Search

Pengalaman Mengikuti Tes Kerja di PDAM Tirta Raharja Cimahi

Jadi ASN atau PNS maupun karyawan BUMN masih selalu jadi primadona buat semua orang. Rasanya bangga punya status pekerjaan tersebut.


Hal ini juga yang membuat saya selalu gerah dan berusaha untuk bisa berstatus PNS atau minimal karyawan BUMN.

Mengapa sih PNS atau karyawan BUMN selalu diincar? ya jelas diincar karena kelak saat masa pensiun PNS tak hanya dapat pesangon besar akan tetapi setiap bulannya juga masih mendapatkan gaji sebesar gaji pokok sesuai golongannya.

Berbeda dengan karyawan BUMN, pesangonnya jauh lebih besar daripada PNS. Sementara karyawan swasta sendiri yah begitulah. Meski saat ini sudah ada Jaminan Hari Tua.

Berbekal pesangon dan tuntutan keluarga demi mendapatkan "pekerjaan baik" versi on the spot mereka maka saya gencar juga ikutan tes BUMN. 

Adalah PDAM Tirta Raharja Cimahi, salah satu BUMD yang saya incar untuk saya kejar. Alhamdulilah gayung bersambut. Ternyata ada mantan rekan kerja saya di kantor lama yang sudah menjadi HRD di sana.

Saya banyak bertukar kabar lewat path kala itu ( ya ampun PATH kasihan kamu padahal aku dulu anak PATH banjet ). 

Dan didapatkan info penerimaan Staff HRD di PDAM Tirta Raharja Cimahi. Untuk itu saya ingin berbagi pengalaman tes masuk ke PDAM.

tes masuk PDAM, Pengalaman psikotes di PDAM, Tes masuk kerja PDAM Cimahi




Alur Tes Masuk Kerja PDAM 


👉 Mengirimkan Lamaran Kerja

Sejujurnya saat saya searching info lowongan PDAM ini sudah ditutup waktunya untuk masa pengiriman lamaran namun takdirNya dan karena bantuan teman lamaran saya masih diterima dengan baik.

Saya mengirimkan CV beserta lamaran kerja dan saya kirimkan melalui email yang dicantumkan di web PDAM (kalau tidak salah ingat).

Waktu itu saya cek di websitenya ada ribuan lamaran yang masuk deh kalau ga salah. Saya sejujurnya sudah ciut namun tetap meyakinkan diri untuk tetap mengikuti tes masuk kerja PDAM ini.

Alhamdulilah kabar gembira saya dapatkan tak lama saya kirimkan email, besoknya saya mendapatkan telepon dari pihak HRD untuk mengikuti Tes Kemampuan Dasar.


👉 Tes Kemampuan Dasar

Layaknya masuk PNS, di PDAM ternyata berlaku tes kemampuan dasar. Waktu itu saya mengikuti tes kemampuan dasarnya di kantor PDAM Tirta Raharja Cimahi yang beralamatkan di Jl. Kolonel Masturi.

Saya dapat sesi yang pukul 10.00 wib, jangan tanya perasaannya karena saya deg-degan abis takut yang keluar soal-soal yang susah apalagi pas saya tahu saingannya adalah nak anak muda yang fresh bahkan saat pelamar batch sebelumnya keluar mereka membahas soal yang sudah jauh terdengar :D

Ternyata saat saya tes ya begitulah soal-soalnya, kalau temans yang sering ikutan tes CPNS pasti udah khatam sama bentuk soalnya.

Alhamdulilah emak-emak ini bisa menamatkan pengerjaan tes kemampuan dasar dengan baik. Saya yakin lolos sih wkwkwk *emang yah PD itu wajib.

👉 Psikotes Dan Interview Tahap Awal

Melihat saingan yang buanyak, saya sih sudah pasrah entah bisa masuk atau tidak yang terpenting I TRY MY BEST saat tes kemampuan dasar.

Alhamdulilah ternyata beberapa waktu kemudian, teman saya DM di Path kalau saya lolos untuk tahapan Psikotes dan Interview.

Tak lama setelah mengabari, saya dihubungi langsung via telepon dari pihak HRD PDAM jika saya berhak mengikuti Psikotes dan Interview dengan Psikolog yang bertempatkan di Biro Pelayanan Dan Inovasi Psikologi (BPIP) UNPAD.

Aduh girang banget waktu saya dapat telepon ini, alhamdulilah tempat psikotesnya sendiri sudah ga asing sama saya karena sewaktu saya skripsi saya sering bimbingan di BPIP yang letaknya di Dago ke atas.

Tak ada persiapan berarti yang saya lakukan untuk mengikuti psikotes ini karena saya tahu untuk psikotes di BPIP ya begitulah LOL jujur sebagai anak psikologi jadi bahagia banget karena sudah tahu tes apa saja yang akan saya kerjakan *ojo sirik ;p

Psikotes dan interviewnya berlangsung 1 hari full, saya berangkat dari rumah pukul 07.00 wib pulang sampe rumah pukul 18.00 wib.

Dari peserta yang mengikuti psikotes ada yang langsung interview dan ada juga yang disuruh pulang. Saya termasuk yang disuruh mengikuti interview.

FYI, waktu istirahatnya saya dapat makan siang HOKBEN aduh enaknya ikut psikotes di PDAM ini huakakakak.

Setelah makan dan solat, saya menunggu lama untuk antrian interview bersama psikolog. Saat interview, ternyata psikolognya kenal sama mantan rekan kerja saya akhirnya nanya-nanya dikit deh. Betul yah temans dunia ini selebar daun kelor pasti ada ajah yang kenal.

Interviewnya gimana? interviewnya sama pada umumnya lebih menggali PERSONAL. 


👉 Interview Tahap Akhir

Apakah saya optimis lolos psikotes dan interview? yes, saya optimis lolos dan keyakinan saya serupa dengan hasilnya.

Saya dihubungi pihak PDAM kembali jika saya lolos psikotes dan interview psikolog kemudian bisa mengikuti interview tahap akhir dengan petinggi PDAM.

Saya masih ingat kala itu, tempat interviewnya di kantor PDAM lagi. Siang itu bulan puasa untuk posisi yang saya lamar saingannya sedikit dan rata-rata masih pada muda.

Jeng..jeng..tibalah saya masuk buat interview dimana dalam ruangan ada 2 bapak-bapak yang pas saya cek beliau adalah.....didampingi oleh salah satu tim HRD-nya.

Pada tahapan ini, saya merasa kecil sekali dan kepercayaan diri saya menurun bebas. Sesuai dengan perasaan saya. SAYA GAGAL masuk PDAM.





***
Ikhtiar sudah jika saya gagal pasti itu adalah jalan terbaik. Karena saya sendiri saat dinyatakan gagal bertepatan dengan kondisi saya hamil.

Alloh memang sudah berikan rencana terbaik, ga mungkin juga saya baru masuk lalu cuti melahirkan. Bisa rugi deh PDAM wkwkwk.

Well, temans sekalian begitulah cerita pengalaman saya mengikuti psikotes di PDAM Tirta Raharja Cimahi. 

Semoga bisa dijadikan manfaat yah! temans ada yang punya pengalaman tes masuk kerja di PDAM? yuk kita sharing.

Tips dari saya sih agar lolos tes masuk kerja itu YAKIN, yakin lolos dan IKHLAS jika ternyata gagal :p



5 komentar

  1. Alhamdulillah walaupun sudah tua umur dah kepala 3 saya bisa lolos tes dan masuk menjadi pegawai PDAM. seperti umumnya BUMD di tiap daerah pasti memiliki peraturan yang berbeda-beda tapi pada dasarnya proses rekrutmen pegawai semua sama, disini proses yang saya lalui juga sama seperti yang diceritakan oleh empunya blog 🙏, cuma mungkin saya sedikit beruntung saja. Begitu saya diterima masuk untuk menjadi pegawai PDAM, status saya tidak langsung menjadi pegawai tetap. Masih ada beberapa tahap yang harus saya lalui, awal masuk setelah lulus tes saya berstatus sebagai karyawan PDAM di bawah status karyawan YKK (yayasan kesejahteraan karyawan ) Pdam. Setelah 2 tahun mengabdi ada tes lagi yang harus saya ikutin , Alhamdulillah lulus lagi dan saya berstatus sebagai karyawan honorer PDAM. Kedepannya saya harus tes lagi untuk menjadi CaPeg (calon pegawai) tetap PDAM, Semoga saja berjalan mulus 🙏, Aamiin. Kalau sudah berstatus CaPeg tinggal menunggu SK pengangkatan .

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah 4 Februari 2020 lalu pengumuman hasil tes kesehatan open recruitment PDAM kota malang diumumkan

    http://www.pdamkotamalang.com/user/news/2/101/461

    Dan Alhamdulillah saya lolos sebagai capeg staff elektrikal.

    Tahapan tesnya pun ada 6.

    1. Administrasi (online)
    2. Tes teori dasar dan ahli.
    3. Tes praktek
    4. Interview 1 (dengan user dan tenaga ahli)
    5. Interview 2 (dengan 3 direktur)
    6. MCU.

    Kerja keras, kejujuran, dan doa adalah kuncinya. Semoga proses selanjutnya lancar. Amin

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun