Wednesday, September 27, 2017

Ada Drama Si Sulung Ketika Mau Punya Adik?Ini Yang Saya Lakukan.

Wah senangnya setelah sekian waktu akhirnya #Minion kembali hadir ditengah-tengah blog ini *yeay*. Ada yang kangen ga sama bahasan #Minion?ada dong yah *maksa*. 


Jadi apa dong yang mau dibahas?begini ceritanya..

Setelah sebelumnya kabar gembira itu datang dari Mamih dengan kehamilan keduanya alhamdulilah siapa sangka saya bisa ikut menemani Mamih juga. Saking banyaknya fans teteh bella yang suka nanyain kalau bertukar kabar "Kapan Kasih Neyna Adik?" melalui blog ini saya mau kasih kabar gembira ini bahwa alhamdulilah berkat doa dan harapan teman-teman dengan pertanyaan tersebut saya bisa kembali ((HAMIL)) 😝.


Ketetapan Alloh memang selalu mengejutkan sama halnya dengan kehamilan yang saya rasakan kali ini. Periksa ke dokter sebulan yang lalu dan saya dinyatakan sudah 2 bulan ondeh mandeh tak teraso jabang bayi sudah ado di dalam padahal ambo tak ada firasat seperti yang biaso bang Marcell nyanyiin.

Apakah ada perubahan dari sisi saya selama memasuki kehamilan trisemester pertama ini?saya jawab TIDAK. Pola makan justru meningkat drastis dari 3x menjadi 4x ruar biasa kan?belum ngemilnya. Jadi kalau ketemu saya terus abisin makanan jangan heran 😂.

Mual dan muntah pun tak saya alami, berbeda dengan kehamilan pertama. Masa-masa hamil pertama menjadi masa-masa "ku lari ke toilet, ku muntahkan semuanya". Untuk saat ini alhamdulilah tidak melewati masa itu lagi makanya saya ga nyangka hamil.



Mungkin yang berbeda adalah saya jadi sering ngantuk, bahkan di kantor mau pagi, siang, sore kalau ngantuk menyerang saya langsung menundukkan kepala ke meja saking ga tahannya melek. Pokoknya ngantuk tidur kecuali ada makanan atau minuman yang bisa kasi energizer jadi cenghar lagi.

Melihat dari sisi saya yang anteng-anteng aja selama kehamilan kedua ini namun berbeda dengan Neyna ternyata perubahan itu terjadi pada si calon kakak. Yes Neyna, warbiyasah bikin pencitraan mamaknya yang baik hati tak mau ngomel hilang seketika 😈.

ekspresi mamak kalo ada drama

Penuh drama dan tangis air mata hampir menyertai Neyna sehari-hari di masa kehamilan ini. Bikin kepala saya jangar kalau kata bahasa sunda mah. Apa saja sih perubahan yang terjadi?
  1. Yang biasanya saya tinggal masak lalu ia main sendirian rapopo BERUBAH menjadi seperti anak yang udah ((20 tahun)) ga ketemu ibunya nangis kejer ga mau terpisahkan lagi. 
  2. Dianterin ke sekolah biasanya langsung main sama teman BERUBAH tak mau lepas dari saya. Konser live menangis di sekolah menjadi tontonan gratis buat teman-temannya yang terbengong-bengong melihat Neyna seperti itu. 
  3. Bangun tidur biasanya langsung minum sendiri duduk manis, ini mesti drama nangis teriak-teriak.
  4. Makan kalau di sekolah bisa makan sendiri di rumah mendadak lupa lagi makan sendiri kayak gimana alias pengennya disuapin mulu
  5. Dan yang paling berat adalah "MINTA GENDONG KEMANA-MANA" 😫
Sebelum mengetahui saya hamil, pembantu dirumah sempat bilang "ngamuk mulu akhir-akhir ini kayaknya mau punya adik neng" begitu pembantu bilang. Saya cuman mesam mesem doang pengen sih bilang "ah itu mah mitos jaman baheula nek" mungkin Neyna lagi sakit atau gimana?yang jelas memang perubahannya jadi Manis Manja Group ke saya.

Adakah yang sama seperti itu temans?apa cuman Neyna doang yah yang begitu. Dengan fenomena seperti itu kembali mendorong saya untuk mengetahui apa pasalnya Neyna menjadi seperti itu?benarkah karena akan adanya adik menjadikan perubahan drastis?apakah Neyna mengalami Sindrom Cemburu?

Setelah bersemedi mencoba memikirkan apa yang terjadi dengan perubahan Neyna tersebut. Dan disimpulkan Kondisi yang Neyna alami ternyata pure bukan kesalahan Neyna akan tetapi juga saya menyadari turut andil dalam perubahan emosinya.

Mengetahui kehamilan pada diri saya tentunya saya banyak memberikan asupan untuk jabang bayi, Setiap malam rutinitas yang biasanya langsung menidurkan Neyna tapi ada tambahan yakni membuat susu dan minum vitamin. Setiap saya mau bikin susu, saya bilang "bunda mau bikin susu buat ade", "makan vitamin buat ade", "bunda tidur ya kasian ade cape". 

Ya saya selalu mengatasnamakan ADE sebagai alasan kalau saya hendak melakukan apapun ujungnya ternyata berakhir Neyna berubah. Tanpa disadari sedikit sedikit perhatiannya berkurang. Ah teteh bella menjadi ibu ternyata butuh memahami. Untuk itu saya juga melakukan perubahan agar drama sindrom cemburu takkan muncul lagi.

💝 Mengenalkan Tentang calon adik

Hal ini saya lakukan dengan mengajaknya ke dokter dan memperlihatkan foto USG bahwa itu foto adenya. Reaksi Neyna gembira bahkan ketika sampai dirumah ia langsung meminta foto USG untuk di pamerkan kepada sepupunya. Bahkan berhari-hari ia pandangi terus foto itu sehingga mulai ada rasa memiliki dengan meraba perut saya sebagai bentuk bahwa ia sayang dengan adiknya.

Selepas kontrol di rumah sakit Neyna umumin punya Ade 😂

💝 Melibatkan segala aktifitas

Biasanya demi mengurangi kerewelan yang sedang memuncak, saya akan selalu mengajaknya untuk melakukan apapun aktifitas yang saya lakukan. Ketika memasak saya minta ia membantu meskipun pada akhirnya hanya bikin berantakan. Menyeduh susu dan minum vitamin saya membiarkan Neyna yang menuangkan susunya bahkan yang menyuapi kapsulnya sampai ke mulut oleh Neyna. 

💝 Meyakinkan punya Adik itu menyenangkan

Sebagai bahan agar Neyna aware sama kondisi kehamilan saya, saya selalu meyakinkannya bahwa nanti punya adik Neyna bisa punya teman main. Bisa bacain buku ke adiknya, bisa nyanyi bareng adik, bisa ke rumah kakak di Bekasi sama adik. Pokoknya ada adik, Neyna tidak akan kesepian. Begitu yang selalu saya tanamkan kepada Neyna. 

 Hal ini berujung suatu hari dia sedang ngobok-ngobok BOX mainannya lalu dia memberikan mainan pokemon kepada saya sembari berkata "bun ini buat rayi (bahasa sundana adik) yah mainannya" ah sweet banget 😍.


💝 Sabar

Ini merupakan kunci yang paling harus saya kuasai karena ketika Neyna mulai kambuh jangan dibalas dengan emosi lagi percayalah temans yang ada di rumah PAHIBUT. Tarik nafas saja deh pokoknya dan saya juga ga langsung menuruti semua keinginan Neyna. Ini memang masa-masa dimana ibu diuji level sabarnya. Pokoknya hadapi dengan kesabaran barangkali dompet saya juga melebar karena sabar semakin bertambah *aamiin*

***

Dari keempat cara itu berhasilkah saya membuat Neyna menjadi semanis madu kembali?I Said "YES". Dan terutama dengan pendekatan secara halus dimana terlihat perhatian saya tercurah untuknya tidak berat sebelah yang hanya memikirkan sang calon adik membuat Neyna kembali merasakan bahwa "aku masih seperti yang dulu" #timBetharia 😂. 

Menjadi orang tua adil itu berat sekali kawans!!dan untuk belajar adil memang saya rasakan dimulai dari saat ini, saya tidak mengharapkan adanya kecemburuan yang berlanjut hingga anak-anak saya dewasa dan pada akhirnya mengakibatkan ketidakakuran. Jelas orang tua yang menjadi pemicunya jika hal ini sampai terjadi. 

Demikian cerita saya tentang drama si sulung ketika mau punya adik, temans punya kisah yang samakah?yuk shareeeee.






62 comments:

  1. Alhamdulillah ikut seneng. Sehat2 ya teh Bella. Ntar juga berlalu 😆 yg penting Sabar yaaa. Terus bener banget meyakinkan bahwa punya adik tuh menyenangkan. Pokoknya selalu nyanyi manggil nama kakak jugaa saat makein baju, mandiin dll 😂😂 semangat

    ReplyDelete
  2. Aku siriiik, kenapa hamilnya gampang ngga pake mual-muntah kek aku hahahahha XD
    Melibatkan si kakak emang penting banget pas masa transisi ini, karunya kalau dia merasa tersisihkan. Nanti Neyna pasti bakal jadi kakak yg bageur, solehah & sayang dedek :*

    ReplyDelete
  3. bookmark dulu artikelnya, persiapan ntar kalau Ziqri mau punya adik

    ReplyDelete
  4. Cerita dari orang, senyum2 sendiri. Nanti kalau saya sudah punya keluarga pasti merasakan seperti ini. Hehehe

    ReplyDelete
  5. wuihhh congrats ya neyna punya dedek lagi, semoga lancar jaya kehamilan keduanya, tipsnya aku simak dulu

    waktu mamahku hamil anak kedua ketiga sampe keenam sih aku biasa aja, karena jarak adikku paling deket itu 7 taun ... puas jadi anak tunggal selama 7 taun XD

    mungkin aku mengikuti jejak mamahku, nunggu mada umur 7 taun baru bikin dedek lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah makasi bu Ayya doanya :)

      semoga MAda juga dapet dede sesuai jarak yang ibu Ayya harapkan aamiin

      Delete
  6. aku dulu malah seneng punya adik (cewek)
    etapi kayaknya karena beda jenis kelamin sih
    soalnya beberapa temen/sodara yg udah 2 putra/inya si sulung mesti caper karena jenis kelaminnya sama
    yg penting perhatian ke sulung jg gak lupa ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes setuju kang perhatian ke si sulung ga boleh berkurang juga :)

      Delete
  7. Selamat ya Neyna....udah kau jadi kaka. Bumil sehat terus dan lancar sampai persalinannya. Welcome to the club

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillahhh Bunda Bella hamil lagi yeayyy sehat terus ya bunda syantique seneng bacanya dehhhh muamua

    ReplyDelete
  9. Ihihi jd inget waktu anak pertamaku dikasih tau mau punya adek, tanpa ekspresi, tapi begitu sudah lahiran gak nyangka sayangnya luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah y mba :) smeoga Neyna juga sayang banget sama adenya

      Delete
  10. Hahaha emang lucu ya tingkah yang mau punya adek baru. Saya juga punya 2 orang keponakan laki-laki, abang-adek mereka. Sekitar 3 bulan lalu mereka punya adek perempuan baru dan disayang banget tuh adek perempuannya. Kalau ada orang yang mau gendong atau cium adek perempuan nya dicegat sama mereka hahaha -_-

    Selamat ya mbak! Semoga lancar dan sehat selalu di kehamilan yang sekarang o:)

    ReplyDelete
  11. selamat teh untuk kehamilan keduanya, mudah2an saya ketularan,, hihihi bookmark postingannya buat persiapan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaminn makasih mba May semoga ketularan yah mba

      Delete
  12. Yeeey, selamat ya mb. Ikut seneng. Semoga sehat terus dan nanti lahirannya lancar :D

    Klo ceritaku, pas hamil Alhamdulillah mungkin karena jauh selisihnya jadi aman-aman aja. Kecemburuan justru kadang muncul udah pada gede gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah justru pas udah gede juga jangan sampe terjadi kecemburuan :)

      Delete
  13. Kalau neng Marwah ga mau punya adik hehe, katanya riweh

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena neng marwah uda cocok jadi bungsu teh hahaha

      Delete
  14. Waa, alhamdulillah syelamat yaa.

    Aku udah lupa masa-masa itu (padahal baru juga 6 tahun yg lalu).
    Aku pun pengen cepet-cepet hamil juga dong Doakan aku ya mamah Bella. Udah 3 bulan belum gol juga. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi teh mudah2an ketularan ya teh nti klo ketemu injek jempol teh wien hahaha

      Delete
  15. Jadi inget drama Fathan dulu ps mau punya adek, hamil 7 bulan dia minta gendong uhuksss

    ReplyDelete
  16. Si sulungsukajaditambah manja pastau mau punya adik, pas adiknya lhir tambah deh saingan,pengalaman

    ReplyDelete
  17. Yeaay mau punya adik! Selamat ya, moga sehat dan lancar sampai persalinan

    ReplyDelete
  18. Alhamdulilah mugi2 pinaringan sehat ya mb

    ReplyDelete
  19. Selamat ya Mbak atas kehamilannya. Semoga sehat terus sampai lahiran.

    Alhamdulillah saya ga ngalamin derama ini di awal, karena sebelum promil udah nanyain dulu mau ga punya adek?. Dramanya waktu dekat lahiran, sepertinya dia galau antara seneng mau punya adek dan takut perhatian ortunya terbagi :)

    ReplyDelete
  20. Asiiik, Neyna mau punya adik. Semoga jadi kakak yang solehah dan ngemong adiknya, ya. Buat Herva, sehat selalu, ya.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah... ngiring bingah. Liat yang hamil teh aku mah suka pengen juga haha.

    Pas hamil pertama dan kedua masih ada mabok. Tapi hamil yang ketiga, diriku juga gak ada mabok apa2. Tapi ya gitu, yang manis manja malah Tetehnya, kalau Ceuceunya udah mulai cuek... dan makin drama pas mau lahiran.

    Sehat2 terus sampai lahiran ya...

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah, selamat ya. Neyna mau punya adik. Ikut senang. Sehat-sehat selalu ya.

    Kalau aku sih hamil pasti ambruk, banyak drama. Tapi begitu kok sampai berkali-kali, hihi..

    ReplyDelete
  23. Selamaaaaat... Semoga manis manjanya kakak bisa berkurang dan stock sabar mama bertambah... Semangat ya mbak...

    ReplyDelete
  24. whoaa sama banget deh, inget abang dulu waktu akunya hamil, kayak jarang aja ketemu ibunya, padahal mah sehari2 sama-sama teroosss :D

    ReplyDelete
  25. Waah nanti kalo udah punya anak bakal ngalamin ini juga.... haha ponakan ngambek aja aku tinggal pergi... gimana kalo anak sendiri yah.. hadeuh...

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah... Senenngnyaaaa.. sehat terus yaa

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah. Selamat yaa Mba Herva, ikut bahagia mendengarnya, semoga Mba Herva dan calon dede bayi sehat selalu, amiiin :)

    hmm, saya kapan bisa hamil lagi yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi mb Ira :) soon semoga y mba menysuul hehehe

      Delete
  28. Pertama-tama saya ucapin selamat atas kehamilannya yang kedua. Ditunggu yang ketiga dan keempat dan seterusnya, hehehe...

    Biasanya kalau udah dikasih pemahaman dan pengertian, lama-lama juga akan ngerti sama dede bayinya, gak rewel lagi, tapi ya disini dibutuhin kesabaran level Nabi.

    Dan berdasar pengalaman, nanti biasanya akan ada lagi drama-drama dan konflik-konflik kecil antara Neyna dan dedenya. Dan dibutuhin lagi kesabaran tinggi.

    BTW, nanti kalo Herva main ke rumah, berarti harus disiapin banyak cemilan ya, kan ibu hamil bawaannya pengen makan mulu, hehehe...

    Ngidamnya apaan nih, pizza, burger, sosis, nasi goreng, nasi uduk atau sop buntut???

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kang Hendra hehehe nah itu dy yang mesti disiapin ya kang :)
      ngidamnya pengen travelling ke Eropah wkwkwk

      Delete
  29. Hahahahaha.. Udah kebayang mba dramanya seperti apa :p. Kalo aku ga ngalamin gini sih. Si kakak justru happy banget pas tau mau ada adek dulu. Disayang2 banget. Ntah krn dia juga udh 4 thn sih wkt itu. Walopun skr stlh adiknya lahir dan umur 1.5 tahun, barulah drama sebenernya berjalan.. Mulai tau berantem, rebutan mainan, sampe pukul2an wkwkwkwkwk.. Akupun pusing jadinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan uda senut2 aku bayangin cerita mba Fanny wkwkwk

      Delete
  30. Alhamdulillah, aku ikut seneng, seoga seht semua ya, baby sama bundanya sampai waktunya

    ReplyDelete
  31. alhamdulillah moga sehat sehat terus yaa mamah n calon dedek bayinya.
    pengalamanku kalo anak cowo mungkin ga so sweet kyk anak cewe ke calon adeknya. paling cuma cengar-cengir kalo diajak pegang perut buat ngerasain tendangan dd bayi or katawa2 pas diajak ngobrol ama perut emaknya :D

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design