Search

Tolong Masukin Saya Kerja Dong!

Pernahkah temans mendapatkan sapaan dari seseorang baik itu kawan lama atau siapapun via sosmed atau mereka langsung japri ke WA kemudian ujungnya memohon bantuan "Masukin Saya Kerja Dong".

Jika pernah mengalaminya selamat kita seumuran senasip, saya seringkali diminta baik itu sodara sampe kenalan yang baru saya approve di sosmed untuk bisa membantu mereka memasukkan kerja.

Mendapati hal tersebut mau tak mau saya pasti memberikan jawaban yang sungguh penuh kedustaan 😂😂😂😂 pasalnya kalau saya bilang "hah? aku sih ga bisa masukin emangnya perusahaan nenek moyang" ujungnya akan terjadi pertengkaran karena ada hati yang teriris oleh jawaban saya.

So, dengan niat tidak ingin menyakiti maka jawabannya berubah "baiklah nanti saya coba dulu tanyakan ke user yah sapa tahu butuh" >> padahal jelas-jelas lagi ga ada lowongan. 

Pernah juga niy ada yang maksa saya buat masukin orang dan bilang "ga apa-apalah buat posisi apapun yang penting kerja ditempat kamu" ckckck sungguh rasanya ingin kuteriak hatiku melara 😑.

Saya sangat mengerti bagaimana menjadi jobseeker, dan saya pun pernah menjadi pengangguran yang selalu diberondong sama orang lain dengan pertanyaan Kapan Kerja?atau pertanyaan sekarang ga kerja?terus ujungnya dilabelin dan dibully kesian yah jadi sarjana tapi ngendon di rumah lalu saya jadi inget si Doel yang dinyinyirin emaknya Zenab 😂.

Tapi memaksa orang lain untuk bisa masukin dengan dalih apapun itu TIDAK BENAR sodara setanah air, setiap perusahaan kan punya aturan dan ga semuanya bisa dititipi oleh siapapun demi anaknya, sodaranya atau temennya yang pengen kerja.

Bantu mengurangi pengangguran boleh tapi maksain banget biar diterima ya jangan begitu caranya dong!

Tolong Masukin Kerja Dong, Minta bantuan orang lain masukin kerja, kerja dimasukin orang, cara minta pekerjaan ke orang lain, hal yang harus diperhatikan dalam mencari pekerjaan

Berkecimpung di dunia HR terlebih saya masuk ranah perekrutan orang tentunya selalu dianggap bahwa saya ini bisa masukin orang, bisa dititipi orang, ya kali saya macam daycare tempat penitipan bo ya coba nitipin duit gicu cencunya teteh Bella menyanggupi 😂.

Buat temans yang sedang mencari pekerjaan dan meminta bantuan ke orang lain ada baiknya nih untuk perhatikan hal-hal sebagai berikut :

👍 Jangan Memaksa

Sebagai pencari kerja yang kebelet banget pengen dapet gaji, punya status KARYAWAN di e-ktp, pengen sombong depan calon mertua please kalau lagi cari loker dan minta bantuan temennya jangan suka MAKSA!

Maksa dalam hal temennya kudu bisa masukin, kudu rekomendasiin dirinya sebagai High Quality Jomblo Employee di masa depan. Ga begitu temans caranya, berfikirlah bahwa ga semua tempat bisa nerima gitu saja orang luar bergabung meski misalnya kalian adalah sobat baik sepermainan dari teman yang sudah bekerja di perusahaan itu. 

Ingatlah setiap perusahaan punya tata cara sendiri dalam merekrut orang kecuali kalau kalian nih punya hubungan kheseus sama Owner atau CEO-nya baru deh kelian bisa masuk tanpa perlu maksa ke orang HRD-nya.


👍 Jangan Gentayangin


Jika sudah meminta bantuan orang lain untuk titip CV atau sudah sampai ikutan tes segala ada baiknya banyakin berdoa dan banyakin sedekah aja ketibang kejar-kejar orang yang udah kita minta bantuannya.

Iya saya pernah berasa banget dikejarin orang yang udah minta saya untuk membantunya dalam proses perekrutan. Ampun deh belum juga apa-apa uda sering banget diteror dengan pertanyaan bagaiamana dan kapan?

Bahkan ada juga yang pernah cerita ke saya, kalau dirinya di WA setiap hari ngalahin kekasihnya cuman nanya apakah disini ada loker atau ga? padahal dah dijelasin sampe bilang "KAGAK TAHU".😁.
Keseringan di WA be like 💀
So, baiknya jika sudah minta bantuan atau sudah pernah menanyakan tentang info ya sudah toh kalau emang ada lowongan ntar langsung di japri atau minimal langsung dikasih tahu aja gimana hasilnya.

Qoentjinya sabar yes!jangan kek hantu penasaran yang gentayangan 😂


👍 Jangan Baper


Nah ini yang pada akhirnya bikin males bantuin orang, kalau hasilnya ga sesuai minimal yah ucapkan alhamdulilah dan terimakasih sudah dibantu gicu!

Jangan malah membuat ricuh hubungan dengan kebaperan akut yang melanda gegara ga diterima atau ternyata di PHP-in sama orang.

Namanya juga kan minta bantuan bisa aja kita dibantu sampe lolos atau hanya sekedar pemberian sekilas info lowongan.

Sudahi kericuhan apabila ternyata kalian ga sesuai ekspektesyen perusahaan jadikan pembelajaran untuk memperbaiki diri menjadi lebih bae lagi!

***

Itu aja siy yang perlu temans ketahui agar menjadi jobseeker yang santun dan menyenangkan hindari 3 hal tersebut. Lalu untuk yang diminta bantuannya sebagai pemberi informasi lowongan ataupun sebagai perekrut seperti saya kuncinya cuman SABARRRRRR.

Senang sih kalau ada yang saya bantu akhirnya bisa lolos dan gabung masuk satu kantor tapi sedih juga ketika akhirnya hubungan rusak karena kebaperan yang melanda.

Satu hal juga nih buat temans, misalnya diminta bantuin untuk masukin kerja seseorang please yah hindari untuk meminta bayaran atau uang lelah semacam itu. Mereka yang jobseeker kan justru pengen dapat uang bukannya malah dimintain uang.

tolong masukin kerja
Please masukin dong!!
Tak jarang loh ada yang sampe ortunya bela-belain jual sawah atau investasi paling berharganya demi katanya bisa memasukkan anaknya lewat titipan. Pengen banget mites kalau nemu orang yang nipu begitu!dan kesian sama mereka yang tertipu.

Kerja ga harta abis, makanya buat temans juga hati-hati yah janganlah tergiur sama tawaran kerja yang harus menyertai uang sebagai pelicin. Pokoknya Hindari Recruitment Berbayar! 

Untuk saat ini saya akan menjawab to do point "maaf yah ga ada lowongan disini" kalau ada yang minta saya masukin orang. Mengatakan sejujurnya itu lebih enak ternyata daripada memberikan harapan yang palsu.

Dan buat yang mencari kerja ingat selalu 3 hal yang sudah saya ceritakan diatas, masalah kerja memang gampang-gampang susah yang penting sabar oke temans!

Ada yang punya pengalaman serupa?yuk sharing disini..

Semoga bermanfaat yah 💋

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun