Search

Tantangan Era Digital : Langkah Orang Tua Fasilitasi Anak Makin Kreatif

Tantangan era digital ditengah pandemi covid-19 memang memiliki banyak impact termasuk dalam proses pembelajaran hingga gaya parenting yang saya lakukan karena jadi "guru dadakan". Tanpa saya sadari, menjadi guru dadakan selama membersamai Neyna si sulung ini menjadikan saya seperti orang tua yang otoriter.

Lebih banyak menekan karena berkejaran dengan limit waktu pengumpulan tugas sementara tugas banyak dan anak belum paham. Sebagai ibu bekerja kondisi pembelajaran jarak jauh menjadi tantangan luar biasa sehingga pola pengasuhan yang sudah dibentuk hilang kendali karena kondisi .

*halah defence saja ini sih hahaha...

Contohnya adalah bagaimana saya memberikan intruksi kepada Neyna dengan kondisi tugas bejibun setiap harinya tapi anaknya malah santai banget dengan gadget.

"Ayo belajar jangan main HP terus!"

"Sudah ngerjain tugasnya belum? kok ngegambar terus"

Ini adalah bentuk teguran saya kepada Neyna si sulung ketika di rumah mendapati Neyna yang asik banget dengan gadget.

Tugas memang selesai namun dikerjakan dengan tekanan dan bergelimang air mata dari Neyna dan tentu saja materi pelajarannya tidak bisa terserap dengan baik oleh Neyna.

Inilah yang dikhawatirkan menjadi pemicu stress Neyna, sudah ga ketemu teman dan gurunya giliran belajar di rumah kena teriakan terus sama ibunya. 

Larinya kemana? 

Ya kemana lagi kalau bukan ke gadget..sebagai cara untuk hilangkan jenuhnya di rumah denger mamaknya teriak terus.

Memang gadget di era pandemi ini menjadi sahabat anak-anak, terlebih ditengah proses belajar jarak jauh gadget menjadi salah satu senjata untuk ikut serta dalam zoom sekolahnya.

Lalu apa dong yang harus dilakukan sebagai orang tua? agar anak tidak kelamaan terpapar gadget?

agar-anak-tidak-kecanduan-gadget

Parenting Adalah Seni, Yuk Jadi Orang Tua Peka Kebutuhan Anak

Saya kira pandemi ini menghantam stress hanya kepada orang dewasa saja. Ternyata saya salah, karena anak-anak juga alami stress sebagai korban terselebung dari covid-19. 

Agak denial juga jika anak itu ga mungkin terpapar stress karena kan fikir saya kegiatannya cuma main beda dengan orang dewasa yang kudu banyak mikirin A-Z.

Saat ini yang terlihat sejak pandemi adalah Neyna lama-lama jadi bersahabat dengan gadget! Abis zoom sekolah main gadget, abis kursus main gadget..Alamak..

Hal ini jadi PR banget buat saya sebagai orang tua, lantas apa yang harus saya lakukan?

Bersyukur sekali ditengah kehilangan arah dengan gaya parenting yang mulai berubah. Pada tanggal 25 september 2021, saya mengikuti webinar bersama Faber Castell.

Dalam acara tersebut hadir Kak Yohana Theresia, M.Psi Psikolog yang memberi secercah pencerahan untuk saya yang sudah tidak seperti ibu yang dulu. duh...

Terdapat peningkatan perilaku dan emosi yang muncul pada anak akibat paparan stress di masa pandemi covid-19. Soetikno, Agustina, Verauli dan Tirta (2020)

Masalah yang muncul pada anak selama pandemi ini diantaranya : withdrawal, problem berfikir, atensi, problem sosial, anxiety dan depresi.

Ada banyak hal yang bikin anak bisa stress di masa pandemi, Kak Yohana menjelaskan beberapa hal diantaranya adalah :

πŸ’£ Ruang gerak yang terbatas

πŸ’£ Sulit mendapatkan pendidikan yang berkualitas

πŸ’£ Orang Tua sibuk dengan masalah masing-masing

πŸ’£ Kondisi psikologis tidak stabil

Dengan berbagai kondisi tersebut, seperti yang dialami oleh Neyna, kebanyakan anak-anak larinya adalah ke gadget! 

Gadget is win-win solution? benarkah itu? Sebenarnya ga melulu negatif kok untuk gadget sendiri, karena ada dampak positifnya juga salah satunya ya HIBURAN. 

Tapiii...ada tapinya nih temans, karena berdasarkan penuturan kak Yohana jika terpapar gadget berlebihan bisa menyebabkan hal berikut :

😒 Masalah kesehatan fisik terutama area matanya, postur tubuh yakni area leher dan tulang belakang saking kelamaan nunduk main gadget.

😒 Terlambat bicara, utamanya bagi anak-anak yang usia dini yang biasa dikenal dengan Speech Delay.

😒 Masalah atensi dan konsentrasi, yang berdampak pada jangka panjang.

😒Masalah pada Executive Function, merupakan sekumpulan keterampilan kognitif yang memungkinkan anak untuk berfikir kreatif 

😒 Masalah perilaku seperti tantrum jadi ngamuk karena sudah kecanduan gadget dan ga mau lepas akhirnya keluarlah tangisan sebagai bentuk agresi.

😒 Masalah kualitas kelekatan orang tua dan anak. Dan ini saya alami juga karena Neyna jadi lebih suka sama gadgetnya dibanding sama saya.

Ngeri banget yah dampak negatif dari gadget, penting sebagai orang tua untuk peka benar ga sih anak kita tuh butuhnya gadget? 

Jadi renungan untuk diri saya sendiri jangan-jangan saya membolehkan gadget karena memang saya ga mau keganggu saat kerja atau anak bisa lebih bahagia karena gadget bukan karena kehadiran orang tuanya. 

Tamparan banget untuk saya dan suami yang memang kami berdua sebagai pekerja sehingga sudah seharusnya bisa lebih mengontrol kegiatan dan kebutuhan anak-anak.

kegiatan-asah-kreatif-anak

Tantangan Era Digital : Being Creative Is A Way Of Life

Apabila mengikuti perkembangan zaman, jelas banget yah anak-anak pastinya makin dekat dengan gadget. Namun gimana nih caranya biar ga melulu main gadget nah saatnya tugas orang tua biar bisa menentukan kegiatan pengganti yang berfaedah.

Menghadapi perkembangan teknologi, yang mana semuanya serba canggih maka dituntut banget untuk bisa berfikir kreatif. Eranya 4.0 kayaknya apa-apa bisa digantikan dengan robot dan peranan manusia udah kian minim untuk bersentuhan langsung dengan pekerjaannya.

Maka dari itu penting banget untuk bisa mengajarkan anak-anak ga ketinggalan zaman serta bisa terus kreatif.

Dulu saya selalu men-judge diri sendiri sebagai orang yang GA KREATIF. Nyatanya Kreatifitas itu sesuatu yang bisa dipelajari dan ditanamkan pada anak selama kegiatan sehari-hari. Jadi tidak ada yang ga kreatif tapi tidak ada kesempatan untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Terjawab sudah nih yah temans, semoga kita bisa mencetak anak-anak yang punya pola fikir kritis dan tentu saja harus kreatif.

Tips & Trik Untuk Kembangkan Kreatif Anak

Sebagai sesuatu yang dipelajari, pastinya ada berbagai hal yang bisa menumbuhkan kreatif pada anak. Saya sampai mencatat nih point-point apa saja yang dijabarkan Kak Yohana seputar tips & trik dalam mengembangkan kreatif pada anak.

Adapun tips & triknya adalah sebagai berikut :

✔ Menghargai proses belajar, karena kreatifitas butuh proses begitupun dengan anak butuh waktu untuk selesaikan masalahnya. 

✔ Mempersiapkan ruang khusus untuk anak eksplorasi dan eksperimen agar anak bisa terstimulasi nih temans dengan memepersiapkan tools art di rumah. Kayak meja kecil kemudian dikasih pensil warna, cat air maupun kertas. 

✔ Memberi kebebasan anak, sehingga anak makin mudah untuk membangun kreatifitasnya.

✔ Menjadi contoh nyata "menjadi kreatif" daripada sekedar nasehatin "Nak jadi kreatif dong" semuanya justru bermula dari orang tuanya loh!

✔ Memberikan berbagai sudut pandang dengan memperkaya pengetahuan anak, jadi bisa diskusi sama anak-anak kemudian baca buku.

✔ Menjadi orang tua yang support, keratifitas itu terbentuk karena motivasi intrinsik dalam anak so sebagai orang tua perlu amati apa yang anak suka dan kembangkan apa yang anak sukai.

✔ Mengapresiasi usaha anak

Maka jika sudah ada tips & triknya, pasti ada yang menggelitik untuk kita tanyakan. Adakah aktifitas yang bisa membangun kreatifitas anak? tentu saja ada. Temans bisa lakukan kegiatan berikut ini nih :

  1. Alternate uses tasks yakni seperti kegiatan brainstorming contohnya main tebak-tebakan manfaat suatu benda. Misalnya : Pensil apa sih manfaatnya? nanti anak-anak bisa menjawab dengan jawaban unik maka disinilah ada proses berfikir kreatif dengan jawaban yang unik. 
  2. Guided Fantasy, contohnya membacakan buku cerita atau anak membaca 
  3. Open Ended Toys, lagi hits banget yang namanya Lego dimana anak bisa bangun apapun sesuai dengan imajinasinya.
  4. Exposure to art activities, contohnya melukis, mewarnai. Nah salah satunya adalah dengan Creative Art Series 2 dari Faber Castell. 
manfaat-creative-art-series

No Gadget Latih Kreatifitas Anak Dengan Creative Art Series 2 Dari Faber Castell

Setelah pemaparan yang luar biasa kumplit dari Kak Yohana, akhirnya webinar softskill ini diakhiri dengan workshop bersama Neyna dan Rayi untuk membuat jam melalui Creative Art Series 2 Faber Castell. Ini yang kami nantikan. 

Tapi sebelumnya temans sudah tahu belum sih tentang Creative Art Series 2 Faber Castell? 

Produk Creative Art Series ke-2 merupakan kelanjutan produk Creative Art Series yang pertama kali diluncurkan pada tahun lalu, produk ini diharapkan mengulangi kesuksesan dari edisi pertama. Produk ini dikembangkan sesuai dengan melihat kondisi yang terjadi pada saat ini, dimana pandemik menyebabkan anak mengalami kebosanan, serta dengan produk ini diharapkan akan memberikan kesempatan bagi orang tua dan anak untuk bisa meluangkan waktu bersama. Harsyal Rosidi_ Product SPV Faber Castell

Produk Creative Art Series 2 terdiri atas 4 (empat) produk, yakni :
❤ Basketball Arcade

❤ Glow in the Dark Clock

❤ Colour Your Own Drawstring Bag

❤ Finger Printing Art Set yang melengkapi edisi sebelumnya Stone Deco Art, Origami Fashion Design, Colour Your Own Tote Bag, Air Jet Sport Car, Make Your Own Kite dan 3D Frame Art. 

Back to workshop

Pada kesempatan siang itu, kami mendapatkan product Glow In The Dark Clock. Prosesnya sendiri gampang karena setiap dus sudah dilengkapi dari kuas, cat, hingga stiker yang akan ditempelkan.

Neyna senang banget bisa bikin Jam Gajah, untuk mempercepat prosesnya sendiri Neyna sampe mengusulkan menggunakan Hair Dryer agar cat-nya bisa lebih cepat kering. Ga cuma Neyna yang antusias tapi Rayi juga seneng banget bisa bantuin ngecat.

Kejadian lucu saat membuat jam ini adalah saya yang sok tahu sehingga nempelin untuk stiker gajahnya kebalik wkwkwk. Nah ini, padahal baru aja dapat pemaparan dari Kak Yohana kalau sebagai orang tua harus juga mau dengerin anaknya ealah malah kejadian akhirnya ulangi lagi.

Senang banget hadir dalam workshop Faber Castell, menurut saya ga cuma ngasah kemampuan kreatif dan seni Neyna tapi juga melatih kerjasama antara ibu dan anak, beneran butuh komunikasi satu sama lain agar menuntaskan pekerjaannya dengan baik.

Ga kerasa banget webinar selama 3 jam ini begitu menarik buat saya yang baru pertama kali ikutan dan langsung workshop bareng anak sendiri.

Alhamdulilah mengikuti webinar kali ini, sungguh membuat saya tertampar untuk membenahi lagi cara saya sebagai orang tua untuk bisa memfasilitasi anak bukan untuk menekan dan berekspektasi tinggi semantara stimulasi yang saya berikan saya tidak maksimal.

bikin-jam-glow-in-the-dark

 

***

Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat yah! untuk temans yang pastinya tertarik dengan produk-produk Creative Art Series Faber Castell bisa langsung aja temans dapatkan di : 

1. Shopee
2. Tokopedia

Tersedia juga loh program reseller-nya jadi bisa dapat untung lumayan juga selain bisa memfasilitasi anak-anak di rumah agar tidak terpapar gadget dan makin kreatif bersama Faber Castell.

Terima kasih Faber Castell, yang terus berinovasi dan kreasi menciptakan produk-produk keren untuk menunjang kegiatan produktif bersama anak di rumah.




60 komentar

  1. Thanks for your informative post...

    BalasHapus
  2. betul anak harus kreatif agar bisa inovasi dalam segala hal kelak kalau sudah dewasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyas Bu betul makanya orang tua harus fasilitasi

      Hapus
  3. Crative art faber Castell ini bagys bgt nih buat anak kalau bosen mau ngapain selama pandemi. Kemarin aku juga beliin anak yg buat ngelukis tote bag.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba aku juga ada yang tote bag seru memang anak2 jadi bisa berkreasi

      Hapus
  4. Ini fabel castle bisa jadi kado nih buat ultah atau souvernir buat ultah. Cakep nih anak dan orangtua saling bekerja sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. yass Mpo bisa juga buat hadiah harganya juga terjangkau

      Hapus
  5. Haha, bener-bener tantangan berat ya Mbak. Alih-alih belajar di rumah orang tua malah ribut sama anak gara-gara gadget. Memang beda sih rasanya kalau lihat anak sibuk menggambar atau mewarnai, kemampuannya lebih terasah. Boleh berkreasi tentang apa aja deh, asal jangan megang gadget aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba,,,dengan kegiatan positif jadi bisa lupa sejenak sama gadget

      Hapus
  6. Auto buka Shopee dong saya, pengen beliin anak-anak, anak saya yang pertama, sering banget mengeluh bosan di rumah, kerjaannya kalau enggak nonton TV ya liat HP.
    Harus difasilitasi kayak gini nih biar punya kegiatan lain dan jadi lebih kreatif, faber castell memang selalu memperhatikan hal-hal agar anak jadi lebih kreatif :)

    BalasHapus
  7. Pengin shopping produk2 Creative Art Faber Castell iniiii
    Anakku juga gt, Mom.
    Hadehh, adiksi gadget bgt deh.
    kayaknya kudu salurkan semangat art bareng Faber Castell ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kuy belanja banyak seriesnya nih dari Faber Castell

      Hapus
  8. Faber castell tu ada aja idenya bikin anak betah di rumah ya teh :) bikin anak makin kreatif

    BalasHapus
  9. masyaAllah bener banget yaa pandemi ini bikin anak juga ikut stress, gak nyangka. Anak saya termasuk yang manfaatin gadget di masa pandemi ini buat main game teteh, hiks. Webinar nya asik banget teh. Aska juga seneng main gambar dari Faber Castell mengasah keterampilan motoriknya dan bikin happy juga ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya teh makanya harus peka ya teh jangan2 anak tertekan dengan perubahan ini semua dan butuh juga pendampingan ortu

      Hapus
  10. Selama pandemi bukan hanya orang tua yang mengalami stress ya, Teh, anak-anak juga bisa mengalaminya.
    Salut dengan Faber Castell yang peduli dengan cara mengadakan event dan menyediakan media sebagai solusi masalah anak selama pandemi

    BalasHapus
  11. Iya sekarang makin banyak kasus speech delay .... Salah satu dampak asyik sendiri dengan gadget ya. Memang gadget itu luar biasa menyenangkan. Ortu juga banyak yang keasyikan main gadget, apalagi anak2 yg memang saatnya sedang senang bermain. Faber Castell memberi solusi kreatif nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya teh makanya penting banget peka kebutuhan anak jangan sampe salah

      Hapus
  12. Dengan menggali sisi kreatifitas anak, kita bisa bantu mereka menemukan hobi dan passion yang tidak melulu dari gadget ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba gali kreatifitas anak ga sobatan sama gadget itu utama

      Hapus
  13. iya mbak, sekarang zamannya era digital kita ortu yang harus bisa memfasilitasi anak-anak dengan sarana prasarana yang membuat anak melejit kreativitasnya ya. salah satunya dengan menyediakan DIY dari Fabel Castell ini. Keren banget mbak hasilnya ya,harus kerjasama kakak adik juga bundanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul beruntung ya ada DIY kayak gini jd kita tgl fasilitasi saja

      Hapus
  14. Anakku juga tipe yang suka art and craft, kemarin juga aku beli nih art seriesnya Faber Castell yang jam glow in the dark ini, sampe malam-malam dia tidur pengennya matiin lampu biar jamnya nyala hahahah, plus jangan sedih dia minta divideoin dong bikinnya udah kaya Youtuber cilik ada-ada aja anak jaman now

    BalasHapus
  15. Kreatif bersama Faber Castell membuat anak tidak melulu 'bermain' dengan gadget, tapi jg kesempatan bermain seru dgn anggota keluarga lain ya mba. Bunda pun senang melihat kreativitas anak-anak, anak setelahnya akan bersemangat menyelesaikan tugas sekolah lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mba jadi bonding bersama anak2 alhamdulilah

      Hapus
  16. Medianya berkreasinya bikin ketagihan yaa..
    Anakku juga pengen yang begini nih.. Berkreasi dengan bebas bersama Faber Castell itu memberikan anak-anak ruangan untuk menuangkan imajinasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh bagus cuss teh beli varian lagi kalau yang ini udah punya

      Hapus
  17. Medianya berkreasinya bikin ketagihan yaa..
    Anakku juga pengen yang begini nih.. Berkreasi dengan bebas bersama Faber Castell itu memberikan anak-anak ruangan untuk menuangkan imajinasi.

    BalasHapus
  18. Memang ga bisa dipungkiri kalau di Era digital ini anak tidak bisa tidak mengenal gadget. Tinggal bagaimana cara nya untuk mengatur penggunaan ya 😍

    BalasHapus
  19. Orang tua memang harus jadi contoh ya, Mbak. Kalau mau anak nggak main gadget terus ya ortunya juga nggak boleh pegang gadget terus apapun alasannya. Begitu juga kalau mau anak kreatif ya harus mau menemani dan memfasilitasi anak berkreasi termasuk bebikinan pakai Creative Art Series dari Faber Castell.

    BalasHapus
  20. senangnya ya nemu aktivitas yang bagus untuk mengimbangi masa pandemi ini. Fabel Castell emang jempolan inovasinya di bidang kreativitas dan seni.

    BalasHapus
  21. Udah baca beberapa kali post ttg si art glow in the dark nya Faber Castell, tapi baru di sini yg bikin langsung pengen beli buat anak2 :)

    Harganya Teh berapa?

    BalasHapus
  22. Athifah dan Annasya jugamenikmati bermain bersama faber castell ini, bikin mreka bekerjasama, kreatif dan saling sayang saat bermain.

    BalasHapus
  23. Pas banget nih kebetulan aku lagi cari ide kado ulang tahun buat anaknya sepupuku. Dia juga suka gambar dan mewarnai. Aku bakal kasih produk Creative Art dari Faber Castell ini

    BalasHapus
  24. Selalu suka sama produk stationary dari Faber-Castell, termasuk yang Creative Art Series ini, anak saya juga seneng banget pas bikin jam yang bisa nyala ditempat gelap dia excited banget

    BalasHapus
  25. Seru banget ni workshopnya kemarin aku juga ikutan. Keumala semangat bikin jam glow in the dark meskipun ngecatnya masih dibantu dikit tapi alhamdulillah jadinya bagus. Harus sering2 bikin kegiatan seru gini ya mbak biar anak ga pegang gadgetg terus

    BalasHapus
  26. Apa yang Teteh rasakan aku pun ikut merasakannya, jadi guru dadakan Dan merasa otoriter karena banyak memerintah ini itu. Harus cepet, jangan ngelamun, kerjain PR, macam-macam deh pokoknya celoteh dari emaknya. Bener juga sih, di era digital ini sebagai orang tua dituntut untuk memfasilitasi anak, biar mereka bisa lebih mengembangkan kreativitasnya.

    BalasHapus
  27. Masa Pandemi gini, bukan hanya orang tua yang stress, anak-anak juga. Karena ruabf gerak mereka terbatas.

    Ya, di era begini, sebagai orang tua mesti peka kebutuhan anak.

    Faber Castell ini, mengerti banget apa yang sedang dihadapi anak-anak dan orang tua.

    Produk Creative Art ini, selain bikin anak seneng, terpenting anak gak melulu main gadget.

    BalasHapus
  28. Seneng banget ya anak-anak kreativ dengan cara mudah gini.. 1 paket gini gak perlu ribet ya..langsung sekali eksekusi selesai..ada petunjuknya juga jadi mudah..

    BalasHapus
  29. I fell you kak, duuh aku merasakan nih selama pandemi jam penggunaan gadget anakku malah makin berantakan alias melewati batas waktu yang sudah aku sepakati bersama anakku

    Sepertinya aku juga harus beli produk creative art nih buat Gendish, biar lebih variatif kegiatannya

    BalasHapus
  30. Salut pada Faber Castell yang selalu inovatif ya produknya menyesuaikan dengan situasi seperti pandemi ini, anak-anak memang butuh kegiatan yang kreatif dan menyenangkan untuk mengisi waktu dan mengusir stres..

    BalasHapus
  31. Berhadapan dengan anak yang "stress" seperti terjebak di kebun lebah hihiihihiii... mereka "buzzing" and flying here and there at home.
    Dengan aktifitas menarik gini, pasti anak anak suka, dan.... jelas : nambah koleksi jam dinding nih, kayaknya!

    BalasHapus
  32. BEtul ya, kalau anak ngerjain sesuatu yang berau seni, seperti menggambar. beri mereka kebebasan, jangan disetir terus ahaha.. ternyata ini dijual ya, wah boleh juga ini buat kegiatan bareng si kecil

    BalasHapus
  33. Aktivitas berkreasi gini nih jadi favorit banyak anak. Anak-anak saya pun gitu. Menggambar, melukis, melipat kertas, dll..bisa bikin mereka super betah. Makin happy lagi ketika melihat hasil dari apa yang mereka kerjakan. Macam jam ini kan, yang nantinya bakal dipajang di kamarnya mungkin..

    BalasHapus
  34. sSeneng banget faber castle mengadakan aktivitas yang bisa mengangkat kreativitas anak dengan berbagai material yang mudah ditemukan di rumah. Setuju banget kala jaman sekarang ide ide kreatif sangat dibutuhkan untuk modal skill di masa depan

    BalasHapus
  35. Ternyata permasalahan akibat gadget banyak juga ya mbak. Aku juga sering bingung kasih kegiatan anak di rumah. Pada bosan. Akhirnya lari ke gadget. Aku ajak main ini dan itu belum tentu mau. Sampai kehabisan ide. Alhamdulillah ada creative art dari faber Castell ya

    BalasHapus
  36. Menanggapi tantangan pengasuhan di era digital ini sungguh beragam yaa..
    Ada yang masih strick dengan pembelajaran metode konven dan yang terbaik adalah yang mendengarkan fitrah anak dengan membimbing membawa mereka ke pengasuhan zaman kini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

    BalasHapus
  37. Menjadi kreatif itu penting, apalagi di masa anak-anak. Masa pandemi memang tantangan, sempat galau pas anak minta main gadget terus, tapi perlahan bikin kegiatan lain. Faber Castell kece nih jadi pengen beli.

    BalasHapus
  38. kreatif bisa glow in the dark
    bagus mak anak ga bosen daring terus yaaa
    soale kalau ga ngapa2in mereka bingung sendiri untung bisa kreatif bareng faber castle

    BalasHapus
  39. Wah iya anakku juga tiap kelar ngerjain sesuatu dicarinya gadget. Sampe pusing ya bunn... Ini seri creative art banyak ya ternyata. Bukan cuma glow in the dark clock aja.

    BalasHapus
  40. kereeen nih mba.. anak - anak pasti seneng bangeeet ya punya aktivitas seru seperti ini

    BalasHapus
  41. cakep banget nih creative art dari Faber Castell, cocok untuk usia 10 tahun keatas ya maaak.. kayanya aku juga mesti beli nih, lumayan banget buat mengalihkan perhatian anak dari gadgetnyaaa

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun