POSTS SLIDER

I'm writing about...

Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi

Membicarakan pernikahan buat yang single pasti excited banget apalagi kalau pengalaman mempersiapkan pernikahannya tanpa drama berjalan mulus dan indah.

Dulu saat saya masih single yang terjadi sebaliknya, saya lebih banyak menerima curhatan kalau ngurus PERNIKAHAN itu repot, Camkan Kisanak! demikian salah satu peringatan yang saya terima.

Momen sakral ini memang membutuhkan persiapan panjang yang ga bisa dadakan seperti tahu bulat yang digoreng di katel panas. Makanya banyak yang bilang menyiapkan pesta pernikahan itu butuh ekstra kesabaran.

Lalu bagaimana dengan saya sendiri? pernikahan saya berlangsung 7 tahun silam ditahun 2012. Ada banyak hal yang mewarnai dalam mempersiapkan pernikahan ini. 

Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition Grand Galaxy Convention Hall Jakarta Event Enterprise

Beberapa Alasan Menikah di Gedung

Saat akang suami melamar, saya sudah memutuskan dengan bulat untuk mencari Gedung Pernikahan di Bekasi sebagai tempat berlangsungnya momen pernikahan saya.

Sebelum saya ikut ke Cimahi, saya memang lama tinggal di Bekasi. Adalah hal melelahkan mencari gedung pernikahan yang sesuai dengan budget minimalis LOL.

Pasti pertanyaan nyinyir netizen berikutnya adalah "Lagi udah tahu punya budget minimalis kok maksain nikah di gedung sih?"

Baiklah netizen budiman, akan saya ceritakan pengalaman saya ini semoga juga bisa bermanfaat.

Mungkin banyak orang berfikir menikah di gedung adalah hal yang mewah, pemborosan karena banyak mengeluarkan uang.

Konon menikah di gedung hanya untuk GENGSI. Astagfirullah sedih akutu kalau ada yang punya opini maha menjatuhkan begitu.

Ada beberapa alasan saya memilih menikah di gedung, diantaranya :

👉 Tinggal Nomaden

Begini temans, sepeninggal ibunda dan bapak yang tak tinggal lagi dengan saya. Tak terbayangkan saya harus mandiri untuk menggelar momen pernikahan ini. Saya hanya mengandalkan bantuan dari kakak satu-satunya.

Mengingat saya nomaden tinggalnya, kadang di rumah kakak, kadang juga di rumah kakaknya mendiang ibu ( Uwa ) atau kadang juga ikut bapak yang sudah memiliki keluarga lain.

See? masih mau judgemet saya sebelum tahu kondisi? LOL..

Rasanya ga enak aja ikut numpang nikah di rumah saudara even itu kakak sendiri. Kan saya juga tinggalnya menclok-menclok kek burung :D jadilah alasan utama memilih gedung sebagai tempat pernikahan


👉 Tak Mau Merepotkan Orang Lain

Sudah numpang eh gelar acara juga di rumahnya apalagi abis nikah saya langsung ke Cimahi. Duh gimana yah ada rasa ga enak banget karena tentunya saya menyisakan kerepotan banyak jika saya menggelar pesta pernikahan di rumah. 

Apalagi selepas acara pasti orang rumah harus beberes, membersihkan semuanya padahal pengen istirahat nah ini jadi pertimbangan saya kala itu.

👉 Membatasi Waktu

Kakak kandung saya menikah di rumah waktu itu bapak belum berniat memiliki keluarga baru jadilan acara pesta pernikahan kakak berlangsung di rumah kami.

Acaranya dari pagi sampai malam, seakan tamu tak hentinya berdatangan. Saya sebagai orang kepercayaan yang wara wiri mantengin apakah A, B, C sedia jelas melelahkan bosque!

Pengalaman ini jelas menyisakan kenangan ga enak buat saya wkwkwk..maka saya berjanji kelak nikah harus di gedung saja yang waktunya dibatasi mau tak mau tamu undangan hadir sesuai waktu yang ditentukan.

👉 Males Mengurus Perizinan Pihak RT/RW

Tentunya kalau nikah di rumah, butuh koordinasi sama pihak berwenang karena jelas nanti akan ada banyak tamu, butuh lahan parkir luas agar sekitar rumah tidak terjadi kemacetan lalu lintas.

Ini adalah salah satu alasan saya males banget kalau nikah di rumah takut jadi omongan tetangga apalagi saya juga bukan penghuni tetap warga daerahnya kasihan nanti malah imbas pada keluarga yang tinggal di sana.

Itulah 4 alasan saya akhirnya memilih gedung pernikahan sebagai tempat berlangsungnya acara pernikahan saya 7 tahun silam.

Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi

Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition Grand Galaxy Convention Hall Jakarta Event Enterprise

Keterbatasan informasi dan utamanya adalah budget nikah, membuat saya harus jeli dalam memilih gedung pernikahan di Bekasi.


Bingung harus kemana cari informasi seputar gedung pernikahan di Bekasi. Setelah banyak tanya akhirnya saya memilih nikah di Islamic Centre Bekasi. Orang Bekasi pasti tahu yah gedung ini selain disewakan buat nikah juga digunakan untuk menampung jamaah haji.

8 bulan sebelumnya, saya mendatangi pihak administrasi gedung dan terkejut karena sudah hampir full booked semuanya untuk tahun 2012. Boro-boro mau booking ditanggal cantik dapat jatah kosong saja sudah bersyukur huahaha.

Nyatalah ya temans, nikah di gedung itu ga pake perhitungan orang tua karena kondisi belum booked menjadi tanggal yang tersisa untuk pernikahan saya.

Sempat menjadi kontra dengan bapak karena tahu-tahu tanggal nikah sudah ada sementara belum ada perhitungan dari pihak kedua keluarga LOL. Pokoknya semua ditentukan dengan kosongnya gedung.
Alhamdulilah tapi akhirnya tidak ada halangan berarti. 

Pernikahan saya akhirnya digelar 27 Oktober 2012 di Islamic Centre Bekasi. Jangan tanya konsep dan temanya karena saya awam banget yang penting dulu adalah acaranya lancar jaya LOL.



Tips Menghemat Biaya Pernikahan di Gedung  

Sebagai individu yang sudah mengalami pernikahan (insyaAlloh sekali seumur hidup) di gedung, ga enak rasanya jika saya tidak bagikan beberapa tips buat temans yang kelak ingin menghemat biaya pernikahan di gedung.

Adapun tips hemat biaya nikah di gedung versi saya diantaranya :

👥  Membatasi Jumlah Undangan

Jumlah undangan itu prinsipnya kan (katanya) kali 2 jadi kalau temans mengundang 500 maka yang bakalan hadir adalah 1000.

Temans bisa hitung-hitung juga nih biaya makanan hingga cetak undangannya. Jika merasa keberatan dengan porsi makanan yang mahal maka salah satu tips saya dulu adalah membatasi jumlah undangan.

Saya memberikan jatah untuk keluarga saya, keluarga akang suami, rekan kantor dan sahabat kami berdua sisanya boleh untuk tetangga komplek rumah kakak maupun bapak.

👫  Mencari Vendor Nikahan Yang Terpercaya

Sebetulnya waktu saya booking di gedung itu sudah ada pihak vendor nikahan yang menyediakan paket makanan namun akhirnya untuk mencari harga murah dan juga sudah terpercaya kualitasnya saya memilih vendor nikahan sesuai budget yang juga menjadi vendor nikahan kakak saya.

Dari paket catering hingga sewa baju nikahnya mau ga mau satu paket deh. Demi menghemat budget saya tidak menjahit kebaya baik untuk akad maupun resepsi semuanya sewa.

Berkaca dari pengalaman kakak yang pada akhirnya baju akad ya sudah tak terpakai lagi padahal biaya dari bahan hingga jahitnya sudah lumayan mahal. Hal ini bisa dialokasikan untuk biaya lain.

💓  Membuat Undangan Cetak Dan Digital

Zaman saya nikah, undangan itu ga cuman dicetak tapi juga saya memanfaatkan undangan digital yang saya sebar di group facebook.

Alhamdulilah bisa undang teman dan sahabat di Bekasi melalui undangan digital yang saya sebar di facebook. 

Hal ini juga memangkas biaya cetak undangan serta biaya ongkos kirim mengantarkan undangan ke rumah masing-masing.

Jadi nanti temans bisa tentukan jumlah undangan cetak dan digital serta disesuaikan juga dengan budget makanannya jangan sampai kurang.

Selain itu tips hemat lainnya, temans bisa juga untuk mendapatkan sponsor dari saudara lain yang ingin bantu biaya nikah hahaha. Salah satunya memberi kado nikah dengan membelikan souvenir :D 


Menikah Mudah di Bekasi Wedding Exhibition

Melihat sekelumit pengalaman saya yang menikah di gedung pernikahan Bekasi tentu saja tak semulus yang dibayangkan karena nyatanya drama itu ada saja.

Bagi temans yang ingin merencanakan pernikahan dan bingung dengan konsep nikah, gedungnya di mana? boleh nih kunjungi Bekasi Wedding Exhibition.

Sekilas Mengenai Bekasi Wedding Exhibition

Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition Grand Galaxy Convention Hall Jakarta Event Enterprise


Kota Bekasi ternyata setiap tahunnya itu mempunyai potensi besar dalam jumlah pernikahan, tercatat ada 35.327 jumlah pernikahan wadidaw banget ini yah pantesan saya aja 7 tahun lalu puyeng cari gedungnya.

Dengan melihat potensi dan kondisi yang besar begini, membuat Jakarta Event Enterprise (JEE) menyelenggarakan sebuah pameran pernikahan yakni Bekasi Wedding Exhibition (BWE).

Sayang sekali zamannya saya belum ada acara ini, pastinya jika sudah ada BWE memudahkan banget buat saya tanpa repot ke sana kemari.

Bekasi Wedding Exhibition ini memang sudah hadir 6 kali dan merupakan wadah terbesar yang diikuti lebih dari 60 vendor profesional se-Jabodetabek yang menawarkan kebutuhan maupun ide pernikahan yang bisa diwujudkan.

Dan untuk yang kali ke-7, Bekasi Wedding Exhibition ini akan hadir tanggal 13-15 September 2019 di Grand Gallaxy Convention Hall yang merupakan Convention Hall termewah dan terbesar di Bekasi yang bisa menampung 2500 orang Wow bukan temans? 

Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition Grand Galaxy Convention Hall Jakarta Event Enterprise

Boleh juga buat referensi temans mengadakan pernikahan di Grand Gallaxy Convention Hall selain kapasitasnya besar juga lokasinya yang strategis serta harganya terjangkau!


Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition Grand Galaxy Convention Hall Jakarta Event Enterprise
 
Beberapa hal yang harus temans ketahui mengenai 7th Bekasi Wedding Exhibition ini diantaranya adalah :
  • Mengusung tema Industrial wedding yang merupakan tema untuk generasi millenial
  • Berhadiah emas bagi setiap pembelian tiket
  • Voucher potongan harga bagi vendor
  • Voucher belanja langsung untuk setiap transaksi 7th Bekasi Wedding Exhibition
  • Cashback hingga 50 juta rupiah
  • Grand prize 100 gram Logam Mulia
  • Ada corner free konsultasi dengan wedding expert 
  • Acara nanti dibuka oleh Bang Sandiaga Uno 

Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition Grand Galaxy Convention Hall Jakarta Event Enterprise


Gimana nih temans? menarik ya pasti? yuk buruan bisa hadir ke Grand Gallacy Convention Hall buat ikutan 7th Bekasi Wedding Exhibition!

InsyaAlloh dengan hadirnya Bekasi Wedding Exhibition memudahkan semua pasangan yang hendak menikah dengan tersedianya informasi serta vendor terpercaya.

Tips saya bawa juga sekalian keluarga baik dari pihak laki-laki dan perempuan jadi tahu beginilah konsep pernikahan zaman now. Semua bisa dengan mudah hadir di Bekasi Wedding Exhibition.

Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition Grand Galaxy Convention Hall Jakarta Event Enterprise


Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan di Gedung Bekasi, gedung pernikahan di Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition Grand Galaxy Convention Hall Jakarta Event Enterprise

***
 
Demikian temans pengalaman maupun tips yang bisa saya bagikan terkait pernikahan saya di salah satu gedung Bekasi. Semoga bisa bermanfaat yah. Karena menikah itu mudah kok! asalkan niat dan budget ada. Tapi yang lebih penting ada dulu pasangan yang mau diajak nikahnya :p

Temans, ada yang mau sharing juga? yuk sharing yuk..

Source : 
1. http://www.grandgalaxyconventionhall.com/
2. https://www.bekasiweddingexhibition.com