Search

Cara Menyapih Anak Untuk Ibu Bekerja

Tak terasa waktu bergulir begitu cepat, anak-anak tumbuh dan berkembang bahkan bulan depan Rayi sudah bertambah usianya padahal 1 tahun lalu Rayi baru saja menyelesaikan kelulusan menyusuinya alias baru saja disapih. 

Saya pernah menceritakan bagaimana pengalaman menyapih kedua anak saya yang berbeda sekali satu sama lain.

Baca yang ini lagi yuk : Cerita Menyapih Anak Pertama & Anak Kedua

Meskipun saya bekerja namun alhamdulilah saya sangat bersyukur bisa menuntaskan tugas untuk menyusui maupun menyapih kedua anak saya. 

Tantangan maupun rintangan selama menyusui sudah kenyang saya hadapi namun tidak pernah sekalipun menyurutkan niat saya untuk keras kepala mengASIhi anak-anak.

Bahkan saat menyusui Rayi, pasokan ASI bisa melimpah ruah hingga bisa saya donorkan kepada yang membutuhkan.

Baca juga yang ini : Pengalaman menjadi Donor ASI

Bagi saya pribadi masa menyusui itu justru tantangannya bukan disebabkan anak ga mau nyusu atau ASI yang sedikit alhamdulilah itu semua terlewati. Akan tetapi yang bikin saya deg-degan itu adalah momen untuk menyapihnya. 

Tips Menyapih Anak

Tips Menyapih Anak Ala Ibu Bekerja

Cung siapa yang mengalami hal sama dengan saya yakni momen menyapih adalah momen paling berat. Dimana momen ini adalah momen dimana saya harus melepaskan anak-anak untuk tidak menempel lagi sepanjang waktu.

Drama ga? tentu saja temans, drama terjadi diantara keduanya baik saya maupun dengan anak-anak. Sebagai ibu, saya merasakan antara harus tega dan kasian karena anak-anak sudah ga bisa lagi nempel kayak perangko.

Namun sebagaimana sekolah ada lulusnya, maka masa menyusui juga ada batasnya setelah anak-anak menginjak usia 2 tahun saya harus menyapihnya. Berikut ini adalah cara saya dalam menyapih Rayi karena untuk menyapih Rayi itu lebih mudah dibandingkan dengan menyapih kakaknya.

Adapun cara yang saya lakukan tips menyapih anak, diantaranya :

❤ Mengurangi Jam Menyusui

Sebagai ibu bekerja sebenarnya sudah sangat terbantu sekali dengan jadwal kerja saya dimana Rayi hanya menyusu langsung saat saya tiba di rumah sisanya saat jam kerja Rayi sudah biasa minum ASIP dengan gelas atau botol susu.

Namun saat saya libur kerja, Rayi seperti membalaskan dendam sehingga menyusu hampir sepanjang waktu. Untuk itu, saya mengatur jam menyusuinya bila sebelumnya menyusui itu sepanjang hari atau sesuka hatinya Rayi maka 4 bulan sebelum masa menyapih Rayi dibiasakan hanya nyusu saat hendak tidur atau bangun tidur saja itupun ga pake lama.

❤ Sounding Tidak Menyusu Secara Direct

Bagi saya sounding untuk tidak nenen lagi kepada Rayi setiap waktu memberikan sugesti baik karena terbukti drama Rayi tidak seheboh drama kakaknya saat harus disapih.

Nah buat temans yang mau menyapih bisa disiapkan untuk sounding mantra "TIDAK NENEN LAGI SUDAH BUKAN BAYI LAGI" karena mantra ini efektif saya terapkan ke Rayi. Jadi tidak ada unsur menyapih dengan terpaksa tapi menjadi menyapih dengan sukarela.

❤ Siapkan Minuman Pengganti ASI

Berhubung nyusu ASI-nya sudah berhenti maka saya perlu menyiapkan pengganti ASI-nya. Dulu sebelum lepas ASI banget saya sudah kenalkan berbagai tipe susu dari susu bubuk, susu cair hingga susu UHT kepada Rayi. 

Hal ini saya lakukan agar mengetahui juga apakah Rayi alami alergi atau tidak terhadap susu sapi. Setelah berkelana banyak merk susu akhirnya Rayi lebih memilih susu uht. Selain susu, Rayi juga suka pake banget minum Madu. Alhamdulilah dengan cara ini menyapih Rayi begitu indah dan lancar.

Saran saya untuk tes anak alergi atau ga dengan susu, temans bisa beli terlebih dahulu dalam kemasan yang sedikit aja dulu. Saya juga demikian beli susunya ga langsung banyak, peralatan botolnya juga coba beli 1 dulu.

Ngomongin peralatan dan kebutuhan bayi, saya tuh paling suka banget belinya di Shopee. Apalagi ada Shopee Moms Club nih. 

Tentang Shopee Moms Club

Jadi Shopee Moms Club ini merupakan platform online yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan ibu & anak. Shopee Moms Club sudah ada sejak februari 2020 loh! dalam waktu 1 tahun saja membernya sudah 1 juta Moms! warbiyasah bukan!

Karena memang banyak promosi serta program parenting menarik yang ditawarkan terlebih lagi sudah bekerjasama dengan 35 brand ternama di Indonesia.

Keuntungan gabung dengan Shopee Moms Club itu temans bisa dapat hadiah gratis, voucher cashback hingga 200K hingga harga esklusif member loh! 

Shopee Moms Club

Yuk ah gabung di Shopee Moms Club karena ada promo spesial Shopee Moms Club 1st Birthday bagi anggota baru mulai dari tanggal 25 Februari hingga 03 maret! Ssstt promo menariknya itu dari brand Enfa, Abbott, Mamaschoice, Zwitsal, Mamypoko, Cussons dsb.

Menarik bukan? makanya buruan gabung yah temans! Ada hadiah menarik, promo Rp 1 setiap hari, voucher cashback hingga 1 juta dan live streaming bersama KOL ternama juga pakar kesehatan.

***

Well, gimana temans? ada yang alami kesulitan dalam menyapihnya ga? Dari ketiga point yang sudah saya lakukan, adalah MENYIAPKAN MENTAL IBU menjadi point yang ga kalah penting yah temans. Ada yang akhirnya menyapih diundur terus karena ga tega melihat anaknya menangis minta nenen. Huhuhu 

Percayalah kalau dalam niat dan mentalnya kita sudah siap maka ke anaknya juga ga terlalu banyak dramanya. Temans punya pengalaman serupa? yuk sharing yuk..

61 komentar

  1. penting sekali ya, sounding kepada buah hati. Pasti anaknya juga paham ya, Mbak

    Terpenting menyiapkan pengganti ASI secara langsung, karena anak nantinya akan mencari kegiatan menyusui yang biasa diterima

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya penring banget sounding jauh-jauh hari, tiap hari diajak ngobrol, diingatkan. Insyaallah akan jadi lebih mudah

      Hapus
  2. Menyapih itu memang berat kayak mau putus cinta. Pernah lihat teman nangis di tempat kerja karena mikirin anaknya yg rewel waktu ditinggal kerja krn bersamaan dg proses menyapih. Dia merasa sangat bersalah, padahal itu memang sudah waktunya disapih. Insya Allah banyak pahala dari pengorbanan ibu bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. putus cinta berat juga ya, Mbaaak. Huhuhu bisa nangis seharian bahkan mpe lama juga lupanya. Menyapihpun demikian ya, Bundan nameera, rasanya berat dan pasti ada rasa enggak tegaan ya, ke anak. Tapi memang harus disoundingkan, pelan pelan ajakin anak ngobrol y

      Hapus
  3. Bagus sekali Shoppe punya Shoppe Mom CLub. Kayaknya aku harus ikutan gabung deh ini. Bismillah ya smakin lancar sehat juga buat Rayi. Jadi ibu bekerja tapi bisa berikan ASI emang deh bunda top sejagat raya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku juga pas anak lepas ASI pilihannya UHY. Tapi bagaimanapun emang tugas kita sebagai ibu usahakan berikan ASI ddan harus ada di support system terbaik ya

      Hapus
  4. antara senang dan sedih, saya nggak ngerasain menyapih mba, karena asi saya cuma keluar di 2 bulan pertama aja :(

    BalasHapus
  5. Menyapih anak untuk stop minum ASI memang ga mudah malah kadang bikin sedih kitanya hihii :) Mesti dicari pengganti ASI supaya ibu menjadi tenang. Boleh juga nih Shopee Mom Club. Banyak hadiah, promo dll sampai yang harganya Rp 1,- hehehe mantap ini.

    BalasHapus
  6. aku baca ini udah berhasil nyapih hehe seneng rasanya, meskipun ini sempet gagal sebelumnya karena aku belum relaa nyelesaikan menyusui wkwk

    BalasHapus
  7. aku lagi mengingat - ingat pengalaman menyapih anak - anak saat sudah masuk kantor. Memang perlu perjuangan bangeet

    BalasHapus
  8. Saya teh, pas mau nyapih penuh drama, karena pas nyapih itu PD saya bengkak dan sakit selama berhari-hari. Tapi seneng bisa liat anak ga terus 'nempel' sama kita lagi. Btw Shopee Mom Club bagus banget lumayan kan vouchernya buat para mommies :)

    BalasHapus
  9. Duh momen paling berat dan menyedihkan ini soal sapij menyapih hehe, aku lihat ponakan ku soalnya mbak kasian banget dan suka nangis sewaktu di sapih

    BalasHapus
  10. Menyapih terkadang menimbulkan dramaaaa ya mba
    Tapi selama dijalani dgn cinta, insyaALLAH bakal berhasil dan baik2 saja
    Jadi pengin shopping di SHopee nih

    BalasHapus
  11. Aku jadi ingat dulu waktu nyapih si kakak waktu pulkam gt terus ke tempat paraji diajak sodara dan payudara ku dikasih jamu gt jadinya pait dan anak ga mau ASI tapi tetap ya rewel dan aku juga ada rasa kasian juga huhu.

    BalasHapus
  12. Wah Shopee menarik banget promomya ada Moms Club, segala kebutuhan ibu dan anak dapat diskon ya? Jd kepengen nyari2 juga produknya nih, kali masih ada yg sesuai walau ku bukan lg busui hehehe

    BalasHapus
  13. Kalau untuk ibu bekerja sepertinya proses menyapih jd lebih mudah ya karena anak lebih sering minum ASIP saat kita bekerja, dulu aku gitu soalnya

    BalasHapus
  14. Waaaaaa selamat ya mbaaa sudah berhasil menyusui sampai 2 tahun. Aku setuju sama semua tipsnya ni, setuju juga tentang Menyiapkan mental ibu. Love!

    BalasHapus
  15. sounding ini penting banget ya mbak, karena pada usia 2 tahun anak sebenernya bisa ngertiin kita juga kok ya, asalkan jangan tanpa penjelasan aja diputus asinya bisa patah hati dia hehe

    BalasHapus
  16. Aku ngerasain banget proses menyapih itu ga mudah, kemarin waktu zaman Qonita kayaknya ada kali 3 bulan baru benar benar bisa sukses

    BalasHapus
  17. Iyayaa...rasanya cirambai gitu.
    Mau melepas anak menyusui ini padahal...gak kebayang hal yang lebih besar lagi seperti menikahkan anak.
    Hihii....mikirnya uda visioner aja niih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum menyapih, siapkan dulu alat perangnya niih..
      Bisa belanja peralatan di Shopee Moms Club.

      Hapus
  18. Aha, beener ya memang, menyapih itu bagi banyak ibu rasanya kayak putus cinta. Anak yang tiap hari biasa nempel, lalu enggak lagi.
    Congrat karena bisa weaning dengan indah. Weaning dua anak saya dulu nggak terlalu indah sih. Dalam artian tetap ada drama. Sampai terpikir, apa ini weaning without love? :D
    Tapi memang, parenting tidak tentang segala ideal yang terlaksana. Namun juga bagaimana bisa menerima ketidakidealan itu sebagai perjalanan menjadi orangtua.

    BalasHapus
  19. Nah bener menyiapkan mental ibu ini juga penting banget. Jangan sampe anak dan ibu sama-sama drama saat proses menyapih

    BalasHapus
  20. Bener banget deh yang tentang mental ibu. Saya selalu baper setiap kali menyapih. Makanya suami saya selalu cuti ketika anak saya mau disapih.

    BalasHapus
  21. Oalah ada ya Shopee Moms Club baru tahu.
    Eh iya ngomongin sapih, bisa nih kutiru karena saya juga bekerja (dari rumah) yang punya challenge tersendiri

    BalasHapus
  22. tips tipsnya aku banget mba ini, tos,,, jadi gak teralu drama karena jauh-jauh hari udah sounding terus,,, ngurangin jatah direct bf tapi ngabisin stock ASIP ples coba-coba susu formula kalau emang kurang kebutuhannya toh kata DSA susu diatas 2 tahun ga terlalu penting karena dicukupi lewat makan bergizi, alhamdulillah works euy...

    BalasHapus
  23. Aku masih belum berhasil menyapih anak wedok, padahal udah 3,5 tahun. Wkwkkk. Tapi emang menyapih itu yang paling harus siap itu adalah ibunya

    BalasHapus
  24. aku kebetulan gak melalui momen menyapih karena saat Darell usia 7 atau 8 bulan udah berhenti sendiri, alhamdulillah stok ASIP cukup sampai darell usia 12 bulan lalu lanjut sufor

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbeda dengan beberapa saudara sepupuku yang memang struggling saat hendak menyapih anak-anaknya, terlebih mereka bekerja juga, luarbiasa deh prosesnya

      Hapus
  25. Noted banget nih. Semog 1 tahun lagi saya menyapih Baby Emir enggak ada drama yang berat. Rasanya sedih juga sih ya, orang biasanya nempel terus, tiba-tiba harus disapih. Huhuhu.

    BalasHapus
  26. Kalau ibu bekerja nilai plusnya saat anak terpaksa minuman lain kyknya lbh mudah krn gak lihat ibunya di sekelilingnya. Tapi emang kyknya tantangannya pas ibu pulang kantor nih, kdng kuat2an jg sama ibunya mau lanjut usaha sapihnya atau menyerah hehehe

    BalasHapus
  27. Sama nih sama anak-anak saya, mulai saya kenalkan aneka macam susu sejak usia 1 tahun, buat pengenalan dia cocok susu yang mana, alhamdulillah semua susu sih masuk. Jadi umminya ga kewalahan kalau tetiba butuh susu, yang penting warnanya putih atau coklat, pasti dia mau. Kalau selain warna itu ga disentuh. Saya juga beli susunya di Shopee.. murah dan cepat. xixixi..

    BalasHapus
  28. Wah, menyapihnya lancar ya aku banyak dramanya huhu..bagus banget nih Shopee Mom Club bisa nambah jaringan pertemanan dan nambah ilmu juga ya..

    BalasHapus
  29. Jadi ingat masa-masa anakku berhenti asi itu kayaknya pas aku baru sembuh dbd karena gak menyusui langsung dia kagok karena gak pernah nyusu langsung 10 hari. Tapi sempat drama juga sih, ngomel pas disapih.

    BalasHapus
  30. menyapih memang challenging ya mbak
    nggak bisa langsung, ada prosesnya
    dimulai dari sering sounding
    dan juga harus sabar, biar bisa menyapih dgn kasih

    BalasHapus
  31. Wah, aku baru tahu nih Ada Shopee Moms Club begini. Bisa nambah pengetahuan ya. Dan promonya itu menarik. Lumayan ya.

    BalasHapus
  32. Sebentar lagi giliran saya nih abis mengASIhi lalu menyapih karena saya harus kembali bekerja. Semoga saja tidak ada drama.

    BalasHapus
  33. Wah cakep banget tipsnya, pas buat aku nanti yang sebentar lagi akan menyapih. Anak pertama sih sukses, kayaknya anak kedua perlu ekstra usaha karena emang full dbf.

    BalasHapus
  34. Aku paling lama menyapih anak pertama ketimbang anak kedua mbak, btw aku baru tahu soal mom shopee club ini, udah lama juga ya dan gak merhatikan di apliaksinya.

    BalasHapus
  35. MsahaAllah~
    Selamat yaa, teh...sudah mengASIhi dengan keras kepala.
    Anak menjadi tumbuh sehat dan gak mudah sakit, in syaa Allah.

    Meski bekerja, alhamdulillah...produksinya tetap lancar.
    Teteh bahagia selalu.

    Menyapih dengan penuh cinta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini tuh aku jadi mengenang masa kerja dulu yang konsisten banget ngasih ASI sampai akhirnya ku sapih tapi awalnya sedih sih tapi gimana ya. Hehehehe

      Hapus
  36. Tips penting...secara menyapih kadang jadi urusan yang agak menyita waktu ya.. apalagi bagi ibu yang bekerja..

    BalasHapus
  37. Pasti berat ya mbk menyapih si kecil, terutama untuk ibu pekerja. Tapi tips tips diatas sangat membantu sekali. Wah, baru tau ada Shopee Moms Club

    BalasHapus
  38. Kereen ya! Aku pernah denger cerita temenku yg bekerja dan harus mengirimkan asinya ke rumah. Seneng ya bergabung Shopee Moms Club

    BalasHapus
  39. sebelum menyapih nak - anak dulu biasanya mereka aku ajak 'ngobrol' mba walaupun mereka sepenuhnya belum mengerti.. at least they now things will change dan mereka sudah makin besar

    BalasHapus
  40. Habis baca artikel ini aku jadi inget waktu ngasih si kecil deh mbak. Untung aja ga pake drama macem-macem. Aku juga udah gabung Shopee Moms Club cuma belum belanja apa-apa disana. Hehe

    BalasHapus
  41. Senangnya zaman now ada Shopee Moms Club. Ada tips2 parenting yang dibutuhkan para mamah :) Menyapih si kecil dulu aku sampai datang ke nenek2 lho hahaha :D 2 tahun menyusui susah banget lepasnya. Ternyata ada cara2 yang lebih baik dan bijaksana ya.

    BalasHapus
  42. PR buangeettt mba, menyiapkan mental ibu ini
    memang jadi Ibu tuh tantangannya segabruk dah
    aku dulu juga rada challenging bgt pas mau nyapih bocah

    BalasHapus
  43. Alhamduliah saya gak ada pengalaman dramatis saat mulai menyapih anak, terutama anak pertama dan kedua karena waktu itu saya masib kerja kantoran, jadi mereka audah terbiasa minum dari dot, akhirnya lepas dengan sendirinya.

    BalasHapus
  44. Bagi bunda dulu sebagai ibu yg bekerja dsn melahirkan anak setiap 11 bulan, benetan gzk pernah ngerada NYAPIH karena sebelum brenti nyusu ASI umur 6 bulanan (setiap hari nyetok di freezer) baru deh ganti ke susu bubuk kaleng CAP BENDERA. Begitu terus sampe anak ke4. Jd gak pernah ngerasa NYAPIH.

    BalasHapus
  45. Sebelum menyapih, mamanya harus bener-bener tega. Jangan runtuh pertahanan maskipun anak ngerayu-rayu minta nenen. Hihi

    Menarik banget nih program Shopee Moms Club, bantu emak-emak dapet perlengakapn bayi terbaik harga terjangau.

    BalasHapus
  46. menyapih emang urusan gampang-gampang susah dan tiap anak beda-beda ya... Alhamdulillah kalo pas yang gampang begini.. Untuk yang susah menyapihnya harus tetep semangat ya..

    BalasHapus
  47. Wah mau ikutan Shopee Moms Club biar dapet diskon kalo belanja.

    Aku dulu ngalami drama saat menyapih anak kedua. Udah sukanya nggigit puting gak mau lepas pula. Bener deh drama ibu bekerja saat nyapih harusnya gak ada ya karena udah berkurang jam menyusui. Tapi kalo Sabtu Minggu maunya nenen terus gak mau lepas

    BalasHapus
  48. Saya selalu baper setiap kali harus menyapih anak. Berasa ada momen yang hilang hehehe.

    Shopee Moms Club ini menarik juga. Pastinya lengkap dong kalau mau cari segala perlengkapan untuk bayi dan anak

    BalasHapus
  49. benar banget mbak
    saat menyapih memang menjadi tantangan tersendiri ya mbak
    memang g bisa langsung, tapi ada proses sounding terlebih dahulu
    lalu ibunya juga harus ikhlas

    BalasHapus
  50. Betul banget, banyak drama saat akan menyapih. Banyak ngga teganya ya, Mbak. Btw, aku belum menjadi bagian dari shopee mom, nih. Jadi pingin gabung ihhh.

    BalasHapus
  51. Aku masih peer banget euy menyapih anak kedua ini. Huhu. Krn emaknya ada terus jd dia ngerasa ad terus kesempatan buat nempel. Huft. Pdhl waktu anak pertama gak ada drama. Yg ini susah betul. Wkwk

    BalasHapus
  52. Menurutku ibu pekerja justru kyknya lbh cepat kalau menyapih gak suh mbak? Soalnya kalau ibu bekerja kan anak2 biasanya minum asip dari media lain gtu #imho
    Tp emang di mana2 menyapih tu sama aja bikin emaknya kdng melow, apalagi buat working mom yg terbiasa memerah asip di kantor kemudian meninggalkan rutinitas itu pas menyapih, pasti melow sekali ya hehe

    BalasHapus
  53. Aku belum punya pengalaman ngASI apalagi nyapih, Vaaaa hehehe... Tapi suka merhatiin adik dan ponakan yang disapih. Tiap anak proses berhenti menyusinya emang beda-beda, ya. Ada yang sukarela ada yang perlu cara lain

    BalasHapus
  54. Alhamdulillah menyapihnya berjalan lancar yaaa.. Emang manjur nih sounding secara teratur dan membuat anak secara sukarela mau disapih.

    BalasHapus
  55. Yang penting komunikasi ke anak ya bun...jadi anak juga dah dipersiapkan dari awal biar step-stepnya nggak banyak drama. Bermanfaat banget nih infonya..

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun