Search

Tak Lagi Pusing, Transpulmin Menjadi Andalan Kehangatan KeluargaKu


Membicarakan tentang kesehatan anak, saya punya cerita pilu dimana Neyna akhirnya dirawat selama 5 hari di Rumah Sakit. Apa gerangan penyakit yang Neyna derita saat itu?awalnya saya hanya menganggap Neyna terkena batuk, pilek dan demam pada umumnya. Namun siapa saya sangka batuknya tak berhenti bahkan disertai dengan muntah yang merupakan cikal menjadi penyakit berat.

Kala itu awal tahun 2016, Neyna baru menginjak usia 2 tahun 5 bulan masih sangat kecil ketika dokter specialis anak bernama Dr. Niken memvonis Neyna terkena Radang Paru-paru atau dikenal dengan Bronchopenumonia. Hal ini didasarkan atas hasil rontgen juga tes mantuk yang sudah dilakukan.

Mendengar hal tersebut sungguh saya lemas sekali sampai akhirnya hari itu juga Neyna mulai dirawat. Pemberian obatnya pun sudah tidak melalui mulut akan tetapi lewat selang infus dikarenakan Neyna sudah tidak sanggup menelan makanan yang masuk.

Selama 5 hari di rumah sakit, dokter juga memberikan treatment kepada Neyna diantaranya :

1. Di Uap 

Menggunakan Nebulizer yang tersedia di rumah sakit. Penguapannya sendiri dilakukan 2-3 kali dalam sehari hal ini berguna untuk mengencerkan dahak. Yah namanya anak-anak saat batuk melanda memang belum bisa mengeluarkan dahaknya sehingga yang bikin nafas Neyna se-senggrokan berasal dari dahaknya yang mengendap.

Diuap sama ayah
2. Di Fisioterapi

Setelah 5 hari dirawat karena demam dan batuknya sudah mendingan hanya tinggal dahaknya yang masih banyak. Dokter Niken pun menyarankan untuk dilakukan Fisioterapi. Saya lupa berapa kali fisioterapinya. Dalam fisioterapi ini Neyna mengikuti serangkaian tahapan. Awalnya diterangi dengan semacam kayak lampu ke punggungnya agar hangat kemudian oleh susternya di Puk-puk dengan tangan bagian punggungnya tujuannya agar dahak tidak lagi menempel di paru-paru.

Dua treatment tersebut dipilih oleh dokter Niken mengingat usia Neyna masih piyik.. Dan Dokter pun tidak menyarankan untuk membersihkan dahak dalam paru-paru dengan cara memasukkan selang ke dalam paru-parunya, dikhawatirkan karena selangnya bekas orang lain bisa jadi setelah pemakaian kurang bersih dibersihkannya maka akan menempel pulak virus atau bakterinya. Begitu penjelasan Dokter Niken terkait dengan pengeluaran dahak kepada anak.

Perkenalan Dengan Transpulmin

Pasca keluar dari rumah sakit, tak lantas Neyna dinyatakan seratus persen sembuh karena harus menjalani rawat jalan. Diperiksa kembali paru-parunya apakah masih terdengar dahaknya atau tidak. Selama proses rawat jalan Dokter Niken tak lagi memberikan obat yang di makan atau di minum akan tetapi dr. Niken memberikan resep TRANSPULMIN.

"Tidak saya kasih obat yah, cukup menggunakan Transpulmin nanti ibu oles tipis pada bagian dada dan punggung" demikian penjelasan Dr. Niken kala itu. Selama masa pemulihan sesuai anjuran Dokter Niken, saya rutin mengolesi Neyna dengan Transpulmin tak lupa juga menjemur setiap pagi.
Hasilnya?alhamdulilah Neyna berangsur pulih, sejak saat itu saya pun menyetock Transpulmin di rumah sebagai bagian ikhtiar saya dalam upaya preventif agar Neyna tidak kambuh lagi Bronchopneumonia-nya.

Ngomongin tentang Transpulmin, pada penasarankan?Memang apa sih Transpulmin?transpulmin merupakan obat luar berupa balsam berwarna putih dengan kemasan TUBE. Tidak membuat lengket serta mudah dibersihkan dengan air bekasnya.

Untuk variannya sendiri, ada 2 varian yakni Transpulmin BB Balsam Dan Transpulmin Family Balsam. Yang membedakan keduanya adalah usia penggunanya dan juga komposisi dalam masing-masing balsamnya. Setiap kemasannya terdiri atas 10 gr atau 20 gr. Agar teman-teman jelas, yuk kita kupas satu per satu perbedaan Transpulmin BB Balsam dan Transpulmin Family Balsam. 

🌞 Transpulmin BB Balsam


Merupakan balsam yang diformulasikan khusus untuk si kecil yang berusia dibawah 2 tahun. Jadi untuk dede bayi bisa menggunakan transpulmin jenis ini yah. Dapat digunakan juga sebagai obat gosok untuk membantu mengatasi nyeri punggung, sakit kepala dan sakit perut.


🌞 Transpulmin Family Balsam

Merupakan balsam untuk membantu meredakan gejala influenza untuk anak usia 2 tahun keatas. Sampe dengan saat ini Neyna masih mengandalkan kehangatan Transpulmin balsam untuk atasi flu yang kerap menyerang. Hangatnya bikin tidur pules.





Cara mendapatkannya dimana?tenang buat teman-teman yang mau membuktikan keampuhannya si kecil mungil ini bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat namun saya sarankan agar terlebih dahulu konsultasi dengan dokter agar penggunaannya juga lebih tepat dan aman.


 ***
Tahun 2017 ini, Neyna sudah masuk sekolah TK kelas A. Kegiatannya mulai padat dan sering terpapar dengan udara luar yang bisa saja terhinggapi dengan debu maupun virus ataupun bakteri terlebih cuaca saat ini sedang ga oke banget. Beberapa teman-temannya silih berganti tidak masuk sekolah di karenakan sakit. 


Pada akhirnya karena kelalaian saya juga, seminggu yang lalu Neyna sakit diawali dengan muntah, demam lalu batuk persis dengan gejala waktu Neyna sakit bronchopneumonia. Selama 3 hari, batuk tak kunjung reda meskipun demikian saya tetap memberikan obat batuk plus terapi sendiri menggunakan Transpulmin Balsam yang selalu ada di rumah.

Tepatnya tanggal 11 September 2017 kemarin karena saya takut Neyna kambuh bronchopneumonianya saya larikan ke rumah sakit kembali berjumpa dengan Dr. Niken setelah sekian lama. Pemeriksaan pun dilakukan, saya sudah deg-degan takut jika kejadian 1 tahun lalu terulang lagi.

Namun ternyata kekhawatiran saya sirna, ketika Dr. Niken menjelaskan "Paru-parunya bersih" dan percakapan antara saya dengan dokter berlanjut :

👵 :  "dirumah pake obat apa bu?" 
👧 : obat batuk biasa sama diolesin transpulmin terus dok
👵 : "cocok kan?"
👧 : ya Dok
👵 : ya sudah dilanjutkan saja pake itu, saya kasih antibiotik saja y?sama salep untuk bibirnya yang kering
👧 : baik dok

Resep Dr. Niken
Pulang dari rumah sakit saya sumringah tak ada lagi kecemasan karena ternyata Neyna tidak seperti yang saya bayangkan. Batuk pilek pada anak memang bikin khawatir bukan?untuk itu yuk pandai mengenali jenis batuk serta penangannya temans. Berikut jenis-jenis batuknya :

1. Batuk Ringan Dan Pilek 

Merupakan jenis batuk yang terjadi karena cuaca dingin atau debu biasanya oleh influenza. Cara mengobatinya cukup oleskan dengan transpulmin BB balsam untuk menghangatkan tubuhnya. Bila berusia 2 tahun ke atas oles transpulmin balsam sambil memberikan campuran madu dan jeruk nipis.

2. Batuk dan Demam

Jika demamnya mencapai 38 derajat hingga 39 derajat dan tidak turun stabil selama 4 hingga 5 hari segera di bawa ke dokter.
 
3. Batuk Malam Hari

Biasanya penyebabnya banyak bisa karena saluran pernapasannya iritasi atau alergi terhadap cuaca amlam hari. Cara mengobatinya bisa menggunakan lemon dan air madu hangat namun bila berkelanjutan silahkan ke dokter yah
 
4. Batuk Menggonggong 

Batuk dengan suara seperti menggonggong ini dapat menyebabkan tenggorokan bengkak dan menghambat saluran pernapasan. Cara mengobatinya dengan mengajak anak menghirup udara segar di bawah sinar matahari atau menghirup uap air hangat.

***
Gimana temans sudah terbayang yah jenis batuknya?untuk itu maka tugas kita bertambah lagi untuk bisa menjaga daya tahan tubuh anak kita. Daya tahan tubuh anak memang tak sekuat daya tahan tubuh kita sebagai orang dewasa. Jika terjadi sakit batuk pilek jangan panik ya teman.

✅ Kenali Jenis Batuknya
✅ Segera obati sesuai jenis batuknya
✅ Bila berlanjut segera ke dokter 
1 tube sudah hampir habis digunakan selama Neyna sakit minggu kemarin
Kini saya sudah menjadi ibu yang berpengalaman mengatasi batuk pilek pada Neyna selain memberikan asupan makanan juga selalu sedia Transpulmin Balsam di rumah yang menjadi andalan saya untuk memberikan kehangatan pada Neyna. Karena kasih bunda kasih sehangat transpulmin. Saya sudah tak pusing lagi mencari solusi pertama atasi batuk pada Neyna. Temans sudah coba?

Semoga pengalaman yang saya alami bisa bermanfaat yah 💋






Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun