Search

Caraku Agar Tetap Dekat Dengan Anak Meski Sibuk Bekerja...

"Kamu tahu Nak, jika kamu sedih maka ibu jauh lebih sedih darimu"
Penggalan kalimat itu terekam jelas dalam otak saya, kalimat yang dilontarkan oleh seorang ibu kepada anaknya. Saya yang sudah lama ditinggal oleh almh.ibu menangis haru menonton film Korea "My Mom" takkala melihat dialog dan adegan yang ada di film tersebut.

Film itu saya tonton sekitar tahun 2011, jauh sebelum saya menyandang status ibu namun tetap saya bisa merasakan banget bagaimana kisah perjuangan seorang ibu dengan kondisi yang sederhana dan kekurangan namun ia bersikeras melakukan apapun demi anaknya bahagia.

Bergulirnya waktu, kini saya telah dikaruniai anak dan saya pun memahami akan sepenggal kalimat yang pernah saya dapatkan lewat film tersebut. Tidak ada yang bisa membuat saya galau, saya nekad , saya berani semuanya cuma karena anak.

Memutuskan menjadi ibu yang bekerja diluar rumah memang suatu keputusan yang berat akan selalu timbul konflik baik dalam diri maupun dengan orang lain. Ada yang dukung menjadi bahan bakar penyemangat pribadi untuk fokus bekerja.

Namun ada pula yang menyinyir didepan atau dibelakang begitulah mereka yang maha tau men-judge kehidupan orang lain. Adalah pilihan  bagi saya sendiri menerima setiap konsekuensi yang harus dijalani sebagai ibu bekerja.

Mungkin jika menyambung kisah film yang saya bahas sebelumnya, saya saat ini merasakan sama seperti ibu itu bagaimana berjuang memang untuk kebahagiaan anak meski istilah lebaynya harus  menguras air mata dan darah.

#Tempra #Cara ibu ungkapkan kasih sayang kepada anak #Cara agar tetap dekat meski sibuk bekerja, review tempra


Bekerja menguras waktu selama 9 jam dalam 5 hari setiap minggunya, menuntut saya untuk mampu memutar ide agar saya bisa selalu dekat dengan anak.

Saya ga ingin dari 24 jam yang Tuhan berikan saya hilangkan begitu saja tak berarti untuk anak saya. Saya cukup tahu bahkan seringkali mendengar bagaimana kisah-kisah anak yang tersisihkan oleh sibuknya dunia orang tuanya.

Anak adalah harta yang memang tak tergantikan bahkan cukup menusuk hati saya ketika beredar MEME yang berisikan : "Mama pasti gak rela menitipkan perhiasan mahalnya ke pembantu tapi mengapa aku yang tak ternilai mama titipkan ke pembantu".

Oh...please sebagai ibu bekerja sungguh meme itu sangat berpotensi menusuk hati saya. Pemikiran saya bahwa meme tersebut menafsirkan jika anak merasa tidak cukup berharga sehingga sang ibu memilih bekerja. Padahal issue utama pilihan ibu bekerja tidak sesederhana itu.

Tantangan menjadi ibu bekerja kerapkali saya rasakan tak hanya di dunia nyata namun di dunia maya pun hampir berbanding yang bisa menggoyahkan fikiran. Salah satunya seperti beredarnya meme tersebut.

Terlepas dari itu semua saya mencoba untuk tetap fokus dan memikirkan bagaimana caranya bahwa sebagai ibu bekerja tetap berimbang dalam mengurus keluarga maupun pekerjaan. Dan utamanya mengkondisikan agar anak tidak merasa tersisihkan oleh pekerjaan.

Adapun yang saya fikirkan untuk selalu dekat dengan anak meski saya bekerja diantaranya adalah :

💖 Supervisi Semua Kebutuhan Anak


Setiap harinya saya memastikan kebutuhan Neyna terpenuhi sehingga saya bisa dengan nyaman bekerja. Untuk itu sebelum bekerja saya melakukan hal berikut :

       👌 Memasak untuk sarapan, makan siang hingga sore 
       👌 Menyuapi sarapan dan memastikan sarapannya habis
       👌 Mengawasi Neyna mandi dan mengenakan seragam sekolah
       👌 Memastikan TV kabel di acara anak dan menghindari channel youtube
       👌 Mengontrol tas sekolah maupun tas mengaji berisi buku pelajaran

Tak peduli saya bangun lebih pagi namun dengan melakukan semua kegiatan tersebut setidaknya saya lega bahwa Neyna bisa berangkat sekolah dengan perut kenyang dan kondisi ke sekolah dengan rapi. 

Dan ternyata memastikan kondisi Neyna rapi bersih membuat Neyna mendapatkan "Piagam Prestasi" dari sekolah sebagai yang paling Rapi dan Tekun 😍. Sebagai ibu tentunya saya bahagia dengan apresiasi tersebut.

#Tempra #Cara ibu ungkapkan kasih sayang kepada anak #Cara agar tetap dekat meski sibuk bekerja, review tempra


💖 Support Semua Kegiatan Anak


Waktu luang saya bisa dikatakan hanya malam hari disetiap 5 hari kerja dan pada weekend saja. Maka dari itu saya berkomitmen sedikit waktu yang saya punya untuk sebisa mungkin support semua kegiatan Neyna dan sebisa mungkin melibatkan Neyna dalam beraktifitas bersama saya. Beberapa rutinitas yang saya lakukan diantaranya :

 👌 Melaksanakan sholat magrib & isya berjamaah
 👌 Mengaji bersama
 👌 Mengulang kembali pelajaran di sekolah
 👌 Menceritakan salah satu buku sebelum tidur
 👌 Menemani bermain
 👌 Mengajaknya belanja ke Pasar
 👌 Berjalan-jalan saat weekend

#Tempra #Cara ibu ungkapkan kasih sayang kepada anak #Cara agar tetap dekat meski sibuk bekerja, review tempra
Weekend berlibur bersama

💖 Selalu Keep In Touch


Menjalin komunikasi merupakan hal utama untuk saya merasa lebih dekat dengan Neyna. Bisa dikatakan setiap siang menjelang makan siang saya akan selalu menyempatkan menelepon Neyna memastikan bahwa ia sudah berganti baju rumah, makan siang dan solat dzuhur sepulang sekolahnya.

Apabila saya lupa telepon di jam siang maka sore hari ketika ashar saya menelepon kembali ke rumah memastikan Neyna untuk berangkat mengaji.

Begitulah ritme komunikasi saya dengan Neyna, dilain waktu kantor selalu memberikan saya pekerjaan untuk DLK (dinas luar kota) maka intensitas berkomunikasi jauh lebih sering. Saya beruntung dengan perkembangan teknologi yang bisa membuat saya bisa selalu merasa dekat dengan Neyna meski berbeda pulau sekalipun.

Jika saya hendak DLK, saya akan selalu komunikasikan jauh-jauh hari kepada Neyna kapan saya pergi dan kapan saya kembali sedetail mungkin hingga kegiata apa yang akan saya lakukan di tempat DLK agar Neyna tidak merasa ditinggalkan banget oleh saya.

Ngomongin DLK saya pernah nih mendapatkan tugas ke salah satu cabang di Cikarang. Karena urusannya cukup menyita waktu maka dari itu meski Cimahi - Cikarang lumayan dekat namun pihak kantor meminta agar saya menginap saja di hotel. Jauh hari sebelum DLK sudah ter-booking salah satu room di hotel namun saat hari H saya cancel menginap di hotel. Apa alasannya?

Pagi hari itu, sebelum saya berangkat DLK saya dapati Neyna demam 😭. Keadaan yang bikin saya  dilema banget. Mendapati anak sakit itu bikin saya ga tenang. Yang pada akhirnya saya memutuskan untuk cancel menginap dan memilih pulang - pergi saja. Syukurnya driver kantor juga support dan ga keberatan antar jemput saya.

Jangan ditanya bagaimana galaunya kerja jauh sementara Neyna sakit Demam. Namun semuanya bisa berkurang karena saya selalu sedia Tempra Syrup dirumah. Mengapa saya memilih Tempra?karena yang saya tahu Tempra itu :

👌 Obat Penurun demam PALING AMAN, Aman di Lambung
👌 Tiap 0,8 cc mengandung 80 mg parasetamol dengan Dosis tepat 
👌 Berbentuk syrup dengan rasa buah yang disukai anak, tidak perlu dikocok larut 100%
👌 Harganya terjangkau saya beli Rp 23.200
👌 Dapat dibeli di minimarket maupun Apotek terdekat loh


#Tempra #Cara ibu ungkapkan kasih sayang kepada anak #Cara agar tetap dekat meski sibuk bekerja, review tempra


Jika Neyna sakit maka saya pun merasa lebih sakit terlebih ditambah dengan komentar orang lain yang mengatakan saya lebih fokus DLK dibandingkan dengan masalah kesehatan anak. Padahal mereka ga tahu dibalik ceritanya saya mesti pulang larut dan berangkat subuh karena kondisi Neyna demam.

Begitulah cerita saya saat anak sakit namun saya masih harus menjalankan tanggungjawab saya sebagai ibu bekerja.

***

Segala sesuatu pasti ada pilihan dan konsekuensi yang harus saya terima dengan pilihan yang saya jatuhkan. Buat temans yang juga sama seperti saya jangan takut anak menjauh hanya karena kita bekerja karena saya selalu yakin setiap ibu punya cara tersendiri untuk "Merasa Dekat" dengan anak meskipun sibuk bekerja.

Dengan 3S ala saya, alhamdulilah Neyna selalu nempel kayak perangko jikalau saya ada dirumah. Saya berhasil menjadi "Ibu Yang Selalu Dirindukan" oleh Neyna.

Temans punya cara yang berbeda dengan saya?yuk sharing disini. Semoga kisah saya ini bisa bermanfaat yah 💋.

Dan saya mau ingetin juga buat temans jangan panik jika anak demam yah, kenali gejala penyakitnya jangan lupa upaya pencegahan pertama selalu sedia obat penurun Demam "TEMPRA".

#Tempra #Cara ibu ungkapkan kasih sayang kepada anak #Cara agar tetap dekat meski sibuk bekerja, review tempra

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun