Kamis, 04 Januari 2018

Gagal Registrasi Ulang Kartu Prabayar, Harus Bagaimana?

Hai temans, sudah masuk awal tahun 2018 nih ada yang belum melakukan Registrasi Ulang kartu prabayarnya?

Sejak Oktober 2017 sudah diinformasikan oleh DEPKOMINFO bahwa kartu prabayar kita wajib untuk diregistrasikan bukan?saya aja sampe 3x dapat sms pemberitahuannya.

Nah sebagian dari kita mungkin antusias banget ya melakukan registrasi ulang saat pengumuman keluar, berbeda dengan saya yang justru memilih nanti melakukan registrasinya. Lalu berujung GAGAL. Gimana kok bisa gagal?begini ceritanya 👇

Ceritanya tuh saya mau minta ART saya datang saat libur tapi kok ga bisa dihubungin nomor HPnya , wah pikiran saya dah berkecamuk, jangan-jangan HP-nya dijual 😛 ((suudzon pisan yes)) setelah saya cek ternyata ART saya merupakan tipekal yang setia. Iya setia banget ga diisi pulsanya menanti saya yang isi 😂. 

Pada akhirnya kartu prabayar yang lama hangus, mau ga mau dong demi komunikasi lancar jaya saya kembali membelikan nomor baru. 

Berhubung ART saya memang tidak mengerti cara mengoperasikan HP mau tak mau segala urusan administrasi daftar kartu barunya saya pulak yang bantu.

Inilah awal mula saya mengetahui ternyata ada masalah dengan NIK maupun nomer KK saya karena saya gagal mendaftarkan kartu baru milik ART. Saya pun inisiatif untuk pake nomor saya yang lama dan sama GAGAL jika menggunakan ID saya.

Pict fr PIXABAY edited by bundanameera
Saking penasarannya saya meminta ART saya memperlihatkan E-KTP dan Kartu keluarganya agar saya bisa daftarkan pada nomor barunya. Pake ID punya ART sukses pake ID saya gagal. Dan yang punya akang suami juga ga ada masalah. Cuape deh 😓.

Sepanjang waktu itu saya terus-terusan mengirimkan sms ke 4444 : ULANG#NIK#KK#

Tetap saja mendapati balasan seperti ini ⇓⇓⇓ 



Karena sudah gagal 5x akhirnya keluar balasan seperti diatas. Saya coba hubungi nomer yang 021-1500537 pada sore hari namun tidak ada respon. Akhirnya saya biarkan saja dan baru ingat jika batasnya adalah hingga Februari 2018.

Baca Lagi ini : Cara Melapor SPT Lewat EFIN

Permasalahan ini saya coba share di instastory harapannya memang ada temans yang ingin berbagi cara lain, alhamdulilah ternyata ada yang kasih respon dari yang ngasal hingga memberikan solusi.

Beberapa solusi serius yang saya dapat diantaranya :

  • Diminta langsung ke PEMKOT untuk klarifikasi karena pengalaman temannya juga seperti itu
  • Kunjungi website kartu prabayarnya dan coba hubungi "Kontak Kami" (pengguna IM3)
Berhubung saya malas ke PEMKOT maka saya memilih cara kedua yakni mengunjungi website IM3. Saya hubungi via email dan direspon dengan cepat seperti dibawah ini.

Balasan dari CS IM3

Saya kirimkan berbagai persyaratan yang diminta. Lalu CS kembali membalas sebagai berikut :


Onde mande ternyata tetap bermasalah padahal menurut si pemberi info ybs berhasil hanya dengan mengirimkan email ke web IM3. 

Esok harinya pagi-pagi tepat tanggal 03 Januari 2018, saya coba hubungi nomor yang tertera. Ternyata pagi itu saya beruntung CS-nya angkat.

CS meminta saya menyebutkan NIK dan Nomer KK lalu meminta saya untuk tidak menutup teleponnya. Tak berselang lama akhirnya diketahui bahwa nomer KK saya yang bermasalah jadi NIK saya masih terdaftar pada nomer KK lama.

Terkait hal tersebut CS meminta saya untuk mengingat ID tiket pengaduan agar 3x24 jam jika tidak ada respon saya bisa menghubungi kembali CS dengan tiket tersebut. Dan CS pun meminta nomer telepon yang bisa dihubungi.

Kelanjutannya bagaimana?alhamdulilah tadi pagi saya mendapatkan sms sebagai berikut :



Mendapati sms itu saya mencoba kembali untuk mendaftar ulang kartunya hasilnya Alhamdulilah BERHASIL. 

Nah buat temans, yang belum daftar ulang yuk segera karena bulan Februari 2018 batasnya. Dan bagi yang mengalami gagal seperti saya mungkin bisa dicoba cara yang saya lakukan.

Semoga bermanfaat yah temans 💋.

63 komentar:

  1. Alhamdulillah udah sukses ya, saya belum coba nih Teh hehe, makasih udah ingetin :)

    BalasHapus
  2. Akoh sudah registrasi kemarin pas malem tahun baruan. Saking gak ada kerjaan dan gak kemana2, sampe regis 3 kartu sakaligus... Watir ya 😂😂😂

    BalasHapus
  3. Alamakkk... ribet juga ya sekarang untuk registrasi kartu baru. Tapi enaknya sih jadi lebih aman ya nomor2 sekarang yang masuk ke hp kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ribet miss hehehe iya smeoga ga ada lagi yang nipu2 begitu kapok kan bisa dilacak ya :p *sotoy banget deh aku

      Hapus
  4. Huuaaah aku jadi inget belon registrasi teeeh.. Ya ampun udah mau Februari ya bulan depan.. Semoga lancar registrasi,. Untung udah berhasil juga ya teh.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba regis ulang sapa tau kalau ada masalah bisa diperbaiki:)

      Hapus
  5. Wah...makasih infonya. Waktu Okt gagal daftar trus dibiarkan. Kemarin dpt sms notif mengingatkan daftar ulang. Tapi lom nyoba krn takut gagal lagi...

    BalasHapus
  6. Pas banget lagi registrasi ulang punya istri, malah gagal, untung baru sekali. Terus main ke blog keren ini, eh ada artikel tentang registrasi ulang kartu prabayar. Ternyata gak bisa lebih dari 5x ya teh, bahaya juga nih kalo sampe gagal maning. Tapi anehnya nomor hape saya sudah berhasil, tinggal nomor hape istri belum bisa.

    Makasih sudah sharing

    BalasHapus
  7. Aku belum registrasi.huhu
    Entah KK ku dimana, padahal dr bulan lalu nyariin tapi keselip. Moga aja pas ketemu ga ada trouble kayak teteh Bella :D

    BalasHapus
  8. Wah alhamdulillah bisa ditangani sampai tuntas ya. Aku datang ke kantor cabang Indosat langsung ya udah dibilangnya gak bisa karena udah hangus dan gak ada sama sekali penanganan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah :( sayang y mb makasi sharingnya

      Hapus
  9. Eh iya untung aku lancar pas registrasinya, ribet banget caranya kalo sampe gagal yaaaa.. Uhuhuhu

    BalasHapus
  10. engggg aku belom daftar nih, padahal udah berkali2 dapet sms dari xl bahkan diiming-imingin dapet bonus kuota klo register kartu sebelum tgl sekian XD setelah baca ini, kudu detail ya klo pas register nanti biar gak gagal

    alhamdulillah ya untuk masalah gagal registrasi yg teteh bella alamin direspon sangat baiiiik

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah iya bu Ayya responnya cepet :)

      Hapus
  11. Alhamdulillah berhasil ya. Saya belum registrasi ulang nih, terakhir katanya bulan februari ya mbak?

    BalasHapus
  12. Saya juga baru registrasi beberapa hari lalu teh, dan alkhamdulillah langsung berhasil sih ;) Berati itu maksimal gagal cuma 5x ya? Misal nggak bisa-bisa bakal langsung dapet notifikasi buat ngurus ke operatornya / dindukcapil langsung teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau ga bisa-bisa langsung dikasih notif urus ke dukcapil :)

      Hapus
  13. Aku belum sempat registrasi lagi niih Bunda. ya ampun malas banget ya aku hobinya menunda nunda :(
    Soalnya sempat daftar eh gagal melulu trus malas menindaklanjuti

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ummi daripada nanti kita tidak bisa tukar kabar via WA hahhaa

      Hapus
  14. Hihi aku perasaan belum registrasi ulang juga yang im3 hehehe. Udah lama nggak dipake. Nanti kau coba registrasi deh. Semoga nggak gagal. Kalaupun gagal jadi udah nemu solusinya dari bloh teteh Bella. Makasih teteh :)

    BalasHapus
  15. Saya gagal daftar ulangnya karena nomor Kk yang salah, setelah diurus ke disdukcapil dan kecamatan baru bisa deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu lebih ribet ya mba Ev mesti ke disdukcapil :)

      Hapus
  16. kok sama yaaaa... saya jg gagal pas registrasi... Kayaknya sih mau langsung ke Grapari Telkomsel krn kebetulan ada di dalam mall... jd sekalian lah... Gak berasa bulan February udah deket soalnyaa

    BalasHapus
  17. Terima kasih sebelumnya :)
    Kebetulan mengalami pengalaman yang tidak jauh beda, nomor kartu saya tidak bisa diregistrasi ulang. Sudah berkali-kali coba masih gagal, hanya nomor saya saya yg tidak bisa, nomor istri sukses sekali registrasi ulang. Wah saya pikir pasti NIK saya yg bermasalah, karena logikanya Nomor KK tidak bermasalah karena sudah berhasil registrasi nomor istri.
    Setelah membaca web ini, sesuai instruksi segera telpon ke 1500357 dan diterima oleh om CS, dan memang benar ternyata NIK saya masih terdaftar pada nomer KK lama. Kebetulan 3 tahun yang lalu baru pindah dari Jakarta Barat ke Kota Tangsel :D
    4 hari kemudian datanglah sms yg menyatakan nomor KK dan NIK sudah sesuai, akhirnya coba registrasi ulang kembali dan berhasil!!!
    Mudah-mudahan ngga kepanjangan sharenya, sekedar berbagi pengalaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terimakasih sharingnya alhamdulilah yah akhirnya berhasil :)

      Hapus
  18. Emang sudah dekat bulan Februari kita jadi deg-degan ya mengenai daftar ulang simcard hape hehehe... Mana maksimal satu nama itu untuk 3 nomor hape kalau nggak salah. jadi nggak bisa gonta-ganti nomor.
    Syukurlah mbak datanya udah sesuai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu nama (NIK) untuk 3 nomor di tiap provider kok mbak. Jadi klo beli kartu dari provider lainnya, ada jatah 3 nomor lagi. Dan seterusnya :)

      Tapi ternyata ribet juga kalau ada masalah dgn KK-nya. Untung nama saya belum sempat dicabut dari KK keluarga asli sewaktu ada peraturan registrasi hehe :D

      Hapus
    2. makasi mb Intan n mba Chaca :)

      Hapus
  19. Selamat yaa sudah syukses registrasi 😍👍

    BalasHapus
  20. Wah saya malah belum registrasi sama sekali nih.. Insya Allah besok deh, hihu.. Nice sharing mbak 😘

    BalasHapus
  21. Harapan saya kalau udah registrasi begini jangan ada lagi sms yang aneh-aneh hehehe

    BalasHapus
  22. Aku langsung ke gerainya, Mbak. Bawa ktp doang. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dy mba aku kan males ke gerai makanya pilih yang cara ini :)

      Hapus
  23. Huaaah saya udah ada kartu yg gak bisa dipakai lagi mbak eee.😩
    Ini juga m3 satunya jg gagal terus, bilangnya nik sama kk gak sesuai. Untung nemu artikel ini. Eh tapi ini berlaku utk m3 aja apa tsel harus daftar ulang juga mbak? Soalnya yg sering dpt pesan masuk krtu m3. As gak pernah

    BalasHapus
  24. pas banget neh, nomor punyaku salah satunya sudah menyerah didaftarin, cobain caranya, trimns.

    BalasHapus
  25. Aku udah berhasil dan daftar dan alhamdulillah nggak ada masalah, malah dapat bonus kuota. :D

    BalasHapus
  26. sha juga waktu daftarin punya bapak gagal terus teh, pas di cek ktp lama dan baru, nomornya beda. aneh emang. hahaha
    dan baru berhasil pake no ktp yang tahun lahirnya salah :D

    BalasHapus
  27. Yaa!! Itu cuma masalah pemahaman saja intinya...waktu awal diberitahukan saya juga bingung...tapi pas saya rajin menela,aah!! Akhirnya mengerti dan hampir semua kartu saya bisa registrasi...Tapi jadikanlah semua itu pengalaman...😄😄

    BalasHapus
  28. Alhamdulilah kemarin ga nemu kesulitan pas daftar ulang kartu prabayar. Malah dapet free kuota 3 hari hihi

    BalasHapus
  29. Sama bun kejadiannya. Padahal saya sudah benar memasukkan datanya. Udah berkali-kali di coba tetep gagal. Akhirnya di suruh k pemkot atau hubungi nonya. Allhadulillah stlah dicek dan diadukan permasalahannya baru deh bisa. Kesalahannya bukan kita tapi memang blum diupdate data terbaru kita di pemkotnya. Stlah beres baru deh saya lega

    BalasHapus
  30. Tau ga mbak Herva, aku juga begitu, ribet deh. Akhirnya pas hari terakhir aku ndatengin grapari kan aku pakai Telkomsel. asli puenuuuh bingits uhuyy deh tapi masih mending aku termasuk cepet kelarnya. Kurasa itu sampai tengah malam masih beroperasi CS nya hahaha... Emang sih nyesel belakangan kenapa ga dr kemaren2 ya daftarnya wkwkwk.

    BalasHapus
  31. terima kasih atas sharingnya.
    sangat berguna sekali bagi yg kasusnya serupa...(terblok, bahkan pihak operator sudah angkat tangan)

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design