POSTS SLIDER

I'm writing about...

Tips dan Trik Untuk Para Komuter Jakarta Karawang dengan Kereta

Hai Temans, ngomongin transporatasi nih merhatiin ga kalau sekarang tuh udah banyak banget fasilitas umum yang sedang dikejarin agar kita bisa menuju tujuan bebas macet.

Salah satu rutenya adalah dari Jakarta ke area Karawang ataupun sebaliknya tentu sudah banyak dilakukan. 

Kebanyakan orang yang melakukan perjalanan ini adalah komuter yang tinggal di Karawang tapi bekerja di Jakarta. Pilihan melakukan komuter ini tentu karena harga tempat tinggal di Jakarta lebih mahal daripada area pinggiran ibu kota seperti Karawang ini.

Betul ga? jelas betul 😀


Nah, jika ingin ke Karawang dari Jakarta tanpa macet ataupun sebaliknya, kereta adalah pilihan yang utama. Pilihan ini tentu lebih baik daripada naik mobil yang terjebak macet berjam – jam dan malah stress saat ingin pulang. Dalam hal ini, Traveloka bisa jadi layanan yang pas.


Menggunakan layanan dari Traveloka, temans bisa melakukan pemesanan tiket hanya dengan menekan tombol. Layanan ini juga bisa mengabarkan jika ada promo untuk pembelian tiket. Menggunakan Traveloka, kebutuhan komputer temans bisa jadi lebih mudah.


Tapi untuk beberapa hal lain yang dapat membantu temans melakukan komuter Jakarta Karawang, yuk mari bahas beberapa tips dan trik lainnya berikut ini!


Tips dan Trik Komuter Jakarta Karawang dengan Kereta, tips naik comuetr saat peak hours, hati-hati saat memilih naik kereta









Tips dan Trik Komuter Jakarta Karawang dengan Kereta


Ada beberapa tips dan trik yang temans bisa lakukan, diantaranya adalah :

Usahakan Berangkat Awal

 


Jika temans tidak ingin telat ke stasiun, pastikan berangkat awal. Lebih baik menunggu di stasiun daripada ditinggal kereta. Tentu saja hal ini membutuhkan effort untuk bangun pagi dan siap lebih awal. Bagi komuter, waktu sangat penting, jadi jangan remehkan keperluan bangun pagi ini.


Untuk kebutuhan bangun pagi, usahakan agar lebih baik tidur cukup. Tentu beberapa pekerjaan membuat kita harus tidur lebih malam. Tapi tanpa istirahat cukup,  bisa saja tidak bangun tepat waktu dan ketinggalan kereta. Jika sudah begini,  bisa terlambat kerja deh!


Perhatikan Peak Hour

 


Saat melakukan komuter dari Jakarta Karawang ataupun sebaliknya, tentu harus perhatikan peak hour. Istilah ini sering digunakan untuk menerangkan waktu paling sibuk untuk pulang kerja dan berangkatnya. Karena paling ramai, temans bisa berdesakan naik kereta. 

Di situasi seperti ini, banyak bahaya yang bisa muncul. Jadi harus hati-hati!


Selain kenyamanan yang kurang, bisa juga harus waspada akan tindakan kriminal. Di KRL yang ramai, masalah copet bisa saja terjadi. Tindakan ini sering memanfaatkan waktu sibuk dimana semua orang tidak fokus dan berdempetan.


Sebagai pilihan, pastikan pesan kereta sebelum peak hour saat berangkat kerja dan pilih yang sesudah peak hour untuk pulang. Pilihan pulang setelah peak hour bisa diisi dengan makan dulu sebelum pulang ataupun sekedar bersantai sebentar setelah kerja. Hal ini tentu lebih baik daripada berdempetan di kereta yang penuh.


Selalu Amankan Barang Bawaan di Stasiun

 


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat peak hour barang  bisa dalam bahaya. Tapi waspada ini tentu tidak cukup, kita juga harus lakukan beberapa hal untuk membuat barang lebih aman.


Cara yang paling mudah adalah dengan tidak membawa banyak barang berlebih. Tas yang besar bisa jadi target yang mudah diincar. Tentu kebutuhan kerja bisa diminimalkan dengan laptop dan data saja. Jika ada dokumen cetak, lebih baik ditinggal di kantor ataupun di fax dari rumah.


Jika membawa tas, lebih baik dipeluk depan. Hal ini memastikan kita bisa melihat kondisinya selalu. Semisal ada tangan jahil, tentu tas di peluk ini akan lebih susah diambil ataupun dicopet. Pastikan juga jangan terlalu fokus pada smartphone saat berpergian, karena hal ini bisa jadi kesempatan bagi tangan jahil untuk beraksi.


Pastikan Gunakan Perlengkapan yang Pas Untuk Kereta Ramai

 


Jika sudah pasti akan menaiki kereta yang ramai, pastikan pakaian dan perlengkapan yangcocok. Untuk para wanita, menggunakan sepatu hak tinggi mungkin bukanlah pilihan yang pintar di KRL yang padat. Menggunakan aksesoris yang mencuat tajam juga berbahaya. Ingat kejahatan selalu mengintai!


Hal seperti pin, perhiasan, jepit rambut besar dan aksesoris sejenisnya bisa tersangkut di kerumunan  dan menyebabkan banyak masalah. Hal ini tentu bisa dihindari jika memilih perlengkapan yang baik. Sebagai saran, lebih baik gunakan pakaian standar yang nyaman dengan sedikit aksesoris.


***


Well, Temans sekian bahasan tips – tips untuk para komuter kereta Jakarta Karawang. Mudah – mudahan bahasan tips – tips ini dapat membantu dalam melakukan komuter yang lebih baik. 

Terima kasih sudah membaca!

Ada yang mau menambahkan tips lain? yuk sharing di kolom komen 💋