POSTS SLIDER

I'm writing about...

Mengenal Speech Delay Pada Anak Dan Cara Penanganannya!

Apa yang temans fikirkan saat mendengar kata "Speech Delay"? tentu saja mendengar kata speech delay akan mengarahkan kepada kondisi keterlambatan bicara pada anak.

Nah loh kalau sudah menyangkut anak biasanya bikin hati berdebar-debar bahkan sebagai ibu masalah perkembangan anak itu menjadi satu hal SENSITIF dan berdampak ke-baperan. Betul tidak?

Suka senewen berujung baper ga sih kalau ada orang lain yang bertanya perihal tahapan perkembangan anak? hayo ngaku pastinya ada sedikitlah yah ketidakenakan hati saat dibanding-bandingkan antara kemampuan anak orang lain dengan anak sendiri.

Memang ga bisa santai menanggapi kejulidan orang lain saat merespon jika anak sendiri mengalami keterlambatan.

Tapi justru dengan pertanyaan sensitif seperti itu membuat saya akhirnya berfikir dan mencari tahu tentang apa yang terjadi dengan perkembangan anak sendiri serta melakukan treatment penanganannya.

Biasanya saya langsung googling Tahapan Perkembangan Anak usia sekian ke sekian. Nanti saya bandingkan oh masih dalam batas normal kok. Lega deh kalau begitu.

Kejadiannya itu waktu Neyna telat jalan, duh saya sampai dag dig dug jangan-jangan ada yang salah sama kemampuan motoriknya. Hingga akhirnya saya kasih treatment yang membuatnya tidak takut berdiri sendiri dan alhamdulilah akhirnya bisa jalan dan sehat hingga kini.


mengenal speech delay yakni keterlambatan bicara pada anak, gangguan speech delay pada anak, cara menangani speech delay pada anak, klinik penanganan speech delay, stimulasi bicara anak, milestones bicara pada anak


Mengenal Speech Delay Pada Anak


Well, saat ini saya mau bahas mengenai masalah perkembangan milestones bicara pada anak yang memang selalu dikorelasikan dengan kemampuan kognitifnya.

Membicarakan keterlambatan pada anak seringkali saya dapati orang tua yang anggap sepele seperti "ah kan anaknya bisa jalan duluan jadi  bicaranya suka telat" atau respon lainnya " emang belum waktunya aja ntar juga gede dikit bisa". 

Saya speechless kalau udah denger respon macam begitu...

Sepertinya mereka masih menganut mitos kepercayaan jika perkembangan bicara pada anak terlambat karena perkembangan kemampuan lain yang lebih cepat.

Padahal perkembangan bicara dan bahasa itu merupakan tolok ukur perkembangan koginitif anak. Sebagaimana yang dituturkan oleh dr. Anggia Hapsari SpKJ (K) :
"Perkembangan berbicara pada anak memiliki tolak ukur, misal saat usi 12 -13 bulan anak seharusnya bisa memiliki satu kosa kata selain 'mama' dan 'dada'. Mereka yang mengalami speech delay akan memiliki resiko terkena gangguan jiwa, depresi dan kecemasan"

Faktor Penyebab Speech Delay

Apa sih yang menyebabkan anak Speech Delay? yang saya baca faktor penyebabnya adalah LINGKUNGAN.

Dari kurangnya stimulus yang orang tua berikan, ga pernah ajak interaksi sama anak terlalu pasif dan membiarkan anaknya main sendiri.

Bahkan saya sempat baca kasus anaknya Zee zee Shahab yakni Khaleev mengalami speech delay karena perbedaan bahasa yang digunakan saat di rumah dan di sekolah.

Di rumah, Khaleev dibiasakan berbahasa inggris oleh Zee zee dan suaminya yang berprofesi sebagai news anchor ganteng pada masanya *halah :D sementara di sekolah Khaleev harus berbahasa Indonesia. Dan akhirnya mengalami speech delay.

Atau kasus lain dimana ada anak baru umur 3 tahun udah pakai 3 bahasa: Indonesia, Mandarin, Inggris. Kalau anak yang nggak ada gangguan itu nggak masalah, tapi anak dengan gangguan itu akan kacau balau. 
 
Apabila dipaksakan kepada anak yang tidak mampu, itu akan mempengaruhi kemampuan kognitif mereka. Dampak lain yang mungkin terjadi yaitu prestasi akademik akan berkurang, anak menjadi pencemas tinggi, interaksi sosial anak juga akan memburuk.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan maupun penanggulangan kepada anak yang terdeteksi speech delay. Demikian yang disampaikan kembali oleh dr. Anggia.

Ya ampun..peranan orang tua memang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anak yah. Ini jadi cambukan juga buat saya terlebih Rayi dalam usia 17 bulan yang membutuhkan stimulus dari saya.

Cara Pencegahan Dan Penanganan Speech Delay

Lalu bagaimana pencegahan serta penanganan speech delay pada anak?

🌟  Sering mengajak anak bermain

Orang tua tidak hanya sekedar memberikan banyak mainan akan tetapi juga turur serta bermain sehingga terjadi interaksi dua arah antara orang tua dan anak. 

Hal ini tentu saja bisa meningkatkan kemampuan kosa katanya maupun kemampuan emosinya. Bisa juga lewat cerita, bernyanyi maupun bermain peran.

🌟  Melatih anak mengucapkan kata-kata konsonan

Hal ini bisa dilatih menggunakan flash card atau mengajak anak bercerita sehingga anak bisa mengulang-ngulang kata-kata yang sudah diucapkan.

Saya pun untuk memberikan stimulus pada Rayi, setiap malam sambil menyusui Rayi saya membacakan buku atau saat sedang main saya tunjuk gambar ini harimau dan lain sebagainya.

🌟  Mengurangi gadget dan televisi

Zaman now siapa sih anak kecil yang ga kenal gadget dan televisi? terkadang saya juga menjadi orang tua yang sibuk sendiri dan biarkan anak-anak anteng lihat gadget atau televisi. 

Atau paling banyak fenomena anak nangis dikit kasihin gadget padahal ini hal yang salah bukan? hayo siapa yang begini?

Padahal jelas yah untuk mencegah terjadinya speech delay, sebagai orang tua harusnya banyak berkomunikasi, berinteraksi sehingga itu yang membantu perkembangan kosa kata dan emosinya.

🌟  Memberikan stimulasi dan intervensi melalui Dini.id

Bukanlah hal mudah memberikan stimulus pada anak secara konsisten terlebih lagi jika ternyata anak sudah terdeteksi speech delay.

Pasti rasanya sudah berat dan pendek fikiran bukan? mengkhawatirkan buah hati yang terdeteksi terlambat bicara.

Tenang temans, kini hadir Dini.id yang merupakan startup khusus yang dirancang untuk memberikan stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak dengan memadukan antara teknologi, ilmu psikologi, orang tua dan tim ahli.

mengenal speech delay yakni keterlambatan bicara pada anak, gangguan speech delay pada anak, cara menangani speech delay pada anak, klinik penanganan speech delay, stimulasi bicara anak, milestones bicara pada anak

Program Dini.id yang bisa membantu penanganan Speech Delay, diantaranya :

  • Adanya sistem assessment online gratis di website Dini.id yang dapat mengidentifikasi keterlambatan dan potensi dalam perkembangan anak
  • Adanya kelas stimulasi dan intervensi sambil bermain yang dilakukan di playgrund-playgrund mitra yang dirancang untuk mengaktifkan neuron dalam otak sehingga meningkatkan perkembangan kognitif dan menjadi dasar perkembangan tahap selanjutnya terutama untuk belajar
  • Program Assessment, observasi dan investigasi berkala yang disupervisi oleh psikiater dan psikolog klinis untuk mengoptimalkan perkembangan anak yang berbeda-beda dan unik

Dengan adanya stimulasi dan intervensi dari para ahli di Dini.id maka diharapkan speech delay pada anak akan menghilang.

Alhamdulilah ya temans, kini hadir Dini.id jadi buat yang anaknya terdeteksi speech delay atau mau tahu apakah speech delay atau tidak bisa kepoin Dini.Id :


Website : http://dini.id/
Instagram : https://www.instagram.com/dini.indo

***


Nah temans gimana? sudah mulai mengenal ya speech delay? jangan dianggap sepele yah mari lebih aware untuk deteksi dini perkembangan bicara anak.

Oh ya satu lagi nih temans, saran saya jika mengetahui anaknya terdeteksi speech delay please jangan malu dan enggan mengikuti terapi bahkan ayah dan ibunya harus turut andil dan kompak agar speech delay teratasi!

Semoga sharing kali ini bermanfaat :) ada yang mau sharing juga perihal speech delay? yuk komen..