Search

PrimaKu : Aplikasi Wajib Bagi Parents Zaman Now!

Beberapa bulan lalu, pihak posyandu menanyakan perihal pemberian imunisasi pada Rayi untuk didata seputar balita di lingkungan tempat tinggal saya.

Pihak posyandu meminta saya untuk foto kartu pemberian imunisasi. Karena merasa sudah lengkap dan tetib vaksin ya saya tenang saja.

Namun yang bikin panik adalah kartu kesehatan pemberian imunisasi milik Rayi hilang dan hanya ditemukan secuil potongan isinya hanya vaksin yang sudah diberikan saja sisanya keterangan waktunya ga ada.

Barulah saya panik, mengobrak abrik isi lemari, isi laci untuk menemukan potongan sisa kartu imunisasi Rayi.

Malang tak dapat ditolak..sudah dicari kemana-mana dan hasilnya nihil.

Bagaimana selanjutnya?

Saya ga bisa kasih bukti ke posyandu dan belum ada kesempatan untuk mengurus kartu yang hilangnya ke Bidan tempat Rayi imunisasi.

Ada yang alami hal serupa?

aplikasi-primaku-untuk-parents

Unduh PrimaKu : Solusi Parents Pantau Tumbuh Kembang Anak

Kejadian lainnya, saat ditanyakan seputar BB anak, rekam medis anak kadang saya ngerasa blank saking lupanya wkwkwk..*efek long covid ga yah? jadi pelupa:p

Ke dokter harusnya bawa buku kesehatan anak, saking paniknya atau buru-buru akhirnya lupa kebawa.

Pernah alami juga ga temans?

Nah saya tuh suka begitu kadang saking rusuhnya yang cuma dibawa saat konsulasi ke dokter cuma bawa dompet dan HP padahal buku kesehatan juga penting dibawa.

Tapi sekarang udah ga perlu repot juga temans kalau kelupaan buku kesehatan karena kini ada aplikasi PrimaKu sebagai solusi buat parents zaman now yang sering kelupaan kayak saya nih buat bawa buku anak secara digital.

Pentingnya lagi dengan unduh PrimaKu, sebagai parents bisa terus monitoring tumbuh kembang anak.

Mengingat data profil kesehatan Ibu dan Anak pada tahun 2020 dimana tercatat tingkat prevalensi STUNTING anak khususnya balita Indonesia tahun 2019 sebesar 27,67 persen.

Dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024 pemerintah Indonesia menargetkan prevalensi stunting anak balita tahun 2024 sebesar 14,00 persen.

Data yang sama mencatat presentase anak umu 12-23 bulan yang baru menerima imunisasi dasar lengkap pada tahun 2020 mencapai 57,17 persen.

Melihat hal tersebut, PrimaKu hadir guna membantu parents pantau tumbuh kembang anak dengan mudah melalui smartphone. 

PrimaKu : Solusi Parents Cegah Stunting Pada Anak

Sejujurnya saya baru tahu banget nih aplikasi PrimaKu, makanya pada tanggal 16 desember, saya sangat antusias untuk bisa mengikuti acara webinar yang diselenggarakan pukul 20.00 wib.

Malam jumat yang berfaedah, dengan mengikuti webinar seru seputar aplikasi PrimaKu.

webinar-primaku-cegah-stunting-anak

Acara webinar ini dihadiri oleh narasumber diantaranya :

  • dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedScI, M.Kes - Dokter Spesialis Anak
  • Tania Ray Mina - Mom Influencer
  • Muhammad Aditriya Indraputra, CEO & CFA PrimaKu
dr. Miza menjelaskan indikator anak sehat itu ada 3 kriteria diantaranya adalah
  1. Anak bertumbuh, ditandai dengan adanya penambahan volume tubuh
  2. Anak berkembang, yakni kemampuannyaa seperti habis lahir bisa melirik, bisa tengkurep, berjalan dan seterusnya
  3. Anak tidak sakit, dimana salah satu pencegahan primer dengan pemberian imunisasi pada anak

Lanjutnya dr. Miza menyebutkan jika parents perlu sekali memantau ketiga hal tersebut. Dan kini ada aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau ketiga hal tersebut melalui PrimaKu.

"orang tua perlu untuk memperoleh pengetahuan dan informasi holistik mengenai tumbuh kembang anak yang sesuai dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). PrimaKu merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam memantau tumbuh kembang anak karena aplikasi ini didukung oleh IDAI" dr. Miza

Memang penting banget ya temans, memantau tumbuh kembang anak jangan sampai terabaikan hingga tanpa disadari terjadi stunting pada anak.

Oleh karena itu PrimaKu menjadi angin segar untuk parents bisa monitoring tumbuh kembang anak melalui smartphone.

"sebagai aplikasi one stop solutions, PrimaKu akan terus meningkatkan fitur, memperluas informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai kemudahan akses layanan terkait tumbuh kembang anak. Dengan dukungan penuh dari IDAI, PrimaKu dapat menjadi solusi utama bagi orang tua tentunya ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah mengatasi permasalahan stunting" jelas Didit selaku CEO PrimaKu

Review Penggunaan PrimaKu

Akhirnya saya unduh aplikasi PrimaKu di android, tenang aja temans PrimaKu juga bisa diunduh di IOS.

Cara daftar mudah banget, temans masukkan no hp saja lalu nanti ada message untuk lanjut ke daftar berikutnya.

Setelah login, maka memasukkan data sebagai orang tua dari foto hingga identitas lainnya. Bila sudah masukkin data orang tua, maka kita bisa menambahkan data anak.

Untuk data anak ini seperti BB lahir, Panjang hingga lingkar kepala perlu dimasukkan.

fitur-unggulan-PrimaKu

Ada 5 fitur keunggulan di PrimaKu yang bantu parents dalam memantau tumbuh kembang anak, diantaranya :

πŸ‘‰ Grafik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, menurut dr. Miza Kurva pertumbuhan anak banyak yang salah menginterpretasikan makanya saat webinar juga diberitahukan kembali bagaimana cara baca grafik ini.

πŸ‘‰Imunisasi, seperti kejadian saya adanya fitur ini bantu banget untuk merunut kelengkapan imunisasi anak. Menyenangkan lagi ada remindernya juga jadi mudahin banget buat parents imunisasi anak tepat waktu.

πŸ‘‰ Konsultasi, memudahkan juga untuk langsung konsul  secara online dengan dokter bisa melakukaan chat hingga video call juga. Biar mudah milih dokternya temans bisa menentukan sendiri dengan adanya pilihan pengalaman, tempat dan jadwal praktik offline serta jaraknya juga. Untuk sesi konsul sendiri dibandrol harga Rp 75.000,-

πŸ‘‰ Komunitas, di sini saya bisa melihat seputar tanya jawab sama sesama moms.

πŸ‘‰ Rekam Medis, bisa memasukkan diagnosis anak, keluhan pencatatan waktu beserta nama dokternya.

Semua fitur tersebut masuk dalam fitur Buku Anak. Jadi kalau ke dokter atau ditanya sama nakes langsung sodorin fitur ini. 
 
Tak hanya itu saja, dalam PrimaKu ada artikelnya juga yang ditulis oleh para dokter sehingga kredibilitasnya taak diragukan lagi.
 
*** 

Demikian temans, informasi penting yang bisa saya bagikan. Pesan dr.Miza ga hanya moms saja yang harus unduh aplikasi PrimaKu tapi Ayahnya juga pokoknya Parents wajib install aplikasi ini yah.

Udah ada yang punya pengalaman dengan PrimaKu? yuk sharing!

25 komentar

  1. Sepertinya ini cocok buatku yg sukaaa ngilangin buku medis anakku 🀣. Untungnya selama ini terbantu Krn RS ada backup catatannya kan, jadi kdg aku minta dibikinin vaksin apa aja yg udah . Cuma kalo ada aplikasi ini kan jadi jauuuuh lebih praktis ya mba, rapi pula catatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali mba. Dengan aplikasi ini kita sebagai ortu bener bener dimudahkan ya mba. Apalagi lengkap sekali fitur fiturnya :)

      Hapus
  2. Membantu banget aplikasi ini untuk para orang tua. Bisa memantau tumbuh kembang anak dengan lebih mudah dan praktis juga penggunaannya

    BalasHapus
  3. Thanks banget buat siapapun yang bikin aplikasi ini karena berguna banget nget buat plot BB, TB, LK, dan juga imunisasinya. Dan kecatet di digital ini tuh praktis banget drpd di buku fisik yg bisa tiba2 hilang.

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu aplikasi ini teh. Allhamdulillah lengkap ya. Aku jadinya bakal pakai aplikasi ini seterusnya nih buat ngecek tumbuh kembang anak aku. Biar ga pusing pusing lagi cari penjelasan dan kesimpulannya dari tumbuh kembang anakku

    BalasHapus
  5. aku kemaren cek-cek BB anak, eh yang satu ada yg normal, satu lagi kurang, mau aku boost BB nya nih, untung ada aps primaku

    BalasHapus
  6. Ini beneran lengkap aplikasi PrimaKu , pasti ortu bakal terbantu.Tumbuh kembang anak bisa tersimpan grafiknya, konsultasi ke ahlinya, ada artikel sebagai sumber pengetahuan dan fitur menarik lainnya. Memang Aplikasi wajib bagi parents ini ...

    BalasHapus
  7. Dengan aplikasi Primaku ini jadi nggak panik lagi kalau ketinggalan buku catatan tumbuh kembang anak ya mbak. Karena HP biasanya selalu dibawa kemana-mana, jarang banget ketinggalan. Tinggal buka di mana saja kapan saja, data anak bisa diakses dan dilihat. Para ibu dengan anak masih kecil-kecil perlu sekali download dan instal aplikasinya.

    BalasHapus
  8. Keren banget aplikqsi Primaku. Coba ya ada aplikasi kek gini jaman aku punya bayi. Dulu aku sering banget lupa jadwal imunisasi. Belum lagi ga rajin nyatet semua perkembangan anak. Kalo di primaku semua beres ya

    BalasHapus
  9. Aplikasi Primaku jelas membantu banget nih. Story buku tumbuh kembang anak yg kadang lupa naro lah, ilang lah atau ketinggalan, dengan adanya Primaku tentu tersolusikan.

    BalasHapus
  10. Berasa relate banget ama pengalamannya, aku juga dulu ngalamin kartu imunisasi hilang, pernah galamin buku KIA hilang juga. Padahal perasaan sudah disimpan baik2 tapi ya kadang keselip juga. Bikin repot. Kalau semuanya tercatat di aplikasi gini enak ya, jadi nggak pusing lagi nyimpennya.

    BalasHapus
  11. Wah iya benar, pernah waktu mau ke dokter untuk vaksin saya terlupa menaruh buku KIA si kecil di mana. Nah, kalau ada aplikasi seperti ini dimudahkan sekali ya...segera unduh deh. Wajib nih

    BalasHapus
  12. Fiturnya yang lengkap cocok untuk orang tua yang memiliki beberapa anak lalu pelupa seperti saya, hehehe....
    Ga harus panik lupa data atau buku ketinggalan saat berobat dan diminta riwayat medis anak ya...

    BalasHapus
  13. Asik ya dengan aplikasi ini jadi enak memantau perkembangan anak tuh. jadi tercatat di hp juga dan ga lupa. trus enak yaa ada yg buat komunikasi dengan sesama orangtua

    BalasHapus
  14. Emang kalau buku kesehatan anak bisa ketinggalan, kalau hp pasti ingetnya ya mbak hehe
    Aplikasi ini praktis ya fitur2nya juga lengkap utk mencatat tumbuh kembang anak.
    Anak2 apalagi kalau masih bayi balita wajib kita pantau terus tumbuh kembangnya supaya selalu sesuai dengan milestones

    BalasHapus
  15. Rekam medis ini termasuk salah satu catatan anak yang gak boleh hilang yaa..
    Karena pengobatan atau penanganan apapun ke depannya tergantung dari rekam medis yang dicatatkan.
    Keren banget aplikasi Primaku yang memenuhi semuda kebutuhan Ibu dalam memantau tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  16. Baca review aplikasi primaku ini, jadi makin mudah ya mbak untuk bisa memantau tumbuh kembang anak
    bisa dilihat kapan saja dan dimana saja

    BalasHapus
  17. di era digital seperti ini banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kehidupan, salah satunya aplikasi primaku ini ya, dimana bisa ngbantu para orang buat catat tumbuh kembang anaknya

    BalasHapus
  18. Ya Allah kartu imunisasi tinggal secuil. Aku juga ngalamin mbak. Udahlah keselip, pernah ilang juga karna pindahan. Nasib ya nasib. Alhamdulillah ada PrimaKu bisa jadi solusi nih. 3 anak 1 aplikasi aja

    BalasHapus
  19. Kalau saya buku KIA nya yang ada grafiknya itu dirobek sama anak. Hahaha, masih terselamatkan sih, tapi ya jelek jadinya. Banyak isolasi untuk menyambung lagi.

    Bener banget nih, mending pakai aplikasi Primaku aja kayak gini jadi makin praktis. Terus bisa langsung konsultasi dengan dokternya.

    BalasHapus
  20. Fitur-fitur unggulan dari aplikasi Primaku sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan anak, ya. Sebagai orang tua pun fitur-fitur ini sangat membantu memantau perkembangan dan kesehatan anak.

    BalasHapus
  21. PrimaKu ini sangat bermanfaat ya Mbak untuk memantau tumbuh kembang anak. Apalagi kalau ortunya suka lupa bawa-bawa buku KIA kalau ke dokter, hihihi..
    Emang ya kalau tumbuh kembang anak gak dipantau bisa-bisa stunting. Jangan sampai deh, ya.

    BalasHapus
  22. Beneran aplikasi wajib nih buat para orang tua, tak hanya ibunya tapi juga ayahnya, supaya bisa terus memantau tumbuh kembang anak-anaknya.

    BalasHapus
  23. Aplikasinya ringan dan mudah dipahami ya mbak, kalau punya aplikasi ini lumayan tenang buat mantau tumbuh kembang anak, misal ada yang kurang baik bisa konsultasi online sama ahlinya juga via aplikasi

    BalasHapus
  24. keren ya aplikasi ini sangat membantu apalagi buat ibu muda yang belum banyak pengalaman dalam merawat anak bayi ya

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun