharing ceritanya mbaaak :)

Reply Delete
Avatar
Okapinote Jumat, 26 Juli, 2019

kesehatan itu penting. asuransi kesehatan melindungi keluarga ketika sakit. so, karena sakit itu mahal. bersyukur pemerintah menghadirkan BPJS yang wajib dimiliki oleh masyarakat. Masa, buat kata sehat kita nolak untuk memiliki asuransi kesehatan. mari dukung terus BPJS supaya lebih baik lagi.

Reply Delete
Avatar
Deria Sabtu, 27 Juli, 2019

Great post dear thanks for sharing :)

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP Sabtu, 27 Juli, 2019

Setuju... Kalau ada keluarga yang sakit, perasaan tuh udah enggak keruan. Jangan sampai ditambah lagi pusing mikirin biayanya ya...

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) Sabtu, 27 Juli, 2019

Kalau di Surabaya, saya pakai BPJS masih gak terlalu antri bun, soalnya ada aplikasi ehealth dan saya pakai faskes 1 nya puskesmas, yang mana semua puskesmas bisa daftar melalui aplikasi itu, cuman memang akan lebih baik kalau punya asuansi kesehatan sih.

Apapun itu, semoga kita semua selalu sehat, aamiin :)

Reply Delete
Avatar
Echi Mustika Minggu, 28 Juli, 2019

Bpjs membantu bgt, saya punya alhamdulilah jarang banget dipakai. Tapi sekarang lagiurusan k dokter anak nih buat cek kesehatan si abang.. Kebayang dong kalo nggak ada asuransi bayak pk apa

Reply Delete
Avatar
Mechta Minggu, 28 Juli, 2019

Saya pakai BPJS mba..itu salah satu jenis asuransi kesehatan juga kan? Hehe.. BTW saya setuju bahwa kesehatan itu penting dan penyiapan dana utk kesehatan apakah itu dg BPJS atau asuransi kesehatan lainnya juga tak kalah pentingnya..

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Minggu, 28 Juli, 2019

Bener banget kak asuransi kesehatan itu penting banget. Saat ini saya sih pakai BPJS dan ini tuh ngebantu banget beberapa kali operasi pakai ini.

Reply Delete
Avatar
Susie Ncuss Minggu, 28 Juli, 2019

iya, bener banget mbak.
asuransi kesehatan itu wajib dimiliki oleh semua orang.
apalagi utk keluarga yang punya anak kecil...

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne Minggu, 28 Juli, 2019

Perlindungan kesehatan yang tepat akan membantu kita untuk peduli pada Masa depan. Kalau sakit itu enak, Ada asuransi yang bayar.apalagi mengalami Kaya man Herva, pneumonia, seram, biaa merenggut nyawa sang anak

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Senin, 29 Juli, 2019

Alhamdulillah ya dirimu termasuk yang jarang sakit sehingga bisa lebih optimal menjalankan tugas sebagai ibu dan lainnya.

Reply Delete
Avatar
Syarifani mulyana Senin, 29 Juli, 2019

Akupun udah merasakan manfaat asuransi kesehatan dari kantor suami. Lumayan bisa menghemat pengeluaran, namanya sakit bisa terjadi sewaktu waktu tanpa permisi.

Reply Delete
Avatar
Helenamantra Senin, 29 Juli, 2019

asuransi kesehatan jadi ikhtiar keluarga kami untuk menjaga kesehatan. Alhamdulillah udah punya.

Reply Delete
Avatar
indahjuliarti.com Senin, 29 Juli, 2019

setuju banget kak. Emang yah kalau memggunakan asuransi kesehatan itu sangat bagus, sangat membantu dan tentunya sangatlah muda jika ingin digunakan dirumah sakit atau puskesmas. Tapi semoga kita selalu diberikan kesehatan ya kak

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Senin, 29 Juli, 2019

Jadi gimana nasibnya yang punya BPJS aja ya mba? Padahal ya tiap bulan udah keluar uang buat bayar. Enggak gratis loh ya kita ikutan BPJS itu, tapi kok sering disemena-menain gitu ya.
Semoga ke depannya, warga negara yang sudah mengikuti aturan wajib ikut BPJS dilayani dengan sebaik-baiknya saat membutuhkan pelayanan kesehatan. Ya kan siapa juga ya yang mau sakit hihiii.. udah sakit masih harus diuji kesabaran, luar biasa kan yaaa...

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Senin, 29 Juli, 2019

it is always good to have extra protection. And health insurance is one of them. Namajuga asuransi..untuk beri jaminan kaaan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Senin, 29 Juli, 2019

Dub bun. Efek dominonya berbahaya sekali itu. Kliatan sepele ayah sakit tapi anak sampe putus sekolah tuh emang menyedihkan :(. Aku tuh slalu berusaha untuk selalu berikan perlindungan asuransi ke anak dan keluarga

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati Senin, 29 Juli, 2019

Saya udah lama pakai BPJS untuk menikmati fasilitas kesehatan. Alhamdulillah lancar, kalo antri juga nggak tiap priksa. Karena tergantung juga pasiennya banyak atau enggak. Trus daftar online juga sekarang, jadi lebih mudah malah

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu Senin, 29 Juli, 2019

Kesehatan adalah investasi terbesar, jadi ketika sehat jiwa dan raga maka kita dengan mudah melakukan berbagai macam pekerjaan. Bersyukurnya, saya selalu berusaha untuk menjaga kesehatan mbak, apalagi anak-anak. Asuransi juga semoga dapat membantu kalau terjadi apa2.

Reply Delete
Avatar
Okti Li Senin, 29 Juli, 2019

Sehat itu memang mahal. Karenanya harus dijaga. Jangan sampai mentang2 punya asuransi lalu mengandalkan itu buat pengobatan.

Asuransi kesehatan itu penting. Tapi lebih penting menjaga kesehatan ya

Reply Delete
Avatar
Ida Senin, 29 Juli, 2019

Wah asuransi memang membantu banget ya.. si bungsu lahiran dulu jg di RS dan dicover asuransi walau gak full hehe salahnya Krn suami ambil ruangan yg bagus seh... padahal mah lebar da... Hahaha .

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul Senin, 29 Juli, 2019

Kembali diingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pentingya memiliki asuransi kesehatan, karena memang sehat itu mahal, bisa menguras semua harga benda.. ada beberapa pengalaman teman hiks.. asuransi kesehatan jaman sekarang sudah jadi hal wajib ya mbak, bismillah semoga senantiasa sehat ya kita semua

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian Senin, 29 Juli, 2019

Ibaratnya sedia payung sebelum hujan ya, kalau udah punya proteksi dari asuransi kesehatan jadi sedikit lega walaupun gak ada orang yang mau sakit

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara Senin, 29 Juli, 2019

Pakai BPJS antri, tapi kalau ke rumah sakit negeri lumayan cepet sih. Well setuju bahwa kita tuh butuh asuransi buat jaga2 biar enggak kena efek2 lain karena duit habis buat BPJS

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari Senin, 29 Juli, 2019

Ya mbak asuransi selain BPJS emang penting ya. Syukur2kalau asuransinta adalah fasilitas kantor. Atau kalau milik sendiri minimal kepala keluarga harus punya dan ada asuransi kesehatan/ jiwa walauuuu gak berharap dipakai aamiin

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Senin, 29 Juli, 2019

BPJS ini apa tergantung rumah sakitnya yaa..?
Ada yang gak perlu naik kelas dan bener-bener di cover seluruhnya, teh..
Emm,
Aku bukan pengguna dan belum pakai asuransi apa-apa.
Mesti banyak wacana organik mengenai asuransi.
Hehehe..

Reply Delete
Avatar
Novitania Senin, 29 Juli, 2019

kalo dirumah satu anggota keluarga sakit, yang ikutan sakit jadi hampir semua. dan itu bikin pusing banget huhuhu. makanya penting nih punya asuransi kesehatan dan juga selalu jaga kesehatan ya mba

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Senin, 29 Juli, 2019

selain BPJS, karyawan kantorku juga punya asuransi kesehatan lain, tapi untuk karyawan wanita, yang ditanggung hanya si karyawan sajaaaaa, anak dan suami gak ditanggung :(

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid Senin, 29 Juli, 2019

selain BPJS, karyawan kantorku juga punya asuransi kesehatan lain, tapi untuk karyawan wanita, yang ditanggung hanya si karyawan sajaaaaa, anak dan suami gak ditanggung :(

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid Senin, 29 Juli, 2019

Sehat itu mahal yaa, tapi sakit lebih mahal lagi, makanya penting banget bai kita untuk menjaga kesehatan yaa, Mba, dan jangan lupa juga kita melakukan tindakan preventif dengan memiliki asuransi kesehatan

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid Senin, 29 Juli, 2019

Sehat itu mahal yaa, tapi sakit lebih mahal lagi, makanya penting banget bai kita untuk menjaga kesehatan yaa, Mba, dan jangan lupa juga kita melakukan tindakan preventif dengan memiliki asuransi kesehatan

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Senin, 29 Juli, 2019

Alhamdulillah sih, aku sekeluarga punya BPJS. Walopun banyak denger cerita gak enak. Alhamdulillah juga gak pernah dipake. Masih bisa bayar sendiri akhirnya. Biar iuran bulanannya buat yang kurang mampu aja.

Reply Delete
Avatar
Dewi adikara Senin, 29 Juli, 2019

Ya Allah, iya mba penting banget bisa mengelola keuangan, apalagi dengan mengikuti Asuransi bisa lebih tenang bila sakit dtg sewaktu waktu

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Senin, 29 Juli, 2019

Setuju banget. Asuransi kesehatan memang penting. Aku juga baru merasakan manfaatnya belakangan ini.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka Selasa, 13 Agustus, 2019

Haha ngga nguatin dah salam kopi Joni nya..iya asuransi kesehatan penting banget untuk berjaga-jaga ya karena tidak tahu ke depannya gimana. Semoga kita semua sehat selalu sekeluarga aamiin

Reply Delete
Avatar
diahagustina65.com Selasa, 13 Agustus, 2019

Sepakat banget mba, bahwa asuransi kesehatan sangat penting dan harus kita miliki. Aku merasakan manfaat dari BPJS ketika melahirkan empat tahun yang lalu dengan proses SC dan semua biaya operasi dan kamar inap semua ter-cover oleh BPJS

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Selasa, 13 Agustus, 2019

Biaya kesehatan memang mahal ya, sekarang. Semoga kita sekeluarga sehat2 aja, deh

Reply Delete
Avatar
Diar Ronayu Selasa, 13 Agustus, 2019

Saya juga kebantu banget sama asuransi kesehatan. Apalagi kalau lagi rawat inap, biayanya kan bisa juta2an. Kalau nggak pake asuransi bisa habis tuh tabungan..

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen Rabu, 14 Agustus, 2019

Benar banget mom, meski sekarang sehat bukan berarti ada jaminan selamanya sehat, besok atau lusa kita nggak akan tau apa yg akan terjadi makanya sampai sekarang aku ingat banget nih kalo ngomongin asuransi ibarat sedia payung sebelum hujan.

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy Rabu, 14 Agustus, 2019

Wah iya, asuransi kesehatan kini penting banget mak karena jika memiliki asuransi ini benefitnya bukan hanya ada yang diandalkan saat sakit tapi juga kesempatan untuk melakukan pemeriksaan rutin atau checkup secara berkala, nah...layanan ini juga bagi saya sangat penting lho.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Rabu, 14 Agustus, 2019

aku juga punya 1 ekstra mba asuransi kesehatan dan jiwa untuk jaga - jaga. Dari kantor memang dapat BPJS tapi lebih baik sedia extra kaaan

Reply Delete
Avatar
Keina Rahardjo Rabu, 14 Agustus, 2019

Diantara semua asuransi emang yang paling penting ya asuransi pendidikan, soale tadi itu, sakit mendadak jangan sampe ga berobat karena ga ada biaya, meski lebih baik mencegah sih biar ga gampang sakit huhuhu

Reply Delete
Avatar
Lisdha Rabu, 14 Agustus, 2019

yup mbak herva. setujuuuu bgt ttg pentingnya asuransi. meski memang, kudu teliti baca point2 dalam polisnya (dan itu banyak diabaikan karena bahasa asuransi itu banyak yang sulit dipahami orang awam)

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Rabu, 14 Agustus, 2019

Kalo ditanya punya asuransi, aku pasti jawab gak punya. Lupa kalo BPJS juga termasuk. Soalnya gak pernah dipake. Kalo berobat, pasti langsung ke dokter. Pdhl tiap bulan bayar. Ya semoga aja deh gak pernah dipake selamanya. Pertanda kalo sakitnya gak serius. Dan bayar tiap bulannya bener2 buat orang yang perlu.

Reply Delete
Avatar
Erin Herlina Rabu, 14 Agustus, 2019

Asyik mba ada asuransi lain dari kantornya, aku tok BPJS. Belum sempat buka asuransi lainnya, tapi harus.

Reply Delete
Avatar
NiaNastiti Kamis, 15 Agustus, 2019

Betul setuju Mak kesehatan keluarga itu yang utama dan emang kepala keluarga atau salah satu deh dari ortu kalau misal keduanya bekerja, emang musti punya proteksi yang melindungi kesehatan dia dan sekeluarga yah supaya kalau hal begini terjadi bisa kasih terbaik buat anak :')

Reply Delete
Avatar
Asuransi Kesehatan Allianz Rabu, 21 Agustus, 2019

Benar sekali. Kalau berbicara tentang asuransi kesehatan, memang tidak bisa lepas dari yang namanya rumah sakit. Karena asuransi kesehatan itu merupakan asuransi yang mengcover biaya rumah sakit saat si peserta asuransi dirawat di sana. Dan tidak hanya kepala keluarga saja yang perlu dilindungi dengan asuransi tetapi semua anggota keluarga perlu memiliki asuransi kesehatan.

Reply Delete