POSTS SLIDER

I'm writing about...

3 Persiapan Memasuki Puasa Pertama

Memasuki puasa pertama, biasanya ada yang perlu dipersiapkan. Hal ini saya lakukan agar Ramadan menjadi khsuyuk sebagai momentum perbaikan diri.

Alhamdulilah puasa pertama tahun 2022 ini saya dan keluarga diberikan kesehatan sehingga bisa menjalani puasa bersama-sama.

Mengingat kasus covid-19 masih ada saja dengan varian barunya, makanya saya bersyukur sekali puasa pertama dan InsyaAllah seterusnya bisa bersama-sama keluarga kecil saya dalam kondisi yang sehat walafiat..Aamiin.

Ngomongin puasa pertama, rasanya itu deg-degan banget padahal setiap tahunnya sudah melewati tapi suka takut aja jika tidak maksimal puasanya.

Makanya memang perlu persiapan memasuki puasa pertama bukan? lalu apa saja nih yang saya persiapkan untuk puasa pertama?

persiapan-puasa-pertama

 Persiapan Yang Dilakukan Memasuki Puasa Pertama

Tahun ini merupakan tahun ke-3 melewati puasa ditengah pandemi meskipun demikian kondisinya sudah kian menuju normal ditandai dengan macet dimana-mana hahaha..

Bagi saya sendiri untuk puasa 1443 H ini ada beberapa persiapan yang saya lakukan memasuki puasa pertama ini.

Terlebih si sulung juga harus ditemani puasanya agar lebih semangat.

3 persiapan memasuki puasa pertama diantaranya :

🍵 Stock Makanan

Jadi kemarin sempet galau menanti keputusan puasa pertama dari pemerintah, untuk Muhammadiyah puasa pertama jatuh tanggal 02 April dan tentu saja bikin saya galau pasalnya tanggal 01 April saya masih kerja.

Di rumah bahkan stok beras saja habis, rencana awal saya jika emang puasa pertama jatuh tanggal 02 april maka mau tak mau untuk menu sahur saya harus beli.

Tapi itu tidak terjadi, karena sidang isbat memutuskan tanggal 03 april jatuh sebagai puasa pertama. 

Hal ini menjadi kabar gembira untuk saya karena punya waktu ke pasar pagi harinya. Ya kebiasaan saya dan keluarga itu jika puasa haru stock makanan.

Dari sayuran, daging-dagingan, ikan hingga buah serta menu untuk takjil. Pengalaman selama 3 minggu sakit jadi warning buat saya agar tidak sering jajan di luar makanya saya lebih memilih stock makanan dan masak sendiri.

💗 Pengaturan Keuangan

Adakah sama dengan saya, jika bulan Ramadan justru pengeluaran semakin meningkat. Hal ini kalau saya amati karena adanya menu makanan buka dan sahur belum dengan takjil sehingga pengeluaran meningkat tajam.

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya penting banget nih untuk mengatur kembali anggaran biaya apalagi ada agenda mudik, beli baju lebaran dan bagi-bagi THR.

Oleh karena itu, bagi saya pengaturan keuangan penting dipersiapkan saat memasuki puasa pertama. 

📙 Buat Target Ibadah

Adakah yang saat Ramadan untuk khatam Quran? dengan menargetkan One Day One Juz? saya sendiri untuk target ibadahnya lebih ke hafalan Quran.

Baca yang ini juga : One Juz One Week Membakar Semangat Mengaji

Untuk membantu pencapaian target saya tersebut, saya akhirnya memutuskan memiliki Note "Murajaah Planner" sebagai monitoring untuk Murajaah dan Ziyadah.

Saya ingin Ramadan dimulai puasa pertama bisa konsisten menambah hafalan. Bismillah semoga terus Istiqamah. 

***

Nah temans demikian 3 persiapan yang saya lakukan memasuki puasa pertama tahun 1443 H ini. Semoga bisa menjalankan dengan penuh kekhusyukan serta dimudahkanNya.

Bagaimana dengan temans? saya berharap temans yang mampir membaca tulisan ini bisa menjalankan puasa pertama dan seterusnya di bulan Ramadan 1443 H dalam kondisi sehat dan lancar.

Adakah temans yang ingin berbagi seputar persiapan memasuki puasa pertama? kuy bisa sharing dikolom komen yah!


Komentar

  1. Bener mba, kalo mmudah masuk puasa dan lebaran, itu mah pengeluaran meningkat, bukan malah hemat 🤣. Makanya aku selalu atur jauh2 hari, berapa yg akan di save buat takjil dan sahur. Belum lagi lingkungan rumah ada tradisi giliran nyiapin bukaan buat warga.minimal buat 30 orang. Dan bulan ini aku dpt jatah 2x nyediain 😄.

    Ntr dekat lebaran mikirin thr buat para asisten 🤣. Tapi untungnya itu bisa dari budget THR kantor.

    Tapi tetep sih happy lah menyambut ramadhan lagi.

    Kalo utk target ibadah, aku lebih fokus ke khatamin Alquran sih. Mengingat wanita ada masa haid, jadi sebelum puasa udah aku cicil juga supaya akhir puasa bisa ttp khatamin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun