Search

Drakor Mother : Inspirasi Untuk Selalu Berjuang Menjadi Ibu Yang Baik

Malam hari itu datang tidak biasanya, terlalu hening. Terlebih saya hanya seorang diri di kamar sejak pagi hari menerima hasil swab antigen dan dinyatakan positif covid. Biasanya saya dan anak-anak kruntelan di kamar namun kini sepi seorang diri.

Bunyi jangkrik sesekali menemani heningnya malam itu, saya gelisah masih menantikan hasil PCR yang menentukan apakah saya benar positif covid atau tidak. Sesekali cicak membayangi membuat saya yang gugup semakin gelisah.

Beberapa detik kemudian ponsel saya berdering, suara lembut di sebrang sana menyapa saya yang memang menantikan hasil tes PCR siang itu. 

"Selamat malam Bu Herva, tenangkan diri ambil waktu sejenak agar bisa menerima karena hasil PCR-nya ibu positif. Saya sangat mengerti kondisi ibu sebagai seorang ibu tentu saja ini sangat berat apalagi kita juga baru kehilangan rekan lainnya karena virus ini. Semoga lekas pulih Tuhan berkati"

Air mata mengalir, suara saya tercekat mendengar kabar tersebut. Dunia seakan tidak baik untuk saya. Bergegas saya share hasil tes itu kepada suami, rekan kerja, keluarga dan sahabat.

Betapa galaunya saya dan buntu fikiran karena ketakutan saya dengan virus ini yang membuat beberapa orang yang saya kenal meninggal. Psikologis saya down belum mampu menerima kondisi saya yang terpapar virus ini padahal prokes sudah saya jalankan dengan baik. 

Dan yang utamanya bikin saya takut adalah BERPISAH DENGAN ANAK-ANAK. Saya takut berpisah selamanya, ini yang membuat saya berfikir yang tidak-tidak.

Baca yang ini juga : 

  • Coelho's Circle : Kenangan dan Harapan
  • What Next? semalaman saya menangis membuat kondisi saya malah ga karuan dan sesak menyapa kembali. Beruntung saya dikelilingi orang-orang baik, mereka terus support saya baik doa maupun materi dari obat hingga makanan mengalir terus.

    Dan 9 dari 10 orang menyarankan saya untuk menyibukkan diri dengan NONTON DRAKOR agar lupa dan bisa happy kembali. 

    Nonton drakor? saya bukan penggemar drakor tapi dengan banyaknya saran ini saya mau coba karena jujur saya stress banget. Dan saran dari teman nonton Drama Korea di Aplikasi Viu.

    review drakor MOTHER

    Akhirnya Download Aplikasi Viu

    Saya raih ponsel untuk mencari aplikasi Viu di app store. Hanya butuh waktu sekejap untuk download-aplikasi Viu lalu saya mulai masuk aplikasinya dan melihat tampilan aplikasi yang ternyata ada beragam konten film, drama hingga variety show.

    Tak hanya suguhan konten DRAKOR saja akan tetapi juga ada konten film Indonesianya. Sebelum memilih drakor yang saya tonton, saya memutuskan untuk memilih sebagai pengguna PAKET PREMIUM.

    Meski saya baru dengan dunia DRAKOR rasanya saya sudah mantap saja untuk daftar paket PREMIUM. Lumayan kaget juga karena paket premium yang ditawarkan murah banget cuma Rp 15.000,- saja untuk sebulan. 

    aplikasi VIU untuk nonton DRAKOR

    Tapi tenang saja temans, karena Viu ini juga bisa dinikmati dengan GRATIS! Buat pecinta gratisan saya rasa aplikasi ini pasti menjadi berkah banget karena menyediakan ragam film dan drakor yang kekinian.

    Saking banyaknya dan ga hafal dunia drakor, saya jadi bingung sendiri mau nonton yang mana. Enaknya di Viu saya bisa lihat yang sedang trending dan baca sekilas sinopsis maupun thrillernya.

    Saya coba bertanya pada soba sobi, mereka merekomendasikan drakor : DOTS, Whats Wrong With Secretary KIM, Reply 1988, Penthouse, True Beauty dll. Semuanya ada di Viu lengkap banget yah.

    Well, dari sekian rekomendasi drakor finally saya milih nonton MOTHER.


    Drama Korea Mother : Inspirasi Untuk Berjuang Menjadi Ibu Yang Baik 


    review drakor mother

    Saat melihat teaser dan sinopsinya apalagi melihat sosok perempuan dan anak kecilnya saya langsung tertarik ingin menontonnya. Saya teringat anak-anak, meski saya ISOMAN di kamar sendiri namun saya merasa jauh dipisahkan oleh virus dan hanya bisa melihat mereka dari video call.

    Back to drakor...

    Mother merupakan drama korea yang bertemakan Child Abuse (kekerasan pada anak) dan juga banyak menceritakan tentang hubungan ibu dan anak. Drama Mother ini berhasil menjadi pemenang Drama Terbaik dalam penghargaan film Baeksang Arts Award ke-54 dan Seoul International Drama Awards ke-13.

    Adalah Kang Soo Jin merupakan seorang peneliti/Doktor Burung yang sedang menunggu jadwal keberangkatan ke Islandia. Sambil menanti jadwalnya, ia menjadi seorang guru pengganti di sekolah dasar yang akhirnya bertemu dengan Kim Hye Na. 

    Diceritakan jika Kim Hye Na adalah anak yang dibully teman-temannya, dan Soo Jin seringkali berpapasan dengan Hye Na di jalan pada malam hari. Padahal anak seusianya harusnya berada di rumah. Dan ini membuat Soo Jin merasa curiga.

    Kecurigaan Soo Jin bertambah takkala dapat informasi dari ibu guru lain yang melihat tubuh Hye Na lebam yang berarti Hye Na alami kekerasan. Hingga Soo Jin dan guru lainnya berkunjung ke rumah Hye Na mendapati jika di rumahnya Hye Na tinggal dengan ibunya (Ja Young) dan pacar ibunya (Seol Ak). Bahkan hingga dilaporkan pada polisi maupun KOMNAS perlindungan anak. Namun berujung gagal karena Hye Na tidak jujur.

    Soo Jin merasa iba kepada Hye Na saat mendapati Hye Na terbungkus plastik hitam ditengah tumpukan sampah dalam kondisi memprihatinkan. Soo Jin akhirnya memutuskan untuk menyuruh Hye Na berpura-pura mati terjun ke laut dan akhirnya membawa lari Hye Na.

    Tindakan Soo Jin ini ternyata memberikan dampak ia menjadi orang yang dicari polisi. Konflik demi konflik dalam setiap episodenya membuat Soo Jin semakin bertambah sayang kepada Hye Na. 

    Scene-drakor-Mother-menguras-air-mata

    Konflik Dalam Drakor Mother

    Dalam drama 16 episode ini pun diceritakan bagaimana masa lalu Soo Jin yang menjadikan ia memiliki karakter yang dingin, keras kepala, tertutup namun memiliki karakter teguh pendirian. Soo Jin ditinggalkan ibunya di panti asuhan tanpa tahu alasannya hingga saat pelarian dengan Hye Na barulah ia bertemu dengan ibu kandungnya.

    Selama ini Soo Jin dibesarkan oleh ibu angkatnya Young Shin seorang aktris ternama. Dengan kemewahan yang diberikan namun Soo Jin tetap bergaya hidup sederhana. Young Shin didiagnosa menderita kanker dan mengharapkan Soo Jin bisa ada didekatnya agar ia memiliki semangat untuk berobat dan hidup kembali.

    Saat Hye Na sudah mulai diterima oleh Young Shin dan keluarga lainnya, ealah Ibu kandung Hye Na muncul dan meminta kembali Hye Na namun Hye Na tak mau kembali. Disisi lain pacar ibu kandungnya Hye Na juga mencari dan menculik Hye Na meminta tebusan uang ke Young Shin.

    Meski bukan anak kandungnya, Young Shin menganggap Soo Jin adalah anak kandungnya rela berbuat apa saja ga peduli juga hartanya habis saat Pacar ibunya Hye Na menculik Hye Na dengan meminta tebusan 500.000 dollar. 

    Ketika Hye Na sudah ditemukan kembali oleh Soo Jin mereka bergegas melarikan diri lagi bersembuyi di sebuah Kuil. Berpindah-pindah tempat, namun memang Soo Jin tidak terlihat jahat maka selama bersembunyi ia selalu dibantu orang-orang baik.

    Jujur saya sampai nangis banget nonton drakor Mother ini. Apalasi saat memasuki episode 14, dimana polisi akhirnya menemukan Soo Jin dan Hye Na yang hendak kabur naik kapal laut.

    "Jangan dorong ibuku, kalian menyakiti Ibuku" Kim Hye Na
    Episode yang bikin saya nyesek banget takkala melihat ketulusan antara Hye Na dan Soo Jin. Setelah 50 hari bersama harus dipisahkan dengan cara menyakitkan. Soo Jin juga harus diadili dan masuk penjara sementara Hye Na dimasukkan ke perlindungan anak.

    Gimana ending-nya? temans buruan bisa nonton langsung di Viu jangan lupa siapin handuk yah banjir air mata soalna :).

    Pesan Dari Drakor Mother

    pesan-moral-dari-drama-korea-Mother


    Sejujurnya tokoh-tokoh wanitanya dalam drama Mother ini memiliki karakter yang mampu memberikan inspirasi bagi saya pribadi. Namun dari Kang Soo Jin justru saya banyak belajar lagi untuk terus berjuang menjadi ibu yang baik.

    Soo Jin mengusahakan apapun agar bisa lari bersama Hye Na dan melindungi Hye Na padahal Hye Na bukan siapa-siapa baginya hanya muridnya di sekolah dasar. 

    Selama mereka bersama, saya melihat bagaimana Soo Jin men-treatment layaknya anak sendiri. Bahkan Soo Jin tidak egois yang harusnya dia bisa tinggalkan Hye Na dan pergi ke Islandia menggapai mimpinya.

    Justru sebaliknya Soo Jin rela meninggalkan semuanya bahkan saat harus memilih antara keluarga Young Shin ( ibu angkatnya ) dan harus dihapuskan sebagai anaknya Young Shin. Soo Jin tetap memilih pergi bersama Hye Na.

    Kehilangan uang, kehilangan tempat tinggal tapi Soo Jin tak menyurutkan tekadnya untuk bisa terus menjadi ibu yang baik untuk Hye Na. 

    "Sebagaimana anak dilahirkan, seorang ibu juga dilahirkan" Kang Soo Jin

    Soo Jin memiliki masa lalu yang hampir sama dengan Hye Na, makanya ia berjuang menyelamatkan Hye Na yang jika ia tidak menemukannya dimalam saat Hye Na dibungkus dalam kantong plastik mungkin Hye Na sudah meninggal. 

    Belum tentu semua orang memiliki pemikiran yang sama seperti Kang Soo Jin yang bergegas membawa Hye Na. Mengingat lapor ke polisi saja sebelumnya tidak ada respon yang cepat dalam menanggapinya maka keputusan membawa Hye Na adalah cara Kang Soo Jin menyelamatkan nyawa Hye Na.

    Dari Kang Soo Jin juga saya belajar bagaimana BERDAMAI dengan luka batin saat masih kecil. Saya sangat tahu rasanya kehilangan ibu itu menyedihkan tapi nyatanya ibu kandung Soo Jin meninggalkannya dengan alasan yang cukup mengejutkan. 

    Beruntungnya Soo Jin tumbuh menjadi anak berkarakter terlebih juga diadopsi oleh seorang artis yang tentunya Soo Jin tidak akan kekurangan materi.

    Beberapa point penting yang bisa diambil dari drama ini adalah :
    • Menjadi ibu itu tidaklah mudah tapi jangan pernah membenci anak hingga memberikan luka batin yang bisa menyebabkan buruknya perilaku bagi si anak. Seperti Seol Ak (pacar ibu kandungnya Hye Na) yang kejam kepada Hye Na dan pernah membunuh anak lainnya sebab ia punya trauma di masa lalunya.
    • Menjadi ibu itu ga harus yang melahirkan anak dari rahimnya sendiri akan tetapi juga ibu adalah ia yang berjuang untuk anaknya. Sebagaimana Young Shin yang mengadopsi tak hanya Kang Soo Jin tapi juga 2 adiknya yang lain. Young Shin berhasil menjadi ibu yang baik untuk ketiga putrinya meski mereka bukan anak yang ia lahirkan sendiri.
    • Menjadi ibu itu harus terus berjuang jangan sampai menyerah yang akhirnya anak menjadi korban. Hal yang terjadi pada ibu kandungnya Hye Na, saat melahirkan Hye Na ia ditinggalkan oleh ayahnya Hye Na hingga ia menyerah dan ga sabar mendidik Hye Na padahal Hye Na anak yang baik.
    Dan Kang Soo Jin sudah menjadi Ibu yang baik untuk Kim Hye Na...over all drakor ini saya kasih point 9/10 bagus banget alur ceritanya, tokoh didalamnya dan salut buat Heo Yool memerankan dengan apik sebagai anak yang disiksa tapi tetap tegar.

    Drama ini membuat saya yang berada dititik down karena covid menjadi semangat lagi karena kasih banyak insight untuk saya.

    Saya ga mau nyerah, saya mau tetap berjuang agar bisa kembali bersama anak-anak dan insyaAllah bisa membersamai terus hingga nanti aamiin. Karena berpisah dengan anak-anak itu sungguh lebih berat daripada sekedar RINDU. 

    ***
    Demikian temans yang bisa saya share kali ini, sudah lama sekali saya ga menikmati drama Korea seperti ini. 

    Adakah temans yang sudah nonton drakor Mother ini? part mana yang temans sukai? jangan lupa yah nonton drama Korea di aplikasi Viu.

    Saya suka banget nonton drakor di aplikasi Viu karena :
    ❤ Biaya paket premium sungguh terjangkau
    ❤ Tampilan aplikasinya itu memudahkan jadi bisa pilah pilih drakor atau film yang mau ditonton
    ❤ Subtitlenya itu banyak dari bahasa, Inggris dan lain sebagainya
    ❤ Tidak ada iklan jadi ga bikin kesel 
    ❤Ga khawatir jika pause dulu karena pas masuk lagi udah masuk ke tayangan terakhir yang ditontonnya.

    Baiklah, jadi Drakor apa lagi ya yang harus saya tonton di Viu sambil menikmati masa-masa ISOMAN ini biar imun meningkat lagi? adakah saran dari temans? boleh dong rekomendasinya :) 










    83 komentar

    1. yes parenting is hard, karena gak ada manual booknya, terlebih menjadi seorang ibu, harus lebih kuat, multitask dan bisa menikmati segala momen saat menjadi ibu, baik yang sedih atau yang tidak.

      BalasHapus
    2. Saya jarang nonton film bertemakan Mama gini, takut mewek terus. Baca ini aja udah kebayang tuh sakitnya lihat anak disiksa huhuhu, tapi semoga ada waktu senggang bisa nonton di Viu.

      BalasHapus
      Balasan
      1. iyah mba tapi bagus banget sih makanya ga heran dapat wards drama ini

        Hapus
    3. mungkin ini salah satu alasankenapa banyak ya mba yang sukabanget nonton drakor danmenikmati pelajaran hidup di dalamnya

      BalasHapus
    4. Aduh. baca sinopsisnya malah jadi takut nonton deh mbak..
      Potensi mewek soalnya :D
      Menjadi ibu memang tidak mudah, sama tidakn mudahnya dengan perjuangan untuk menjadi ibu bagi sebagian orang.
      Dengan pergumulan masing-masing, semoga semua perempuan tetap semangat untuk menjalani hari-harinya.

      Eh sekarang sudah lewat masa isolasi-nya belum Mbak?
      Cepat puliiiih dan kembali berkumpul bersama keluarga.
      Si teteh juga cepat pulih yaaa...
      amiin

      BalasHapus
      Balasan
      1. belum lewat mba karena nunggu anakku yg positif juga...aamiin makasi mba

        Hapus
    5. Aku ga ngikutin drakor hihihihi :) Ternyata nonton di Vui ini gratis dan resmi ya. Kalau kepengen nonton yang premium bayarnya juga ga mahal amat. Yang paket promo 100 ribu untuk 6 bulan masih berlaku ga yach?

      BalasHapus
    6. Semoga mba Herva sehaaatt, pulih, sehat senantiasa ya.

      Btw, aku blm nonton ni MOTHER.
      Kayaknya kapan2 mau nonton, ahh
      terutama kalo pas PMS, wadidaww makin mantab jiwa bapernya :D

      BalasHapus
    7. Buat saya nonton drakor tuh bukan sekedar cari hiburan, tapi juga ambil sisi positif dari tokoh perempuan protagonis dalam filmnya.

      Samma nih kita mbak, nonton drakornya di Viu. Semua judul yang saya cari pasti ada di Viu.

      BalasHapus
    8. Aku belum nonton drakor ini, tema-nya dalem banget ya teh tentang perjuangan seorang Ibu. Mau nonton juga ah.
      Btw untung ada VIU bisa jadi hiburan nemenin hari-hari ISOMAN, semoga cepet sembuh teh.

      BalasHapus
    9. Murah ya, cuma 15 ribu per bulan udah bisa dapat akun premium di VIU, jadi bisa puas nonton tanpa ada iklan

      BalasHapus
    10. Mohon maaf ulasannya mengandung berapa banyak bawang, hiks... Saya jarang nonton drakor tapi menikmati banget ulasan ini lho, mungkin karena temanya seputaran ibu kali yaaa...

      BalasHapus
      Balasan
      1. makasih mba :) semoga bisa nonton bagus deh dramanya

        Hapus
    11. Bun nonton reply 1998 deh. Duh bagusnya itu. Unsur kekeluargaan pertemanan bagus. Aku ya nonton di viu

      BalasHapus
    12. ahh iya, menjadi ibu itu butuh perjuangan ya mbak
      meski belum bisa jadi ibu yg baik, setidaknya bisa jadi ibu yg bahagia
      dan salah satu cara jadi ibu bajagia ya nontom drakor di VIU ya mbak

      BalasHapus
    13. Baru baca ulasannya aja udah nyesek, Mbak. Nggak selamanya kasih ibu kandung itu sepanjang jalan ya, Mbak. Bahkan orang lain yang punya naluri keibuan bisa menyayangi lebih tulus dan rela berkorban demi kebahagiaan seorang anak.

      BalasHapus
    14. Teteh Bella sekarang gimana keadaannya udah sehat? Aku juga nonton di aplikasi viu loh. Tapi aku belum pernah nonton drama yang ini

      BalasHapus
      Balasan
      1. alhamdulilah better mba, yuk nonton deh mba di Viu

        Hapus
    15. Setiap anak adalah titipan Tuhan,baik dititipkan langsung (anak kandung) dan tidak langsung (anak murid).
      Baca ulasan ini aja feelnya dapat banget, aku gak tau kalau nonton, bisa sedih, ketampar, gak tau deh. Sehat2 ya Teh. Insya Allah pulih kembali

      BalasHapus
    16. Kapan hari udah ada yang rekomendasikan Drakor Mother ini. Apalagi ada saat kabur-kaburan juga demi bisa bersama sang anak. Nanti aku lihat di Viu deh. Siapa tahu bisa nonton

      BalasHapus
    17. teh semoga sekarang sudah sehat yah, nonton drakor di viu emang bisa jadi obat yah teh buat meningkatkan lagi imun tubuh yang sempet drop, karena dulu sebelum pandemi aku mengandalkan banget nonton viu kalo lagi sendirian pas dinas keluar kota, dibandara nunggu flight atau dalam perjalanan darat yang lama

      BalasHapus
      Balasan
      1. alhamdulilah baikan mba...kuy nonton di VIU ya mba

        Hapus
    18. Drama dengan tema keluarga apalagi soal hubungan ibu dan anak emang biasanya relate banget ditonton sama ibuk2 kyk kita ya mbak. Banyak banget pelajaran yg bisa diambil.
      Semoga lekas pulih kembali ya mama Herva :D

      BalasHapus
    19. Huhu baca sedikit ceritanya kok bikin aku mewek ya. Makin penasaran deh. Aku pengguna Viu mbk, lumayan buat teman nyetrika ahahaha.
      Semoga lekas sembuh ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya mba temen isoman kalau aku sampe ngubek2 VIU

        Hapus
    20. Ah, dramanya ini related banget sama kehidupan mak emak ya mba. Jd kebayang bapernya kalo nonton ini. Btw, semoga cepat pulih ya mba. Stay strong n positif.

      BalasHapus
    21. Wah..wah..aku harus download viu juga nih...biar gak ketinggalan drakor.. Banyak banget judul-judul yang aku belum pernah nonton haha...

      BalasHapus
    22. Bundaaaa, kupaham bagaimana perasaanmu dan akhirnya untuk menemani isomanmu memilih nonton drakor ya

      Saya belum bisa nih nonton drakor, enggak tahu kenapa, tapi kalau baca baca review dari teman suka suka aja, karena banyak hikmah dan inspirasi ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. cobain mba nonton sekali ketagihan deh hahaha

        Hapus
    23. Banyak hal baik yang bisa kita ambil dari drakor ya termasuk tangguhnya para tokoh perempuan - perempuannya. Belum nonton Mother ini, jadi penasaran ingin nonton juga

      BalasHapus
    24. Aku belom nonton deh drakor Mother ini. Seru ya. Tapi pastinya mengandung bawang yang banyak. Bikin nangiss. Nonton ah, mumpung akun VIU-ku ada sisa premium setengah bulan lagi.

      BalasHapus
    25. Dulu awalnya pakai viu buat nonton running man. Hype korea buat saya sudah hilang haha.. sekarang pakai viu buat nonton anime detektif conan

      BalasHapus
    26. Syafakillahu yaa, teh..
      Semoga sehat-sehat selalu.

      Bahagia itu koenji banget. Semoga dengan instal apps VIU, semakin lekas sehat dan jauh dari beban pikiran yang membuat hati susah.

      BalasHapus
    27. Huaaa...akupun klo nonton film soal ibu tuh jga baper dan ikutan mellow jga mba, tisue mana tisue

      BalasHapus
    28. Viu memang gudangnya drakor ya. Saya sempat langganan premium tapi cukup sebulan saja heheh. Secara keseluruhan kontennya kurang sesuai dengan minat saya.

      Btw, semoga cepat sembuh dan sehat selalu ya Kak.

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya sekarang jadi rajin nonton drakor berkat VIU hahaha

        Hapus
    29. Wah drakor jadi semacam salah satu obat penyembuh covid ya, supaya tidak terfokus dengan sakit tapi mendapat hiburan. Nonton drakor paling bener di VIU sih, terlengkap. Semoga sehat2 terus ya Mbak

      BalasHapus
      Balasan
      1. betul kak jadi ga mikirin kalau lagi sakit hehehe imunbooster menurutku yah

        Hapus
    30. Me time aku tuh nonton drakor, sekalian refreshing ala ala dirumah selama pandemi. Cuma aku lebih suka serial killer hehe.. kayanya seru banget banyak adegan yang bikin mikir tapi drakor selalu diselipin Sisi humanity ada secuil adegan menyetuh hati yang bikin meleleh.

      BalasHapus
    31. Wahhh jadi baper juga Ovi BUn.. hiks hiks hiks. Habis lebaran akan ditonton juga deh drakor yang satu ini. Udah ckup lama juga ngak mgedrakor
      Lagi.

      BalasHapus
    32. huhuhu ikut nangis, padahal belum nonton

      nggak tau kenapa selalu terlupa nonton drama Mother ini

      #catet ah , nanti nonton di Viu

      BalasHapus
    33. Baper kalo baca atau nonton film perjuangan seorang ibu/ayah :'(

      Btw alhamdulillah sudah pulih teh, semoga sehat sehat selalu. I feel you meski aku bukan penyintas, melainkan suamiku :')

      BalasHapus
    34. Menjadi seorang ibu yang lebih baik ga ada sekolahnya. Tapi terkadang dari film2 yang realated kita bisa mengambil hikmahnya.
      Apapun tontonNnya yang penting membuat imun meningkat dan happy, happy isoman, lekas sembuh.

      BalasHapus
    35. Mba, sudah nonton Hye Bye, Mama belum?
      Itu juga cerita tentang perjuangan seorang ibu tuh.
      Aku kayak bisa bayangin kondisi Mba yang sedang isoman, berjauhan sama anak dan keluarga, terus nonton drama itu. Huaaa, meweknya sampe ulu hati kali yaaa. semoga lekasi pulih ya Mbaaaa

      BalasHapus
      Balasan
      1. belum mba jadi penasaran Hye bye cari ah di VIU

        Hapus
    36. Daku belum pernah nonton drakornya, hanya baru membaca reviewnya. Selalu bisa ditarik hikmah dan pesan positif dari sosok yang menginspirasi tersebut

      BalasHapus
    37. Mbak, semoga sekarang kondisinya mulai membaik ya.

      Btw begitu baca ini, saya langsung chat sobat yang demen banget nonton drakor. Dia mesti tahu kalau sekarang ada aplikasi Viu dengan harga yang terjangkau banget buat nonton film film kesukaannya.

      get well soon mbak .. peluk virtual.

      BalasHapus
    38. Penasaran banget deh sama filmnya. Perlu ditonton nih biar gak terus terusan nonton yang uwu uwuan

      BalasHapus
    39. Lekas pulih mbaa, sehat dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Duh murce juga ya biaya langganannya, paket premiumnya cuma 15 ribu

      BalasHapus
    40. Aku juga salah satu pengguna viu nih Mbak. Emang puasa bgt, sampe sering ga kerasa kalau pulsa udah mau abis. Wkwk

      Wah aku blm nntn drakor ini nih. Seru jg ceritanya, ini mengubah konsep ttg ibu tiri yg teeksan jahat ya. young shin malah baik bgt. Jadi penasaran nih. Nanti abis puasa nyoba cari deh

      BalasHapus
      Balasan
      1. wkwkwk ga kerasa ya mba soalnya seru nontonnya

        Hapus
    41. Drama tentang peran ibu selalu bisa ya menyentuh hati karena cerita tentang ibu selalu dekat dengan hati. Anyway, semoga lekas sehat lagi, mbak.. Untung ada VIU yang menemani selama isoman

      BalasHapus
    42. Kalau ceritanya tentang ibu selalu bikin nangis. Banyak hal yang dipelajari juga. Dan viu ini banyak banget pilihan drakor keren

      BalasHapus

    Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
    Haturnuhun