Search

Dear Karyawan, WFH Itu Bukan LIBUR!

Sejak pandemi covid-19 akhirnya diberlakukan Work From Home, ada kebijakan inikah di kantor temans? pasti ada yakan? karena memang kebijakan ini sebagai upaya untuk pencegahan virus covid-19 ini.

Tapi apakah efektif dengan adanya Work From Home atau nyatanya malah menghambat ritme kerja yang akhirnya menimbulkan problematika baru?

Hayo bisa jawab jujur nih...

Tapi buat saya pribadi ada plus-minusnya dengan adanya WFH ini. Dari sisi plus-nya, saya ga usah bekerja dalam keadaan rapi, dandan paripurna pake kemeja cukup pakai daster gelar leptop di meja kerja udah beres. 

Ga ada yang tahu juga saya belum mandi wkwkwk...oh indahnya :p

Sayangnya WFH buat emak-emak cem saya justru banyak hambatannya yang datang dari anak-anak di rumah. Entah mengapa pas ada saya di rumah utamanya Rayi jadi ga mau sama Bibi bahkan minta digendong dan nangis kejer kayak yang digaplokin cuma perkara saya cuman balas email atau ngerjain data yang diminta dulu hahaha..

Padahal kalau saya libur kerja, sabtu-minggu nih bocah adem ayem aja kalau mamaknya ngejar nulis blog atau ikutan webinar pokoknya manis banget tapi giliran hari kerja tahu mamaknya yang jelita ini ga harus ke kantor kolokannya bikin pusing kepala.

Punya kepala pusing, ga punya kepala serem wkwkwk...

beberapa hal yang harus diperhatikan selama working from home

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Selama WFH 

Well, temans yang WFH ada baiknya nih harus perhatikan juga hal-hal berikut ini kenapa? ya karena WFH itu kerja di rumah bukan LIBUR, alias kerjaannya dibawa ke rumah jadi ya kerja cuma memang lebih fleksibel.

Untuk itu beberapa hal yang kudu diperhatikan selama WFH ala saya diantaranya :

❤ Bawa Leptop

Kebetulan jadwal WFH saya itu sehari masuk sehari WFH mau ga mau saya wajib bawa leptop kantor biar kerjaan juga bisa saya kerjakan di rumah.

Minimal saya update dengan terus buka email kantor di rumah jadi bagi siapapun yang membutuhkan saya, saya bisa tetap memberikan apa yang rekan kerja minta. Karena pastinya mereka minta data berarti dalam keadaan Urgent bukan?

Jadi saya selalu upayakan untuk terus update...

Bagaimana yang ga ada leptop tapi di kantornya hanya PC? ya pindahin kerjaannya pake Flasdisk atau bisa pinjem leptop kantor juga jadi jangan sampai ngehambat orang lain ketika kita WFH. Itu sih prinsip saya pastinya sejalan YES sama Mas Anang :p

❤ Mudah Dihubungi

WFH itu bukan CUTI apalagi LIBUR jadi buat saya selama WFH, handphone dalam keadaan aktif dan saya harus bisa dihubungi apalagi banyak bawahan saya yang terkadang meminta approval saya dalam memutuskan sesuatu.

Saya paling gedeg banget sama karyawan yang udah WFH berasa libur jadi susah dihubungi, susah dimintai data *astagfirullah*

Jangan sampai deh ada kerjaan yang urgent tapi ga bisa diselesaikan karena susah dihubungi. Tolong yang merasa susah dihubungi mendingan ambil cuti aja sekalian biar ga aktif Hp-nya juga ga masalah hahaha..


❤ Atur Jadwal & Tugas Bawahan

Kebiasaan saya sebelum WFH adalah memastikan dan reminder tugas bawahan saya agar bisa dilakukan dan biasanya saya update di grup WA. Saya notif masing-masing bawahan menjalankan tugas sesuai arahan, hal ini efektif agar pekerjaan berjalan meski saya ga di kantor.

Biasanya juga jika ada surat yang harus saya tandatangani maka akan saya persiapkan terlebih dahulu dan akan saya titipkan kepada yang masuk.

Baca yang ini lagi yuk :

***

Nah temans demikian pengalaman saya WFH selama pandemi ini, saya ga pernah berhenti koordinasi baik ke atasan maupun bawahan sehingga meski WFH pekerjaan saya bisa lancar, aman sentosa hahaha.

Karena sekali lagi ditekankan WFH itu tetap bekerja bukan libur atau cuti jadi pastikan agar pekerjaan bisa tetap terselesaikan.

Adakah temans mau menambahkan? punya pengalaman apa nih tentang WFH? yuk bisa saling sharing.

12 komentar

  1. Jangan sampai nggak isi kuota. Ini mumet banget sih, terutama kan aku remote work ya. Nah pas kuota lagi seret dan bye bye, etaunya dicariin tim. Gawat segawat gawatnya gawat ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya kebetulan di rumah aku pasang indihome mba jadi lancar pengalaman temenku sampe isi kuaota boros sih

      Hapus
  2. WFH malah makin jam kerja gak karuan sebenernya
    saya harus standbye terus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kalau saya sih ya ttp jam kerja selebihnya bye kak

      Hapus
  3. Hahaa ini murni curhatan dr ibuk HRD ini LOL.
    Iyaaa semua wajib sadar yaa yg kantoran bhw WFH itu bukan libur, cuma lokasi kerjanya aja yg dipindahin yaa ke rumah. Mau dia pulang kampung kek, atau mau di rumah mertua atau dimana kek, tetep usahakan bisa dihubungi dan ada sinyal ya. Jgn tiba2 hape gak bs dihubungin trus alasan gada sinyal ya LOL.

    Dan negatifnya saat WFH ini jam meeting suami sangat jadi tidak terkendali hahaa.. sampe tengah malem ga kenal waktu euy. Akunya pusing denger dia meeting. Tp ya gmn lg ya :)

    BalasHapus
  4. Hehehe setidaknya tidak seketat dikantor, kalo WFH bisa disambi maem, nyemil, dan minum kapanpun.. Tapi tentu kerjaan tetap selesai pada waktunya...

    BalasHapus
  5. jujur malah wfh ini aku makin sibuk, segala projek digitalisasi dan sistem aplikasi dimajuin datelinenya supaya mempermudah pekerjaan.huhuhu.. tapi emang sih beberapa ada yg mangkir tapi jelinya HRD tuh bikin email per weekend ke all staff siapa aja yg mangkir dan pergi2 + telat soalnya hapenya dipasang GPS tracker sama IT,,, wkwk

    BalasHapus
  6. Inget banget dulu pas awal2 wfh yaa, itu ribet mba. Apalagi aku kerja di bank cabang. Dan sistemnya itu ga semua bisa dibuka di luar cabang Krn alasan security. Ada data nasabah yg sangat confidential terlibat. Tp wfh ttp wajib Krn aturan pemerintah.

    Jadi jujur pas aku butuh data dr CS yg sdg wfh misalnya, susaaaah Krn semua datanya ga bisa dia buka hahaha. Tp akhirnya perusahaan sigap sih, lgs staff yg wfh diksh iPad khusus yg koneksinya secure dan terhubung Ama rata2 dan sistem yg dibutuhkan. Jd ga ada alasan lagi ga bisa akses ke sistem hahahahah.

    Buatku kalo wfh, ya jgn malah kelayapan apalagi matiin hp. Itu EMG bikin emosi sih. Pengen ditabok. Dikira libur apaaa -_-

    BalasHapus
  7. hahaha pernah juga aku dibilang sama atasan "susah ya mau telpon kamu pas wfh"
    asal ada laptop dan jaringan internet, kerja dari mana aja bisa.
    cuman pas awal awal wfh dulu agak susah, karena aku sering claim by hard copy file, jadi kalau dirumah susah juga. semuanya harus aku buat serba softcopy file dan makan waktu

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun