Sindrom Latah Karena Jargon

Blog ini berisikan seputar pengalaman saya dalam dunia kerja maupun parenting pengalaman saya di rumah

Sindrom Latah Karena Jargon

Terinspirasi dari kabar yang sedang kekinian dimana Dek Sonya Depari anak SMU yang baru lulus marah-marah kepada Polwan dengan berkata "Ku tandai Kau ya, ku tandai Ya" kata-kata yang keluar mungkin tak sengaja terlontar dari bibir mungilnya Dek Sonya namun kata tersebut akhirnya menjadi jargon kekinian menjadi viral apapun kondisinya jargon Dek Sonya tersisip entah dari status, dari penulisan satir membahas kepemimpinan sang bapak dengan jargon pemahaman nenek lu. Saking banyak yang kreatif jadilah kata-kata yang tak sengaja terucap itu menjadi jargon dan dipelesetkan dalam meme lucu atau sekedar banyolan dalam status maupun tulisan-tulisan.
 
Sesuatu ya  padahal siy pas si individu mengucapkan hal tersebut tak terfikir bakalan cetar membahana mengisi obrolan sehari-hari. Seperti yang terjadi dengan Dek Sonya entah saat ini ia merasa malu atau malah bangga "Gile Lu Ndro" kata-kata gw yang lagi damprat pulisi dijadiin Jargon atau malah Dek Sonya sedih?mmm...sudah kuduga akan menjadi trend disitu saya merasa sedih.
Saya ko hapal banget siy jargon-jargon kayak gitu?biar kata saya sosok pendiam dan shy-shy kitty namun saya juga mesti kekinian mengikuti maraknya jargon yang beredar (halah). Menurut saya masyarakat kita tuh latah cepet banget dah yang begini muncul berseliweran di medsos. 

Sebenarnya latah atau Hyperstartle Syndrome (Hyperekplexia) adalah ucapan atau perbuatan yang terungkap secara tak terkendali setelah terjadinya reaksi kaget (starled reaction).
Dalam KBBI pun definisi latah ini menyebutkan gangguan syaraf karena meniru ucapan maupun perbuatan orang lain (alamak syerem kali ku baca ini). Namun artis-artis kita yang latahnya ga umum seperti sebutin yang jorok malah makin eksis di dunia entertain dan di kehidupan sehari-hari malah diikutin wkwkwk. Pusing pala berbie cin kalau uda liat beginian xixixi.

Kadang saya juga suka kudet kalau ada jargon baru bermunculan tak pernah nonton tv padahal tapi pas buka timeline penuh meme dan status dengan jargon kekinian akhirnya jadi emak gaol hahaha.

Pada dasarnya latah menggunakan jargon sekedar lucu-lucuan dan terus dilakukan berulang sampe nanti muncul jargon baru. Kalau uda ada jargon baru ya jargon lama expired dah kadar kelucuannya. Makanya sebagai pemerhati dunia medsos saya tau kapan menggunakan jargon A atau Jargon B biar tidak kedahuluan (kebalikan kekinian) *maksa banget dah* da Saya mah gitu orangnya. hehehehe

Lagi muncul 26 my age juga sempet bikin geger orang-orang sampe pada maju mundur cantikkkkk ga heran kan kalau latah menjadi sindrom buat kita karena kalau ga ikutin seperti ituh bakalan di cap Ndeso sama orang-orang, disitu saya merasa sedih ya keles kalau sayanya baik hati dan gemar menabung dikatain ndeso ga ngaruh? kalau sayanya sensitif mesti ku tandai ya kau ku tandai yang ngatain aku ndeso. wkwkwkwk

Demikian adanya ni tulisan dibuat semoga kita bisa ambil manfaatnya dan buang yang jeleknya karena kesempurnaan hanya milik Alloh (tetep di dorce show..show).
Kalau mau latah ya latah ikutin yang baik jangan sampe nanti curhat dunk mah abis di bully sama orang sekampung. Be wise dalam menanggapi maupun mengikuti tren kekinian oke nak!
https://www.brilio.net/ngakak/

22 komentar

Avatar
Lily Widjaja Sinaga Rabu, 13 April, 2016

jargon "kau kutandai ya" jadi bikin ngakak mba hehe.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 April, 2016

hahaha iya mba sedang kekinian jargon itu :p

Reply Delete
Avatar
nengbiker Rabu, 13 April, 2016

trus ada yg sensi abis diguyoni pakai kutandai gini, mak. apalagi setelah bapaknya si anak kutandai itu meninggal. katanya ngebully. padahal bawa2 nama si anak aja engga --"

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 April, 2016

Qu liat di youtube org medan mmg suka blg kutandai y nanti gtu kyknya si klo daerah sana uda biasa kita aza yg baru tau hehehe klo meme yg keterlaluan menjurus bully sptnya mba xixixi

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Rabu, 13 April, 2016

Yang jargon gile lu ndro kocak mb herva ,
Palagi klo suasana sedang ngedukung tuk ngeluarin kata2 itu, misal pas nemu keadaan ga memungkinkan..trus ngucsp gile lu ndro hahaa
#serasa make pelafalannya alm. Kasino ngucapinnya

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 April, 2016

Hahaha iyes mba jargon ni tak lekang oleh waktu y :p

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari Rabu, 13 April, 2016

Miris juga sama kasus macam Sonya ini...

Reply Delete
Avatar
evrinasp Rabu, 13 April, 2016

Duh jangan sampe anak saya denger deh jargon2 baru lagi. Mudah menyerap soalnya

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 14 April, 2016

Iya mba cpt bgt nyebarnya jarang ntn tp lingkungan temen2nya suka pd latah mau ga mau lgsg nyerep :/

Reply Delete
Avatar
nurul iman Kamis, 14 April, 2016

Hmm untung waktu itu saya gak jargon.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 14 April, 2016

kalau jargon bisa mendadak famous y mba hahaha

Reply Delete
Avatar
sariwidiarti Kamis, 14 April, 2016

banyak meme tentang jargon 'kutandai" itu bikin ngakak sih, tapi sekarang jadi miris ya lihat kisahnya, ayahnya beneran meninggal :((

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 14 April, 2016

Iya mba, pas liat memenya yang aku anak siapa yang bikin ngenes :/

Reply Delete
Avatar
fitri anita Kamis, 14 April, 2016

jarang nonton tv jadi suka gak tau yang kekinian gitu mba ...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 14 April, 2016

Aqu juga taunya baca2 mba dari media elektronik hehehe

Reply Delete
Avatar
turiscantik.com Jumat, 15 April, 2016

Hahahah saya tandaiin neh blog nya mbak

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 15 April, 2016

Ku tandai yang pada comment ku balik coment hahaha makasi mba :p

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi Sabtu, 16 April, 2016

Jargon-jargon latah itu juga semakin populer kalo dipadu sama gambar alias jadi meme. Orang Indonesia emang pada paling cepet kalo masalah yang kayak begini.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Sabtu, 16 April, 2016

Iya mba kreatif menghibur dirinya sendiri hehehe

Reply Delete
Avatar
Afifah Mazaya Minggu, 17 April, 2016

Itu jadi jargon, ya? *mlipir sebelum ditandai*ketauan kudet*

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 17 April, 2016

Hahaha ditandai pke spidol y mba :p

Reply Delete