Ya Ampun...Kepo Hasil Ulangan Bikin Mamak Panas Dingin!

drama belajar anak, tips bantu belajar anak, cara membantu anak belajar menghadapi ulangan

Ya Ampun...Kepo Hasil Ulangan Bikin Mamak Panas Dingin!

Selepas solat magrib dan sejenak rebahan santuy saya membuka handphone, belakangan memang grup WA saya buanyak banget jadi suka keder. Dan biasanya personal chat yang masuk, saya tanggapi slow respon! ojo baper yah kalau luama balesnya 😁 tenggelam dengan ratusan chat grup.

Salah satu notif yang masuk malam itu dari grup WA sekolah Neyna, biasanya Bu Guru memang suka update kegiatan per hari serta update apa saja yang perlu di bawa esok harinya. Malam itu pesannya berbunyi :

"Selamat malam bunda, besok jangan lupa ananda akan ulangan yah BAB..."

Membaca pesan itu sungguh mamak yang selalu punya niat menjadi Barneys anytime bubar jalan seketika. wesss...wosss...mmm udah gatel banget bibir pengen merepet 😂.

Neyna dengan santuy ga kasih tahu kalau besok itu ada ulangan, aduh dia malah asyik gambar-gambar coret-coret main sama Rayi.

Apalagi waktu saya lihat materi ulangannya itu adalah materi yang Neyna masih keder.

Gemash gaes...gemash rasanya pengen banget kucek baju malam-malam untuk lepaskan emosi negatif!

Dengan waktu tersisa karena memang sudah malam maka saya langsung meminta Neyna sedikitnya baca-baca tema yang akan diulangkan.

Entah yah saya ga ngerti kurikulum sekarang, ada pelajaran tematik dengan bahasan campur sari didalamnya itu satu tema isinya ada bilangan, hitungan dan juga pancasila. Mual-mual deh Neyna belajarnya 😔.

Padahal enakan zaman dulu yang kepisah-pisah, jadi lebih fokus. Ya udahlah semoga next Bapak Nadiem bisa berikan kurikulum yang baik.

Belajarpun dimulai..1 menit...2 menit...5 menit masih fokeus tetiba ada bisikan-bisikan halus dengan segudang alasan berhenti belajar.

Mana suara emak-emak yang anaknya baru 10 menit belajar lalu drama kumbara mau minumlah, pegal tanganlah berujung katanya sakit kepala?

Ada yang begini? ADA 😐

Yass..saya mengalaminya, Neyna tuh paling ga bisa lama-lama belajar dengan penuh konsentrasi harus saja ada dramanya. Gimana mamaknya ga stock obat nyeuri hulu bae mun kieu wae mah 😂.


Akhirnya yah sudahlah berujung Neyna tidur dengan belajar ga maksimal.

drama belajar anak, tips bantu belajar anak, cara membantu anak belajar menghadapi ulangan



Pagi hari..

Seperti biasa saya mengantarkan Neyna sampai garasi, sambil menunggu ayahnya, saya mengetes materi yang sudah dibaca pada malam hari.

Hasilnya? budal kabeh hafalannya...

Eleuh bikin mamaknya beneran TARIK NAPAS kuat-kuat 😂.

👧 : Aduh gimana dong Bun?
👩 : Berdoa aja minta tolong ke Alloh
👧 : Ya Alloh, semoga nanti teteh bisa ulangannya dan ga usah dikasih contekan aamiin
👩 : Loh kok jangan dikasih contekan? emangnya teteh mau nanya teman?
👧 : Ga justru teteh ga mau nyontek dan kerjain sendiri. Sudah ya bunda, teteh bisalah. bye

Baiklah saya cuman bisa pasrah aja deh biarkan Neyna yang bertanggung jawab atas semuanya. Memberikan setidaknya kepercayaan bahwa memang Neyna bisa ntar ulangannya.

Malam hari...

Selepas pulang kantor, saya ga sabar gatel banget nanyain Neyna masalah ulangannya. Neyna dengan penuh yakin bilang kalau semuanya mudah dan bisa semua.

Alhamdulilah lega...tapi kelegaan itu cuman sesaat karena pas saya tanya emang soalnya kayak gimana?

Neyna jelasin soalnya dan dengan percaya diri jawab dengan jawaban salah. Reaksi saya menoleh, menatap tajam cem pemeran antagonis sinetron gitu. 




Seketika saya bilang "teteh salah jawabannya itu...." 

"eeaa yah tapi kayaknya teteh betul kok bun" 😋

Ya, sudahlah tak biarkan saja semoga beneran iya bisa...

Akhirnya Hasil Ulangan Keluar...

Siang itu, Bu Guru sharing foto dengan caption "inilah yang nilainya sempurna 100" dan "nilai hampir sempurna"

Hanya ada 8 anak dalam foto, seketika dengkul lemas bukan karena Neyna itu ga masuk ke kelompok anak dengan hasil baik tapi pas saya zoom kertas ulangannya tercengang dengan soalnya.

Lah soal ulangannya seputar pancasila dong? sementara Neyna belajarnya bukan gituan, aduh langsung deg-degan jangan-jangan hasilnya jelek.

Beneran deh saya gercep langsung telepon ke rumah..

tutt...tuuttt...nada sambung telepon yang biasanya pendek ini terasa lama banget saya dengernya. Pas diangkat, biasanya yang angkat Neyna eh malah ART yang angkat bikin pulsa saya habis manggilin Neyna yang ga tahu kemana.

Akhirnya sesi tanya hasil ulangan lewat telepon bubar karena pulsa saya habis. 

Ah syudahlah..bikin panas dingin ga karuan saking PENASARAN sama hasil ulangan doang 😂 udah kayak penasaran sama result tes CPNS aja!

Saya mikirin jangan-jangan hasilnya jelek terus nanti remedial semuanya berkecamuk...

Fikiran saya udah pengen cepat pulang. Saya sampai merencanakan reaksi apa yang bagus jika ternyata hasil ulangan Neyna jelek apakah saya bilang "gapapa nak belajar rajin lagi yah" (Edisi Barney) atau "makanya teteh sih ga belajar xx$$@@$%" (Edisi TYrex).


Sepanjang jalan pulang ke rumah, saya mencoba menata emosi jangan sampai saya berubah jadi Tyrex langsung ketika melihat hasil ulangan.

Tak lupa pula saya mampir ke minimarket untuk belikan sesuatu buat Neyna, jadi kalau pas ngomel rodo enak gitu 😂 ga bikin Neyna terharu biru.

Setibanya di rumah, saya yang ga sabar pengen tahu hasilnya meminta Neyna untuk bawakan kertas ulangannya.

Jeng...jeng...Indonesia memilih

Saat memegang kertas ulangannya dengan semua rasa yang bergejolak...ah LEGA gaes!

Alhamdulilah..hasilnya ternyata tak seburuk fikiran saya dan yang bikin saya senang itu karena nilai dalam kertas itu murni tulisan tangan bu guru bukan tulisan tangan Neyna wkwk..

*Neyna udah bisa niru bikin nilai soalnya 😂😂 

Akhirnya drama panas dinginpun hilang, mamak tetap menjadi Barney yang manis :p. Sebenarnya gimana sih menyikapi anak mau ulangan? dan saat tahu hasilnya?

Cara Mudah Membantu Anak Sukses Ulangan


Waktu di timeline bertebaran reaksi orang tua yang nilai ulangannya jelek ada yang dengan bijak menanggapinya ada yang lucu pokoknya beragam reaksinya.

Pun ini jadi sentilan buat saya, reaksi saya gimana pas tahu ulangannya ga sempurna nilainya? sebenarnya panas dingin disebabkan ekspektasi saya terlalu besar buat Neyna. Seolah saya menuntut Neyna dapat nilai bagus padahal saya sendiri sebagai ibunya ga rajin buat komitmen nyuruh Neyna belajar setiap hari.

Ga mudah nyuruh anak belajar terlebih dari pagi sampe sore udah belajar terus malamnya belajar lagi?

"Main terus kapan belajarnya?"
"Lah dari pagi sampe sore kan belajar bukan jualan nasi uduk"

Maka saya tertawa saat membaca meme di atas 😂, iya juga sih anak kan udah sekolah seharian terus malamnya belajar lagi gimana ga stress.



Dan sejak itu juga saya ga memaksa Neyna buat belajar rutin, terlebih 2x seminggu saya panggilkan Guru Privat ke rumah setiap sore untuk membantu Neyna belajar.


Lalu malamnya belajar lagi sama saya terus aja begitu makanya ada aja drama kumbaranya.

Siapa sih yang ga kepengen anaknya dapat nilai bagus istilahnya berprestasi gitu rasanya pasti nyes..nyes bukan?

Cuman belajar dari pengalaman, saya ga mau MENEKAN, MENUNTUT Neyna wajib meraih nilai sempurna. Saya ga mau  menggenjot terus pada akhirnya Neyna bukannya suka belajar malah bosan.

So, gimana peranan kita biar anak tetap santuy menjelang ulangan?

  • Belajar mengulang tiap malam tapi harus kenali karakteristik belajar anak, kalau tipe bosanan kayak Neyna cukup 5-10 menit buat mengulang (ini kuncinya ada di ibunya, sayangnya saya ga konsisten wkwk)
  • Usahakan selepas sekolah anak itu tidur pokoknya istirahat. Saya pernah menghadapi ribut karena Neyna kurang tidur tapi malamnya saya suruh baca walhasil terjadi derai tangis air mata
  • Jangan terlalu menuntut, seperti yang saya bahas sebelumnya biarkan anak belajar untuk bertanggung jawab dengan pilihannya. Kalau anak ga belajar ya hasilnya jelek gitu sih yang saya terapin
  • Santuy saja, nah ini kalau anaknya ngeh ada ulangan bisa santuy tapi kalau ga bah cilaka dua belas persis kek cerita saya 😂
Pokonya jangan sampai terjadi perang mahabrata cuman gegara ulangan hahaha. Noted to my self :p

*** 

Temans, gimana? punya pengalaman panas dingin juga saking kepo sama hasil ulangan anaknya?
 
Harapan saya semoga bisa terus menjadi Barney yang manis meskipun keadaan yang bikin emosyenel wkwkwk aamiin...Sharing yuk tentang ini :)




33 komentar

Avatar
Winda - dajourneys.com Selasa, 19 November, 2019

anakku ga pernah belajar mbak, sehari2 main mulu kerjaannya, jadi drpd saya stres sendiri, saya nggak pernah nanya ulangannya berapa nilainya, soalnya saya menekankan sama anak saya, yg penting naik kelas dan happy di sekolah :) jadi anaknya juga ikut2an woles

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Selasa, 19 November, 2019

iya sih teh kudu woles cuman ngaderegdeg wae kalau ternyata nilaina jelek tea hahaha

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Rabu, 20 November, 2019

Hahaha, yakali neyna bikin nilainya sendiri, hahaha, ngukuk aku mb, lucu euy, deg degan banget sumpah bacanya
Ini mah ujian kita di sekolah menghadapi tes dan ulangan uts uas sudah kelar, nah giliran menjadi orang tua, deg degan mantau nilai anak

Alhamdulilah ya nilainya bagus, walau belajarnya beda pelajaran..sumpah aku aja kalau ngalamin salah baca materi buat besok ulangan dengkul rasanya lemes
Brarti neyna pintar ^__^

Kini giliran kita latihan sabar membelajari mereka ya mb, smangat
Terutama buatku yang juga orangnya nyak nyuk suka ga sabaran berakhir gemesan klomga bisa bisa

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 25 November, 2019

iya mba bahkan dia udah bisa paraf aku wkwkwk kalau emaknya lupa paraf dia yang paraf :p

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Rabu, 20 November, 2019

Hahhaha.. Aku numpang ngakak aja, ya. Itu yang bagian bisa nulis nilai sendiri itu epic banget 🤣

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 25 November, 2019

nah iya jadi inget Nobita :p

Reply Delete
Avatar
kartika Rabu, 20 November, 2019

Wakakak ngakak pas bisa bikin nilai sendiri.. keren amat Kak Neyna hahaha

Duh, krn blm punya anak, gak kebayang ya susahnya nyuruh belajar. Soalnya dulu aku juga males bgt hahaha, semangat ya Bun, ternyata Kak Neyna bisa kok, mgkn dia fokus di kelas, jd gak belajar di rmh gapapa 😉

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky W Rabu, 20 November, 2019

aku blm punya anak sih mba, tp aku msh jd anak skrng.

sbnrnya itu paling enak kalau anak dikasih kebebasan apalagi dituntun sesuai kemampuan dan cita-cita. kalau neyna akademisnya ga begitu bagus, gpp, mungkin ada hal lain yg bagus. kalau diasah pasti jd luar biasa :D

Reply Delete
Avatar
Mellisa Rabu, 20 November, 2019

Kurikulum sekarang tuh menurutku lebih bagus dan lebih mudah dipelajari sama siswa SD. Jadi siswa ga kenal mata pelajaran, taunya "tema" aja.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 25 November, 2019

tapi campur sari mba hahhaa

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia Kamis, 21 November, 2019

Ketawa aku baca bagian Neyna uda bisa niru nilai 🤣, anak zaman now tingkahnya ada2 aja ya 🤭

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana Kamis, 21 November, 2019

Alhamdulillah ya bu, gapapa masih ada waktu next time, insyaa Allah tambah pintar ya nak mengejar cita2 kamu hehe

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Kamis, 21 November, 2019

Boleh juga nih tipsnya aku contek nanti saat aku menghadapi anakku akan ujian atau ulangan ya mbak. Sekarang aja suka kepo aku sebenarnya kalau dia pas presentasi project keluarga.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 25 November, 2019

iyayah suka deg2an mba hahaha

Reply Delete
Avatar
Desy Yusnita Kamis, 21 November, 2019

Alhamdulillah di sekolah si Kaka jarang ada ujian yang sifatnya ujian. Jadi ya mengalir begitu aja. Yang deg-degan hapalan surat-surat. Tapi aku juga santai aja juga.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri Kamis, 21 November, 2019

Aku juga suka kayak roller coaster kalau membantu anak - anak belajar, terutama di Indonesiaaa. Harus dicari cara yang pas memang

Reply Delete
Avatar
Widya Lim Kamis, 21 November, 2019

Waduh ternyata banyak ya drama anak tentang ulangan.. semoga aja nanti anakku kelak ga terlalu banyak dramanya XD

Reply Delete
Avatar
artha Kamis, 21 November, 2019

baca ceritanya saya senyum2 sendiri. teteh pintar deh gak mau nyontek, yakin sama jawaban sendiri. PD banget. walau salah. setidaknya sudah memupuk nilai kejujuran, ada dalam pelajaran Pancasila kan

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti Kamis, 21 November, 2019

Bunda idola kamu mba hehehe, seru ya memiliki anak yang udah lumayan gede
aku jadi pengen cepetan punya anak yang udah gede juga wahahaha
memenya emang bikin ketawa ya

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi Sabtu, 23 November, 2019

Akuu...
Suka ngliat cara belajar anak-anak, teh.

Kalau kaka tipikal anak yang gak mau nilai ulangan gak seratus. Jadi lebih gampang manasin dia belajar. Dan penginnya, mama bikinin soal.

Jadi tinggal nyonto worksheet yang selama ini dikasih dari sekolah dengan sedikit modifikasi.

Sedangkan adiknya, lebih santuy...
Bisa alhamdulillah, ga bisa juga gak bikin dunia berenti.
Uhhuuk~
Jadi manasin dia buat belajar lebih susah.
Yasudahlah...diajak main aja dulu...sambil mama ngulang-ngulang hapalan surat sama hadits untuk ujian prakteknya.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 25 November, 2019

ah teteh makasih sharingnya

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain Minggu, 24 November, 2019

Besok anakku ulangan bahasa arab nnih. Kudu praktekin tips dari sini. Kepo juga anakku kok susah banget belajarnya

Reply Delete
Avatar
Fanny F Nila Kamis, 28 November, 2019

hahahaha ini kayak anakku bangetttt, ga bisa fokus lama mba :D. tp aku memang ngerti krn Fylly jg tipe yg belajar lbh masuk kalo pakai suara, bukan dgn cara membaca. dia lgs masuk kalo belajar sesuatu dr youtube, ato dr segala macam audio. tp giliran disuruh baca sendiri, uwaaahhhh nangis bombay akutu , krn pas ditanya ttp aja ga ngerti wkwkwkwkw...

tp aku skr udh bisa lbh santai sih mba. apalagi yg banyak ngajarin papinya, krn jauh lbh sabar :p. drpd aku emosi jiwa tiap malam, padahal di kantor udh stress, jd aku serahkan ke si papi :D.

Reply Delete