1 Pesan Seorang Ibu : Nak, Jangan Tinggalin Solat Yah!

Cara agar anak mau solat, mengenalkan kewajiban solat, mengajari anak solat sejak dini, solat itu wajib

1 Pesan Seorang Ibu : Nak, Jangan Tinggalin Solat Yah!

"Mengajari sejak dini seperti MENGUKIR BATU"
"Terlambat mengajari seperti MELUKIS di AIR"

Setuju ga dengan quote tersebut? kalau saya YES ga tau deh Bunda Maia atau Mas Anang 😁.

Pernah membaca quote itu sebelumnya? saya sendiri sudah pernah membacanya hanya saja diingatkan kembali ketika jumat lalu menonton tayangan Nussa dan Rara episode Solat Itu Wajib bareng Neyna dan Rayi.

Tayangan Nussa Rara memang selalu dinantikan bagi saya dan anak-anak, tayangan youtube yang benar-benar mengedukasi ga hanya memberikan pembelajaran buat anak akan tetapi juga untuk saya sendiri sebagai ortu.

Nah, ngomongin solat nih gimana temans yang sudah punya anak? apakah masih berada pada tim ah nanti saja wong belum 7 tahun ini atau tim mengajari sejak dini?


Saya kembalikan sih yah karena masing-masing orang tua punya goals dan cara yang berbeda untuk mengajari anak-anaknya.

Pun demikian saya, punya cara dan meyakini bahwa mengajari sejak dini akan menjadikan good habit untuk anak-anak.

Cara agar anak mau solat, mengenalkan kewajiban solat, mengajari anak solat sejak dini, solat itu wajib



Kala Menyuruh Solat Menggunakan Urat


Pagi itu saya sudah berkali-kali bangunkan Neyna untuk melaksanakan solat subuh. Dari adzan durr sampe pukul 05.30 wib, namun responnya sungguh membuat mamak yang lembut ini jadi berkobar amarahnya. Tyrex maning...Tyrex maning...

Neyna malas-malasan tiduran lagi sampe akhirnya bablas ga solat.

Gimana reaksi saya?

Wah pagi itu saya merepet cem mamak ketinggalan daging di pasar. Ga berhenti saya ceramahin Neyna.

Jujur pagi hari saya ga bisa fokus hanya nungguin Neyna bangun karena saya memang kalau pagi riweuh masak, kadang nyuci baju sendiri sejak  mesin cuci rusak, beres-beres meski ada ART yang datang tapi saya pengen ART fokus buat Rayi.

Akhirnya saya lupa dan ga fokus kalau Neyna GA SOLAT. Neyna minta maaf pada saya dan berjanji tidak ulangi kembali.

Dan pagi itu saya galau, sedih banget saat berangkat kerja. Pikiran saya berkecamuk, jangan sampai ini menjadi habit kelak kedepannya.

Maka saya galau segalau-galaunya, saya menangisi diri sendiri yang berasa ga becus buat anak solat aja ga bisa.

Bukan lebay tapi memang ini menjadi PR buat saya. Saya ga mau kelak anak-anak dengan gampangnya meninggalkan solat.




"alahkan Neyna masih kecil ini belum juga 7 tahun kok santuy saja"

Ga begitu juga...

Apalagi di media sosial beredar jangan menyuruh anak solat dengan paksaan nanti anak bakalan bla..bla..bla..

Mohon maaf tapi saya ga sependapat jika saya harus lembek dalam mengajari untuk hal satu ini. Saya ga mau kelak saya menyesali apa yang sudah saya lakukan saat anak-anak beranjak dewasa.

Sempat saya baca curhatan di media sosial, anaknya digembleng untuk hafal Quran bahkan hafidz 30 jus MasyaALLOH tapi ternyata ada satu yang terlupakan oleh orang tuanya yakni menyuruh anaknya untuk solat.

Dan saat anaknya sudah besar maka sudah susah untuk mengajarinya, inilah maksud dari quote mengajari telat seperti melukis di air. Tidak membekas duh sedih pastinya kalau saya jadi ibunya.

Memang lelah sekali harus jadi TOA everyday gaes! abis kalau mamak lembut selembut sutra kayak ga didengerin kan pucing pala batman! nyuruh solat kayak ngajak berantem LOL.

Solat Itu Wajib


"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat. ya Tuhan kami perkenankanlah doaku" Qs. Ibrahim : 40


Perintah solat merupakan perintah yang Alloh turunkan langsung kepada Rasullah SAW. Makanya saya selalu berdoa ayat di atas. 

Menyuruh anak-anak solat memang saya biasakan sejak dini, makanya selain pake jurus TOA Mesjid kalau saya lagi tenang maka saya mencoba cara-cara yang lain lebih halus 😂.

Lalu apa yang saya lakukan?

✔ Memberikan Contoh
Nasehat paling ngena itu dengan memberikan contoh. Sejak Neyna kecil sudah saya ajak untuk solat meskipun bacaan solatnya belum tahu hanya hafal gerakan dan Allahu Akbar.

Jika bepergian saya juga meminta Neyna bawa mukena maka Neyna akan tahu bahwa jika sedang pergi juga tidak boleh tinggalkan solat.

Dan saat berhalangan ini yang agak sulit maka saya beri tahu jika perempuan ada masanya tidak solat karena haid. Alhamdulilah sekarang kalau saya berhalangan Neyna tetap solat sendiri.

✔ Memberikan Pemahaman Melalui Buku
Saya kasih edukasi pemahaman pentingnya solat dan solat itu wajib melalui buku bacaan. Terlebih saat ini buku tentang Sirah Rasullah SAW menjadi bacaan rutin. Jadi Neyna tahu bahwa ada perintah solat yang Alloh turunkan melalui peristiwa Isra dan Mi'raj.

✔ Memberikan Pemahaman Melalui Tayangan Anak
Salah satu tayangan edukasi ya serial Nussa dan Rara, pas banget nih episode Solat itu Wajib yang menceritakan Rara masih tidur lalu dibangunkan oleh kakaknya Nussa yang pulang dari Mesjid selepas solat.

Lalu ada Umma yang mengingatkan jika solat adalah amalan pertama yang dihisab. Saat menyaksikan bersama tayangan ini Neyna sampe tersipu karena malu sering lalai solat subuh.

Tapi tetap aja setiap pagi harapan mamak jadi Barney musnah sudah entah mengapa Tyrex terus :D.

Satu moment saya berpesan kepada Neyna "Nak, jangan pernah sekalipun tinggalin solat! ketika sekali saja tinggalkan lain waktu akan mudah meninggalkan sampai akhirnya HATIMU kelak mati untuk beribadah, katanya mau masuk syurga? masuk syurga itu tiketnya mahal!"

Jangan sampai anak-anak hanya mengaku muslim tapi kewajibannya ditinggalkan. Naudzubillah

Next tugas saya adalah membiasakan Rayi untuk ke mesjid, Bismillah semoga saya bisa mengajarinya. Aamiin..

***

Demikian curhatan saya kali ini, semoga anak-anak kelak kalau baca kenapa sih emak gua cerewetnya minta ampun Toa mesjid aja kalah. Karena mengukir di batu itu butuh usaha dan konsisten hingga ukirannya bisa membekas.

Dan saya masih ingat pesannya Ustadz Feri di film Para Pencari Tuhan ga tahu dah episode mana, pesan yang sungguh menohok kurang lebih begini "sudah miskin ga juga solat lalu apa yang dibanggain?" duh makjleb banget ini. 

So, mumpung anak-anak masih kecil saya berusaha terus tanamkan bahwa solat itu wajib! 

Temans, punya cerita apa nih perihal menanamkan solat pada anak? yuk kita sharing biar saling belajar 💋

24 komentar

Avatar
dianisekaring Jumat, 08 November, 2019

Setuju sholat yang utama mbak dan gak ada tawar menawarnya, karena ibadah pertama yang ditanyakan nanti adalah sholat kita.. Subhanallah. Memang harus dibiasakan semenjak kecil ya Mbak. Anakku selalu kubawa sholat, semoga bisa menjadi anak yang sholeh. Amiin.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 08 November, 2019

betul mba sejak dini jangan sampe menyesal :)

Reply Delete
Avatar
Bang Day Jumat, 08 November, 2019

Trims mba postingannya mengingatkan saya yang udah jadi ortu ut bisa selalu mengingatkan anak2nya

Reply Delete
Avatar
novaviolita@yahoo.com Jumat, 08 November, 2019

Anak ku hampir lima tahuh.., alhamdulilah udah mau ngikut sholat .., bahkan dia yang bangunin kalo sholat subuh..,

Kita adalah teladan dan contoh anak, jadi kita wajib sholat...

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 08 November, 2019

betul mba :) semoga menjadi anak soleh aamiin

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jumat, 08 November, 2019

Ya sebagai Muslim sudah seharusnya mendidik anak akan kewajiban sejak dini. Orang tua dan orang terdekat menjadi contoh, itu yg menurut saya langkah jitu. Jangan seperti anak anak yang oleh orangtuanya dititipkan untuk dididik ngaji dan solat, tapi mereka sendiri para orang tua tidak pernah mengaji maupun memberikan contoh solat tepat waktu...

Reply Delete
Avatar
Okapinote Sabtu, 09 November, 2019

alhamdulillah dari sejak kecil, ibu saya selalu memberi contoh anak-anak nya untuk shalat dan mudah-mudahan semakin banyak orangtuanya yang sepemikiran dengan bunda ini. karena pendidikan yang baik saat anak masih kecil adalah pendidikan moral dan pendidikan agama, salah satunya adalah shalat.

Reply Delete
Avatar
fenni bungsu Sabtu, 09 November, 2019

Almarhumah mama daku juga selalu memberikan wejangan mirip seperti itu, "jangan tinggalkan solat. Solat itu yang pertama kali dihisab".

Reply Delete
Avatar
Uut fauziah Minggu, 10 November, 2019

Quote nya bagus dan sangat setuju aku kak, semoga kita semua bisa menanamkan kewajiban solat kepada anak anak kita ,amin

Reply Delete
Avatar
Rella Sha Minggu, 10 November, 2019

Makasih pengingatnyaa...huhu, inget dulu waktu kecil suka dicepret sapu lidi sama kakek kalo lalai solat, begitu adzan nggak boleh leha-leha udah harus pergi ambil wudhu. hihihi. Skrg kalo ngingetin anak buat solat seringkali ketambahan urat, hufff.

Reply Delete
Avatar
Mellisa Minggu, 10 November, 2019

Sebenarnya buat ngajarin anak itu emang orang tua harus jadi role model dulu ya. Biar anak punya panutan dalam melaksanakan ibadah.

Reply Delete
Avatar
Renayku Senin, 11 November, 2019

Wah ibu hrd strict ya masalah sholat. Aku juga bertekad begitu mbak. Soalnya sholat itu no excuse alias ga bole ditinggalkan dalam keadaan apapun kecuali halangan seperti haid.

Reply Delete
Avatar
Siska Gifka Senin, 11 November, 2019

Nah setuju, sholat tiang agama kudu diajarkan dari kecil, semoga nanti menjadi kebiasaan. Jadi kalau gak sholat jadi berasa ada yang hilang.

Reply Delete
Avatar
@pohontomat | Triyatni Ashari Senin, 11 November, 2019

Iya betul Mba ngeri banget kalau kita sedari kecil tidak diajarkan kewajiban salat. Saya pin mendapatkan ilmu agama lebih banyak saat kajian pada saat kuliah. Saya sangat menyesal mempelajari agama sendiri terlambat. Semoga kita semua dapat mengajarkan anak-anak salat dengan bantuan Allah aamiin

Reply Delete
Avatar
febridwicahya.com Senin, 11 November, 2019

Bismillah, semoga ngaaaa ninggalin shalat :')

Saya waktu kecil ndablek, shalatnya jaraaaang. Baru rajin pas SMP :D

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Selasa, 12 November, 2019

saben nelpon anakku, atau saat pulang mengunjungi anakku, pesanku selalu jangan lupakan solat

Reply Delete
Avatar
Uwien Budi Selasa, 12 November, 2019

Membiasakan anak sholat dan mencintai sholat kadang emang melelahkan. kadang akunya juga nggak konsisten. tapi sekarang pas lihat Akram dengan kesadaran sendiri tiap ada adzan langsung bambil sarung dan peci lalu berangkat ke masjid, hati langsung mak nyesss

Reply Delete