5 Buku Karya Tere Liye Yang Bikin Baper!

review buku tere liye, buku tere liye yang menginspirasi, buku karya Tere Liye yang keren

5 Buku Karya Tere Liye Yang Bikin Baper!

Tere Liye..nama pena yang tidak akan asing terdengar oleh para pecinta buku. Karya-karyanya terbukti menjadi best seller, selalu memenuhi etalase toko buku pada rak-rak depan.

Tak hanya novelnya yang selalu best, quote-quotenya di fanspage facebookpun menjadi camilan bergizi bagi siapapun. Tak jarang quotenya menyebar karena related banget sama kehidupan sehari-hari.

"Waktu yang akan menjelaskan dengan baik ketulusan seseorang. Niat baik dan tujuan-tujuannya. Jika sejatinya memang baik, maka seiring waktu berjalan, akan terlihat semakin terang sebaliknya, jika hanya topeng, maka seiring waktu berlalu, pasti akan terbuka juga" tereliye_quotes

Pengikut FansPage-nya saja mencapai angka 4 juta, keren sekali bukan? namun tak luput dari prestasi gemilangnya. Tere Liye pun sempat membuat heboh dengan keputusannya untuk tidak lagi menerbitkan bukunya di penerbit manapun.

Hal ini terkait dengan pajak buku, sudah pasti keputusannya tersebut menuai pro dan konta dari netizen.

Terlepas demikian, saya sebagai emak yang punya kesukaan membaca menjadi fans karyanya Tere Liye,

Beberapa buku karya Tere Liye menjadi koleksi buku di rumah. Konon Tere Liye telah menelurkan 29 buku. 14 buku diantaranya diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan sisanya 15 buku diterbitkan oleh Republika. ( koreksi katanya sudah mencapai 34 buku ya gaes! )

Berdasarkan catatan pula, setiap judul dicetak kisaran 25.000 - 130.000 eksemplar dengan 20-40 kali cetak per judul.

Wow banget bukan? gimana ga best seller yah!


review buku tere liye, buku tere liye yang menginspirasi, buku karya Tere Liye yang keren

5 Buku Karya Tere Liye Yang Bikin Baper!



Dari 34 buku yang ditelurkan, ada 5 buku yang membuat saya baper, cirambay saat baca, kelepek-kelepek pas membayangkan part-part dalam novel tersebut dan akhirnya meningkatkan kembali semangat membaca buku.

Semagis itu karyanya Tere Liye untuk saya >> entah yah ada yang begitu juga? 😂

5 judul buku karya Tere Liye yang bikin saya bapaer itu, diantaranya adalah :

💗 Hafalan Surat Delisa

Adalah buku kedua karya Tere Liye yang saya baca, awalnya saya mengenal Tere Liye karena buku Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Lalu saya dapatkan buku dengan judul unik ini terelbih lagi menggunakan latar belakang bencana Tsunami.

Kisah Delisa dengan setting bencana Tsunami Aceh sukses memporak porandakan emosi saya saat baca. Saya benar-benar dibuat menangis sesenggukan. Inilah yang selalu saya suka dari Tere Liye, pemilihan kata, alur cerita serta bumbu konfliknya itu khas banget.

Dan akhirnya kisah dalam novel ini diangkat menjadi film layar lebar, sayapun menontonnya. Namun bagi saya yang lebih suka membaca kesedihan itu teramat mendalam saat saya membacanya dibandingkan menonton filmnya.

Ada yang begitu ga? hahaha..


💗 Moga Bunda Disayang Allah

Lain dengan Hafalan Surat Delisa, buku Moga Bunda Disayang Allah juga membuat saya terenyuh. Cerita tentang seorang anak bernama Melati yang terlahir buta, tuli dan bisu semua keterbatasannya menjadikan Melati sering mengamuk karena rasa ingin tahunya tak dapat terpenuhi.

Tak hanya Melati yang frustrasi namun kedua orang tuanya pun menjadi putus asa. Hingga akhirnya sang ibu meminta Pak Guru Karang untuk mengajari Melati mengenal lingkungan.

Dari buku ini juga saya belajar bagaimana anak-anak ABK jika tidak memiliki orang tua yang seluas samudra kesabarannya ga akan mungkin anak-anak bisa mengoptimalkan kekurangannya menjadi kelebihan.

 

💗 Kau, Aku Dan Sepucuk Angpao Merah



Buku dengan ketebalan 507 halaman ini sukses bikin aku senyam senyum sendiri, kisah Borno dan Mei.

Sebuah angpao merah dan ketepatan waktu untuk berjanji membuat saya mikir sungguh zaman dulu ga ada HP tapi semuanya bisa bertemu.

Bagaimana rasa itu tumbuh karena sering berjumpa ah sweet pisan tapi makin akhir ceritanya makin sedih setelah tahu ternyata penyebab Ayahnya Borno itu meninggal.

Saya jadi galau kalau jadi Borno hahaha..ya pokoknya buku ini bikin saya senyum, tersipu, lain waktu bikin saya sedih dan geregetan juga.

💗  Pulang




Buku karya Tere Liye yang satu ini fix banget deh cocok kalau dijadiin film action! Entah yah rasanya baca buku ini tuh yang gemas, geregetan, pengen ikutan nampol orang ah SERU.

Alur ceritanya menarik, banyak kejutan serta pelajaran yang membuat saya baper tiada henti apalagi saat part menceritakan kisah Mamak dan Bapak Bujang. 

Ga sangka juga Tere Liye bikin cerita action begini. Apalagi ada part si Bujang harus kalah, merinding deh pokoknya baca konflik-konflik terakhirnya. KEREN bangets pokoknya.

💗 Tentang Kamu

Ini adalah buku yang BAGUS BANGET! bagi saya buku Tentang Kamu seperti Masterpiecenya Tere Liye!

Mantap bener nih buku dengan 524 halaman bisa saya nikmatin hanya dalam waktu seharian itupun disambi ngurus anak dan masak!

Cerita tentang Sri Ningsih yang meninggalkan wasiat penuh jejak dan menguras emosi bagi saya yang bacanya.

Setting tempatnya, alur cerita maju mundurnya, ide ceritanya menurut saya buku ini ga cuman bikin baper sih tapi LUAR BIASA.

Beneran angkat topi untuk Bang Darwis aka Tere Liye untuk novel satu ini!

Konfliknya pas, teka-tekinya juga oke banget. Seandainya diangkat jadi film layar lebar, saya insyaAlloh nonton nih film!hehehe ga berlebihan tapi jujur baru kali ini novel yang semuanya dikemas dengan apik kalau ambil istilahnya Armand Maulana dalam Indonesian Idol buku ini "ALUS PISAN".


***

Nah, temans demikian 5 buku karya Tere Liye yang sukses bikin saya baper. Kalau temans sendiri sudah baca buku yang mana?

Sharing yuk buku mana yang bikin temans baper?

Semoga next makin banyak lahir penulis untuk menghasilkan karya-karya keren dan tidak takut dengan berbagai issue kekinian dari pajak buku, royalti hingga bajakan. Aamiin

Dan semua issue tersebut bisa terselesaikan juga serta jadi tanggung jawab pembacanya untuk menghargai penulis. Jangan sampai kita semua kehilangan penulis potensial hanya karena masalah seperti ini. 

Saya sendiri lebih memilih beli buku bekas kalaupun budget beli bukunya terbatas dan kapok untuk beli buku bajakan karena kasihan sama penulis, penerbitnya juga. Sekarang katanya banyak penerbit buku bajakan kuy kita hentikan praktek begini! 

Jangan biarkan pembajakan buku merajalela, biarkan semangat membaca yang harusnya merajalela!😊

50 komentar

Avatar
Latifika Jumat, 29 November, 2019

Waaah, baru tau Teteh fansnya juga. Kalau aku yang ter ter terrr itu; Tentang Kamu, Bidadari Bidadari Syurga, Rindu. Yang terakhir itu cerita perjalanan haji zaman duluu, aku meweeeek. Yg Bidadari Syurga buku pertama yg kubaca tahun 2013. Kalo Tentang Kamu itu buku ter speechless-ga-bisa-review-saking-kerennya

Ohya, ralat Teh...bukunya udah 34 ☺

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 29 November, 2019

yang Rindu sudah aku baca mba cuman karena agak bosan dan settingnya hanya di kapal makanya belum bikin aku ces...ces..cesss wkwkwk

nuhun mba sudah ku koreksi :)

Reply Delete
Avatar
Sandra Hamidah Jumat, 29 November, 2019

Wah emang best seller mulu ya, insyaallah tahun depan baca novelnya karena quotes beliau juga aku suka bangetz mba heheu

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 29 November, 2019

yuk Mba San bagus-bagus novelnya hahaha

Reply Delete
Avatar
Evi Erlinda Jumat, 29 November, 2019

Sepertinya, bacaan yang bagus nih.
Makasih rekomendasinya mbak.

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa Jumat, 29 November, 2019

dari 5 ini, baru 2 yang sempat kubaca Mbak.
Hafalan Delisha ama Kau Aku dan Sepucuk Amplop Merah itu emang bikin baper yaaa, yg Delisha apalagi sedihnya.

kalau saya sih lebih suka serial Anak-anak Mamak, mungkin karena buku yg pertama saya baca itu jadilah gregetnya di Burlian bersaudara itu :)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Jumat, 29 November, 2019

aku belum baca serial anak-anak mamak mba kuy ah cari

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jumat, 29 November, 2019

Kecuali yg Tentang Kamu, saya blm baca Teh. Boleh pinjam dong? Hahaha... Gak modal banget ya. Saya masih antri di perpusnas nih

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 02 Desember, 2019

hahahaha kasih pinjem ga yah :p

Reply Delete
Avatar
dianisekaring Minggu, 01 Desember, 2019

Aku belum pernah membaca satupun buku-bukunya Tere Liye, namun yang aku ingat benar adalah Hafalan Sholat Delisa karena sempat ditayangkan filmnya di TV.

Reply Delete
Avatar
@pohontomat | Triyatni Ashari Minggu, 01 Desember, 2019

Aku juga suka banget Bang Tere Liye dengan karya-karya beliau. Beliau penulis serba bisa. Semua genre dikuasai. Aku paling suka genre fantasi dan thriller seperti hujan dan pulang pergi.

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Minggu, 01 Desember, 2019

Aku baru baca buku tere liye yang si anak badai, nih. Hahhaha.. Telat banget yak

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 02 Desember, 2019

yang anak badai belum kebaca hahaha

Reply Delete
Avatar
Tori Minggu, 01 Desember, 2019

Ak blum pernah sama sekali baca karya tere liye, tp sering baca quotes2 nya dijadiin caption instagram hehe

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 02 Desember, 2019

bagus-bagus mba bukunya cobain deh

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu Minggu, 01 Desember, 2019

Bidadari Bidadari Surga gak masuk Teh 😗. Itu juga bikin baper baik novelnya maupun filmnya. Jadi harus siap mental jangan nangis kejer pas baca dan lihat

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne Minggu, 01 Desember, 2019

Tere Liye novelis yang bikin penasaran setiap bukunya. Apalagi dijadikan film. Penasaran banget pengen nonton. Contoh nya delisa. Mewek aku

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 02 Desember, 2019

iya next ada film rembulan itu

Reply Delete
Avatar
Demia Senin, 02 Desember, 2019

waaa aku sama sekali belum punya bukunya tere liye nih, jadi penasaran banget deh pengen punya dan pengen baca hehehe, solanya sering liat kutipannya di ig dan twitter hihi

Reply Delete
Avatar
Renayku Senin, 02 Desember, 2019

Daun yang jatuh tidak pernah membenci angin juga novel pertama karya Tere Liye yang aku baca. Aku terenyuh banget sama gaya bahasanya. Novel terfavoritku adalah Tentang Kamu, aku ngefans bgt sama ibu Sri Ningsih. Masya Allah kalo bener ada sosok itu di dunia ini, aku pengen banget ketemu ;)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 02 Desember, 2019

sama mba, kalau emang iya ada yah hahaha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Senin, 02 Desember, 2019

Wah aku belum pernah membaca buku karya Tere liye ini bun. Tapi satu sisi sepakat untuk hindari beli bajakan

Reply Delete
Avatar
Heizyi Senin, 02 Desember, 2019

Tere liye tuh idola aku banget mbak. Semua cerita dan quote emang mantab. Buku yabg paling aku suka tuh "daun yang jatuh tidak pernah membenci angin." Buku ini tuh, beneran. Kuereeeeeeeen ❤

Reply Delete
Avatar
Lulu Khodijah Senin, 02 Desember, 2019

Aku baru minggu kemarin ngelarin Tentang Kamu. Sedih banget rasanya pengen guling-guling donggg. Tapi tetep ya pelajaran hidupnya banyaaakkk, ngingetin buat selalu survive di keadaan apapun. Laff!

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 03 Desember, 2019

iyass banget suka ceritanya yah

Reply Delete
Avatar
ellynurul Senin, 02 Desember, 2019

Karya karya selalu ditunggu ya.. dari jaman minjem bukunya sampai akhirnya aku punya juga bukunya karena emang pengen baca lagi lagi dan lagi.. judulnya itu lho suka bikin kita tergugah untuk membacanya.. kalo udah baca harus habis dan ulang lagi hehe

Reply Delete
Avatar
Mellisa Senin, 02 Desember, 2019

Dari 5 judul itu, baru 2 judul yang sudah aku baca. Aku, kau dan sepucuk angpao merah sama pulang. Emang bikin baper banget. Selalu suka sama cara Tere Liye menggambarkan isi ceritanya.

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan Senin, 02 Desember, 2019

Judul2 bukunya Tere Liye menurutku agak2 aneh, aku bukan penggemar Tere sih, tapi dari yang pernah baca katanya bagus banget :)
Dan entah kenapa semua karyanya selalu ditunggu semua orang :)

Reply Delete
Avatar
Fazirotul Firdaus Senin, 02 Desember, 2019

Dari semua judul yang disebut, aku paling suka Hafalan Surat Delisa. Meskipun udah baca berkali-kali dan nonton filmnya berkali-kali, tiap diulang juga tetep nangis.

Reply Delete
Avatar
Siska Gifka Senin, 02 Desember, 2019

OMG.. aku suka banget Kau, Aku dan Sepucuk Angpao Merah. Aseli baguuuss banget. Gak nyangka ada yang sejati Ama aku. Pokoknya novel yang satu ini wajib baca deh..

Reply Delete
Avatar
Hairi Yanti Senin, 02 Desember, 2019

Saya sudah baca kelima buku yang disebutkan di atas. Favorit saya serial anak-anak Mamak walau tak terlalu populer dibanding buku yang lain :-) Btw, Mbak, sepertinya judul yang benar Hafalan Shalat Delisa :-)

Reply Delete
Avatar
Glowlicious.Me Selasa, 03 Desember, 2019

Kayaknya aku kudet banget mba, baru tau kalo Tere Liye itu penulis juga ya, aku pikir hanya tenar karena quotes2 yg bikin melelehnya

Reply Delete
Avatar
Widya Lim Selasa, 03 Desember, 2019

Waduh, kalau aku malah belum pernah baca bukunya Tere Liye nih jadi gak punya yang favorite XD Penasaran sama yg Pulang deeh XD

Reply Delete
Avatar
Ani Selasa, 03 Desember, 2019

Aku belum baca bukunya yang tere liye nih mbak, dari judul-judulnya udah bikin baper, tapi yang pasti bagus bagus ya semua ceritanya

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 03 Desember, 2019

banyak inspirasi yang bisa dipetik mba hehhe cobain baca

Reply Delete
Avatar
antung apriana Selasa, 03 Desember, 2019

saya sebenarnya nggak ngefans-ngefans amat sih sama bang Tere apalagi 2 kali dibikin sebal sama ending novelnya. hihi. tapi ngaku nggak ngefans bukunya dibaca melulu dan pas dia ke banjarmasin belain-belain datang juga. wkwkwk. so far sih buku bang Tere yang paling oke memang Tentang Kamu kalau menurut saya

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 03 Desember, 2019

hahahah emang paling oke Tentang kamu

Reply Delete
Avatar
t h y a Selasa, 03 Desember, 2019

aakk.. sama banget dong penggemar tere liye..
favorit aku novel yang judulnya "rindu. mba herva udah baca belum yang itu? hehe..

jadi kangen baca novel aku tuu. sekarang nyaris gak pernah baca novel lagi. gak sempet.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 03 Desember, 2019

sudah mba tapi menurutku Rindu settingna ga kaya hanya di kapal saja :p

Reply Delete
Avatar
Megacon Selasa, 03 Desember, 2019

Tere Liye emang rajanya bikin baper sih hehehe tapi baper yang positif maksudnya

Reply Delete
Avatar
Shimi Sunn Selasa, 03 Desember, 2019

Jujur sih belum pernah baca buku-bukunya tere liye. Tapi udah penasaran banget karena judul-judulnya itu.. Tapi jadi penasaran sama yg Tentang kamu.

Reply Delete
Avatar
Diaz Bela Rabu, 04 Desember, 2019

Aku pernah baca bukunya Tere Liye - Berjuta Rasanya. Sebenernya penasarn juga baca bukunya yang lain tapi masih belum sempat.

Reply Delete
Avatar
Puput Utami Kamis, 05 Desember, 2019

Jujur aku jarang banget baca buku-buku Tere Liye ini. Tapi sering banget quotesnya dipake netizen di dunia maya hehe quotesnya memang suka jleb.

Reply Delete