Destinasi Wisata di Thailand Yang Keren Tanpa Rokok!

Destinasi wisata di Thailand, larangan merokok di Thailand, Destinasi Wisata yang wajib dikunjungi di Thailand

Destinasi Wisata di Thailand Yang Keren Tanpa Rokok!

Setelah mendarat di Suvarnabhumi Airport International Thailand, maka dimulailah perjalanan saya untuk bisa eksplor Thailand tepatnya di Bangkok.

Berhubung trip kali ini merupakan kemenangan lomba blog #putusinaja persembahan KBR.ID dan PPNM berkaitan dengan keren tanpa rokok maka tentu saja destinasi wisata di Thailand yang saya kunjungi kali ini merupakan tempat wisata yang bebas asap rokok.

Sebenarnya larangan merokok di Thailand tak hanya berlaku di Bandara seperti yang telah saya ulas pada tulisan cerita di Suvarnabhumi International Airport, akan tetapi Thailand sudah memberlakukan upaya pelarangan merokok pada sejumlah titik seperti halte, sekolah, bioskop,  pasar hingga tempat parkir.

Harapannya tentu saja agar para perokok di Thailand itu bisa berkurang dan tidak merokok sembarangan. Well, ini keren banget loh buat saya yang memang sedari dulu menjadi pengabdi anti asap rokok.

Back to the trip..

Destinasi wisata di Thailand, larangan merokok di Thailand


Berkunjung ke Wat Pho 

Hari kedua di Bangkok menjadi kesempatan bagi saya untuk bisa mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bangkok.

Pagi itu Thailand tak sepanas kemarin karena malamnya diguyur hujan, saya bersyukur berarti tidak akan ada drama wajah menghitam karena saya lelah memutihkannya bertahun-tahun eaaaa :D

Selepas sarapan di hotel tempat kami menginap, tepat pukul 08.00 waktu Thailand akhirnya tour guide kami Miss Dow datang.

Kendala bahasa selama di Thailand tak terjadi karena Miss Dow bisa berbahasa Indonesia yang konon katanya ia belajar hanya 5 bulan saja.

Perjalanan menuju Wat Pho diwarnai dengan kemacetan lalu lintas, wah ini mengingatkan saya dengan kemacetan ibu kota tercinta di Indonesia.

Saya mengabadikan dalam video Insta Stories jalanan di Bangkok yang dihiasi dengan ornamen khas serta baligo berisikan tulisan-tulisan Thailand. Tak hanya itu saja yang membuat menarik adalah foto Raja Thailand dengan bingkai berwarna keemasan menghiasi deretan gedung maupun jalanan.

Tiba di Wat Pho..

Destinasi wisata di Thailand, larangan merokok di Thailand, Destinasi Wisata yang wajib dikunjungi di Thailand


Menurut info yang saya baca, Wat Pho ini merupakan kuil Budha terbesar dan tertua di Thailand. Jadi Wat Pho ini sudah berdiri sejak 200 tahun sebelum Bangkok menjadi ibukota Thailand.

Saat saya tiba di Wat Pho, sebelumnya Miss Dow membelikan tiket masuk. Harga tiket masuknya 200 baht.

Setelah mendapatkan tiket masuk, saya melihat terlebih dahulu kuil kecil yang digunakan untuk beribadah dan ada beberapa wisatawan yang saya lihat khusyuk bersembahyang di sana. Aroma dupa menguar menusuk hidung membuat sensasi sakral didalamnya.


Destinasi wisata di Thailand, larangan merokok di Thailand, Destinasi Wisata yang wajib dikunjungi di Thailand


Untuk memasuki kuil, kami para wisatawan diharapkan mencopot sepatunya dan memasukkannya ke dalam plastik yang sudah disediakan depan kuil.

Hari itu, ruame sekali banyak banget wisatawan yang berkunjung. Jadi ya harus antri dan sabar jika ingin mengabadikan foto depan patung Budha Berbaring.

Patung Budha berbaring ini menjulang tinggi saya amaze banget melihatnya. Konon tingginya 15 meter dan memanjang 46 meter dan berbalutkan EMAS.

Sepanjang lorong dihiasi dengan ornamen etnik khas yang bikin saya pengen banget foto-foto. Tentu saja harus sabar supaya dapat hasil yang memuaskan karena banyak wisatawan yang berkunjung.

Di sisi lain lorong saya mendapati banyak mangkok dan ada wisatawan yang terlebih dahulu membeli koin untuk memasukkan ke dalam mangkok yang berjejer. Saya sendiri ga beli karena HEMAT uang saku LOL.

Cerita tentang koin tersebut katanya kalau saat memasukkan koin-koinnya dan koinnya bersisa berarti rezekinya bagus. Mungkin kapan-kapan kalau saya ke Bangkok lagi bisa cobain untuk buktikan ini huakakak.


Cantiknya Wat Arun

Destinasi wisata di Thailand, larangan merokok di Thailand, Destinasi Wisata yang wajib dikunjungi di Thailand


Destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Thailand selain Wat Pho adalah Wat Arun. Puas berkeliling di Wat Pho, saya diajak ke Wat Arun yang tak jauh dari Wat Pho.

Cuacanya kian memanas nih temans tapi tak sepanas komen netizen negara berflower kalau lagi hujat menghujat hahaha.

Saya berjalan kaki bersama Miss Dow dan Ummi Alida menyusuri jalanan dan area pertokoan serta jajanan-jajanan khas Thailand. Namun karena insiden baterai kamera saya habis maka mood saya menjadi drop tak lagi sesemangat saat saya masih di Wat Pho. *galau gaes ceritanya LOL.

Wat Arun ini berada di sebrang Sungai Chao Praya, untuk tiba ke sana tentu saja saya harus naik kapal terlebih dahulu tak mungkin kan saya berenang atau menyelam luntur make up saya :D.

Destinasi wisata di Thailand, larangan merokok di Thailand, Destinasi Wisata yang wajib dikunjungi di Thailand

Tiket naik kapalnya sendiri murah meriah 20 baht saja, saya hanya tinggal duduk manis di kapal bersama wisatawan lainnya. Ga perlu saya dayung sendiri kapalnya huah bisa sampe besok saya sampe ke Wat Arun :p


Memasuki kawasan Wat Arun, saya melihat gaya arsitektur yang keren. Berbeda dengan Wat Pho, Wat Arun sendiri didominasi warna putih. Menurut Miss Dow, Wat Arun ini memiliki tinggi 81 meter dan bisa dinaiki.

Destinasi wisata di Thailand, larangan merokok di Thailand, Destinasi Wisata yang wajib dikunjungi di Thailand


Sayangnya saya ga selera buat menaiki kuilnya, mata saya tertuju dengan pusat perbelanjaan souvenir yang menurut Miss Dow paling murah dibandingkan dengan tempat belanja lainnya hahaha jiwa emak-emak dengar kata MURAH langsung sigap.

Well, perburuan souvenir akan saya ceritakan nanti ya temans terpisah kheseus untuk temans agar punya referensi belanja murah :p

Selama keliling dan foto-foto di Wat Arun ada pemandangan menarik yang bikin saya terkesan yakni
SIGN NO SMOKING.

Jangan salah buat yang melanggar aturannya akan dikenakan denda 5000 baht ga kaleng-kaleng aturannya.

Destinasi wisata di Thailand, larangan merokok di Thailand, Destinasi Wisata yang wajib dikunjungi di Thailand



Menikmati keindahan Wat Arun tanpa asap rokok, kawasan bersih tanpa puntung rokok menjadi daya tarik tersendiri buat saya.

***

Gimana temans, sudah dapat gambaran yah tentang destinasi wisata di Thailand yang wajib dikunjungi dan bebas asap rokok bisa berkunjung ke Wat Pho dan Wat Arun dalam 1 hari.

Jadi, buat temans sekalian yang mungkin masih ada keluarganya, sahabatnya atau saudaranya yang merokok coba deh ajak liburan ke Thailand siapa tahu bisa jadi mereka berhenti karena kemana-mana DILARANG MEROKOK :D

Upaya yang halus agar perokok aktif berhenti merokok! 

Ada yang mau sharing juga mengenai pengalamannya ke Thailand? yuk kita sharing bersama..








37 komentar

Avatar
nurul rahma Kamis, 15 Agustus, 2019

Ini duo ceweq cantik mahasiswi S-1 kok asyik yaaa bisa ngeluyur ke Bangkok, qiqiqiqiqi
Aku sueneeengg ke Bangkok karena mirip ama Jakarta, dan banyak makanan endeus (tapi ati2 banyak babi juga sik)
Dan salut ama Bangkok yg konssten dgn kebijakan anti rokok!
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
fika anaira Kamis, 15 Agustus, 2019

dari foto-fotonya aku tahu itu pasti panasss banget mba heheheh

tapi kalau ke Thailand selalu kangen Bangkok ya :)

Reply Delete
Avatar
diane Jumat, 16 Agustus, 2019

Wahhh tempat wisatanya jadi semakin keren karena ada larangan merokok...Berharap di Indonesia juga bisa diterapkan yang kayak gini..hehe

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya Jumat, 16 Agustus, 2019

Pengin ih ke Bangkok. Btw mbak, buruan dong ceritain yang tempat souvenir murah itu. Ada apa aja disana? malah lebih penasaran ama yg itu. Maklum emak ogah rugi.

Reply Delete
Avatar
ophi ziadah Jumat, 16 Agustus, 2019

wajib banget yaa ke kedua destinasi ini klo ke Bangkok
itu kok keliatannya sepi yaa bisa photo2 tanpa ada background wisatawan lain?
apa bukan hari libur apa memang sepi...
pasti muas moto2nya klo ga rame

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka Jumat, 16 Agustus, 2019

Lapak oleh-olehnya dekat Wat Arun ya, hihi ingat aku dulu juga gitu dengan rombongan teman cewek, bikin jadi gagal fokus sama tujuan wisatanya haha lebih berat ke belanjaaa

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara Sabtu, 17 Agustus, 2019

Bagus keren banget Thailand ini.. Bisa menerapkan seperti ini.. Semoga di negara kita bisa yaaa

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita Sabtu, 17 Agustus, 2019

Cuaca panas bisa menghilang dalam 5 jam ke depan seiring senja di Bangkok ya Teh, tapi kalau suasana panas karena hujat menghujat bisa seumur hidup panasnya. Haha.

Reply Delete
Avatar
Nunung yuni Sabtu, 17 Agustus, 2019

Ya Allah mbaaak senangnya bisa jalan jalan gratis ke Thailand menang lomba yaa. Saya dari dulu pengin ke sana gak kesampaian kesampaian.

Reply Delete
Avatar
Anisah Sabtu, 17 Agustus, 2019

Suer aku jadi pengen ke Thailand nih,lagi mau tahu rinciannya berapa ya kak? Pesawat dan penginapannya.

Reply Delete
Avatar
Bang Doel Sabtu, 17 Agustus, 2019

Keren sih kalo ada tulisan no smoking kemudian tak ad orang yang merokok disana. Biasanya 'kan meski ada tanda juga tetep aja orang merokok suka bandel. Oh iya lupa, itu tempat wisata di Thailand ya ... hehe

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan Sabtu, 17 Agustus, 2019

Wahh ini yg ke Thailand bareng mba Ida kmrn ya? Seruu bgt ceritanya. Aku liat fotonya mba Ida aja seruu :)
Kapan ya Indonesia bisa kayak Thailand yg memberlakukan bebas rokok..hikss..

Reply Delete
Avatar
Prananingrum Sabtu, 17 Agustus, 2019

wah bagusnya wat arun...pingin kesana nih mbak.nabung dulu ^^

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati Sabtu, 17 Agustus, 2019

Bagus-bagus ya mbak destinasi di Thailand ini..dan sepertinya bersih dan rapi. Mungkin efek ada larangan merokok juga ya, jadi ga ada sampah dan asap rokok juga.

Reply Delete
Avatar
EninMartini Sabtu, 17 Agustus, 2019

Aman ya kita ga jadi perokok pasif yang membahayakan sekali. Duh, senangnya bisa libur bareng sahabat

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 19 Agustus, 2019

alhamdulilah mamak pendar :)

Reply Delete
Avatar
Milda Ini Sabtu, 17 Agustus, 2019

bagus ya Mba lokasi wisatanya bersih, tapi ngak tahu kalo wisata alam, moga juga bersih dan nyaman

Reply Delete
Avatar
Afifah Haq Sabtu, 17 Agustus, 2019

Swadekaap. Keren yah, saat Indonesia sedang blackout, teteh pinter langsung ke luar negri saja, wkwk.
Beruntung banget teh dapet guide yg bisa bahasa Indonesia. Nuhun teh, artikel nya jadi patokan aku kalau nanti ke Bangkok bisa kemana aja

Reply Delete
Avatar
Profil Sabtu, 17 Agustus, 2019

Keren idenya membuat tempat wisata yang bebas rokok. Acara wisata jadi Lebih nyaman. Hebat pula pemerintah Thailand yang tegas melakukan pelarangan tidak boleh merokok di banyak tempat. Semoga Indonesia bisa kayak gini.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Sabtu, 17 Agustus, 2019

Cakeepp~
Jalan-jalan hadiah kemenangan memang beda auranya yaa...hehhee...
Bebas doonk...mau jajan apa aja.
Yihhaa~

Sawadee Kha...

Reply Delete
Avatar
aurabiru Sabtu, 17 Agustus, 2019

selamaat ya mbak, seang banget pastinya dapat hadiah bisa jalan-jalan ke Bangkok. tempat tujuan wisatanya juga bagus-bagus.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 19 Agustus, 2019

makasih mba alhamdulilah happy :)

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Minggu, 18 Agustus, 2019

Thailand ini yang warganya punya ciri fisik mirip orang Indonesia. Semoga Indonesia juga mengadopsi larangan merokok ini ya, biar orang gak sembarangan merokok.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 19 Agustus, 2019

aamiin semoga next bisa mba

Reply Delete
Avatar
Fadli Hafizulhaq Kamis, 22 Agustus, 2019

Wah, kebijakan pelarangan rokok ini layak untuk diterapkan juga di Indonesia nih. Mudah-mudahan kita bisa mengelola pariwisata lebih baik, seperti Thailand.

Reply Delete
Avatar
Lucky Caesar Kamis, 22 Agustus, 2019

Uwaaa poto"nyaaaa jd pengen ke thailand lagii. Asikk ya mbaak kalau ada kawasan bebas rokok gtu, lebih bersih dan nyaman juga karena gak ada putung rokok yg seenaknya dibuang sama si empunya hehehe

Reply Delete
Avatar
Dyah Kamis, 22 Agustus, 2019

Setuju banget dengan larangan merokok seperti ini. Biar bisa jalan-jalan di tempat wisata dengan santai sekaligus menikmati udara bersih.

Reply Delete