Tips dan Trik Untuk Para Komuter Jakarta Karawang dengan Kereta

Tips dan Trik Komuter Jakarta Karawang dengan Kereta, tips naik comuetr saat peak hours, hati-hati saat memilih naik kereta

Tips dan Trik Untuk Para Komuter Jakarta Karawang dengan Kereta

Hai Temans, ngomongin transporatasi nih merhatiin ga kalau sekarang tuh udah banyak banget fasilitas umum yang sedang dikejarin agar kita bisa menuju tujuan bebas macet.

Salah satu rutenya adalah dari Jakarta ke area Karawang ataupun sebaliknya tentu sudah banyak dilakukan. 

Kebanyakan orang yang melakukan perjalanan ini adalah komuter yang tinggal di Karawang tapi bekerja di Jakarta. Pilihan melakukan komuter ini tentu karena harga tempat tinggal di Jakarta lebih mahal daripada area pinggiran ibu kota seperti Karawang ini.

Betul ga? jelas betul 😀


Nah, jika ingin ke Karawang dari Jakarta tanpa macet ataupun sebaliknya, kereta adalah pilihan yang utama. Pilihan ini tentu lebih baik daripada naik mobil yang terjebak macet berjam – jam dan malah stress saat ingin pulang. Dalam hal ini, Traveloka bisa jadi layanan yang pas.


Menggunakan layanan dari Traveloka, temans bisa melakukan pemesanan tiket hanya dengan menekan tombol. Layanan ini juga bisa mengabarkan jika ada promo untuk pembelian tiket. Menggunakan Traveloka, kebutuhan komputer temans bisa jadi lebih mudah.


Tapi untuk beberapa hal lain yang dapat membantu temans melakukan komuter Jakarta Karawang, yuk mari bahas beberapa tips dan trik lainnya berikut ini!


Tips dan Trik Komuter Jakarta Karawang dengan Kereta, tips naik comuetr saat peak hours, hati-hati saat memilih naik kereta









Tips dan Trik Komuter Jakarta Karawang dengan Kereta


Ada beberapa tips dan trik yang temans bisa lakukan, diantaranya adalah :

Usahakan Berangkat Awal

 


Jika temans tidak ingin telat ke stasiun, pastikan berangkat awal. Lebih baik menunggu di stasiun daripada ditinggal kereta. Tentu saja hal ini membutuhkan effort untuk bangun pagi dan siap lebih awal. Bagi komuter, waktu sangat penting, jadi jangan remehkan keperluan bangun pagi ini.


Untuk kebutuhan bangun pagi, usahakan agar lebih baik tidur cukup. Tentu beberapa pekerjaan membuat kita harus tidur lebih malam. Tapi tanpa istirahat cukup,  bisa saja tidak bangun tepat waktu dan ketinggalan kereta. Jika sudah begini,  bisa terlambat kerja deh!


Perhatikan Peak Hour

 


Saat melakukan komuter dari Jakarta Karawang ataupun sebaliknya, tentu harus perhatikan peak hour. Istilah ini sering digunakan untuk menerangkan waktu paling sibuk untuk pulang kerja dan berangkatnya. Karena paling ramai, temans bisa berdesakan naik kereta. 

Di situasi seperti ini, banyak bahaya yang bisa muncul. Jadi harus hati-hati!


Selain kenyamanan yang kurang, bisa juga harus waspada akan tindakan kriminal. Di KRL yang ramai, masalah copet bisa saja terjadi. Tindakan ini sering memanfaatkan waktu sibuk dimana semua orang tidak fokus dan berdempetan.


Sebagai pilihan, pastikan pesan kereta sebelum peak hour saat berangkat kerja dan pilih yang sesudah peak hour untuk pulang. Pilihan pulang setelah peak hour bisa diisi dengan makan dulu sebelum pulang ataupun sekedar bersantai sebentar setelah kerja. Hal ini tentu lebih baik daripada berdempetan di kereta yang penuh.


Selalu Amankan Barang Bawaan di Stasiun

 


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat peak hour barang  bisa dalam bahaya. Tapi waspada ini tentu tidak cukup, kita juga harus lakukan beberapa hal untuk membuat barang lebih aman.


Cara yang paling mudah adalah dengan tidak membawa banyak barang berlebih. Tas yang besar bisa jadi target yang mudah diincar. Tentu kebutuhan kerja bisa diminimalkan dengan laptop dan data saja. Jika ada dokumen cetak, lebih baik ditinggal di kantor ataupun di fax dari rumah.


Jika membawa tas, lebih baik dipeluk depan. Hal ini memastikan kita bisa melihat kondisinya selalu. Semisal ada tangan jahil, tentu tas di peluk ini akan lebih susah diambil ataupun dicopet. Pastikan juga jangan terlalu fokus pada smartphone saat berpergian, karena hal ini bisa jadi kesempatan bagi tangan jahil untuk beraksi.


Pastikan Gunakan Perlengkapan yang Pas Untuk Kereta Ramai

 


Jika sudah pasti akan menaiki kereta yang ramai, pastikan pakaian dan perlengkapan yangcocok. Untuk para wanita, menggunakan sepatu hak tinggi mungkin bukanlah pilihan yang pintar di KRL yang padat. Menggunakan aksesoris yang mencuat tajam juga berbahaya. Ingat kejahatan selalu mengintai!


Hal seperti pin, perhiasan, jepit rambut besar dan aksesoris sejenisnya bisa tersangkut di kerumunan  dan menyebabkan banyak masalah. Hal ini tentu bisa dihindari jika memilih perlengkapan yang baik. Sebagai saran, lebih baik gunakan pakaian standar yang nyaman dengan sedikit aksesoris.


***


Well, Temans sekian bahasan tips – tips untuk para komuter kereta Jakarta Karawang. Mudah – mudahan bahasan tips – tips ini dapat membantu dalam melakukan komuter yang lebih baik. 

Terima kasih sudah membaca!

Ada yang mau menambahkan tips lain? yuk sharing di kolom komen 💋

23 komentar

Avatar
Ana Ike Kamis, 17 Oktober, 2019

Aku pernah naik komuter di peak hour. Jam orang pulang kantor. Sumpah, aku shock lihat kondisinya. Karena emang ramai banget. Ngerasain deh desek2an sampai ke Kalideres, haha. Kalau siang mah enak ya. Sepi dan nyaman tu komuter

Reply Delete
Avatar
nurul rahma Kamis, 17 Oktober, 2019

Penumpang Komuter memang pejuang tangguh ya Maaak
slalu salut dgn dedikasi para penumpang
dan Traveloka emang paling ngertiin kita semuaaaa
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Mugniar Kamis, 17 Oktober, 2019

Nah usahakan berangkat awal itu gak bisa ditawar ya. Jangan sampai berangkatnya mepet jam kerja atau jam kuliah.

Reply Delete
Avatar
Farida Pane Kamis, 17 Oktober, 2019

Komuter memang masih jadi pilihan yang paling populer ya, bagi para pekerja. Jadi kudu ati2 nih, biar perjalanan tetap aman dan nyaman

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com Kamis, 17 Oktober, 2019

Nah iya, juga tambahin untuk kenyamanan saat di commuter itu kan ga selamanya duduk ya, bisa sedia backpack yang sekarang itu ada dudukan besinya dikit, jadi kalau misal bawa anak atau kaki bengkak bisa duduk sebentar

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara Kamis, 17 Oktober, 2019

Dicatat tipsnyaaa. Kalau naik kendaraan umum kaya kereta di mana seringnya ramai, baiknya pakai pakaian yang nyaman dan gak mencolok ya. Kan ribet kalau tersangkut di sana sini

Reply Delete
Avatar
Perempuan Unik Kamis, 17 Oktober, 2019

Kalau saya ingatnya jadi ada beberapa orang yang akhirnya milih pergi lebih pagi atau pulang lebih malam biar gak desak-desakan sama penumpang lain

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Kamis, 17 Oktober, 2019

Bundaaa,, Aku baru tahu loh kalau ada commuter dari karawang ke Jakarta. Senang banget karena akses ke Karawang menjadi mudah ya. Bener banget jangan sampe datang pas jam jam penuh. Sengsaraa bangeet :)

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP Jumat, 18 Oktober, 2019

Sip teh, tipsnya bermanfaat banget nih buat teman-teman comuter jakarta-karawang... Semangat :D

Reply Delete
Avatar
Syarifani Mulyana Jumat, 18 Oktober, 2019

Udah lama banget ngga naik komuniter di sekitaran Jabotabek. Memang masih jadi pilihan banyak pekerja tiap harinya. Akupun bila naik kendaraan umum, memang lebih suka tas di taruh di depan sekalipun tas ransel.

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara Jumat, 18 Oktober, 2019

Jadi pilihannya berangkat lebih pagi dan pulang lebih lambat ya mbak, supaya nggak terlalu berdesakan di dalam kereta. Salut buat para pekerja yang tiap hari menempuh perjalanan menggunakan comuter, benar-benar harus punya semangat yang tinggi ya

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy Jumat, 18 Oktober, 2019

Komuter memang selalu menjadi transportasi andalan, bayangkan aku bisa pp jakarta tangerang hanya bayar nyak sampai 10 ribu, yang penting tahu jam-jam horor naik komuter biar ngak kayak peyek, tapi apapun itu tetap bersyukur sekarang banyak pilihan transportasi umum.

Reply Delete
Avatar
Ucig Jumat, 18 Oktober, 2019

kereta sekarang udah jauh lebih enak ya, tapi masih banyak yg harus dibenerin. Usernya apalagi >.< aku bm pernah ke karawang naik kereta nih teh Bella, sekarang mah nggak ada alasan LDR heheee

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari Jumat, 18 Oktober, 2019

Kagum banget aku kalau lihat perjuangannya teman-teman yang di kota besar. orang2 setrong kalian pada. Lah aku, di sini bisa motoran ke kantor, berangkat 10 menit sebelum jam masuk kantor. Wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Ria Fasha Jumat, 18 Oktober, 2019

asyik ya di kota besar banyak pilihan transportasi umum yang nyaman
di Bengkulu masih main angkot hehe
dan memang harus ekstra hati-hati dan pinter milih jam biar makin nyaman di dalam comuter nya

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu Jumat, 18 Oktober, 2019

Bener bnget teh akupun kalau Cirebon dari dulu mending milih kereta aplg pas musim mudik lancar pisan

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah Sabtu, 19 Oktober, 2019

Ahhh aku belum pernah naik komuter mbak, ke Jakarta aja belum hehehe
etapi sih, bahkan di kereta atau di transportasi umum aku lebih nyaman kekepin barang bawaan aku mbak, dan sebisa mungkin jaga bener2 deh.
Cuman kalau naik commuter emang ya perlu lliat2 peak hour nya ya mbak, ini sangat membantu buat jaga2 pas bisa ke Jakarta dah heheee
TFS Mbak Herva

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss Sabtu, 19 Oktober, 2019

Pernah ke Jakarta tp cuma singgah doang belum cobain transportasi kayak comuter dll, duh jd penasaran, msga nti ad rejeki bsa ke sana, noted buat tipsnya

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul Sabtu, 19 Oktober, 2019

Kami ini orang borneo kalau mau naik komuter harus ke Jakarta dulu.
Jadi mohon maaf, kalau nanti saya naik komuter terlihat norak dan bingungnya :D
Peak hour sama aja kali ya di tempat-tempat lain, biasanya sih pagi ama sore.

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan Sabtu, 19 Oktober, 2019

Wah, udah ada ya kereta Jakarta - karawang di Traveloka? Kmrn suamiku cari2 info kalau ke karawang naik apa dr bekasi, cuma taunya bus aja, ternyata di Traveloka juga ada ya.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari Sabtu, 19 Oktober, 2019

Duh mba.. Aku naik komuter aja belum pernah loh. Hihi. Malu deh. Tp berguna banget tipsnya ini siapa tau nanti aku main2 kesana juga.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Sabtu, 19 Oktober, 2019

Mbak aku baru tahu ada komuter untuk Jakarta Karawang, apa ini ngikut kereta yang ke arah Bandung dr Jakarta itu? Eh bener gak sih?
Tipsnya bagus nih buat yang melaju, tingal di Karawang tapi kerjanya di Jakarta.

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas Senin, 21 Oktober, 2019

Aku tiap ngeliat para penumpang komuter line ini para pejuang tangguh. Nggak tanggung-tanggung ketekadannya melebihi para penumpang bus damri. Hahahha

Reply Delete