Senin, 15 Januari 2018

Hamil Pertama Vs Hamil Kedua, Apa Bedanya Yah?

Halo temans apakabar semuanya?semoga tetap ceria yes, yang lagi pusing mikirin hutang, pusing mikirin ide tulisan, pusing invoice ga cair mending tinggalkan sekejap baca dulu yuk curahan hati saya terkait dengan kehamilan.

Bersyukur sekali saya diamanahkan kembali untuk hamil kembali setelah si sulung menginjak usia 4 tahun. Kehamilan memang suatu anugerah terindah yang akan membekas diingatan semuanya bukan?tentunya masing-masing punya cerita yang berbeda dan utamanya berkesan setiap kehamilannya. 

Mungkin ada yang merasakan kehamilan pertama begitu menegangkan lalu membuat trauma atau ada yang sangat senang sekali setelah sekian purnama akhirnya Alloh memberikan kejutan dalam rahim kita. Pasti menyikapinya berbeda-beda ya temans. Nah saya pun punya cerita yang berbeda diantara kehamilan pertama dan kehamilan kedua ini loh.


Apa saja emangnya sih bedanya?ini dia hamil pertama vs hamil kedua Teteh Bella Bunda Nameera :

*Hamil Pertama*

Sebagai manten baru waktu itu saya mengharapkan banget bisa langsung isi kek teman-teman yang lain. Namun dibulan kedua ternyata belum juga dikasih. Oke lebih giat lagi ya begitu pesan saya ke akang suami. Giat ngapain?giat ibadahnya gaes 😂.

Masuk bulan ke-3 pernikahan, alhamdulilah baru telat 4 hari waktu itu saya dan akang suami udah seneng banget lalu kami beli testpack di minimarket. Dan kelian tahu pas mau beli ini kami debat dulu sapa yang mau beli karena malu LOL. 

Setelah debat kenceng akhirnya kami berdua yang membeli, kenapa malu?karena muka kami yang kinyis-kinyis kek mahasiswa *huek* jadi takut ada prasangka dari orang-orang. Dan minimarket yang kami pilih juga dulu jauh dari lokasi rumah mertua yang kawasan kampus.

Abis beli testpack saya sendiri ga sabar pengen banget langsung cek, tapi di petunjuk pemakaiannya harus dilaksanakan pagi hari. Mau tak mau saya pun bobo cantik dulu lalu bangun 1/3 malam dan langsung cek.

Ga sabar liat hasilnya, ternyata positif garis duanya merah. Saking senangnya pagi itu kami memutuskan untuk segera ke RSIA Hermina Pasteur biar diperiksa oleh dokter kandungan. Sampe deg-degan pertama kali masuk ruangan periksa untuk USG.

USG pertama kali itu dokternya lama banget cari-cari kantung kehamilannya karena memang masih baru banget akhirnya ketemu satu titik. Dan itu yang bikin saya lega, dokter langsung bilang "selamat yah alhamdulilah buat saya dan akang suami".

Dinyatakan positif hamil akhirnya kami berdua prepare cari tahu tentang kehamilan, apa saja yang mesti dihindari, dan utamanya akang suami langsung beliin suplemen buat ibu hamil. 

Lalu apa saja yang saya rasakan selama kehamilan pertama itu?

✅ Fisik

Saya ini tergolong kurus, ceking jadi fisik selama hamil tidak banyak berubah kecuali perut semakin maju. Dan itupun orang-orang baru tahu saya hamil sejak masuk usia ke-8 bulan, sebelumnya tidak terlihat jika saya sedang mengandung.

Total kenaikan berat badan hanya 10 kg jadi awalnya 45 kg lalu sampe melahirkan mencapai angka 55 kg saja. Nafsu makan baru meningkat masuk trimester ke-2, sebelumnya saya mengalami mual bahkan muntah-muntah. 

Bawaannya kayak masuk angin gituh?agak ripuh kalau kata orang sunda mah hehehe. Kemudian juga muka saya timbul jerawat iww sampe hamil gede juga jerawat menghampiri padahal dulu sangat memperhatikan penampilan *eciiee*.

✅ Psikis

Entah kenapa waktu mengandung Neyna, bawaannya saya menjadi melloww, cengeng bahkan sensitif banget. Dikit-dikit menangis udah seperti film India, ga dijemput akang suami pulangnya saya ngambek lalu nangis.

Liat film sedih ikutan termehek-mehek, pokoknya sensitif pake banget. Bahkan dulu kesel banget sama akang suami bawaannya pengen ngulek mukanya dia 😂. Pokoknya emosinya labil, pengen banget diperhatikan, dimanis manja group gituh. 

be like kalau uda sensi 😀
✅ Habit
  • Waktu hamil pertama dulu, duh saya ini perawatan banget bahkan kalau libur kerja saya sampe luluran mulu pokoknya pengen serba bersih. Mandi juga sering, pake jilbab harus dengan kemiringan sempurna tak boleh kusut tuh jilbab jadinya saya rajin banget setrika jilbab sebelum gawe. Dan seminggu sebelum lahiran masih sempatin KERITING BULU MATA 😂.
  • Sukanya makanan asin dan suka banget makan eskrim bahkan akang suami suka beliin yang cup gede gitu. Nyetock di kulkas 😀. Dulu juga akang suami masih rajin bikinin susu tiap malam kalau saya ketiduran dibangunin dulu biar minum. Sweet dah hahaha.
  • Berangkat dan pulang kerja kudu dijemput poko'e manja pisan. Kalau hujan ngangkoters sambil termanyun-manyun karena bete ga dijemput 
  • Belum biasa masak sendiri masih suka jajan atau ga makan masakan mertua

✅ Ngefans Banget 

Saya masih inget dulu pas hamil pertama ngefans sama Orlando Bloom yang meranin Legolas, waktu hamil itu saya suka banget nonton film Lord Of The Rings sampe yang seri Hobbit demi melihat abang Legolas. 

Abang Legolas bikin meleleh
Selain demen sama si Legolas, saya demen sama penampilan Agnes Mo widih kalau ada konser Agnes Mo di TV saya tonton khusyu banjet. Seneng aja liat dy perfom dengan khasnya bahkan Agnes kalau diapa-apain tetep syantik.

✅ Prepare Lahiran
  • Namanya juga punya anak pertama, meni riweh mau lahiran teh. Jauh hari belanja semua keperluan dari baju sampe kasur, dari clodi sampe pospak, dari dot sampe cooler bag pokoknya serba prepare jauh hari.
  • Untuk biaya kelahiran begitu matang dipersiapkan, saya ikutan tabungan promil di Hermina Pasteur jadi tiap bulan sambil kontrol sambil setor uang. Pas hari H lahiran meski saya melahirkan normal tapi diinduksi total biaya yang dikeluarkan Rp 11 juta (tahun 2013) untungnya ada asuransi dan juga tabungan promil ini jadi ga terlalu sakit kepala 😂
Baca Lagi Yuk : Drama si Sulung Mau punya Adik 

*Hamil Kedua*

Sangatlah berbeda dengan yang pertama, ketika tahu saya telat 1 bulan saya masih lempeng banget mikirnya mungkin saya lelah capek. Memasuki bulan ke-2 tidak dapat haid barulah saya beli tespack ke apotek itupun yang paling murah yang cuman Rp8.000 saja 😂.

Esok pagi menjelang subuh saya tes dan ternyata garis 2, shocking sodah banjet karena kaget kok iso hamil 😂. Pas periksa ke dokter pun kandungan sudah memasuki usia 8 minggu cakep banget kan?bahkan ga ada mual, muntah seperti sebelumnya. Makanya saya ga tahu ini kehamilan.

Apa saja yang saya rasakan selama hamil kedua?

✅ Fisik

Setelah 2 minggu lahir anak pertama, berat badan saya langsung balik kesemula 45 kg dan statis hingga tahun kemarin. Setelah tahu hamil 2 bulan barulah saya tahu BB saya naik langsung 2 kg, sungguh pencapaian warbiyasah. Dan sekarang sudah naik 8,5 kg *tepuk tangan*

Bahkan beberapa kali ni rekan kerja yang lihat bilang kehamilan saya gede banget kok belum cuti lahdalah padahal masih 7 bulan 😓. Pagi tadi saja rekan kerja saya bilang "mba Herva perutmu besar sekali, but only one kan?" 😂. *sabar bun sabar*

 ✅ Psikis

Lebih tenang, enjoy banget ga ada drama termehek-mehek seperti kehamilan pertama. Pokoknya lebih cuek dan BODO Mamat ga terlalu banyak difikirin. Rek aya naon ge kalem weh kehamilan sekarang mah. Pokoknya saya bawa santay kayak dipantay. 



Cuman kadang kala nih emosi saya tersulut kalau si sulung Neyna lagi ogo pake banget deuh bawaannya pengen nampiling bujur munding 😂😂

 ✅ Habit
  • Kalau dulu hamil pertama bawaannya sering muntah apalagi kalau di kantor nah hamil kedua ini saya ga ada muntah tapi tiap pagi sama siang bawaannya ngantuk. Sampe-sampe saya selalu tidur di meja atau ga sambil solat dhuha merem di mushola LOL.
  • Apapun makanan saya suka, bahkan saya ini pantang banget makan mangga yang harummanis lembek gitu tapi kehamilan sekarang seperti mengarahkan saya "ayo bun sikaaaattttt"
  • Beda dengan hamil pertama dulu akang suami kantornya masih deket di Cimahi juga lah sekarang di Bandung so mau ga mau saya lebih seterong pake Motor dan untuk saat ini karena sudah masuk usia 7 bulan saya bawa mobil sendiri. Yes bahkan ke pasar pun saya sendiri yeah. 
  • Berhubung di rumah sendiri, saya rajin banget masak bahkan sekarang rajin juga bikin cemilan sederhana ala-ala gitu
Baca lagi yuk : Ibu Hamil Naik Motor, emang aman?

✅ Ngefans Banget 

Hamil kedua ini saya jatuh hati sama suaranya "Muzammil Hasballah" ya ampun tiap hari dengerin murotal quran suaranya dia langsung nyess ke hati. Bahkan saya sampe follow IG-nya dia, suka nancep kedalam setiap kali liat dia jadi Imam. MasyaAlloh semoga anak kedua saya bisa kayak dia *Aamiinkan yah temans*

fr IG @muzammilhb

 ✅ Prepare Lahiran

Alhamdulilah saat ini kandungan kehamilan ke-2 saya sudah menginjak usia 7 bulan. Berbeda dengan kehamilan pertama sungguh saya belum siapin apapun buat lahiran 😂. Namun yang jelas untuk peralatan seperti gendongan, kasur, tas bayi masih ada warisan kado dari Neyna. Kalau untuk baju sepertinya saya harus beli baru.

Untuk lahiran dimananya saat ini sudah ada RS mananya hanya saja saya ingin mengandalkan BPJS berhubung asuransi yang lain sudah dicabut. Untuk kelahiran via BPJS ada prosedurnya makanya saya sedang mengikuti alurnya semoga bisa lancar. 

***

Begitulah temans hamil pertama vs hamil kedua saya, banyak yah bedanya. Namun semuanya menjadi sesuatu yang terkenang dengan manis dalam ingatan saya. Mohon doanya ya temans kelancaran dalam kelahiran anak ke-2 saya nanti. Mudah-mudahan saya dan debay sehat, selamat serta semuanya diMudahkan oleh-Nya aamiin ya Alloh.

Demikian yang bisa saya share, temans punya pengalaman seperti apa untuk masa-masa kehamilannya?bagi yang belum hamil saya doakan semoga Alloh memberikan kepercayaannya segera aamiin. 💋


74 komentar:

  1. Share ceritanya seru teteh, semoga bisa cepet ngerasain pengalaman hamil pertamanya.. hihi

    BalasHapus
  2. semoga lancar sampai persalinan, ibu dan bayi sehat yaa teh

    BalasHapus
  3. Warbiyasak eta 55kg teh hamil, pakabar akyu yang sudah 53kg ini tapi beloman hamil ya hahaha.
    enaknya jadi teteh, gampang menyusut berat badannya, aku suka bayangin aku hamil nanti gimana, gampang mekar kieu.

    Sehat-sehat ya teh, lancar sampai lahiran adiknya Neyna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk mau naik teh susah kakah kecuali hamil pasti ngajelebegbeg :D

      Aamiin nuhun kakah :)

      Hapus
  4. ya Allah ngefans ya ama Muzzamil, tilawahnya emang merdu bangets. semoga anakku nanti juga ada yang hafidz ya aamiin. Saat baca makin giat ya aku ketawa ngakak hehe... seru nih Mbk ceritanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ngefans pake banget Muzammil dari pagi sampe mau tidur pantengin suaranya dy :D aamiin semoga y mba anak2 kita ada yang hafidz aamiin ya Alloh

      Hapus
  5. berarti saat tulisan ini diposting... Mbak Sedang Hamil yach.... :)

    Saya doakan Lahirannya lancar, Ibu dan anakya Sehat.Amin

    Semoga suaminya jg banyak Rezeki.Amin


    Semoga ibu2 yg blm punya anak, segera punya anak.Amin


    Semoga mbak2 yg masih jomblo imut segera dapat jodohnya. Amin


    semoga apalagi yach.... :)

    BalasHapus
  6. semoga sehat terus ya... dan diberikan kelancaran saat proses kelahiran. aamiin

    BalasHapus
  7. Dari Orlando Bloom ke Muzammil Hasballah. Keceeee... Moga2 calon babynya nanti dimasa depan jadi the next Hafizh. Aamiin ya Rabbal Aalamiin...
    Ngomong2 kehamilan pertamaku juga gitu mba, baperan tingkat dewa. Dulu telat dijemput kerja sampe bikin puisi puanjaaang sambil menitikkan air mata gaje, duh gaje abis lah pokoknya 😂

    Dan ngomong-ngomong, testpack masih ada yg lebih murah, ada yg 5000an dapat 2
    #sekilasinpoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya Rabbal Aalamiin nuhun mba :)

      wah baru tahu 5000 dapet 2 wkwkwk soalnya pas ke apotek ditawarin paling mursida yang 8000 doang mba

      Hapus
  8. aamiiin YRA.. Sehat selalu teh.. Baru hamil sekali dan naik BBnya 17kg, kutak mau mengulanginya lagi. Semoga di kehamilan kedua bisa lebih tahan godaan beng2 dan kengkawannya

    BalasHapus
  9. Saya waktu hamil pertama sampe dirawat di rumah sakit beberapa hari. Gara-gara ngalamin mual-mual dan muntah kronis. Nyiksa banget rasanya. Semoga hamil ke dua nanti ga gitu lagi 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin semoga ga sampe begitu lagi y mb :)

      Hapus
  10. Amiin... sehat selalu dedek bayi dan bundanya. Ayahnya juga semoga dilancarkan rezekinya utk persalinan. Aku anak pertama dan kedua selisih 2 tahun tp emg beda kehamilan beda habit sih. Intinya yg pertama manja minta ampun yg kedua cuek bebek hehe...

    BalasHapus
  11. Cerita tentang hamil emang seru, menyimpan kenangan tersendiri ya.
    Moga dilancarkan persalinanya, sehat semuanya juga. Amiin..

    *btw hamil 55 kg, haduuh aku sampe 65 (itupun disuruh diet, bayinya kegedean) lahirnya 8 bln pula. Kalo emaknya Neyna sebelom lahiran keriting bulu mata hahaha, aku 6 jam mo lahiran nyalon dulu, krimbat, facial, meni pedi wkakakak, bawaaan orook..

    BalasHapus
  12. Amin teh Bellaaa.. moga bisa kayak si doi ya :D hamil kdua itu lebih strong kan ya, lebih rileks. Belajar dari hamil yg pertama. Aku agak mual hamil yg kdua, plus punggung sakit euy.
    Sehat2 bumil, enjoy masa hamil ^^

    BalasHapus
  13. Seneng bacanya sampe ketawa ketiwi sendiri kayak baca pengalaman sendiri yang heboh buat anak pertama bahhahahha sehat terus bunda cantikk

    BalasHapus
  14. Aamiin, semoga sehat terus sampai lahiran ya mbak :)

    BalasHapus
  15. Aku salfok malah jadi pengen beli es krim abis baca ini hahaha. Wah bentar lagi lahiran ya, Va. Semoga lancar dan sehat-sehat semuanya. Salam buat Neyna yang bentar lagi mau jadi kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok atuh teh beli ehhehe makasi teh Efi :)

      Hapus
  16. mudah2an sehat dan lancar lahirannya nanti ya teh.

    Btw teh, muzzamil itu se-geng sama temen sha, hahaha *info penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin nuhun mba Sha, wah mau lah bisa se-geng Muzammil hahaha

      Hapus
  17. Dari gelagat2nya insyaAllah cowo. Krn aku juga ngalamin hampir semua yg km alamin mba. Hamil anak kedua kayanya rata2 emang pd cuek ya.... sehat2 terus sampe lahiran ya mba. Dan semoga lancar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Wian betul ehhehee...aamiin makasi mba :)

      Hapus
  18. Selalu ada cerita yang menarik tentang kehamilan. Semoga dilancarkan pada saat melahirkan nanti dan sehat selalu. Aamiin

    BalasHapus
  19. Aku cukup nyimak aja ya, Teh. Dan tentu ikut mendoakan, semoga semuanya dimudahkan, bisa mendidik anak-anaknya dengan sholeh/sholehah..aamiin..

    BalasHapus
  20. Aku justru kebalik dari teh bella. Anak pertama lebih kebo kalau kata org2 sih ya. Hehe.. Mgkn juga karena usia kali y. Soalnya yg pertama sama yg kedua beda 9 tahun. Usia juga jelang 40 yg kedua. Dan mgkn juga karena anak cewek kali ya.. Jadi bawaannya manja bangeeeet.

    Itu keren banget maunya dengerin murotal. Insya Allah yg kedua jadi hafiz quran yaa..

    BalasHapus
  21. Huaaa... Aku kok bayanginnya kocak gitu ya Teteh sama suami pas beli test pack 😆😆😆

    BalasHapus
  22. Sekarang aja tampangnya mah ya masih unyu, apalagi pas hamil Neyna dulu ya, haha... Mellow dan santai mungkin karena usia (beda dulu dan sekarang) plus udah pengalaman juga sih ya mba. Kayaknya yang sekarang ini jauh lebih setrong ya. Moga disehatkan semua ya mba hingga lahiran nanti.

    BalasHapus
  23. Seru :)
    semoga lancar, sehat, selamat ya...

    BalasHapus
  24. Hamil pertama aku kaleum, hamil kedua muntah2 terus, hihihi.... Ikut doa ya, moga anaknya jadi penghapal Quran macem babang Muzammil ^^

    BalasHapus
  25. ramai sekali ya mbak, ok ini bermanfaat sekali untuk seorang bapak bapak yang baru merajut rumah tangga :D

    BalasHapus
  26. Hahhaaaa, samalah dulupun aku juga masih malu beli testpack, padahal mah, santai aja lah ya, wong udah nikah juga. Pas anak pertama beli testpack sekali, anak ke dua beli sampai 3 apa 4 ya. Saking kepingin tahu, karena jaraknya 5 tahun euy. Muzzamil aku juga sering puter pas anak udah gede, wkwkwkkk beda yaak. Suaranya itulohh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ternyata ada yang juga malu2 :D

      Hapus
  27. Amin amin . semoga anaknya kelak lahir dengan selamat den sehat yah dan bisa jadi anak yang sholeh dan sholehah

    BalasHapus
  28. Tiap kehamilan memang punya cerita tersendiri ya, Mbak. Aku kehamilan pertama malah setrong banget soalnya sambil kerja. Kehamilan kedua malah manja, kehamilan ketiga cuek, hehehe..

    Semoga dimudahkan proses lahirannya nanti ya Mbak.. ibu dan bayi sehat dan selamat semua. Kakak Neyna juga seneng punya adik baru. Aamiin.

    BalasHapus
  29. Akupun bedaaa banget hamil pertama dan kedua. Pertama masih sukaaa bgt traveling, jalan trus ampe hamil 7 bulan.

    Pas yg kedua, boro2 mau jalan. Bawaan males. Makanya sempet 2 thn aku ga traveling. Eh pas lahir, anaknya memang rumahan banget hahahaha.. Ga kayak kakanya yg hobi jalan..

    BalasHapus
  30. masing-masing kehamilan emang unik yaa..Aamiiin mudah-mudahan dedeknya Neyna jadi penghapal qur'an. Sehat-sehat ya Hervaaa... :*

    BalasHapus
  31. Wah saya belum yang kedua Mbak Herva. Kayaknya satu aja dech hahaha, umur juga udah mau 35 nich agak takut.

    Semoga sehat selalu yaaa.. Lama saya gak berkunjung ke blog Mbak Herva euuy

    BalasHapus
  32. Sumfaaah dari tadi malem aku uda bookmark baca ini terus ngakak ngkk dewe, bahasamu emang gokkks abis teh deblo ahhha
    Trutama yang bagian sikaaat aja bun wkwkk
    Tidur di musolah kantor itu emang kenikmatan yang haqiqi ya mb herv, bisa melarikan diri juga dari rapat wkakakak
    Ahhh ternyata jk nya cowok ya, huiiii lengkap sudah hihi
    Hebatnya di kehamilan kedua lebih mandiri karena uda katam tu apa apa yang bakal dilakuin besokannya
    Bisa bawa mobil itu kece amat ya

    Haaaa induksi 11 jeti, mahal jg ya mb
    Kmaren aku sc 16 jeti hiks....tapi dapet bonusan kntor paksu 5 jeti, mayan lah nambel2 dikit...
    Trus abisannya meraung raung meratapi tabungan ahhhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk makasi mba Nit udah mampir puk--puk demi debay ya tabungan terkuran ya rapopo :D

      Hapus
  33. aku berharap semoga di hamil kedua nanti lebih calm, soale pas hamil pertama kebanyakan di tempat tidur hihi, kebayang deh kerjaan di lapangan eh pas hamil malah pingin istirahat mulu

    BalasHapus
  34. Amiiin YRA untuk semua doa baiknyaaa.. aku juga beda banget antara hamil pertama dan kedua. Tapi semuanya dinikmati dan menyenangkaaan :)

    BalasHapus
  35. Semoga lancar nanti prosesnya Mbak Herva. Hihi. Anakku jg dulu lahiran pakek BPJS kok 🤣🤣

    BalasHapus
  36. Sungguh aku kebalikan dari kamu teteh... kehamilan pertama kalau kata orang mah hamil kebo gak mual, semua asyik-asyik aja... Kemudian skrg kehamilan ke 2 (usia kandungan saya 2 bulan) mau makan mikir2, pagi2 udh mual2, ba'da maghrib makan bawaan nnya mau di muntahin jadi mendingan tidur, begitulah... Tapi Alhamdulillah, terus belajar menikmati, semoga terus sehat - sehat ya teh... aamiin

    BalasHapus
  37. Samaaan nih Mbak, hamil pertama dan keduanya. Pertama masih serba manja dan ingin tahu banget ini itu ttg kehamilan, yg kedua kemarin mah ohh biasaa, dulu hamilin si Kakak juga gitu, nanti bakalan ini itu. Walau masih tetap baca2 ttg info kehamilan jg sih. Tp at least kebiasaan2 org hamil udh tahu, hihihih.
    Hamil kedua juga gak belanja2 heboh utk printilan baby, secara punya si Kakak masih bagus semua, hihihih. Dikeluarin aja dari lemari, dicuci, eeh pas jemur tetangga kira abis beli baru, hihihih.

    Tp pas hamil kedua emang perut mbuncit banget, baru 6bln kayak udh 8bln, beda pas hamil pertama, 8bln baru kelihatan spt org hamil.

    Sehat terus ya Mbak dan debay :*

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design