Pengalaman Mengikuti Tes Kerja di PDAM Tirta Raharja Cimahi

tes masuk PDAM, Pengalaman psikotes di PDAM, Tes masuk kerja PDAM Cimahi

Pengalaman Mengikuti Tes Kerja di PDAM Tirta Raharja Cimahi

Jadi ASN atau PNS maupun karyawan BUMN masih selalu jadi primadona buat semua orang. Rasanya bangga punya status pekerjaan tersebut.


Hal ini juga yang membuat saya selalu gerah dan berusaha untuk bisa berstatus PNS atau minimal karyawan BUMN.

Mengapa sih PNS atau karyawan BUMN selalu diincar? ya jelas diincar karena kelak saat masa pensiun PNS tak hanya dapat pesangon besar akan tetapi setiap bulannya juga masih mendapatkan gaji sebesar gaji pokok sesuai golongannya.

Berbeda dengan karyawan BUMN, pesangonnya jauh lebih besar daripada PNS. Sementara karyawan swasta sendiri yah begitulah. Meski saat ini sudah ada Jaminan Hari Tua.

Berbekal pesangon dan tuntutan keluarga demi mendapatkan "pekerjaan baik" versi on the spot mereka maka saya gencar juga ikutan tes BUMN. 

Adalah PDAM Tirta Raharja Cimahi, salah satu BUMD yang saya incar untuk saya kejar. Alhamdulilah gayung bersambut. Ternyata ada mantan rekan kerja saya di kantor lama yang sudah menjadi HRD di sana.

Saya banyak bertukar kabar lewat path kala itu ( ya ampun PATH kasihan kamu padahal aku dulu anak PATH banjet ). 

Dan didapatkan info penerimaan Staff HRD di PDAM Tirta Raharja Cimahi. Untuk itu saya ingin berbagi pengalaman tes masuk ke PDAM.

tes masuk PDAM, Pengalaman psikotes di PDAM, Tes masuk kerja PDAM Cimahi




Alur Tes Masuk Kerja PDAM 


👉 Mengirimkan Lamaran Kerja

Sejujurnya saat saya searching info lowongan PDAM ini sudah ditutup waktunya untuk masa pengiriman lamaran namun takdirNya dan karena bantuan teman lamaran saya masih diterima dengan baik.

Saya mengirimkan CV beserta lamaran kerja dan saya kirimkan melalui email yang dicantumkan di web PDAM (kalau tidak salah ingat).

Waktu itu saya cek di websitenya ada ribuan lamaran yang masuk deh kalau ga salah. Saya sejujurnya sudah ciut namun tetap meyakinkan diri untuk tetap mengikuti tes masuk kerja PDAM ini.

Alhamdulilah kabar gembira saya dapatkan tak lama saya kirimkan email, besoknya saya mendapatkan telepon dari pihak HRD untuk mengikuti Tes Kemampuan Dasar.


👉 Tes Kemampuan Dasar

Layaknya masuk PNS, di PDAM ternyata berlaku tes kemampuan dasar. Waktu itu saya mengikuti tes kemampuan dasarnya di kantor PDAM Tirta Raharja Cimahi yang beralamatkan di Jl. Kolonel Masturi.

Saya dapat sesi yang pukul 10.00 wib, jangan tanya perasaannya karena saya deg-degan abis takut yang keluar soal-soal yang susah apalagi pas saya tahu saingannya adalah nak anak muda yang fresh bahkan saat pelamar batch sebelumnya keluar mereka membahas soal yang sudah jauh terdengar :D

Ternyata saat saya tes ya begitulah soal-soalnya, kalau temans yang sering ikutan tes CPNS pasti udah khatam sama bentuk soalnya.

Alhamdulilah emak-emak ini bisa menamatkan pengerjaan tes kemampuan dasar dengan baik. Saya yakin lolos sih wkwkwk *emang yah PD itu wajib.

👉 Psikotes Dan Interview Tahap Awal

Melihat saingan yang buanyak, saya sih sudah pasrah entah bisa masuk atau tidak yang terpenting I TRY MY BEST saat tes kemampuan dasar.

Alhamdulilah ternyata beberapa waktu kemudian, teman saya DM di Path kalau saya lolos untuk tahapan Psikotes dan Interview.

Tak lama setelah mengabari, saya dihubungi langsung via telepon dari pihak HRD PDAM jika saya berhak mengikuti Psikotes dan Interview dengan Psikolog yang bertempatkan di Biro Pelayanan Dan Inovasi Psikologi (BPIP) UNPAD.

Aduh girang banget waktu saya dapat telepon ini, alhamdulilah tempat psikotesnya sendiri sudah ga asing sama saya karena sewaktu saya skripsi saya sering bimbingan di BPIP yang letaknya di Dago ke atas.

Tak ada persiapan berarti yang saya lakukan untuk mengikuti psikotes ini karena saya tahu untuk psikotes di BPIP ya begitulah LOL jujur sebagai anak psikologi jadi bahagia banget karena sudah tahu tes apa saja yang akan saya kerjakan *ojo sirik ;p

Psikotes dan interviewnya berlangsung 1 hari full, saya berangkat dari rumah pukul 07.00 wib pulang sampe rumah pukul 18.00 wib.

Dari peserta yang mengikuti psikotes ada yang langsung interview dan ada juga yang disuruh pulang. Saya termasuk yang disuruh mengikuti interview.

FYI, waktu istirahatnya saya dapat makan siang HOKBEN aduh enaknya ikut psikotes di PDAM ini huakakakak.

Setelah makan dan solat, saya menunggu lama untuk antrian interview bersama psikolog. Saat interview, ternyata psikolognya kenal sama mantan rekan kerja saya akhirnya nanya-nanya dikit deh. Betul yah temans dunia ini selebar daun kelor pasti ada ajah yang kenal.

Interviewnya gimana? interviewnya sama pada umumnya lebih menggali PERSONAL. 


👉 Interview Tahap Akhir

Apakah saya optimis lolos psikotes dan interview? yes, saya optimis lolos dan keyakinan saya serupa dengan hasilnya.

Saya dihubungi pihak PDAM kembali jika saya lolos psikotes dan interview psikolog kemudian bisa mengikuti interview tahap akhir dengan petinggi PDAM.

Saya masih ingat kala itu, tempat interviewnya di kantor PDAM lagi. Siang itu bulan puasa untuk posisi yang saya lamar saingannya sedikit dan rata-rata masih pada muda.

Jeng..jeng..tibalah saya masuk buat interview dimana dalam ruangan ada 2 bapak-bapak yang pas saya cek beliau adalah.....didampingi oleh salah satu tim HRD-nya.

Pada tahapan ini, saya merasa kecil sekali dan kepercayaan diri saya menurun bebas. Sesuai dengan perasaan saya. SAYA GAGAL masuk PDAM.





***
Ikhtiar sudah jika saya gagal pasti itu adalah jalan terbaik. Karena saya sendiri saat dinyatakan gagal bertepatan dengan kondisi saya hamil.

Alloh memang sudah berikan rencana terbaik, ga mungkin juga saya baru masuk lalu cuti melahirkan. Bisa rugi deh PDAM wkwkwk.

Well, temans sekalian begitulah cerita pengalaman saya mengikuti psikotes di PDAM Tirta Raharja Cimahi. 

Semoga bisa dijadikan manfaat yah! temans ada yang punya pengalaman tes masuk kerja di PDAM? yuk kita sharing.

Tips dari saya sih agar lolos tes masuk kerja itu YAKIN, yakin lolos dan IKHLAS jika ternyata gagal :p



48 komentar

Avatar
Ainhy Edelweiss Sabtu, 24 Agustus, 2019

jadi teringat masa-masa pencarian kerja, pas pertama kali interview yah deg-degan banget, tapi ada tuh ibu2 pnh interview aq, eh malah beliau curhat gak kerasa waktu interview sejam yang isinya hanya curhatan hahaha

Reply Delete
Avatar
Evi Erlinda Sabtu, 24 Agustus, 2019

Pengalaman yang menarik mbak. Rencana Allah memang ga pernah diduga. Seadainya keterima, repot juga ya mbak, perasaan tidak siap di "warning" sementara "new baby" perlu perhatian lebih 24 jam sehari :)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

yass mba Alloh maha baik :)

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati Minggu, 25 Agustus, 2019

aku tuh galau kalau mau kerja, pengen sih jadi PNS, hahaha, tapi ini udah keasikan bgt di rumah 😂

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

aku pengen sih di rumah mba

Reply Delete
Avatar
innaistantina Minggu, 25 Agustus, 2019

wah jadi inget masa-masa daftar kerja pasca lulus kuliah dulu teh, deg-deg-annya itu memang pas sesi wawancara, apalagi kalo yang wawancarain mukanya uda jutek, xixiixiiii

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

wkwkwk suka langsung ciut yah

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Minggu, 25 Agustus, 2019

Kepoh, dikasi tau gagalnya karena apa gak? hehe. Kejadiannya pas hamil anak kedua kah mbak? Hmmm aku dulu ikutan tes CPNS kyknya sekali doank, skrng kyknya usiaku dah hopeless mau ikutan haha.
Moga2 lha walau gak jd ASN atau pegawai BUMN rezeki kita tetep mengalir sampai kita pensium ya aamiin :D

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

sepertinya karena TUA wkwkwkwk

Reply Delete
Avatar
Eryvia Maronie Minggu, 25 Agustus, 2019

Walaupun gagal tapi pasti ada hikmah yang bisa dipetik dari kegagalan.
Mbak Herva dapat pengalaman baru dan saya yakin tulisan ini bisa jadi informasi yang penting bagi orang-orang yang membutuhkan

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

semoga bisa bermanfaat y mba

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri Minggu, 25 Agustus, 2019

Dagdigdug berasa kalau tes2 begitu ya teh. Haha, apalagi pas interview, beuh kesang badag ngarucur wkwk

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

wkwkwk beuh langsung gagap

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Senin, 26 Agustus, 2019

Jadi ingat masa dulu baru mau mulai kerja, melewati serangkaian interview dan tes juga. Alhamdulillah karena dulu yakin banget bakal bisa kerja di media, akhirnya waktu tes pun aku lolos. Akhirnya aku ngantor selama 12tahun habis itu resign deh mau jadi freelancer aja.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

pengen banget resign aku juga mba

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda Senin, 26 Agustus, 2019

aku belum pernah punya pengalaman ngelamar kerja hehehe sejak lulus kuliah usaha, bikin kantor sendiri jadi seneng gitu denger sharing pengalaman teman2 tentang ngelamar kerja

Reply Delete
Avatar
Efa Butar butar Senin, 26 Agustus, 2019

Huaaa, aku jadi keinget ujian masuk pertamina. Wkwkwkw. Daftarnya Desember 2017. Dipanggilnya Februari 2018. Selesainya hampir akhir tahun 2018. Dan di tahap interview user, gagal. Hahahah (ini ketawa sedih. Asli) tp ya bener sih. Yakin lolos dan iklhas jika gagal

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy Senin, 26 Agustus, 2019

Semangat mbak, walalupun gagal tapi pengalaman tes kerja menurut saya sangat penting, dulu aku paling suka interview sana-sini, lumayan nambah ilmu dan kadang pernah dapat teman juga pas tes interview, lumayan buat koneksi.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

betul sekali mba jadi ada kenalan yah

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Senin, 26 Agustus, 2019

Teh Herva,
Aku pikir baru-baru ini tes PDAM nya.
**yang langsung terbayang adalah ternyata gap usia kita jauh...uuhuuk~

Aku seumur-umur ikutan tes CPNS hanya BPOM.
Sekali-gak lolos-dan malas daftar lagi.

HUhuu...mudah sekali patah arang, karena melihat saingannya yang mashaAllah~

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

wah orang kita seumuran teh emang mukaku ini sll dipandang muda wkwkwkwk

Reply Delete
Avatar
Fauziah azzahra Senin, 26 Agustus, 2019

Aku ikutan cpns 1 kali dan honorer 1 kali tapi gagal semua. Ya sudahlah mungkin aku kurang kompeten. Umm apa memang yang dicari yang tidak kompeten ya. Hahaha semoga indonesia menjadi lebih baik lagi. Aamiin

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina Senin, 26 Agustus, 2019

Belum rejeki berarti Mbak Herva..ada pintu rejeki di tempat lainnya. Tetap semangat ya. Semoga makin sukses berkarya.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Senin, 26 Agustus, 2019

Aku yakin banget, kalau kaya teteh, gak mungkin gagal dalam psikotest.
Apalagi wawancara.
karena terbiasa wawancara orang juga...jadi tahu selanya.

Reply Delete
Avatar
Roosvansia Senin, 26 Agustus, 2019

Dulu ak ditawarin kuliah di tmpt yg ujung2nya bisa ke PNS, tp kok hati ini ngga nyaman ya. Tp ketika sekarang liat tmn2 pada jd PNS pengen jg ahhahahah. Masalah gaji pensiun pasti aman. Tapi aku yakin, kebahagiaan ga segampang itu unt dibeli hihihi krn sekarang ak seneng dgn pilihan hidupku.

Reply Delete
Avatar
sumiyati sapriasih Senin, 26 Agustus, 2019

kerja jadi PNS aman untuk masa depan hari tua, karena ada jaminan pensiun

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Kamis, 29 Agustus, 2019

betul bu itu yg menggiurkan

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Selasa, 27 Agustus, 2019

Huhuhu, kujadi inget pengalaman sendiri saat ngelamar PNS Pemkot Bandung. Aw.... pedih sodara-sodara. Uyuhan aku mau saat itu. Padahal kan... padahal kan... :))))

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif Selasa, 27 Agustus, 2019

Belum rejeki tapi da hebat karena uda sampai tahap terakhir

Reply Delete
Avatar
Amir Mahmud Selasa, 27 Agustus, 2019

Tapi akhirnya dapat pekerjaan impian kan ? Human Resources Developmetnt

Reply Delete
Avatar
Evalina Rabu, 28 Agustus, 2019

Selalu ada hikmah dari setiap kegagalan, aq dulu gagal di beberapa perusahaan yang dituju, Allah selalu memberikan hikmah

Reply Delete
Avatar
Grandys Kamis, 29 Agustus, 2019

Aaah kalo bicara soal kegagalan terutama tes cpns ini, aku malah udaj sampe tahap yg gamau lagi tes. Dan nyeseknya kmaren suami saat d bumn, tinggal tahap akhir aja eh galolos wkwk

Reply Delete
Avatar
faradillah Jumat, 30 Agustus, 2019

Aku baru coba Test STPDN dan akpol itupun kemauan alm. Ayah karena saudaraku banyak yg lolos dari STPDN. Aku belum rezeki ga lolos tahap interview 😂🤣. Disuruh coba lagi tahun depan, aq males hahaa sampai skg blm coba CPNS, baru skali tes untuk ditempatkan di pemda DKI seperti abangku tetap ga dpt jg

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri Jumat, 30 Agustus, 2019

Aku udah coba tes CPNS dan 2x gagal hahahaha. Tapi tetap semangat sih, semoga beneran bisa menjadi dosen di PTN terdekat :) Anggap saja diberi waktu untuk ngeblog terus hihi

Reply Delete